BerandaGadgetsHandphone6 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50: Apakah Masih Layak?

6 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50: Apakah Masih Layak?

Rilis pertengahan 2019, Samsung Galaxy A50 menjadi salah satu produk Samsung yang digandrungi. Ponsel ini memiliki beberapa versi, seperti versi Global, Rusia, Kanada, Brazil, dan Latam. Namun, saat ini kita hanya akan mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50, spesifikasi, dan harganya terkini. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Ponsel ini memiliki spesifkasi yang komplet dan canggih di masanya. Meskipun belum 5G, fitur-fiturnya tergolong komplet. Penasaran dengan gimana spesifikasi komponen? Simak uraian spesifikasi Samsung Galaxy A50 yang sudah disiapkan tim Droila berikut ini, ya.

samsung galaxy a50 spesifikasi
samsung galaxy a50 spesifikasi

Desain dan Layar

HP kelas menengah Samsung ini memiliki desain yang menarik, meskipun penutup belakang dan frame masih terbuat dari glasstic, yaitu percampuran bahan kaca dan plastik, membuat tampilan ponsel ini tampak premium. Di Indonesia sendiri, warna yang tersedia adalah warna biru, hitam, dan putih.

Layar Samsung A50 terlihat hampir tanpa bezel dengan Infinity-U Display 6,4 inci. Layar yang hampir memenuhi ke ujung ponsel ini membuat tampilan terlihat lebih luas. Layar SuperAMOLED yang digunakan mampu menghasilkan gambar beresolusi Full HD atau 1080 x 2340 piksel.

Dimensi 158,5 x 74,7 x 7,7 dan berat 166 g membuat tampilan Galaxy A50 tampak ramping. Bagian layar ponsel ini juga sudah dilapisi Gorilla Glass 3.

Menariknya, ponsel ini sudah menggunakan pemindai jari On-Screen sehingga lebih mudah. Selain fingerprint, ponsel ini juga mendukung Face Recognition untuk membuka layar.

samsung a50 ram 4
samsung a50 ram 4

Performa dan Chipset

Ponsel ini menggunakan sistem operasional Android 9.0 (Pie) yang bisa di-upgrade ke Android 11. Desain One UI 3.0 juga membuat tampilan lebih simpel dan modern.

Chipset yang digunakan adalah Exynos 9610 (10nm). CPU Octa-core yang digunakan ada dua macam dan memiliki kecepatan 2,3GHz dan 1,7GHz. Selain itu, GPU Mali-G72 MP3 juga mendorong performa Samsung Galaxy A50 tetap stabil.

Di Indonesia, HP kamera terbaik ini menggunakan RAM 4GB dan 6GB. Kapasitas memori internal 64GB dan 128GB. Jangan khawatir, kamu juga bisa menambahkan MicroSD hingga 512GB.

Kapasitas RAM 4GB memang terlihat kecil dibanding ponsel masa kini. Namun, setidaknya kamu masih bisa memasang beberapa aplikasi yang digunakan sehari-hari.

Samsung Galaxy A50 menggunakan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Ponsel ini mampu memainkan audio musik hingga 92 jam.

Daya tahan baterainya masih cukup bagus dan terbilang awet. Teknologi pengisian daya fast charging masih 15W sehingga untuk mengisi daya penuh masih membutuhkan waktu lebih dari satu jam.

Oh ya, ponsel ini juga dilengkapi dengan asisten AI yang bernama Bixby. Ia mampu membantumu dalam mengelola pengaturan ponsel dan menyelesaikan tugas dengan cara berbicara kepadanya. Fungsinya miriplah ya dengan Google Assistant.

ram samsung galaxy a50
ram samsung galaxy a50

Kamera

Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang. Kamera utama 25MP yang sudah dilengkapi dengan autofokus. Kamera ultrawide 8MP dan kamera depth 5MP.

Meskipun resolusi kamera masih kalah saing dengan HP saat ini, hasil foto saat siang dan malam hari lebih terang dan tajam. Kualitas perekaman video pun bisa mencapai 1080p di 30fps.

