Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30: Udah Kemahalan?

harga samsung galaxy m30
harga samsung galaxy m30

Samsung Galaxy M30 menjadi salah satu HP entry level yang bisa menjadi pilihan hingga saat ini. Terdapat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30 yang menjadikan HP ini masih layak dilirik. Namun, sebelum mengulas kelebihan dan kekurangannya, kami akan memaparkan spesifikasi Samsung Galaxy M30 dan juga harga terbarunya.

Spesifikasi Samsung Galaxy M30

Spesifikasi Samsung Galaxy M30 memang cukup lengkap. Hingga saat ini pun, fiturnya masih tak kalah saing dengan merek lain. Penasaran? Kaya gini nih spesifikasi lengkapnya yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber.

Desain dan Layar

samsung m30
samsung m30

HP Samsung murah ini memiliki bodi yang tak jauh berbea dengan HP Android saat ini. Dengan dimensi 159 x 75,1 x 8,5mm, HP ini terasa nyaman di genggaman. Material plastik pun membuat HP ini cukup ringan dengan bobot 174g.

Ada dua pilihan warna yang disediakan: Biru dan Hitam. Dua warna yang cocok untuk semua usia dan gender. Meskipun terbuat dari plastik, desain Samsung Galaxy M30 tampak kokoh berkat efek glossy matte di casing belakangnya.

Dilihat dari fisiknya pun, ponsel ini masih menyediakan slot microSD dan jack audio 3,5mm. Hingga saat ini, kedua fitur ini masih digunakan oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Terutama bagi orang ang sering gonta-ganti HP. Penggunaan memori eksternal dirasa lebih praktis ketimbang mentransfer data dari komputer atau Google Drive.

Di bagian depan, kamu akan dimanjakan dengan layar SuperAMOLED 6,4 inci. Penggunaan jenis layar ini membuat tampilan gambar maupun video menjadi sangat jernih dan tajam.

Apalagi resolusi yang ditampilkan mencapai 1080 x 2340 piksel. Tentu saja kamu dapat menikmati film dengan kualitas video yang menawan.

Performa dan Chipset

samsung galaxy m30 harga
samsung galaxy m30 harga

Samsung Galaxy M30 menggunakan sistem operasional Android Oreo yang dapat di-upgrade ke Android 10. Chipset Exynos 7904 (14nm) tentu saja dapat memberikan performa yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. CPU Octa-core memiliki kecepatan 1,8GHz dan 1,6GHz. Adanya GPU Mali-G71 MP2 turut mendukung kecepatan operasional ponsel ini.

Untuk masalah memori, ponsel ini memiliki banyak varian RAM dan ROM. Namun, HP entry-level ini tidak dijual resmi di Indonesia memiliki RAM 4GB dan ROM 64GB.

Memori eksternal pun dapat kamu tambahkan hingga 512GB. Kapasitas RAM ini tentu menjadikan kamu lebih leluasa untuk memasang berbagai macam aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari.

Samsung Galaxy M30 menggunakan jaringan 4G. Tipe slot SIM-nya dapat memuat 2 nano SIM dan 1 MicroSD. Berkenaan dengan konektivitasnya, ponsel ini didukung USB Type C, earjack 3,5mm stereo, dan Bluetooth. Tapi, HP ini belum support NFC ya!

Baterai Samsung Galaxy M30 memiliki kapasitas Li-Po 5000 mAh. Daya tahan baterainya pun bisa dibilang awet. Jika baterai habis, pengisian dayanya sudah dilengkapi fitur fast charging 15W. Fitur lainnya, HP ini sudah dilengkapi fingerprint dan gyro.

Kamera

m30 samsung
m30 samsung

Samsung Galaxy M30 memiliki tiga lensa di kamera belakangnya. Kamera utama 13MP yang sudah dilengkapi dengan autofokus. Kamera ultrawide 5MP dan kamera dept 5MP.

Kamera ini mampu memperbesar objek hingga 4x zoom. Kualitas video yang dihasilkan hingga 1080p di 30 fps. HP ini belum support stereo speaker dan videonya pun belum dilengkapi fitur OIS.

Di layar depan, terdapat kamera dengan resolusi kamera 16MP yang mampu menghasilkan gambar HDR. Sama seperti kamera belakang, kualitas video yang dihasilkan mencapai 1080p di 30 fps. Hasil kamera ini cukup tajam sih, apalagi jika digunakan untuk video call.

Harga Samsung Galaxy M30 Terbaru 2022

samsung galaxy m30
samsung galaxy m30

Jika dibandingkan dengan harga saat pertama kali rilis, tentu saja harga Samsung Galaxy M30 sudah turun drastis. Berdasarkan informasi dari beberapa toko online, harga Samsung Galaxy M30 terbaru 2022 rata-rata Rp2.600.000,00.

Selain membeli secara online, kamu juga bisa membelinya secara offline. Tapi mungkin agak susah karena umur HP Samsung murah ini sudah tiga tahun. Di dalam kotak penjualannya nanti, kamu akan mendapatkan Samsung Galaxy M30, earphone, kabel data USB Type C, adaptor, SIM ejektor, dan buku panduan.

Tertarik beli? Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa langsung cek harga Samsung Galaxy M30 terbaru bulan ini. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30

SpesifikasiSamsung Galaxy M30
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plasti
Berat174 gram
Dimensi159 x 75.1 x 8.5 mm
Layar6.4 inci
Super AMOLED
Rasio body ke layar 84.2%
Resolusi1080 x 2340 piksel
ChipsetExynos 7904
GPUMali-G71 MP2
RAM4GB
ROM64GB
OSAndroid 8.1 (Bisa ditingkatkan ke Android 10)
One UI 2
Kamera Belakang13 MP, f/1.9, PDAF
5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, (depth)
FiturLED flash
Panorama
HDR
Kamera Depan16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.06″, 1.0µm
FiturHDR
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Fast charging 15W
WarnaBlack Blue
HargaRp 2.600.000 (Toko Online)
Tabel spesifikasi Samsung Galaxy M30 (Dok.Istimewa/Droila)

Sudah bisa menyimpulkan? Oke, mari kita simpulkan saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30 sebagai berikut.

Kekurangan

  1. Speaker belum stereo.
  2. Bodi plastik.
  3. Belum NFC
  4. Harga kemahalan

Kelebihan

  1. Layar lebar super AMOLED
  2. Sudah fast charging
  3. Kualitas triple camera yang unggul

Review Samsung Galaxy M30

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m30
kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m30

Samsung memang senantiasa menjaga kualitasnya meskipun untuk HP entry level. Desain yang terbuat dari plastik tetap dibuat glossy agar terlihat elegan. Soal layar juga tidak pelit. Penggunaan SuperAMOLED 6,4 inci tentu saja belum ketinggalan zaman. Mengingat lebar layar HP saat ini juga rata-rata 6 inci.

HP Samsung M30 bukanlah HP gaming. Jadi jangan berharap kamu bisa memainkan gim berat di HP ini. Samsung Galaxy M30 lebih cocok digunakan untuk berkomunikasi dan juga bermedia sosial. Fitur fotografinya pun tak kan mengecewakan saat digunakan untuk update status atau story.

Secara garis besar, HP ini masih layak digunakan sebagai HP pendamping maupun HP utama bagi kamu yang membutuhkan smartphone untuk berkomunikasi online saja.

Itulah ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like