Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32: RAM 6GB Harga Cuma 3 Jutaan!

Desain belakang Galaxy A32 (SamMobile)
Desain belakang Galaxy A32 (SamMobile)

Barangkali, tahun 2021 adalah tahun penuh keberuntungan bagi kamu yang pengin ganti HP. Tersedia banyak pilihan dari beragam spesifikasi. Salah satunya adalah ponsel anyar Galaxy A32. Tapi, sebelum memutuskan untuk beli, simak dulu spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 di bawah ini, ya.

Belum ada sepekan Samsung Indonesia memperkenalkan trio HP Samsung Galaxy seri A terbaru. Terdiri dari Galaxy A72, Galaxy A72, dan Galaxy A32. Dan di antara ketiga pilihan tersebut, Samsung A32 merupakan varian yang paling rendah spesifikasinya.

Meskipun demikian, bukan berarti perangkat ini bisa kamu coret dari daftar keinginan. Terutama untuk kamu yang hanya siap membeli HP di bawah Rp 4 juta, Galaxy A32 merupakan salah satu model yang wajib dipertimbangkan.

Pengin tahu alasannya? Yuk simak uraian spesifikasi Samsung 32, harga di Indonesia, serta kelebihan dan kekurangan Galaxy A32 di bawah ini.

HP Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)
HP Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)

Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Penulis mengakui jika Samsung sukses menawarkan desain yang berbeda pada Galaxy seri A terbarunya ini. Mengusung konsep minimalis dengan bagian punggung tanpa hiasan modul, seperti umumnya HP Android keluaran terbaru.

Sebagai pengganti, lubang kamera menyatu dengan body. Kamu akan menemukan empat kamera serta sebuah LED Flash. Keempat kamera belakang Galaxy A32 masing-masing berkemampuan 64MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 5MP sensor makro, serta 5MP sensor kedalaman.

Kesan minimalis diperkuat dengan absennya hiasan berpola sebagaimana yang bisa kita temukan dari produk lain. Kamu juga tidak akan menemukan panel sidik jari di bagian punggung. Soalnya, perusahaan sudah menanamkan sensor under-display. Artinya, berada di dalam layar depan.

Layar Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)
Layar Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)

Sayangnya, inovasi dari segi desain ini tak serta merta membuat bagian depan berubah. Seperti umumnya HP 3 jutaan, kamu akan menemukan notch yang bentuknya cukup jadul. Untungnya, notch berbentuk waterdrop tersebut diisi kamera berkemampuan 20MP.

Berbekal setup kamera depan dan belakang tersebut, pengguna bisa lebih leluasa memanfaatkan Galaxy A32 untuk berbagai kebutuhan. Baik buat bikin konten, vlogging, atau sekadar mengabadikan momen yang berkesan.

Keunggulan lain yang dimiliki ponsel ini adalah layar depan. Dengan harga di bawah 4 juta, kamu bisa mendapatkan HP yang dilapisi layar Super AMOLED dengan lebar 6,4 inci. FYI, layar ini mampu menghasilkan grafis yang lebih tajam dibanding panel IPS atau PLS.

Spesifikasi kamera Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)
Spesifikasi kamera Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)

Maka, wajar kiranya jika kamu bisa mendapatkan gambar dengan resolusi 1080 x 2400 piksel serta refresh rate 90Hz. Namun, konsekuensinya, konsumsi baterai jauh lebih boros ketimbang HP dengan layar IPS.

Tapi tetap tenang. Masalah daya tahan, perusahaan sudah menanamkan baterai berkapasitas cukup besar. Yakni 5000 mAh! Di samping itu, masih ada dukungan fitur pengisian daya cepat 15W. Sehingga, kamu bisa lebih tenang ketika aktif di lapangan, bukan?

Tak hanya itu, Galaxy A32 juga dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Sebelumnya, jenis kaca pelindung ini cuma ditanamkan pada HP flagship saja. Maka, bisa dibilang kalo dalam hal daya tahan terhadap goresan jauh lebih tinggi ketimbang ponsel lain.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 (Samsung Indonesia)

Masuk ke bagian dalam, Samsung Galaxy A32 mengandalkan System on Chipset gaming bikinan MediaTek. Yakni MediaTek Helio G80. Tak hanya itu, perusahaan juga sudah membekalinya dengan RAM 6GB/8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Fitur-fitur lainnya yang penting untuk diketahui yakni dukungan Android 11 serta UI Customization teranyar One UI 3.0. Pembeli juga akan mendapatkan pembaruan firmware selama tiga tahun mendatang.

Harga Samsung Galaxy A32 Indonesia

Pilihan warna Samsung A32 Indonesia (Samsung Indonesia)
Pilihan warna Samsung A32 Indonesia (Samsung Indonesia)

Samsung Indonesia baru memperkenalkan produk ini pekan lalu. Proses pre-order sudah selesai dilaksanakan pada 17-19 Maret. Dan menurut rencana, perusahaan akan mulai mengirimkan ponsel anyar ini kepada pembeli pada 22 Maret esok.

Bagi kamu yang ketinggalan memesan Galaxy A32, bisa kok membelinya mulai besok. Menurut penjelasan Samsung Indonesia, Galaxy A32 bakal mulai dijual resmi, baik secara offline maupun online, pada hari besok.

Nah, untuk pembaca yang berminat membeli, penulis sudah menyiapkan tautan menuju berbagai toko online. Daftar harga Samsung Galaxy A32 di bawah bisa kamu jadikan sebagai bahan perbandingan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan Galaxy A32 dengan harga yang paling murah.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A32

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A32 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A32 (Dok.Istimewa Droila)

Harus diakui, Samsung berhasil memperkenalkan produk anyar yang benar-benar berbeda. Dan karena perbedaan itu pula, Galaxy A32 mudah mencuri perhatian para penggemar.

Tapi, bukan berarti  ponsel ini tidak memiliki kelemahan. Agar kamu makin mengenali HP Samsung murah ini, yuk simak uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 di bawah.

Kekurangan

  • Kamera makro membutuhkan resolusi yang lebih besar
  • Speaker kurang kencang
  • Performa pengisian daya cepat 15W kurang memuaskan
  • Hasil jepretan kamera tidak mampu menampilkan detail
Harga Samsung A32 Indonesia (SamMobile)
Harga Samsung A32 Indonesia (SamMobile)

Kelebihan

  • Refresh rate 90Hz
  • Layar Super AMOLED untuk ponsel harga Rp 3 jutaan
  • Daya tahan baterai cukup panjang
  • Dukungan Android 11
  • Desain yang menarik dan inovatif
  • Performa gaming sudah ditingkatkan dibanding pendahulunya, yakni Galaxy A31

Kesimpulan: HP dengan Chipset MediaTek Helio G80 Paling Mahal!

Kamera belakang Galaxy A32 (SamMobile)
Kamera belakang Galaxy A32 (SamMobile)

Pada umumnya, ketika beli HP, chipset merupakan salah satu komponen yang dipertanyakan. Terlepas dari paham atau tidaknya pembeli terhadap performa chipset dari satu HP tertentu, tetap saja hal ini ditanyakan kepada penjual.

Sedangkan untuk ukuran HP dengan MediaTek Helio G80, tampaknya Galaxy A32 terlalu mahal jika dijual dengan harga Rp 3 juta. Bagaimana tidak, kini kita bisa menemukan produk lain dengan chipset sejenis tapi harga jauh lebih murah.

Contohnya seperti Realme 6i, Xiaomi Redmi 9 (review), Vivo Y20s G (review). Dan seperti kita tahu, masing-masing ponsel tersebut dijual dengan harga di bawah Rp 3 juta.

Fitur Galaxy A32 (SamMobile)
Fitur Galaxy A32 (SamMobile)

Tapi, di antara ponsel lain yang menggunakan chipset sama, Samsung Galaxy A32 menawarkan dukungan RAM yang lebih besar. Yakni RAM 6GB dan 8GB. Pula di bagian penyimpanan, yang berkapasitas 128GB.

Setidaknya, bisa sedikit mengobati rasa kaget ketika kamu membandingkan spesifikasi dari HP dengan MediaTek Helio G80. Maka, sekali lagi, penulis menganggap jika Galaxy A32 layak dimasukkan dalam daftar pertimbangkan ketika kamu ingin beli HP baru.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan terbaik, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like