Kamera depan memiliki resolusi 25MP yang mampu menghasilkan gambar HDR. Kualitas videonya pun bisa mencapai 1080p di 30fps. Adanya fitur Flaw Detection mampu menangkap kedipan, buram, dan pencahayaan belakang.

Harga Samsung Galaxy A50 Terbaru 2022

harga samsung galaxy a50
harga samsung galaxy a50

Saat ini, harga Samsung Galaxy A50 terbaru 2022 dibanderol dengan harga terjangkau. Galaxy A50 RAM 4GB/64GB harganya Rp2.499.000,00.

Sementara itu, Galaxy A50 RAM 6GB/128GB harganya Rp3.299.000,00. Kamu bisa membeli ponsel ini secara online maupun offline.

Tertarik beli? Nah, kamu bisa klik salah satu tombol di bawah ini. Kamu bakal dialihkan menuju halaman dari sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek langsung harga terbaru Samsung Galaxy A50 saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50

SpesifikasiSamsung Galaxy A50
DesainFrame alumunium
Body belakang dilapisi material plastik
Berat166 gram
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Layar6.4 inci
Super AMOLED
Corning Gorilla Glass
Rasio body ke layar 84.9%
Resolusi1080 x 2340 piksel
ChipsetExynos 9610
GPUMali-G72 MP3
RAM4 GB
ROM64 GB
OSAndroid 9 (Bisa ditingkatkan ke Android 11)
One UI 3.0
Kamera Belakang25 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
5 MP, f/2.2, (depth)
FiturLED flash
Panorama
HDR
Video [email protected]
Kamera Depan25 MP, f/2.0, 25mm (wide), 1/2.8″, 0.9µm
FiturHDR
Video [email protected]
BateraiLi-Po 4000 mAh, non-removable
Fast charging 15W
WarnaBlack
White
Blue
Coral
HargaRp 3.299.000 (Toko Online)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50 adalah sebagai berikut.

Kekurangan

  1. Belum support NFC
  2. Tidak tahan air dan debu
  3. Jaringan belum 5G

Kelebihan

  1. Layar lega
  2. Baterai awet
  3. Layar SuperAMOLED

Review Samsung Galaxy A50

samsung galaxy a50 harga dan spesifikasi
samsung galaxy a50 harga dan spesifikasi

Dilihat dari desainnya, ponsel ini memiliki tampilan yang masih kekinian. Apalagi, Samsung menambahkan efek bahan glasstic akan membuat ponsel ini mirip HP flagship. Bezel yang tipis dan desain poni juga membuat kenyamanan yang lebih saat main gim maupun nonton video.

Performanya masih dibilang lancar. Chipset yang digunakan mampu menopang kinerja ponsel sebagai HP harian. Kamu dapat multitasking dengan lancar.

Jika digunakan untuk bermain gim, ponsel ini mampu memainkan grafik tinggi dngan lancar. Hanya saja, tak disarankan untuk memainkan gim berat.

Kualitas kamera menjadi salah satu keunggulan Samsung Galaxy A50. Tiga kamera ini mampu menghasilkan gambar berkualitas dan HDR. Fitur kameranya juga masih bisa mengikuti tren saat ini, misalnya, tren foto bokeh.

Jika dilihat dari sisi harga, ponsel ini masih terjangkau kok. Dengan fitur yang ada dan kualitas terbaik dari Samsung, tentu harga tersebut tidak terlalu mahal.

Secara umum, ponsel ini cocok digunakan untuk menunjang aktivitas dan kesibukanmu sehari-hari. Paling tidak, dengan kapasitas baterai sebesar itu, kamu dapat membawanya beraktivitas seharian di luar.

Fiturnya yang komplet dan masih mumpuni memang tampak menarik. Saat membeli, sebaiknya pertimbangkan kapasitas RAM dan internalnya. Sesuaikan dengan kebutuhanmu sehari-hari.

Itulah ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik