Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72: Snapdragon 720G Dijual Rp6 Jutaan?

Desain belakang Galaxy A72 (SamMobile)
Desain belakang Galaxy A72 (SamMobile)

Pertengahan bulan Maret lalu, Samsung Indonesia memperkenalkan produk terbaru yang mengisi lini Galaxy A. Tak tanggung-tanggung, ada tiga produk yang diperkenalkan –yakni Galaxy A32, Galaxy A52. dan Galaxy A72. Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan informasi paling komplit terkait kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72. Mau tahu?

Sejak awal tahun 2021, kita sudah menyaksikan beberapa kali peluncuran produk Samsung terbaru. Dimulai dengan Samsung Galaxy seri S21 series, gadget Samsung Tags, hingga AirBuds anyar.

Dan bulan Maret kemarin, Samsung kembali menghadirkan jajaran produk di lini Galaxy seri A. Saat itu, Samsung Indonesia bahkan langsung memperkenalkan tiga perangkat sekaligus.

Nah, untuk seri Galaxy A32 dan Galaxy A52, kamu sudah bisa membaca ulasannya di artikel lain. Tim Droila sudah mengupas tuntas kedua HP Samsung Galaxy A terbaru itu.

Kali ini, tim penulis sudah menyiapkan ulasan serta informasi terlengkap seputar Galaxy A72. Di bawah, kamu bisa membaca informasi seputar spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72. Langsung cek aja, ya.

Desain Galaxy A72 (Samsung Indonesia)
Desain Galaxy A72 (Samsung Indonesia)

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Di antara ketiga seri Galaxy seri A yang diluncurkan secara bebarengan, Galaxy A72 merupakan varian dengan spesifikasi paling gahar. Keunggulan pun tak hanya terletak di bagian spesifikasi komponen saja. Bagian desain pun terlihat menawan dengan finishing warna matte.

Alhasil, kamu akan mendapatkan tampilan premium dari perangkat yang sebenarnya menyasar kelas menengah. Cukup menjanjikan, bukan?

Seperti umumnya ponsel kelas menengah, Galaxy A72 hadir dengan bagian punggung yang dilapisi material polycarbonate. Berkat pilihan warna yang menarik, material plastik yang juga dipakai untuk bagian kerangka tak terkesan murahan.

Di bagian belakang, kamu akan menemukan modul berbentuk persegi panjang. Warna hitam pekat dari empat kamera utama menjadikannya begitu mencuri perhatian di antara bidang datar berwarna seragam.

Spesifikasi Galaxy A72 (Samsung Indonsia)
Spesifikasi Galaxy A72 (Samsung Indonsia)

Keempat kamera Galaxy A72 masing-masing memiliki kemampuan 64MP lensa wide yang didukung fitur PDAF dan OIS; 8MP lensa telephoto dengan kemampuan PDAF, OIS, dan 3x optical zoom; 12MP lensa ultra lebar, serta 5MP sensor makro.

Harus diakui, Samsung tampak begitu serius dan bersungguh-sungguh dalam menawarkan pengalaman terbaik untuk ponsel kelas menengah. Kombinasi kamera tersebut juga menjanjikan pengalaman yang lebih penuh dan paripurna bagi pengguna.

Membalik perangkat, Samsung melapisi layar dengan panel Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis 1080 x 2400 piksel dengan refresh rate 90Hz. Pengguna pun bisa lebih nyaman berkat grafis dari game maupun video yang sudah ditingkatkan.

Dapur pacu Galaxy A72 (Samsung Indonesia)
Dapur pacu Galaxy A72 (Samsung Indonesia)

Pada layar bagian atas, terdapat lubang kecil yang menjadi wadah kamera berkemampuan 32MPMP. Yang mengagumkan, kamera depan Galaxy A72 dibekali mode HDR. Menggunakan kamera depan untuk merekam klip TikTok pun hasilnya jauh lebih memuaskan ketimbang seri Samsung Galaxy kelas menengah lainnya.

Masuk ke bagian jeroan, HP Samsung terbaru ini mengandalkan dapur pacu Snapdragon 720G. Masih ada dukungan RAM 8GB dengan dua pilihan penyimpanan internal. Terdiri dari 128GB dan 256GB. Masing-masing pilihan bisa bikin kamu lebih tenang untuk urusan menyimpan data. Lapang banget!

