BerandaGadgets12 Kelebihan dan Kekurangan SHARP AQUOS V, Smartphone Baru Rasa Lawas

12 Kelebihan dan Kekurangan SHARP AQUOS V, Smartphone Baru Rasa Lawas

Di tengah usianya yang telah mencapai 50 tahun lebih, PT Sharp Electronics Indonesia bisa dikatakan berhasil di pasar produk elektronik rumah tangga. Kendati demikian, SHARP masih berjuang memperluas lini produk smartphone yang timbul tenggelam. 

Baru-baru ini, mereka merilis SHARP Aquos V. Ponsel yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Taiwan ini kini hadir di Indonesia.

SHARP Aquos V diklaim cocok dipakai untuk berbagai aktivitas hiburan anak muda. Mulai dari menonton film hingga bermain game. SHARP sendiri mengedepankan konsep empat ‘V, yaitu vivid, vital, visual communications, dan valuable. 

Kelebihan dan Kekurangan SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Smartphone ini diposisikan untuk kelas menengah produktif berumur 25 – 30 tahun yang identik dengan kemampuan menyeimbangkan kesenangan ditengah  padatnya aktivitas.

Penasaran apa kelebihan dan kekurangan SHARP AQUOS V? Simak review Droila berikut.

Spesifikasi SHARP Aquos V 

Dengan spesifikasi yang cukup menjanjikan, pihak SHARP berharap bahwa SHARP Aquos V akan menambah warna baru untuk pasar ponsel pintar. Penasaran seperti apa spesifikasi lengkap SHARP Aquos V? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Performa dan Chipset SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Desain dan Layar 

Layar milik SHARP Aquos V memiliki lebar 5,93 inci dengan dimensi 157 x 76 x 9 mm dan bobot 173 gram. Resolusinya pun sudah Full HD+ dan panel IPS. 

Hadir hanya dalam satu varian warna yakni Starry Black, SHARP Aquos V masih belum dilengkapi dengan fitur NFC

Performa dan Chipset 

Chipset yang digunakan oleh SHARP Aquos V adalah Qualcomm Snapdragon seri 800. Memang flagship tapi bukan Snapdragon 855 maupun 845, melainkan Snapdragon 835 yang merupakan chipset lawas rilisan 2017.

SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4GB serta kapasitas memori internal 64GB, yang dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga 256GB lewat slot hybrid. Konfigurasi memori ini juga jamak ditemui pada flagship keluaran beberapa tahun belakangan.

Agar selaras dengan kampanye Smart Life yang sedang digaungkan oleh Sharp Indonesia, ponsel ini dapat berfungsi layaknya remote untuk mengoperasikan produk AIoT seperti AC dan Air Purifier melalui aplikasi ‘Sharp Air App’.

Untuk baterainya sendiri, punya kapasitas 3,090 mAh dan dapat diisi daya melalui port USB-C. Pengisiannya pun didukung oleh fitur fast charging.

Spesifikasi SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Ada dua opsi keamanan yang bisa kamu gunakan, yaitu face unlock atau fingerprint sensor di sisi belakang ponsel. 

Sayangnya, SHARP Aquos V ini masih menjalankan Android 9 Pie, belum ada informasi apakah kelak akan mendapat pembaruan ke Android 10 atau tidak.

Kamera 

Untuk urusan foto dan video, SHARP membenamkan dua kamera utama di sisi belakang. Masing-masing beresolusi 13MP dengan aperture f/2.0. Sensor utamanya dilengkapi stabilisasi optikal atau OIS. Sedangkan sensor kedua merupakan sensor mono untuk menangkap detil foto agar hasil lebih baik.

Harga SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Kamera 8MP f/2.0 ber-EIS disematkan di sisi depan untuk keperluan swafoto maupun vlogging. Padahal saat ini kebanyakan sudah punya tiga atau empat kamera belakang dengan resolusi tinggi dan sensor besar.

Harga SHARP Aquos V Terbaru 2022

Saat peluncurannya, Sharp Indonesia menjual ponsel ini dengan harga resmi Rp4.499 juta. Kamu bisa mendapatkannya melalui Sharp Tomodachi Store (STS) serta Sharp Mirai Store (SMS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, kini Sharp Aquos V Android Original Garansi Resmi bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp1.300.000 sampai Rp2.999.000 aja.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan beberapa tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Sharp Aquos V setiap saat.



Kelebihan dan Kekurangan SHARP Aquos V

SpesifikasiSHARP AQUOS V
DesainCorning Gorilla Glass 5
Berat173 gram
Dimensi157 x 76 x 9 mm
Layar5.9 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 75.3%
Resolusi1080 x 2160 piksel
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm)
GPUAdreno 540
RAM4
ROM64GB
OSAndroid 9.0 (Pie)
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, PDAF, OIS
13 MP B/W
FiturLED flash
HDR
Panorama
[email protected], [email protected] (gyro-EIS)
Kamera Depan8 MP, f/2.0
FiturHDR
[email protected] (gyro-EIS)
BateraiLi-Ion 3090 mAh, non-removable
WarnaBlack
HargaRp 4.499.000 (Toko Resmi)
Tabel Spesifikasi SHARP AQUOS V (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah membaca spesifikasi lengkap SHARP Aquos V di atas, yuk kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Cekidot!

Desain dan Layar SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Kekurangan 

  1. Screen Delay
  2. Performa Gaming kurang Stabil karena Mudah Panas
  3. Sisa Memori Internal Bawaan Sistem Hanya 42GB dari 64GB
  4. Aplikasi Kamera Bawaan Tidak Bisa terhubung ke Galeri 
  5. Walaupun Awet, Batre Tergolong Sangat Kecil

Kelebihan 

  1. Desain Premium
  2. Procesor Tinggi 
  3. Hasil Kamera Bagus
  4. Perekaman Video Stabil
  5. Baterai Awet
  6. Dukungan Fitur Fast Charging
  7. Harga Makin Terjangkau

Review SHARP Aquos V

Dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, harga SHARP ini turun cukup drastis. Sebenarnya ini merupakan keuntungan buat kamu yang sedang mencari smartphone dengan budget mepet.

Bonus lainnya adalah, SHARP merupakan HP resmi Indonesia. Jadi kamu nggak usah khawatir soal IMEI karena secara otomatis sudah terdaftar di kemenperin. Jelas anti blokir.

Untuk rentang smartphone harga Rp1-2 jutaan, SHARP Aquos V tergolong HP premium. Tentu. Lihat aja mulai dari desain hingga material yang diguanakan. Ponsel ini juga enak digenggam dan nggak ada kesan murahan meski awalnya dijual harga Rp4 jutaan. 

Review SHARP Aquos V
Dok.Istimewa/Droila

Bisa dibilang kamu nggak akan menemukan display sebaik SHARP Aquos V di rentang harga yang sama. Sayangnya setelah dipakai beberapa waktu, mulai ada gejala delay alias bug software. Namun untuk mengetik dan bermain game tidak ada kendala yang cukup berarti.

Kualitas kameramnya stadar. Hasil foto terlihat natural tapi cenderung gelap atau kurang terang. Ada fitur GCAM yang menghasilkan foto keren di siang hari. Untuk kualitas perekamannya juga sudah cukup bagus karena support sampai 4Knya.

Meski baterainya kecil, tapi saat dipakai untuk daily awet banget. Kalau hanya dipakai untuk chatting, menonton youtube, browsing, dan streaming, bisa tahan seharian alias 24 jam lebih.

Usai sudah uraian kali ini mengenai SHARP AQUOS V. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP SHARP AQUOS V di atas bisa membantumu, ya. Gimana, tertarik untuk meminang SHARP Aquos V ini?

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik