Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra: Performa Ngebut, Fitur S Pen Lebih Baik

Review Samsung Galaxy S22 Ultra
Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Pada 25 Februari 2022, Samsung telah merilis produk flagship terbarunya, yakni Samsung Galaxy S22 Series. Ada tiga macam seri yang ditawarkan: Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S22+, dan Samsung Galaxy S22 Ultra. Namun, kali ini kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra dan spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

Sebagai seri tertinggi, Samsung Galaxy S22 Ultra memberikan kualitas dan performa terbaik di serinya.

Bahkan Samsung mengatakan bahwa ini adalah HP dengan performa tercepat yang pernah mereka buat. Lalu bagaimana spesifikasi lengkapnya? Yuk, simak ulasan dari tim Droila berikut ini.

samsung galaxy s22 ultra harga
samsung galaxy s22 ultra harga

Desain dan Layar

Samsung S22 Ultra menggunakan desain kotak yang memberikan kesan tegas, namun tetap trendi karena menggunakan material berkualitas. Di bagian sisi ponsel menggunakan material armor aluminium frame.

Sementara itu, di bagian belakang menggunakan material kaca. Tampilan ponsel ini juga tampak premium.

Ada empat varian warna yang bisa kamu pilih: Burgundy, Phantom Black, Phantom White, dan Gree. Warna tersebut tampak elegan karena menggunakan finishing matte.

Body Samsung Galaxy S22 ini terbilang tahan banting. Armor aluminium frame mampu menjaga HP dari goresan maupun benturan. Selain itu, kaca di belakang dan juga layarnya dilindungi dengan Gorilla Glass Victus+, seri Gorilla Glass terbaik saat ini.

Agar lebih aman saat digunakan untuk bermain air, ponsel ini telah dibekali dengan sertifikasi IP68 yang tahan dengan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tak heran jika berat ponsel ini mencapai 228 gram/229 gram.

HP flagship terbaru ini menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci yang mampu menampilkan gambar beresolusi WQHD, yaitu 1440 x 3088 piksel.

Kecerahan layar hingga 1750 nits sehingga tampilan tetap memukau meskipun di bawah sinar matahari. Pengalaman multitasking pun akan semakin mulus dengan adanya dukungan refresh rate hingga120 Hz.

Tak hanya itu, agar responsivitas layar semakin tinggi saat bermain gim, layar didukung dengan touch sampling rate 240 Hz.

harga samsung galaxy s22 series 5g
harga samsung galaxy s22 series 5g

Performa dan Chipset

Samsung Galaxy S22 Ultra menggunakan sistem operasional terbaru saat ini, yakni Android 12 dengan sistem UI One UI 4.1. Berbeda dengan seri galaxy S lainnya, chipset Samsung yang dipasarkan di Indonesia ini tidak menggunakan chipset Exynos milik Samsung.

Kali ini, Samsung menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini merupakan generasi penerus Snapdragon 888+. Chipset ini dapat meningkatkan performa sekitar 20% dan efisiensi daya yang lebih baik.

Chipset ini didukung dengan penggunaan CPU Octa-core 1×3.00 GHz Cortex-X2, 3×2.40 GHz Cortex-A710, dan 4×1.70 GHz Cortex-A510. Untuk mendukung performanya, digunakan pula GPU Andreno 730 yang berjalan di frekuensi 818 MHz.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, ponsel ini mendapatkan skor 829.309 poin. Sementara itu Galaxy S21 Ultra yang menggunakan Snapdragon 888 mendapatkan skor 701.672 poin.

Selain itu, HP Galaxy S22 Ultra yang dipasarkan di Indonesia memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 128 GB hingga 512 GB.

RAM yang disematkan sebesar 8 GB dan 12 GB. Dengan kapasitas memori internal ini, HP flagship terbaru ini tidak menghadirkan slot SD card.

Lalu bagaimana performanya saat digunakan untuk bermain gim? Galaxy S22 Ultra dapat menjalankan berbagai macam gim dengan lancar.

Hal ini diungkapkan oleh Geek Culture dalam videonya saat mencoba HP ini untuk memainkan Genshin Impact, Fortnite, dan COD Mobile.