Harga Samsung Galaxy A72 Terbaru

Kamera belakang Galaxy A72 (SamMobile)
Kamera belakang Galaxy A72 (SamMobile)

Harus diingat, Samsung Galaxy Indoensia baru memperkenalkan perangkat ini bulan lalu. Artinya, belum ada pilihan harga yang cukup menggoda. Sebagai perbandingan, penulis menggunakan harga yang tertera pada situs resmi Samsung Indonesia.

Untuk pilihan RAM 8GB memori internal 128GB, Samsung Galaxy A72 dibanderol dengan harga Rp 5,999 juta. Sementara itu, varian RAM 8GB dengan penyimpapan internal sebesar 256GB dijual Rp6,399 juta. Jadi, kamu pilih yang mana?

Begitu sudah menentukan pilihan, jangan buru-buru check out barang. Beruntungnya, kini ada beberapa pilihan harga Galaxy A72 yang sudah tersedia pada toko online. Agar kamu mendapatkan harga yang menguntungkan, jangan lupa untuk cek harga Samsung Galaxy A72 lewat tautan yang sudah disiapkan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Spek lengkap Samsung Galaxy A72 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Samsung Galaxy A72 (Dok.Istimewa Droila)

Jangan sampai rasa kagum terhadap spek maupun fitur canggih Galaxy A72, bikin kamu langsung beli perangkat ini begitu saja. Agar tidak merasa kecewa di akhir, pahami juga bagaimana kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

Kekurangan

  • Tanpa dukungan stabilitator pada kamera
  • Panel Super AMOLED belum dilapisi Corning Gorilla Glass sebagai kaca pelindung
  • Tanpa dukungan fitur isi ulang daya nirkabel
  • Dipakai untuk memainkan game berat dalam jangka waktu lama masih sering lag
Performa gaming Samsung A72 (Samsung Indonesia)
Performa gaming Samsung A72 (Samsung Indonesia)

Kelebihan

  • Layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz
  • Kualitas kamera cukup memuaskan dengan lensa yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas
  • Ukurannya cukup seimbang untuk ukuran tangan orang Indonesia
  • Kapasitas baterai besar
  • Mendapat pembaruan OneUI 3.1
  • Fitur keamanan sensor sidik jari di dalam layar

Review Galaxy A72: Snapdragon 720G Harga Rp5 jutaan?

Daya tahan baterai Samsung Galaxy A72 (SamMobile)
Daya tahan baterai Samsung Galaxy A72 (SamMobile)

Memang, banyak pihak menyetujui bahwa segmen HP kelas menengah merupakan salah satu segmen yang meningkat cepat. Produk-produk terkini sudah jauh melampau teknologi dari perangkat yang diluncurkan beberapa tahun lalu.

Begitupula dengan Galaxy A72. Dalam hal teknologi, seri terbaru ini menawarkan berbagai pembaruan. Sesuatu yang bahkan jarang bisa kita dapatkan dari ponsel Samsung Galaxy.

Namun, sayangnya, pembaruan yang diberikan Samsung tampaknya masih kurang menggoda. Terutama di bagian dapur pacu. Soalnya, kita bisa dengan mudah menemukan HP yang didukung Snapdragon 720G tapi dijual jauh lebih murah.

Contohnya seperti Realme 8 Pro (review), Realme 7 Pro (review), Oppo Reno 4 (review), hingga Redmi Note 9 Pro (review). Tak hanya itu, chipset yang sama juga ditanamkan perusahaan pada Galaxy A52 (review).

Memang, dalam hal kamera, Galaxy A72 menawarkan fitur dan teknologi yang benar-benar berbeda. Tapi, akankah kamera bisa jadi kompensasi yang seimbang untuk harga yang cenderung mahal?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, baiknya kita tunggu hingga akhir tahun nanti. Sehingga kita bisa membandingkan data penjualan dari perangkat ini.

Usai sudah uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantu kamu untuk memantabkan pilihan sebelum memutuskan beli perangkat handphone Android terbaru ini.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like