Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A11: Beli Tahun 2021, Untung atau Rugi?

Review Samsung Galaxy A11 (Lazada)
Review Samsung Galaxy A11 (Lazada)

Samsung Indonesia memperkenalkan seri Samsung Galaxy A11 pada tahun 2020 lalu. Kira-kira nih, kalo beli tahun ini apakah untung atau rugi? Jika kamu tertarik memiliki, simak dulu penjelasan seputar spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 di bawah ini, ya.

Dari sisi branding, Samsung memang lebih dikenal sebagai produsen HP mahal. Bisa dilihat dari seri Samsung Galaxy S, yang setiap tahun harga jualnya mengalami peningkatan.

Tapi, di balik gegap gempitar peluncuran seri flagship Samsung ini, perusahaan juga memiliki sederet HP Android murah. Bahkan, untuk segmen ini, perusahaan menyediakan lebih banyak pilihan yang terbagi dalam dua seri; yakni Galaxy M dan A.

Nah, untuk Galaxy seri A, perusahaan punya satu jagoan yang cukup laris di pasar Indonesia. Yakni seri Samsung Galaxy A11.

HP Samsung Galaxy A11 (Instagram)
HP Samsung Galaxy A11 (Instagram)

Model ini pertama kali diluncurkan pada bulan April 2020 lalu. Saat itu, Samsung meluncurkannya bebarengan dengan Galaxy A21s –varian yang menyasar segmen di bawahnya.

Kini, satu tahun kemudian, kita memiliki lebih banyak pilihan HP Samsung murah. Lantas, untuk HP yang baru berusia satu tahun, apakah Galaxy A11 layak kita singkirkan dari daftar pilihan?

Untuk menjawab hal tersebut, simak uraian mengenai spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 di bawah ini. Cekidot, kuy.

Spesifikasi Samsung A11 (Samsung Indonesia)
Spesifikasi Samsung A11 (Samsung Indonesia)

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Dari segi spesifikasi, Samsung A11 membawa berbagai pembaruan yang masih relevan untuk tahun 2021. Mulai dari layar PLS IPS yang membuat grafis lebih menawan, chipset Qualcomm Snapdragon, serta lubang punch-hole yang menjadi wadah dari kamera selfie.

Lebih lengkap, begini penjelasan spesifikasi dari masing-masing komponen Samsung A11.

Desain

Salah satu jagoan HP Samsung 2020 ini memiliki dimensi berukuran 161,4 x 76,3 x 8 mm. Beban perangkat sendiri cuma 177 gram. Ya, cukup ringan untuk perangkat yang ukurannya terbilang besar.

Bagian kerangka dibuat dari material plastik. Begitupula dengan body pelakang. Sehingga, untuk kamu yang tak terbiasa, genggaman terasa perangkat terasa licin. Jadi, lebih baik kamu lapisi HP Samsung murah ini dengan case –baik hard maupun soft.

Terdapat empat pilihan warna yang ditawarkan perusahaan. Yakni Black, Blue, White, dan Red. Warna-warna itu terlihat serasi karena cuma dihiasi panel sensor sidik jari serta modul kamera yang memanjang ke bawah.

Layar Samsung A11 (Samsung Indonesia)
Layar Samsung A11 (Samsung Indonesia)

Layar

Pada bagian depan, Samsung A11 dilapisi layar PLS IPS berukuran 6,4 inci. Ini adalah jenis layar yang setingkat lebih tinggi ketimbang IPS. Sehingga, kamu bisa mendapatkan grafis yang lebih memukau.

Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1560 piksel. Artinya, kamu bisa mendapatkan grafis HD untuk game-game berat seperti Free Fire, Mobile Legends, bahkan COD Mobile atau PUBG Mobile.

Cukup menggoda, bukan?

Sayangnya, Galaxy A11 tidak dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass. Oleh karena itu, baiknya sih kamu lebih berhati-hati selama menggunakan perangkat ini. Soalnya rawan lecet akibat goresan.

Kamera belakang Samsung Galaxy A11 (Samsung Indonesia)
Kamera belakang Samsung Galaxy A11 (Samsung Indonesia)

Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur yang senantiasa diperhatikan Samsung. Berkat kamera pula perusahaan sukses mendapatkan pengguna setia. Dan pada Galaxy A11, kamera juga menjadi salah satu bagian yang ditingkatkan.

Berbeda dari pendahulunya, Galaxy A11 hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang. Masing-masing berkemampuan 13MP lensa wide dengan fitur Auto Focus (AF), 5MP lensa ultra lebar, serta 2MP sensor kedalaman.

Konfigurasi tersebut tentu saja menjadikan hasil kamera Samsung Galaxy A11 terlihat ciamik dan memuaskan. Bahkan untuk ukuran HP Samsung murah!

Fitur-fitur pendukung yang bisa kamu manfaatkan antara lain LED Flash, Mode Panorama, serta Mode HDR. Tak kalah dengan HP terkini yang dijual murah, bukan?

Sementara itu, untuk kamera depan, tersimpan pada punch-hole yang terletak di sisi pojok kanan dari layar. Kamera depan Galaxy A11 memiliki kemampuan 8MP serta mampu merekam video berkualitas 1080 piksel pada 30FPS.

Spek chipset Samsung 11 (Samsung Indonesia)
Spek chipset Samsung 11 (Samsung Indonesia)

Dapur Pacu

Performa perangkat juga menjanjikan pengalaman yang lebih mulus dan jauh dari kata eror atau lag. Berbeda dari pendahulunya yang mengandalkan chipset Exynos, Samsung lebih memilih Sandpragon 450 sebagai dapur pacu Galaxy A11.

System on chipset kelas low-end dari perusahaan ini juga didukung GPU Adreno 506. Tak hanya itu, masih ada tambahan RAM 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB.

Jika memori dirasa kurang, kamu masih bisa menambahkan kartu SD pada perangkat ini. Yang mengagumkan, slor kartu SD mendukung pengoperasian hingga kapasitas 512GB. Super lapang, bukan?

Harga Samsung A11

Pilihan warna Galaxy A11 (Samsung Indonesia)
Pilihan warna Galaxy A11 (Samsung Indonesia)

Menyasar segmen kelas bawah, sejak awal diluncurkan Galaxy A11 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Bulan April lalu, kala Samsung Indonesia memperkenalkan perangkat ini, Galaxy A11 dibanderol dengan harga Rp 1,9 juta.

Kini, satu tahun kemudian, Samsung Galaxy A11 sudah dijual jauh lebih murah. Berdasarkan penelusuran penulis di website resmi Samsung Indonesia, harga Galaxy A11 saat ini dibanderol sebesar Rp 1,799 juta saja.

Beruntungnya, harga yang lebih beragam penulis temukan pada toko online. Jika kamu tertarik membeli dengan harga yang lebih murah, cek deh salah satu tautan di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A11

Spek lengkap Samsung Galaxy A11 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Samsung Galaxy A11 (Dok.Istimewa Droila)

Sekilas membaca, Samsung A11 memang bisa jadi jawaban. Kombinasi harga di bawah juta dengan spesifikasi yang memuaskan di kelasnya, tentu bakal membuat banyak calon pembeli dan penggemar nggak sabar memiliki.

Tapi, penjelasan akan terasa kurang tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangan. Dan perangkat ini juga memiliki hal tersebut. Maka dari itu, sebelum memutuskan beli, simak dulu uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 (Dok.Istimewa Droila)
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 (Dok.Istimewa Droila)

Review Samsung Galaxy A11: Masih Layak Dibeli Tahun Ini?

Seperti menjalani perlombaan, masing-masing vendor smartphone silih berganti menawarkan produk anyar dan unggulan. Alhasil, belum ada setengah tahun berjalan, kini kita sudah mendapatkan banyak pilihan HP terbaru dari berbagai kelas.

Tak terkecuali untuk kelas low-end. Bahkan, untuk HP harga di bawah Rp2 juta, sudah ada beberapa produk unggulan yang bisa kamu pertimbangkan. Contohnya seperti Redmi 9, Advan G5, hingga Realme C21 yang dibekali chipset gaming milik MediaTek.

Daya tahan baterai Galaxy A11 (Samsung Indonesia)
Daya tahan baterai Galaxy A11 (Samsung Indonesia)

Maka, wajar kiranya jika Galaxy A11 semakin jarang diperhatikan. Padahal, menurut penulis, kombinasi antara harga dan spesifikasi sudah lebih dari cukup untuk membuat Galaxy A11 dipertimbangkan –bahkan sekalipun kamu ingin beli tahun ini.

Jadi, jika tertarik ganti HP baru dengan dana di bawah Rp 2 juta, Samsung Galaxy A11 masih layak dijadikan salah satu pilihan atau dipertimbangkan.

Nah, usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy 11 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali HP Samsung terbaru ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like