Saat memainkan Genshin Impact di settingan tertinggi, HP ini sempat mengalami beberapa frame drop tetapi intensitasnya tidak mengganggu permainan.

Saat memainkan PUBG Mobile, ponsel ini mendukung pengaturan rata kanan. Pengalaman bermain terbaik tanpa frame drop.

Meskipun memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, baterai HP Samsung terbaru ini memiliki daya tahan yang baik. Pada pemakaian normal, baterai ini dapat bertahan hingga lebih dari satu hari.

Pengisiannya mendukung fast charging 45W. Kamu juga bisa mengisi daya menggunakan wireless charging 15W.

samsung galaxy s22 harga
samsung galaxy s22 harga

Kamera

HP Galaxy S22 Ultra menggunakan quad camera. Kamera utama menggunakan lensa 108MP yang mendukung fitur PDAF, Laser AF, dan OIS.

Kamera kedua merupakan kamera periskop telefoto yang dapat melakukan zoom 10x. Sementara itu, kamera ketiga merupakan  kamera telefoto 10MP yang dapat melakukan zoom 3x.

Kamera keempat merupakan kamera ultrawide yang mendukung dual piksel PDAF dan super steady video. Foto saat malam hari semakin epic dengan adanya fitur Nightography

Kualitas videonya pun tak kalah menakjubkan. Kamu dapat menghasilkan video dengan kualitas hingga 8K di 24 fps. Perekaman video juga sudah didukung dengan kualitas HDR10+, stereo sound, dan gyro-EIS.

Kualitas kamera depan juga tidak mengecewakan. Kamu dapat berswafoto menggunakan kamera 40MP. Saat video call juga mendukung fitur auto-HDR dan kualitas rekaman hingga 4K di 60 fps.

Harga Samsung Galaxy S22 Ultra

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s22 ultra
kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s22 ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra sudah dapat kamu beli secara resmi secara online maupun offline. Harga Samsung Galaxy S22 Ultra berdasarkan situs resminya adalah sebagai berikut.

  • RAM 8 GB/128 GB harga Rp17.999.000,00
  • RAM 12 GB/256 GB harga Rp18.999.000,00
  • RAM 12 GB/512 GB harga Rp20.999.000,00

Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan paket penjualan dengan isi unit smartphone, kabel data, dan SIM ejector PIN.

Kalo kamu tertarik beli, tim Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarah ke sejumlah toko online. Dengan begitu, kamu bisa cek langsung harga Samsung S22 Ultra saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Spek lengkap Samsung Galaxy S22 Ultra (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Samsung Galaxy S22 Ultra (Dok.Istimewa Droila)

Setelah mengulas spesifikasi dan harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra adalah sebagai berikut.

Kekurangan

  • Tidak disertakan kepala charger dan pelindung layar dalam paket penjualan.
  • Kecepatan pengisi daya masih kalah saing.
  • Agak berat

Kelebihan

  • Adanya S Pen
  • Performa ngebut
  • Kualitas kamera berspesifikasi super
  • Bodi tahan banting, air, dan debu
  • Baterai tahan lama
  • Adanya fitur UWB dan Samsung DeX

Review Samsung Galaxy S22 Ultra

samsung galaxy s22 ultra
samsung galaxy s22 ultra

Dilihat dari desainnya saja, Samsung Galaxy S22 Ultra tampak kokoh dan tahan banting. Hal ini senada dengan proteksi yang diberikannya, yaitu adanya sertifikasi tahan air dan debu.

Adanya S Pen di dalamnya juga menguntungkan sang pemilik karena kamu dapat menggunakan S Pen di mana saja dan kapan saja.

Performanya Samsung kali ini dapat mengalahkan ponsel dengan chipset Snapdragon 888. Tentu ini adalah hal yang baru sehingga kualitas performanya sudah tak perlu diragukan lagi.

Kualitas kamera Samsung sudah terkenal jernih dan hasilnya tak kalah saing dengan iPhone 13 Pro Max.

Secara garis besar, ponsel dapat mencukupi kebutuhan kebutuhan kamu, baik untuk bergaya, bekerja, dan bermain game. Dengan harga tersebut, pasti tak terasa mahal kan jika mendapatkan fitur berkelas?

Demilikian ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like