Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G: Lebih Dari yang Kamu Butuhkan!

Kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Ultra 5G (Unsplash)
Kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Ultra 5G (Unsplash)

Meskipun Samsung memperkenalkannya sebagai yang paling canggih, tetap saja ada kok kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Jika kamu tertarik untuk upgrade perangkat, wajib tahu, lho. So, simak penjelasan berikut, ya.

Setiap Samsung meluncurkan ponsel Galaxy seri S terbaru, selalu diikuti dengan gegap gempita serta keributan dari pengguna. Nggak cuma di Indonesia, tapi dari berbagai penjuru dunia! Dan bulan Februari lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini meluncurkan model HP flagship terbarunya.

Terdiri dari tiga jenis. Antara lain Samsung Galaxy S21, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G. Dan seperti tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun, Galaxy S21 Ultra 5G menjadi varian pamungkas. Artinya, dibekali spesifikasi komponen paling gahar, teknologi tercanggih, serta harga paling mahal.

Kali ini, tim Droila sudah menyiapkan uraian lengkap mengenai Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Mulai dari spesifikasi, harga, hingga kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Ultra 5G. Mau tahu bagaimana ulasan mengenai ponsel canggih ini? Simak uraian di bawah, Gan.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Smartprix)
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Smartprix)

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Seperti yang sudah ramai dibicirakan penggemar dari berbagai penjuru dunia, Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy S21 series tanpa adaptor charger.

Meskipun dinilai meniru oleh sebagian pengamat, tapi Samsung tetap mempertahankan keputusan. Apalagi, langkah tersebut dilakukan demi mengurangi konsumsi plastik di seluruh dunia.

Terlepas dari minusnya adaptor, tidak mengurangi fakta bahwa Galaxy S21 Ultra 5G merupakan model paling menawan. Di antara model lain, seri ini memiliki ukuran paling besar dan berbeda. Pasalnya, ponsel ini dilapisi alumunium berukuran tebal.  

Review Galaxy S21 Ultra 5G (TomsGuide)
Review Galaxy S21 Ultra 5G (TomsGuide)

Lapisan alumunium juga dijadikan sebagai modul yang membungkus kamera belakang. Modul tersebut berisi empat buah lensa serta satu LED Flash.

Masing-masing berkemampuan 108MP lensa PDAF yang didukung fitur AF (Auto Focus) dan OIS, 10MP lensa telephoto periskop dengan dukungan dual pixel PDAF, 10MP lensa telephoto, serta 12 MP lensa ultrawide.

Untuk bagian depan, Galaxy S21 Ultra 5G menggunakan layar Dynamic OLED 2X berukuran 6,8 inci. Ya, cukup lebar dan membuatnya tampak seperti tablet mini. Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 1440 x 3200 piksel.

Layar Samsung S21 Ultra 5G (TomsGuide)
Layar Samsung S21 Ultra 5G (TomsGuide)

Seperti HP Samsung Galaxy lainnya, Galaxy S21 Ultra 5G juga dibekali fitur Always-on Display. Selain itu layar tersebut juga bisa menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz serta memiliki kualitas HDR10+. Cukup menawan, bukan?

Layar ponsel dijamin tidak mudah lecet maupun tergores. Pasalnya, HP harga mahal ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus oleh perusahaan.

Sebagai tambahan, Gorilla Glass Victus merupakan produk terbaru yang menerapkan teknologi tercanggih. Produsen Gorilla Glass bahkan mengklaim kalo lapisan kaca pelindung ini mampu menjaga layar sekalipun jatuh dari ketinggian beberapa meter!

Spesifikasi Galaxy S21 Ultra 5G (SamMobile)
Spesifikasi Galaxy S21 Ultra 5G (SamMobile)

Masuk ke bagian jeroan, Samsung memilih chipset Exynos 2100 untuk versi internasional dari ponsel ini. Bagi beberapa pengguna, keputusan ini mungkin terdengar mengecewakan. Apalagi, versi yang ditenagai chipset Snapdragon 888 hanyalah versi China dan Amerika Serikat saja.

Dari sisi performa, memang, Exynos 2100 belum setangguh Snapdragon 888. Tapi, perusahaan menjanjikan performa keseluruhan yang sudah ditingkatkan.

Alhasil, kamu tidak akan lagi menemui perangkat yang mudah panas dan baterai cepat habis –masalah yang dihadapi pengguna Galaxy S20 dan Galaxy S10.

Harga Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Harga Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (SamMobile)
Harga Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (SamMobile)

Perusahaan meluncurkan Samsung S21 Ultra 5G dalam tiga pilihan warna. Yakni Phantom Violet, Phantom Black, dan Phantom Silver.

Tak cuma itu, terdapat dua pilihan penyimpanan yang dibanderol dengan harga berbeda. Menilik harga yang tertera pada situs resmi Samsung Indonesia, varian dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol Rp 15,999 juta. Sedangkan varian 8GB/256GB dijual Rp 16,999 juta.

Jika kamu tertarik memiliki, jangan lupa untuk beli melalui toko resmi. Pasalnya, Samsung Indonesia menyediakan paket bundling. Dengan harga tersebut, kamu tidak cuma mendapatkan ponsel saja. Kamu juga berhak memiliki Galaxy Smart Tag, Galaxy Buds Pro, serta S-Pen. Tawaran menarik, bukan?

Untuk memudahkanmu mengakses toko resmi Samsung, penulis sudah menyiapkan tautan yang mengarah ke berbagai e-commerce. Langsung klik tautan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy S21 Ultra 5G

Spesifikasi lengkap Galaxy S21 Ultra 5G (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Galaxy S21 Ultra 5G (Dok.Istimewa Droila)

Harus diakui, Galaxy S21 Ultra 5G seakan-akan hadir tanpa cela. Dan menurut Droila, tak salah jika perusahaan menjadikannya sebagai varian paling mewah dengan harga paling mahal.

Meskipun begitu, bukan berarti Galaxy S21 Ultra 5G tidak memiliki kelemahan. Supaya kamu lebih memahami HP Samsung terbaru ini, penulis sudah rangkumkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dari berbagai pengamat teknologi. Cekidot langsung, ya.

Kekurangan

  • Tebal dan berat
  • Tak ada keistimewaan dari fitur pengisian daya cepat
  • Tanpa dibekali colokan audio headphone dan kartu SD
  • Performa Exynos 2100 masih dirasa kurang dibandingkan Snapdragon 888
  • ROM cuma 128GB, dinilai terlalu rendah
Kelebihan Galaxy S21 Ultra 5G (TomsGuide)
Kelebihan Galaxy S21 Ultra 5G (TomsGuide)

Kelebihan

  • Performa kamera zoom terbaik
  • Desain premium dan menawan
  • Dukungan S-Pen
  • Diakui sebagai layar terbaik yang tersedia pada ponsel saat ini
  • Kemampuan kamera mumpuni dan bisa dipakai di berbagai kondisi
  • Daya tahan baterai memuaskan, meskipun dipakai untuk mengaktifkan refresh rate 120Hz
  • Bisa diperbarui OS Android hingga tiga kali

Kesimpulan: Worth It dengan Harga Rp 17 Juta?

Barangkali, sebagian dari pembaca bertanya apakah layak untuk merogoh kocek hingga Rp 17 juta untuk menggunakan ponsel terbaru ini. Dan menurut penulis, jawabannya tentu saja ‘Ya’.

Terutama jika kamu mengutamakan ponsel yang multifungsi. Fitur dan komponen yang sudah ditanamkan perusahaan menjanjikan performa perangkat lebih optimal.

Kamera Samsung S21 Ultra 5G (TomsGuide)
Kamera Samsung S21 Ultra 5G (TomsGuide)

Selain itu, desain perangkat yang elegan membuat Galaxy S21 seri bisa meningkatkan pamor dan penampilanmu, bukan?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih memahami HP Samsung Galaxy terbaru ini, ya.

3.5/5 - (12 votes)
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like