BerandaGadgets10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1: Lebih Kencang Berkat Android GO

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1: Lebih Kencang Berkat Android GO

Smartphone entry-level seringkali diremehkan karena dianggap memiliki spesifikasi yang tidak layak untuk menunjang gaya hidup masa kini. Namun jangan salah, ditahun 2022 ini sudah banyak ponsel dengan segmen harga 1 jutaan yang menghadirkan fitur-fitur worth it, salah satunya adalah Redmi A1. Sebelum beli, kenali dulu gimana kelebihan dan kekurangan Redmi A1, yuk.

Seri “A1” mungkin akan mengingatkan beberapa diantara kita pada Xiaomi Mi A1 yang dirilis pada tahun 2017 lalu. Ponsel berbasiskan Android One tersebut cukup populer pada saat itu karena menawarkan Android murni. Nah, hal yang sama juga ditawarkan oleh Redmi A1 yang dibanderol dengan harga 1 jutaan ini.

Biar nggak makin penasaran, simak ulasan Droila berikut ini, yuk!

droila-redmi-a1
HP Redmi A1

Spesifikasi Redmi A1

Dibanderol dengan harga yang begitu terjangkau, Redmi A1 memang hanya menyuguhkan spesifikasi yang sederhana. Namun, ponsel berbasiskan Android Go yang diluncurkan pada 28 Oktober 2022 ini menyimpan sejumlah kelebihan yang perlu kamu ketahui. 

Desain dan Layar

Pada bagian belakang dan framenya, bodi HP ini terbuat dari material plastik polikarbonat. Meski demikian, HP Redmi A1 dilapisi dengan tekstur kulit imitasi yang serupa dengan POCO M5 sehingga terasa nyaman ketika digenggam dan tidak mudah terkena noda sidik jari.

HP entry-level ini memiliki ketebalan 9.1 mm dengan dimensi 164.9 mm x 76.8 mm. Sedangkan bobotnya berada di angka 192 gram. Dengan dimensi tersebut, Redmi A1 memang tidak dapat dikatakan ringan atau tipis. 

Namun, smartphone ini menjadi salah satu ponsel di kelas 1 jutaan dengan build quality terbaik sekaligus memberikan pengalaman menggenggam paling nyaman. Hal yang terpenting adalah penampilannya yang elegan tidak akan membuat kamu mati gaya saat bersosialisasi. Terlebih, Redmi A1 tersedia dalam beberapa varian warna yang keren yaitu Black, Light Blue, dan Light Green.

Beralih ke bagian layar, ponsel ini mengusung layar 6.52 inci dengan resolusi 720 x 1600 dan aspek rasio 20:9. Selain itu, Redmi A1 menghadirkan desain layar Infinity-U Display atau yang disebut dengan waterdrop notch. Layarnya sanggup menampilkan imersi lebih dalam dibandingkan FullView.

droila-desain-dan-layar-redmi-a1
Desain dan Layar Redmi A1

Performa dan Chipset

Dengan Android One yang terkenal akan keunggulannya, Redmi A1 menawarkan pengalaman Android yang sesungguhnya. Tidak seperti MIUI, Android One sangat bersih dari bloatware alias aplikasi-aplikasi bawaan.

Efek baiknya, pengguna bisa menginstal begitu banyak aplikasi dan game di ponsel ini meski kapasitasnya hanya 64GB. Selain itu, tidak seperti ponsel murah yang dikemas dengan MIUI, Redmi A1 juga sepenuhnya bebas dari iklan.

Salah satu alasan Redmi A1 diluncurkan dengan Android Go adalah karena Android Go dirancang khusus untuk ponsel dengan RAM minimal 2GB. Nah, Redmi A1 sendiri hadir dengan RAM 2GB dan 3GB, serta memori internal 32GB.

Dengan RAM yang kecil, smartphone biasanya kesulitan melakukan multitasking dengan lancar. Namun, Redmi A1 terbantu karena menjalankan Android Go yang lebih ringan.

Meski memori internalnya tergolong kecil, tapi kamu bisa menambahkan memori eksternal hingga kapasitas 512 GB. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 5.000 mAh sehingga waktu pemakaiannya begitu panjang.

droila-performa-dan-chipset-redmi-a1
Performa dan chipset Redmi A1

Kamera

Kamera Redmi A1 jadi kejutan manis yang tak terduga. Selain konfigurasinya yang sederhana, Redmi A1 tergolong mampu hadirkan hasil foto yang cukup memuaskan. Ada dual camera di bagian belakang yang berisikan sensor wide-angle 8 MP dengan bukaan f/2.0. 

Sebagai fitur tambahannya, tersedia juga LED Flash untuk membantu penerangan dalam kondisi pemotretan minim cahaya. Ponsel ini juga menyediakan mode HDR yang terbilang ampuh meredakan ledakan sinar putih yang oversaturated, terlebih saat memotret subjek yang membelakangi sumber cahaya.

Sementara kamera depannya berkekuatan 5 MP pada bukaan f/2.2. Sayangnya tidak ada sensor gyro-EIS ataupun jenis stabilisasi apa pun di HP ini. 

Harga Redmi A1

droila-harga-redmi-a1
Harga Redmi A1

Redmi A1 mulai dijual pada 4 November 2022. Harga Redmi A1 di Indonesia adalah sebagai berikut:

Harga Xiaomi Redmi A1 2/32 GB – Rp 1.149.000 

Harga Xiaomi Redmi A1 3/32 GB – Rp 1.249.000

Gimana, murah banget, bukan? Menurut penulis, wajar pula jika HP Xiaomi terbaru ini langsung menjadi incaran banyak penggemar. Kamu salah satunya?

Kalo mau beli, nggak perlu pindah ke lain tempat. Droila sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Redmi A1 terbaru dan dapatkan harga yang paling menguntungkan.



Baca Juga:
1. Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T 5G
2. Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25 Pro: Ponsel Premium
3. Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25e: Miliki Fitur Lengkap Meski Kameranya Masih Standar!

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1

droila-kamera-redmi-a1
Kamera Redmi A1

Setelah mengetahui spesifikasinya, mari kita simak kelebihan dan kekurangan dari Redmi A1 berikut ini!

Kekurangan

Berikut adalah kekurangan Redmi A1:

  1. Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari
  2. Chipset Helio A22 yang jadul
  3. Minim Sensor + Tidak Mendukung WiFi Dual Band

Kelebihan

Di samping kekurangannya, berikut adalah kelebihan Redmi A1 yang tidak boleh kamu lewatkan:

  1. Layar IPS LCD yang Luas dan Terang
  2. Hadir dengan Android Go Edition tanpa MIUI
  3. Desain Kece dengan Tekstur Kulit Imitasi
  4. Baterai 5.000 mAh yang Awet Seharian
  5. Hadir dengan 3-Card Slot
  6. Memiliki Bluetooth 5.0
  7. 8 MP Dual Camera dengan Hasil Foto Memuaskan di Kelasnya

Review Redmi A1

droila-kelebihan-dan-kekurangan-redmi-a1
Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1

Jika kamu melihat Redmi A1 yang diluncurkan di India, ponsel ini dibanderol dengan harga 6.499 rupee alias Rp1,2 jutaan setelah dikonversi. Hal ini membuat Redmi A1 menjadi pesaing dari Infinix Smart 6, Samsung Galaxy A03 Core, serta Redmi 10A.

Harga tersebut menempatkan Redmi A1 pada posisi yang cukup sulit. Alasannya, dengan menambahkan beberapa ratus ribu lagi maka kamu disuguhi berbagai pilihan yang sungguh menggiurkan. Sebut saja Tecno Spark 8C dengan harga perkenalan Rp1,5 jutaan yang sudah memiliki Unisoc Tiger T606 dan layar 90Hz.

Kamu juga dapat memilih Advan GX yang dijual seharga Rp1,8 juta dan dipasangkan dengan RAM besar 4GB, chipset gaming Unisoc Tiger T618, dan sensor yang cukup lengkap.

Redmi A1 hanya kalah saing karena tidak memiliki pemindai sidik jari dan masih menggunakan chipset lama Helio A22. Sekedar informasi, Helio A22 merupakan chipset dengan kualitas paling rendah yang dimiliki oleh MediaTek.

Namun di samping itu semua, Redmi A1 berusaha mewujudkan impian para penggemar fotografi yang terpentok dana. Pasalnya, kualitas hasil fotonya merupakan salah satu yang terbaik di antara seluruh jajaran HP dengan harga 1 jutaan.

Sayangnya bagi kamu yang punya hobi gaming secara serius, masih banyak opsi lain yang lebih layak dipilih. Tertarik untuk memilikinya? 

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi A1. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik