Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A: HP 1 Jutaan yang Punya Baterai Besar dan Daya Tahan Panjang

Desain belakang Redmi 9A (Gearbest)
Desain belakang Redmi 9A (Gearbest)

Sebelum beli, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 9A yang wajib kamu ketahui. Mulai dari bagian chipset, layar, baterai, dan masih banyak lagi. Penasaran? Cek uraian berikut, ya.

Redmi 9A adalah ponsel dengan dukungan slot kartu 4G ganda. Dan di antara beragam produk HP 1 jutaan, Redmi 9A masih menjadi salah satu yang paling menggoda.

Dukungan bateraibesar dengan daya tahan yang panjang membuatnya jadi pilihan banyak pengguna. Tertarik memiliki?

Ketahui dulu bagaimana spesifikasi, review, serta kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

Baterai 5000 mAh (Xiaomi Indonesia)
Baterai 5000 mAh (Xiaomi Indonesia)

Spesifikasi Redmi 9A

HP 1 jutaan dari Xiaomi ini pertama kali dirilis pada bulan Juni 2020. Mungkin, kamu akan berpikir bahwa spesifikasinya sudah kalah dengan beberapa model yang baru saja diluncurkan tahun ini.

Tapi jangan menaruh prasangka dulu. Sebab, begitu kamu kenali komponen dan spesifikasi Redmi 9A, ada banyak hal yang membuatnya tidak kalah bersaing dengan ponsel terkini.

Lebih lengkap, berikut ini uraian dari spesifikasi Redmi 9A. Cekidot, Gan.

Desain

Tipis dan ringan. Dua faktor desain perangkat yang membuat Redmi 9A cukup mencuri perhatian. Bisa kamu jadikan pilihan jika ingin ganti HP tapi terkendala dana!

Memang, usia perangkat ini sudah setahun. Tapi jika mempertimbangkan perkembangan desain ponsel, yang dimiliki Redmi 9A belum kalah kalo kita bandingan dengan ponsel anyar.

Bobot ponsel cuma 196 gram saja. Cukup ringan dan nggak bakal bikin tangan mudah pegal. Sementara itu dimensi perangkat cuma 164.9 x 77.1 x 9 mm. Sesuai dengan ukuran genggaman tangan masyarakat Indonesia.

Layar Redmi 9A (Xiaomi Indonesia)
Layar Redmi 9A (Xiaomi Indonesia)

Layar

Seperti umumnya HP entry-level, Xiaomi membekali Redmi 9A dengan panel IPS LCD. Layar dari panel ini memilikilebar 6,53 inci dan mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel resolusi HD.

Sayang, desain layar sedikit ketinggalan zaman. Kini kita makin mudah menemukan HP murah dengan lubang punch-hole. Sedangkan ponsel ini masih menerapkan notch berbentuk waterdrop di bagian tengah.

Tapi, jika kamu nggak mempermasalahkan desain kamera depan, Redmi 9A bisa dijadikan salah satu rujukan. Apalagi, performa dan daya tahan perangkat sudah teruji memuaskan!

Kamera belakang Redmi 9A (Gearbest)
Kamera belakang Redmi 9A (Gearbest)

Kamera

Kamera memang menjadi salah satu bagian yang paling diminati masyarakat Indonesia. Dan pada HP 1 jutaan ini, Xiaomi cukup mengakomodasi keinginan masyarakat untuk mendapatkan HP dengan hasil fotografi memuaskan.

Memang, ponsel ini cuma dibekali satu buah lensa wide berkemampuan 13MP. Meskipun hasil jepretan tidaklah terlalu memuaskan, hasil rekaman video cukup menawan.

Ponsel ini mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p pada 30 atau 60 FPS. Artinya, kamu bisa bikin klip TikTok dengan gambar yang lebih berwarna, tajam, dan detail.

Sedangkan untuk kamera depan, Xiaomi hanya membekalinya dengan lensa wide 5MP. Video rekaman yang dihasilkan kamera ini memiliki resolusi 1080 piksel pada 30FPS. Cukup memuaskan, kok.

Performa gaming Redmi 9A (Gearbest)
Performa gaming Redmi 9A (Gearbest)

Dapur Pacu

Kini waktunya kita membongkar bagian jeroan. Redmi 9A mengandalkan performa dari chipset MediaTek Helio G25. FYI, ini adalah seri chipset gaming milik MediaTek yang memang diperuntukkan bagi kelas menengah maupun entry-level.

Berkat dukungan chipset tersebut, Redmi 9A menjanjikan performa yang lebih kencang untuk pemakaian sehari-hari. Baik untuk streaming, browsing, chatting, hingga video conference.

Tapi, lain soal jika kamu menggunakan ponsel ini untuk gaming. Terutama jenis game berat yang membutuhkan resource besar. Harap mengatur tampilan jadi rata kiri aja, ya.

Harga Terbaru Redmi 9A

Unboxing Redmi 9A (Gearbest)
Unboxing Redmi 9A (Gearbest)

Xiaomi Indonesia memperkenalkan seri Redmi 9A dalam dua pilihan penyimpanan. Untuk RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, dijual Rp 1,119 juta saja. Sedangkan untuk varian RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, dibanderol dengan harga Rp 1,299 juta.

Ingat, itu adalah harga yang penulis ambil dari situs resmi Xiaomi Indonesia. Sedangkan saat tim Droila menjelajah toko online, ada lebih banyak pilihan harga.

Tertarik membeli HP Redmi 1 jutaan ini? Coba deh langsung cek tautan yang sudah penulis sediakan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Spesifikasi lengkap Redmi 9A (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Redmi 9A (Dok.Istimewa Droila)

Harus diingat, ini adalah ponsel yang ditujukan untuk segmen entry-level. Maka, wajar jika kamu tidak menemukan fitur dan aplikasi yang biasanya terdapat pada HP kelas menengah.

Tapi, bukan berarti Redmi 9A juga tanpa kelemahan. Lebih lengkap, berikut uraian beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 9A. Wajib tahu jika kamu pengin beli ponsel 1 jutaan ini!

Kekurangan

  • Tanpa koneksi infra-red
  • Jika kondisi HP panas, maka frame rate grafis akan turun
  • Konsumsi daya kurang efisien
Fitur fotografi Redmi 9A (Gearbest)
Fitur fotografi (Gearbest)

Kelebihan

  • Layar berukuran lebar untuk ponsel 1 jutaan
  • Teknolosi immersive touch screen yang bisa memberi pengalaman sinematik
  • Performa kamera 13MP yang cukup memuaskan
  • Fitur keamanan AI Face Unlock
  • Baterai berkapasitas 5.000 mAh serta  tahan lama
  • Mode HyperEngine yang bakal meningkatkan performa perangkat saat membuka aplikasi gaming

Review Redmi 9A: Masih Layak Dibeli Tahun Ini

Kelebihan dan kekurangan Redmi 9A (Gearbest)
Kelebihan dan kekurangan Redmi 9A (Gearbest)

Ada, tapi tak banyak. Itulah kondisi yang bakal dihadapi kamu jika mencari produk di segmen entry-level. Sehingga, sebagian besar dari kita pun terjebak pada dua seri saja; kalo nggak Infinix ya Advan.

Memang, di segmen tersebut, Infinix dan Advan terbilang merajai pasar. Masing-masing memiliki keunggulan yang tidak dimiliki vendor lain untuk segmen entry-level.

Tapi, itu dulu. Lewat Redmi 9A, Xiaomi seperti menegaskan niatnya untuk menguasai segmen ini. Dan meskipun ponsel HP Redmi murah ini didukung chipset Helio G25 –sama seperti Infinix Hot 10 Play (review), masyarakat tentu lebih memilih yang pertama. Xiaomi.

Bagaimana tidak, Xiaomi cukup berhasil menguasai segmen HP murah di Indonesia. Terbukti dari penjualan produk yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Jadi, bagaimana pendapatmu mengenai Redmi 9A? Yeay or Nay, nih?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 9A. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like