Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12: Ponsel Anyar dengan Baterai Raksasa, Harga Di Bawah 2 Juta!

Bocoran spesifikasi Galaxy M12 (FirstPost)
Bocoran spesifikasi Galaxy M12 (FirstPost)

Samsung mengakhiri tahun 2020 dengan merilis ponsel entry-level terbarunya. Hanya saja, saat itu Samsung baru memperkenalkan ponsel ini untuk pasar India saja. Dan baru-baru ini, Samsung Global akhirnya merilis Galaxy M12. Jika tertarik beli, kenali dulu gimana spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12, ya.

Meskipun menargetkan pasar entry-level, Samsung tak lupa menambahkan pembaruan pada ponsel anyarnya ini. Menawarkan layar dengan refresh rate 90Hz, tentu menjadikan Galaxy M12 masuk dalam jajaran HP murah dengan grafis mewah.

Soalnya, sudah ada beberapa perangkat yang lebih dulu menanamkan teknologi tersebut. Salah satu contohnya adalah Infinix Zero 8 (review), yang sudah penulis bahas pada artikel lain. Hanya saja, bukan Samsung Galaxy namanya jika hadir cuma membawa satu keunggulan.

Selain menawarkan grafis yang lebih keren, Galaxy M12 juga diklaim punya baterai berkapasitas besar. Yang jelas, bakal memanjakan pengguna yang punya segudang aktivitas di luar rumah. Pula, bisa memudahkan kamu yang setiap hari aktif di depan layar HP –entah sebagai pengusaha reseller, atau jenis pekerjaan lain.

Maka, jika kamu tertarik beli, tim Droila sudah rangkumkan informasi terlengkap mengenai Samsung Galaxy M12. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah aja, ya.

Desain dan tampilan Galaxy M12 (SamMobile)
Desain dan tampilan Galaxy M12 (SamMobile)

Spesifikasi Galaxy M12

Baru-baru ini, Samsung Global meluncurkan Galaxy M12 untuk pasar India. Di negara asal Taj Mahal itu, Galaxy M12 rencananya mulai dijual pada pertengahan bulan Maret nanti. Menurut keterangan dari GSMArena, tepatnya pada tanggal 18 Maret.

Hadir dengan balutan material plastik di bagian punggung, kamu akan mendapati adanya modul berbentuk persegi di bagian kiri atas perangkat. Seperti biasanya, terdapat tulisan Samsung yang menghiasi bagian bawah dari body belakang.

HP Samsung Galaxy murah ini memiliki dimensi 164.0 x 75.9 x 9.7 mm. Selain itu, Galaxy M12 juga memiliki bobot 221 gram. Bisa dibilang, bobot yang cukup berat merupakan konsekuensi dari penggunaan baterai berkapasitas besar.

Spek Samsung Galaxy m12 (Kimovil)
Spek Samsung Galaxy m12 (Kimovil)

Di bagian depan, Samsung menggunakan layar PLS IPS dengan konsep Infinity-V. Artinya, tampilan bakal lebih lapang karena rasio body ke layar cukup lebar. Layar dengan ukuran diagonal 6,5 inci ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel serta refresh rate 90Hz.

Tak ketinggalan, Samsung turut menambahkan perlindungan kaca tambahan. Tak tanggung-tanggung, Samsung melapisi layar depan dengan Corning Gorilla Glass.

Di dalam modul bagian belakang, terdapat setup empat kamera. Masing-masing berkemampuan 48MP lensa wide dengan sensor ISOCELL GM2 dan didukung fitur PDAF. Ketiga kamera lain masing-masing berkemampuan 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa makro, serta 5MP sensor kedalaman.

Kemampuan kamera Galaxy M12 (Kimovil)
Kemampuan kamera Galaxy M12 (Kimovil)

Samsung tak lupa membekali kamera belakang dengan fitur-fitur fotografi khas miliknya. Artinya, kamu tetap bisa kok mendapatkan hasil jepretan yang optimal, meski menggunakan lensa berkemampuan rendah.

Sementara itu, kamera depan terletak pada notch berbentuk waterdrop. Kamera selfie Galaxy M12 memiliki kemampuan 8MP serta mendukung Mode HDR.

Cukup menjanjikan kenyamanan serta video berkualitas menawan, ketika kamu pakai untuk merekam klip TikTok.

Fitur Samsung Galaxy M12 (Kimovil)
Fitur Samsung Galaxy M12 (Kimovil)

Untuk menjamin kelancaran aktivitas, Galaxy M12 didukung chipset Exynos 850. Chipset yang dikembangkan Samsung ini mengandalkan CPU dengan delapan inti serta GPU Mali-G52.

Tak hanya itu, terdapat dua pilihan RAM dan penyimpanan internal. Antara lain RAM 4GB/6GB dengan kapasitas memori 64GB/128GB.

Sedangkan di bagian daya tahan, Galaxy M12 mengandalkan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Baterai ini juga dilengkapi fitur pengisian daya cepat 15W. Alhasil, pengguna pun bisa lebih leluasa dan tenang kala beraktivitas di lokasi yang jauh dari colokan listrik, bukan?

Harga Galaxy M12 di Indonesia

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy M12 (DroidAfrica)
Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy M12 (DroidAfrica)

Seperti sudah sedikit disinggung di atas, HP Samsung Galaxy M12 belum dirilis oleh distributor Indonesia. Maka dari itu, yang bisa disampaikan oleh penulis baru sebatas pada perkiraan harga perangkat ini di Indonesia.

Nah, berdasarkan keterangan harga Galaxy M12 di India, terdapat dua pilihan harga yang ditawarkan perusahaan. Pertama, Samsung Galaxy M12 dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dibanderol 10.999 rupee. Jika dikonversi ke dalam rupiah Indonesia menjadi kurang lebih Rp2,1 juta.

Sedangkan varian kedua memiliki RAM 6GB dengan penyimpanan 128GB. Perusahaan menjualan varian ini dengan harga 13.499 rupee atau sekira Rp2,7 juta.

Dari harga tersebut, diperkirakan bahwa Samsung Galaxy M12 bakal dijual dengan harga Rp 2 jutaan di Indonesia. Pasalnya, selisih antara harga pasar India dengan Indonesia biasanya tidak terpaut terlalu jauh.

Apalagi, kini Samsung Indonesia sudah mendaftarkan perangkat ini pada TKDN Kemenperit dan sudah lolos uji. Menurut penulis, Galaxy M12 kemungkinan akan dirilis dalam waktu satu hingga 2 bulan mendatang.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy M12

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M12 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M12 (Dok.Istimewa Droila)

Kesan pertama yang didapat banyak pengulas tentu saja daya tahan yang cukup panjang. Berkat daya tahan itu pula Galaxy M12 menjanjikan performa yang lebih memuaskan, terutama buat pengguna yang punya banyak aktivitas di luar ruangan.

Namun, bukan berarti HP Samsung terbaru ini hadir tanpa kelemahan. Nah, lebih lengkap, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12 yang wajib kamu ketahui:

Kekurangan

  • Bobotnya sedikit lebih berat dan ukurannya tebal
  • Notch berbentuk waterdrop yang ketinggalan zaman
  • Resolusi hanya 720p HD
  • Nggak direkomendasikan kalo kamu gunakan buat memainkan game berat. Bakal lemot dan terasa lambat!
  • Performa kamera biasa saja
Daya tahan Galaxy M12 (Kimovil)
Daya tahan Galaxy M12 (Kimovil)

Kelebihan

  • Mendukung pengoperasian OS Android 11
  • Baterai berkapasitas besar 6.00 mAH
  • Refresh rate 90Hz
  • Bisa ditambahi kartu SD
  • Desain menarik dan kece
  • Pengisian daya cepat 15 W
  • OneUI 2.5 versi kustom

Kesimpulan

Spesifikasi Galaxy M12 (91mobiles)
Spesifikasi Galaxy M12 (91mobiles)

Tahun 2021 baru berjalan beberapa bulan. Tapi, kita sudah mendapatkan cukup banyak pilihan HP harga 2 jutaan dari beberapa vendor. Kondisi yang tentu menguntungkan calon pembeli. Apalagi, masing-masing perangkat sudah dibekali dengan teknologi dan fitur terkini.

Contohnya seperti Poco M3 (review), yang memiliki desain paling menarik di kelasnya. Di sisi lain, juga ada Infinix Zero 8 (review) dan Realme Narzo 30A (review) yang punya performa gahar.

Sementara itu, Galaxy M12 juga punya kompetitor yang berasal dari seri lain, yakni A12. Di atas kertas, kedua perangkat punya spesifikasi yang hampir sama. Maka, pertanyaannya, akankah Galaxy M12 menggantikan posisi Galaxy A12 (review) yang sudah dipercaya pasar?

Usai sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like