BerandaGadgetsHandphone10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22: Layar Lebar dan Kamera Multifungsi

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22: Layar Lebar dan Kamera Multifungsi

Salah satu HP mid-range Samsung yang menarik adalah Samsung Galaxy M22. Ponsel ini masih diminati hingga saat ini. Terutama bagi pecinta layar SuperAMOLED dengan budget terbatas. Selalin itu, ada pula kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22 yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini. So, baca sampai habis, ya!

Spesifikasi Samsung Galaxy M22

Meskipun harganya di bawah tiga juta, fitur dan kualitas ponsel ini cukup bisa diandalkan. Berikut spesifikasi lengkapnya.

harga samsung galaxy m22
harga samsung galaxy m22

Desain dan Layar

Desain HP Samsung kelas menengah ini mirip sekali dengan Samsung M32. Bagian belakang terbuat dari plastik dengan motif garis-garis. Finishing glossy membuat HP ini terkesan tak hanya kokoh, tetapi juga elegan.

HP ini memiliki ukuran yang tak terlalu besar. Dimensinya 159,9 x 74 x 8,4 mm. Beratnya hanya 186 g sehingga ringan di genggaman.

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan power. Di sisi kiri terdapat slot SIM card dan microSD. Di bagian bawah terdapat port USB dan jack audio 3,5 mm.

Di bagian depan terdapat layar SuperAMOLED yang membentang 6,4 inci. Layar ini mampu menampilkan tingkat kecerahan hingga 600 nits.

Sayangnya, resolusi gambar yang ditampilkan maksimal 720 x 1600 piksel. Pergeseran layar juga cukup mulus dengan refresh rate 90Hz.

samsung galaxy m22 harga dan spesifikasi
samsung galaxy m22 harga dan spesifikasi

Performa dan Chipset

HP Samsung murah ini menggunakan sistem operasional Android 11. Tampilan layar makan simpel dan modern dengan adanya sistem One UI Core 3.1.

Perfoma ponsel ini juga kencang berkat chipset Mediatek Helio G80 (12nm). CPU Octa-core memiliki kecepatan 2.0 GHz dan 1,8 GHz. GPU Mali-G52 MC2 juga turut mendukung kecepatan performa.

Di bagian memori, ponsel ini dibekali dengan RAM 6GB dan ROM 128GB. Dengan kapasitas ini, kamu bisa memasang banyak aplikasi dan multitasking dengan lancar.

Jika memori internal tersebut dirasa masih kurang, kamu dapat menambahkan memori eksternal hingga 1TB.

Kapasitas baterai yang digunakan menggunakan tipe Li-Po 5.000 mAh. Kapasitas ini termasuk besar di kelasnya. Untuk pengisian daya juga sudah mendukung fitur fast charging 25W. Sayangnya, charger 25W dijual terpisah.

harga samsung galaxy m22 6 128
harga samsung galaxy m22 6 128

Kamera

Untuk fitur kamera, Samsung Galaxy M22 ada empat lensa yang bisa digunakan. Kamera utama 48MP telah dilengkapi autofokus. Kamera ultrawide 8MP hanya tersedia di kamera belakang.

Kamera makro 2MP mampu menghasilkan detail objek dengan apik. Kamera dept 2MP juga dapat menghasilkan foto portrait yang memukau. Model akan terlihat menonjol dibanding latarnya.

Kamera depan 13MP mampu menghasilkan gambar yang tajam dan detail saat berswa foto. Bahkan, untuk video call, hasilnya juga jernih. Namun, kamera ini agak noise saat di tempat yang kurang cahaya.

Jika kamu ingin merekam video. Baik kamera depan maupun belakang mampu menghasilkan video dengan resolusi hingga 1080p di 30fps. Kamera belakang sudah dilengkapi dengan digital zoom hingga sepuluh kali.

Harga Samsung Galaxy M22 Terbaru 2022

Berdasarkan situs resmi Samsung, harga Samsung Galaxy M22 Terbaru 2022 adalah Rp2.799.000,00. Ponsel ini dapat juga kamu beli di toko offline atau toko online lainnya. Harganya pun bervariasi, bahkan ada juga yang berani menjual dengan harga lebih murah.

Tertarik beli? Penulis sudah siapkan beberapa tombol yang bisa kamu pakai buat mengecek harga Samsung Galaxy M22 terbaru 2022. Tanpa panjang lebar, langsung klik salah satu tombol di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22

SpesifikasiSamsung Galaxy M22
DesainFrame dan body belakang dibuat dari material plastic
Berat186 gram
Dimensi159.9 x 74 x 8.4 mm
Layar6.4 inci
Super AMOLED
Rasio body ke layar 83.6%
Resolusi720 x 1600 piksel
HD
Refresh rate 90Hz
ChipsetMediaTek Helio G80
GPUMali-G52 MC2
RAM6GB
ROM128GB
OSAndroid 11, bisa ditingkatkan ke Android 12
One UI 4.1
Kamera Belakang48 MP, f/2.0, (wide), PDAF, OIS
8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash
Panorama
HDR
OIS
Kamera Depan13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Fast charging 25W
WarnaBlack White Light Blue
HargaRp 2.799.000
Tabel spesifikasi Samsung Galaxy M22 (Dok.Istimewa/Droila)

Samsung senantiasa menjaga kualitas ponselnya agar tetap dapat bersaing di pasaran gadget. Namun, kualitas ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22.

Kekurangan

  1. Belum menggunakan stereo speaker.
  2. Belum ada IP rating.
  3. Resolusi layar belum Full HD.
  4. Baterai 25W tidak disertakan dalam kotak penjualan.
  5. Belum dilapisi Corning Gorilla Glass

Kelebihan

  1. Desain modern dan elegan.
  2. Fitur kamera lengkap.
  3. Layar SuperAMOLED 6,4 inci.
  4. Kapasitas baterai besar.
  5. Dukungan OIS

Review Samsung Galaxy M22

samsung galaxy m22 kelebihan dan kekurangan
samsung galaxy m22 kelebihan dan kekurangan

Dilihat dari desainnya, Samsung ini memiliki bezel yang tipis sehingga layar terlihat lebih luas. Bermain gim maupun nonton video jadi makin nyaman. Sayangnya kualitas resolusi belum Full HD sehingga beberapa konten tak dapat ditampilkan dengan maksimal.

Performa HP kelas menengah Samsung ini juga cukup bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ketahanan baterai bisa seharian selama digunakan untuk harian normal. Normal di sini maksudnya, hanya digunakan untuk berkomunikasi. Bukan untuk bermain gim terus menerus.

Meskipun menggunakan chipset Helio G80, tetapi tidak direkomendasikan untuk bermain gim berat. Jika tetap dipaksakan, kemungkinan settingan grafiknya tak dapat maksimal. Belum lagi kalau terjadi frame drop. Tentu bermain gim bukannya senang malah emosi sendiri.

Dilihat dari kameranya, modul kamera yang multifungsi tentu cocok untuk berbagai kesempatan. Kualitas kameranya cukup bisa diandalkan saat di tempat yang cukup cahayanya. Fitur kamera bokeh juga masih belum ketinggalan zaman.

Bisa dikatakan, fitur-fitur yang ada di Samsung Galaxy M22 masih cocok digunakan di tahun ini. Fiturnya belum ketinggalan.

Namun, jika dilihat dari harganya, dengan harga hampir 3 juta tentu akan kalah dibandingkan merek lain, seperti Xiaomi dan Realme. Kedua brand tersebut berani memberikan spesifikasi yang lebih dengan harga yang sama bahkan lebih murah.

Ponsel ini cocok digunakan untuk menunjang komunikasi online dan juga media sosial. Kamera multifungsi, kapasitas baterai besar, dan layar lebar menjadi nilai plus sesuai dengan selera warga +62.

Nah, itu saja ulasan kelebihan dan kelemahan Samsung Galaxy M22. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik