Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51: HP Kamera Keren Harga Cuma Rp 4 Jutaan!

HP Samsung Galaxy A51 (PCMag)
HP Samsung Galaxy A51 (PCMag)

Sejak kamera pertama kali ditanamkan pada handphone, sejak itu pula fitur ini tidak bisa dilepaskan. Bahkan, terus dikembangkan hingga kemampuannya mampu bersaing dengan kamera DSLR. Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan ulasan HP kamera terbaik Samsung A51. Selain itu, disertakan pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51.

Tahun 2020 merupakan tahun kebangkitan HP kelas menengah. Bagaimana tidak, pengguna bisa menemukan banyak pilihan perangkat yang mengisi kelas ini. Pula, masing-masing vendor meluncurkan HP kelas menengah terbaiknya demi mendominasi pasar dan memenangkan kompetisi.

Tak ingin ketinggalan, Samsung Mobile meluncurkan seri Galaxy A51. Ponsel ini menjadi andalan perusahaan di kelas tersebut. Dibekali dengan teknologi terkini, desain terkesan premium, serta harga yang cukup terjangkau.

Di samping itu, banyak media internasional juga mengakui performa kamera Galaxy A51. Bahkan, ada pula yang menjadikannya sebagai HP kamera terbaik harga terjangkau tahun 2020.

Memang, dari segi usia, Galaxy A51 cukup tua. Samsung Mobile meluncurkan versi internasional dari perangkat ini pada akhir tahun 2019. Sedangkan Samsung Indonesia mulai menjualnya pada awal tahun 2020.

Akan tetapi, untuk pembaca yang ingin mencari HP buat fotografi, bisa lho mempertimbangkan ponsel ini. Hanya saja, sebelum beli, simak dulu uraian spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51 (PCMag)
Spesifikasi Samsung Galaxy A51 (PCMag)

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung menggunakan material khas yang dikembangkan perusahaan bernama “Glasstic”. Pengguna bisa mendapat kesan premium kala menggenggam perangkat. Padahal, harganya jauh lebih murah ketimbang material yang membungkus body Samsung Galaxy S21 series.

Kelebihan itulah yang membuat Galaxy A51 begitu mencuri perhatian. Ditambah dengan lapisan kerangka dari bahan alumunium, tentu menambah kesan perangkat yang berkelas, bukan?

Dari segi layar, perusahaan menanamkan panel OLED berukuran 6,5 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas Full HD+ dengan resolusi 2.400×1080 piksel. Cukup mengejutkan memang keputusan perusahaan yang memilih layar OLED untuk ponsel harga Rp 4 jutaan. Di sisi lain, keputusan itu pula yang menambah daya tarik perangkat.

Pada bagian layar, kamu akan menemukan lubang punch-hole yang terletak di bagian tengah. Lubang tersebut dibungkus cincin dari bahan metal berwarna perak. Sebagian pengguna mungkin menemukan kalo desain punch-hole ini cukup mengganggu. Tapi, menurut penulis, desain ini membuatnya tambah menarik.

Kamera belakang Samsung Galaxy A51 (PCMag)
Kamera belakang Samsung Galaxy A51 (PCMag)

Lubang punch-hole ini menjadi wadah dari kamera berkemampuan 32MP. Tentu kamu bisa mendapatkan hasil foto selfie yang lebih tajam dan maksimal dengan kamera tersebut. Pun jika kamu menggunakannya untuk merekam klik video TikTok, hasilnya bisa lebih jelas.

Membalik perangkat, kamu akan menemukan modul berbentuk persegi. Modul tersebut membungkus empat kamera belakang serta satu buah LED Flash. Keempat kamera belakang tersebut masing-masing berkemampuan  48MP f/1.7 lensa utama, 12MP lensa ultra wide angle, 5MP lensa makro, serta 5MP sensor kedalaman.

Untuk urusan performa, Samsung Galaxy A51 mengandalkan chipset yang dikembangkan perusahaan. Tak lain adalah SoC Exynos 9611. Jenis chipset yang juga digunakan pada Galaxy A50s. Perbedaannya hanya dukungan RAM dan ROM yang lebih besar.

Pengguna pun bisa lebih leluasa menggunakan perangkat untuk beragam kebutuhan. Pasalnya Samsung A51 dibekali RAM 8GB dengan ROM 128GB. Cukup lapang dan menjanjikan kenyamanan, bukan?

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 (SamMobile)
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 (SamMobile)

Berdasarkan uji coba penulis, Galaxy A51 bisa dipakai untuk memainkan berbagai game berat. Mulai dari PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, hingga COD Mobile.

Hanya saja, ketika penulis menggunakannya untuk memainkan Genshin Impact, hasilnya agak mengecewakan. HP mudah panas serta gambar yang seringkali patah-patah.

Sedangkan untuk pemakaian sehari-hari, kombinasi dapur pacu tentu sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitas pengguna. Bahkan, kamu pun nggak perlu mengkhawatirkan HP lemot atau baterai yang mudah habis.

Harga Galaxy A51 Terbaru

Desain Samsung A51 (PCMag)
Desain Samsung A51 (PCMag)

Sejak pertama kali Samsung Indonesia memperkenalkan model ini pada tahun 2020 lalu, belum ada penurunan harga. Berdasarkan penelusuran penulis pada website resmi Samsung Indonesia, harga Galaxy A51 terbaru masih tetap di kisaran Rp 4,399 juta.

Beruntungnya, harga yang lebih variatif penulis temukan dari e-commerce. Bahkan, ada pula toko online yang menjual Samsung Galaxy A51 dengan banderol di bawah Rp 4 juta. Tawaran yang sangat menguntungkan, bukan?

Nah, untuk pembaca yang tertarik memiliki HP Samsung kamera terbaik ini, penulis sudah siapkan tautan yang menuju ke halaman harga Samsung A51 dari beberapa toko online. Langsung cek tautan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A51

Tabel spesifikasi Galaxy A51 (Dok.Istimewa Droila)
Tabel spesifikasi Galaxy A51 (Dok.Istimewa Droila)

Untuk harga Rp 4 jutaan, Samsung Galaxy A51 layak dijadikan pilihan untuk banyak pengguna. Baik kamu yang suka gaming, streaming, atau bahkan vlogging. Spesifikasi komponen terbukti mumpuni mengakomodasi segala kebutuhan penggunanya.

Meskipun demikian, bukan berarti ponsel ini hadir tanpa kelemahan. Agar lebih memahami, yuk kenali bagaimana kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51.

Kekurangan

  • Fitur kamera makro terbatas
  • Tidak ada peningkatan kecepatan pengisian daya serta kapasitas baterai dibandingkan dengan Galaxy A50
  • Kualitas speaker kurang
  • Beberapa fitur kunci Android hilang pada One UI 2.0

Kelebihan

  • Performa tangguh dengan desain premium
  • Dukungan Android 10
  • Layar Infinity-O panel AMOLED yang mengagumkan
  • Peningkatakn kualitas kamera ultra-wide
  • Colokan headset 3,5 mm
  • Bisa menjalankan game berat seperti PUBG Mobile
Harga Galaxy A51 terbaru (SamMobile)
Harga Galaxy A51 terbaru (SamMobile)

Kesimpulan

Menurut penulis, Samsung Galaxy A51 layak disebut sebagai salah satu HP kelas menengah terbaik 2020. Kombinasi antara spesifikasi komponen, performa, serta harga yang terjangkau membuat ponsel Samsung ini begitu menggoda.

Hanya saja, kehadiran Galaxy A51 5G yang diluncurkan perusahaan pada bulan Agustus 2020 lalu tentu mengubah pandangan. Hanya selisih kurang lebih 1 juta, kamu bisa mendapat perangkat dengan komponen sama. Dari namanya, yang berbeda tentu saja dukungan koneksi 5G.

Maka, bagi Droila, tampaknya perlu pertimbangan lebih dalam untuk membeli perangkat ini.

Nah, itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai Samsung A51. Dan setelah membaca kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 di atas, semoga bisa membantumu dalam menentukan pilihan perangkat yang ingin dibeli, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like