Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus: Kamera Malam yang Memukau

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus

Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus. Nah, untuk pembaca yang tertarik beli, simak dulu uraian di bawah ini, ya.

Pada bulan Februari lalu, Samsung telah merilis seri terbarunya, yaitu Galaxy S22. Ada tiga varian yang dipasarkan di Indonesia: Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy Ultra.

Sebagai anak tengah, seri ini memiliki beberapa fitur yang lebih baik dari Galaxy S22, tetapi juga masih kalah jauh jika dibandingkan Galaxy Ultra.

Lalu, apakah yang menjadi pembedanya? Langsung aja kita akan bahas dahulu spesifikasi Samsung Galaxy S22 Plus. Simak uraian yang sudah dirangkum Droila berikut ini!

spesifikasi dan harga samsung galaxy s22 plus
spesifikasi dan harga samsung galaxy s22 plus

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Plus

Secara garis besar, Samsung Galaxy S22 Plus memiliki spesifikasi yang mirip sekali dengan Samsung Galaxy S22. Dengan selisih harga Rp3 juta, mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk memilih di antara keduanya. Supaya lebih jelas, langsung aja kita bahas spesifikasi detailnya.

Desain dan Layar

Jika dibandingkan keduanya, kamu pasti akan langsung bisa menebak mana yang Samsung Galaxy S22 Plus. Ya, tentu saja yang ukurannya lebih besar. Dimensi ponsel ini 157,4 x 75,8, 7,6 mm dengan berat 195 gram.

Tak terlalu berat saat digunakan dalam waktu lama. Materialnya masih sama, menggunakan bahan kaca di bagian depan dan belakang yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus+.

HP Samsung terbaru ini mengggunakan frame berbahan aluminium armour yang kuat sehingga tahan benturan dan goresan. Ada empat warna yang ditawarkan: Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold. Warnanya matte sehingga tampak premium.

Kamu juga tak perlu khawatir saat pergi ke tempat yang basah atau berdebu karena ponsel ini sudah mendapat sertifikat IP68 yang mampu bertahan di kedalaman air 1,5 meter hingga 30 menit.

Di bagian depan, kamu akan dimanjakan dengan layar Dynamic AMOLED 2X selebar 6,6 inci. Layar ini mampu menampilkan konten dengan kualitas hingga HDR10+ dengan kecerahan 1750 nits (peak). Saat scroll scroll pun pasti akan merasa nyaman dan tidak delay karena kecepatan refresh rate-nya mencapai 120Hz. Tentu saja resolusi dan refresh rate ini bisa kamu atur sesuai selera kamu.

samsung s22 plus spesifikasi
samsung s22 plus spesifikasi

Performa dan Chipset

Tampilannya saja jelas memukau, lalu bagaimana dengan performanya? Samsung Galaxy S22 Plus sudah menggunakan sistem operasional Android 12 dengan sistem UI-nya One UI 4.1.

Sama dengan saudara-saudaranya, Chipset yang digunakan adalah Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm). Beda halnya dengan yang beredar di Eropa, chipsetnya masih menggunakan Exynos 2200 (4 nm)

CPU-nya tetap menggunakan Octa-Core dengan kecepatan 2.99GHz, 2.4GHz, dan 1.7GHz. CPU ini diperkuat dengan GPU Adreno 730. Sudah kebayang kan betapa ngebutnya performa Galaxy S22 Plus ini?

Kamu dapat menginstal berbagai macam aplikasi dan gim. Hampir semua gim dapat dimainkan dengan lancar di HP flagship terbaru ini.

Seperti Genshin Impact yang dapat diatur kualitas grafik tertinggi. Tak hanya itu, kamu juga dapat memainkan gim lain, seperti PUBG dengan lancer tanpa frame drop.

Untuk kapasitas penyimpanannya, HP ini menggunakan RAM 8. Memori internalnya ada dua pilihan: 128GB dan 256GB. Pilih sesuai kebutuhan kamu ya! Soalnya HP ini tidak menyediakan slot memori eksternal.

Kapasitas baterainya lebih besar dibandingkan Galaxy S22, yaitu 4500 mAh. Pengisian dayanya pun sudah mendukung fitur fast charging 45W. Kamu juga dapat menggunakan wireless charging 15W.

Jangan khawatir, daya tahan baterai HP ini bagus kok. Dengan penggunaan normal, baterai ini awet seharian bahkan lebih. Jadi, kamu dapat beraktivitas di luar dengan tenang saat lupa membawa charger atau powerbank.

samsung galaxy s22 plus
samsung galaxy s22 plus

Kamera

Kamera Samsung Galaxy S22 Plus dirancang mampu mengambil gambar saat siang maupun malam dengan jelas dan tajam. Hal ini disebabkan adanya fitur Nightography yang membuat foto malam semakin epic.

Kameranya ada tiga macam. Kamera utama menggunakan resolusi 50 MP yang dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF dan OIS.

Kamera kedua merupakan kamera telefoto 10 MP yang dilengkapi dengan PDAF, OIS, dan mendukung 3x optical zoom. Yang ketiga adalah kamera Ultrawide 10MP yang dilengkapi dengan fitur Super Steady Video.

Kualitas video yang dihasilkan pun tak kalah memukau. Kamu bisa merekam objek dengan kualitas hingga 8K di 24 fps.

Suara yang dihasilkan pun jernih dengan adanya stereo sound by AKG. Tak hanya itu, saat merekam, video akan tetap stabil karena adanya gyro-EIS.

Lalu bagaimana dengan kamera depan? Untuk berswafoto, kamu bisa mendapatkan kualitas dengan resolusi hingga 10MP dengan dual pixel PDAF.

Kualitas videonya pun tak kalah bening karena mampu merekam dengan kualitas hingga 4K di 60 fps.

Fitur lainnya masih sama dengan Samsung Galaxy S22. Ada fingerprint, support Samsung Dex, Samsung Pay, dan Ultra-Wideband (UWB). Namun, UWB ini tidak ada di Samsung Galaxy S22.

Harga Samsung Galaxy S22 Plus

harga samsung galaxy s22 plus
harga samsung galaxy s22 plus

Dengan tiga perbedaan yang mencolok, ponsel ini dibaderol dengan harga lebih mahal Rp3 juta dibandingkan seri S22. Inilah harga resmi Samsung Galaxy S22 Plus.

  • Kapasitas 128 GB dengan harga Rp14.999.000,00
  • Kapasitas 256 GB dengan harga Rp15.999.000,00

Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan satu box yang berisi unit smartphone, kabel data, dan SIM ejector. Jadi, setelah membeli ponsel ini jangan lupa membeli kepala charger-nya ya!

Untuk pembaca yang tertarik membeli, tak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Kamu pun bisa cek harga Samsung Galaxy S22 Plus dari berbagai toko!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus

Spek lengkap Samsung Galaxy S22 Plus (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Samsung Galaxy S22 Plus (Dok.Istimewa Droila)

Spesifikasi dan harga sudah diulas. Berikutnya adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus. Tanpa panjang lebar, langsung aja simak uraian di bawah!

Kekurangan

  • Terasa mahal karena tidak ada kepala charger dalam box.
  • Belum dilengkapi S Pen seperti Samsung Galaxy Ultra.
  • Tidak ada slot memori eksternal dan audio jack 3,5 mm.

Kelebihan

  • Body bandel, tahan berbagai situasi.
  • Layar lebih besar.
  • Kapasitas baterai lebih besar.
  • Performa ngebut

Review Samsung Galaxy S22 Plus

review samsung galaxy s22 plus
review samsung galaxy s22 plus

Dibandingkan seri regulernya, Samsung Galaxy S22, hanya ada tiga perbedaan menonjol, yaitu layar yang lebih besar, kapasitas baterai lebih besar, dan adanya fitur Ultra-Wideband.

Selebihnya masih sama. Bagi kamu pecinta layar besar, tentu akan lebih memilih seri ini dibandingkan dengan seri regulernya. Terutama soal keawetan baterai yang sering dipermasalahkan warga +62.

Soal performa, sudah dijamin, sama gaharnya dengan Galaxy Ultra sekalipun. Jadi, bisa dikatakan, seri ini adalah seri tengah yang mampu memenuhi kebutuhan harianmu. Kecuali jika kamu kangen dengan kehadiran S Pen, kamu harus membeli Samsung Galaxy Ultra.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus ini. Tak ada HP mahal jika kebutuhan teknologimu mampu tercukupi dengan kualitas seperti yang kamu inginkan. Semoga uraian spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like