BerandaGadgets8 Kelebihan dan Kekurangan SHARP Aquos V6: HP Entri Punya NFC

8 Kelebihan dan Kekurangan SHARP Aquos V6: HP Entri Punya NFC

SHARP Aquos V6 resmi dirilis di Indonesia pada 15 Februari 2022. Harga HP level entri ini hanya Rp1.949.000,00. Jika kamu tertarik membeli ponsel ini, sebaiknya simak kelebihan dan kekurangan SHARP Aquos V6 terlebih dulu.

Perusahaan asal Jepang ini sebelumnya juga merilis Aquos Sense 4 Plus. Tapi, tampaknya harga dan fiturnya kurang cocok dengan pengguna Indonesia. Oleh karena itu, SHARP merilis HP di bawah 3 juta.

Sebelum menilai kelebihan dan kekurangan SHARP Aquos V6, kamu harus tahu spesifikasi dan harganya. Jadi, simak penjelasan Droila sampai akhir, ya!

spek SHARP Aquos V6
spek SHARP Aquos V6

Spesifikasi SHARP Aquos V6

Sebagai ponsel kelas entri, SHARP Aquos V6 memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Lalu, apa sih yang bisa membuat HP SHARP Aquos V6 ini lebih menarik ketimbang ponsel lain di kelasnya? Simak penjelasan berikutini.

Desain dan Layar

SHARP Aquos V6 memiliki desain ergonomis sehingga nyaman digenggam. Ukuran dimensinya 165,2 x 75,5 x 8,9mm. Materialnya menggunakan polikarbonat sehingga bobotnya hanya 190 gram.

Kamu bisa memilih warna Grey Sand atau Deep Blue Sea. Meskipun terbuat dari plastik, finishing metalik membuat permukaannya tampak mengkilap.

Kamera belakang dibingkai kotak.  Di tengah terdapat lingkaran kecil sebagai area untuk fingerprint. Ini juga berfungsi untuk akses NFC.

Di sisi kanan, ada tombol power dan volume. Di sisi kiri ada slot untuk dual SIM dan micro-SD. Di atas ada jack audio 3,5 mm. Sementara di bagian bawah, ada mono speaker dan port USB tipe C.

Di depan, kamera selfie dibingkai dengan desain waterdrop. Bezelnya cukup tipis. Layar LCD 6,52 inci cukup luas untuk nonton video dan main gim. Apalagi jika kamu hobi menjelajah media sosial.

Layar berkemampuan HD+ ini mampu menampilkan gambar beresolusi 720 x 1600 piksel. Kecerahannya mencapai 480 nits. Selain itu, laju pergerakan layarnya masih standar, yaitu 60 Hz.

review SHARP Aquos V6
review SHARP Aquos V6

Performa dan Chipset

HP entry-level terbaru sudah menggunakan sistem operasional terbaru, yakni Android 12. CPU-nya menggunakan MediaTek Helio G25 (12nm). Chipset ini memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz.

Kapasitas memori internal SHARP Aquos V6 memang tidak terlalu besar. Kapasitas RAM 3GB dan memori internalnya 32GB. Namun, kamu masih bisa menambah memori eksternal hingga 512GB.

HP 1 jutaan ini dibekali kapasitas baterai 5.000 mAh. Ketahanan baterai ini cukup bisa diandalkan untuk penggunaan normal. Daya tahannya bisa sampai satu hari penuh.

Jika baterai habis, kamu bisa mengisi dengan cepat. Hal ini karena pengisian daya sudah mendukung teknologi fast charging 10W. Jadi, pengisian baterai full butuh waktu sekitar dua jam.

Performa ponsel ini dapat diandalkan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun, jika kamu suka main game, sepertinya kamu tak akan bisa memainkan game berat pada ponsel ini.

Berhubung kapasitas RAM hanya 3GB, mungkin kamu tidak dapat memasang banyak aplikasi, terutama yang ukurannya lebih dari 100MB. Jadi, sebaiknya pilih aplikasi yang primer saja.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, kamu juga bisa multitasking. Namun, mungkin hanya membuka 3 sampai 6 aplikasi saja. Jika memaksakan terlalu banyak, dikhawatirkan menjadi tidak lancar.

SHARP Aquos V6 harga
SHARP Aquos V6 harga

Kamera

Di belakang, kamu akan melihat kamera yang disusun vertikal. Kamera utama 13MP, kamera depth 2MP, dan kamera makro 2MP. Sayangnya, kamera ultrawide tidak disertakan.

Kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 5MP. Kualitas kamera depannya cukup jelas kok. Apalagi jika berfoto di tempat yang cukup cahaya. Ada pula beberapa mode yang bisa kamu maksimalkan penggunaannya.

Harga SHARP Aquos V6

SHARP Aquos V6 nfc
SHARP Aquos V6 nfc

Saat peluncurannya, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.949.000,00. Harga resmi ini bisa kamu cek toko online resminya di JD.ID dan Tokopedia.

Dalam paket pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan satu unit SHARP Aquos V6. Di dalam boksnya juga ada headset, charger, kabel USB tipe C, SIM ejektor, pelindung layar, dan buku panduan.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Kamu bisa cek harga SHARP Aquos V6 di bawah ini. Droila sudah menyiapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online.



Kelebihan dan Kekurangan SHARP Aquos V6

SpesifikasiSHARP Aquos V6
DesainFrame plastik
Body polycarbonate
Berat190 gram
Dimensi165.2 x 75.5 x 8.9 mm
Layar6.52 inci VNotch
IPS LCD
2,5D Glass
Resolusi720 x 1600 piksel
HD+
Refresh rate 60Hz
ChipsetMediatek Helio G25
GPUPowerVR GE8320
RAM3 GB
ROM64 GB
OSAndroid 12
Kamera Belakang50 MP (wide)
2 MP (macro)
2 MP (depth)
FiturAF
Kamera Depan8 MP, f/2.0
Fitur
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Pengisian 15W
WarnaDeep Blue Sea
Grey Sand
HargaRp 1.949.000 (Toko Online)
Tabel spesifikasi SHARP Aquos V6 (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui harganya, inilah penilaian kami tentang kelebihan dan kekurangan SHARP Aquos V6.

Kekurangan

  1. Tidak ada kamera ultrawide
  2. Kapasitas internal yang kecil
  3. Belum 5G

Kelebihan

  1. Sudah NFC
  2. Sistem OS Android 12
  3. Layar 6,52 inci
  4. Kapasitas baterai besar dan awet
  5. Desain metalik

Review SHARP Aquos V6

SHARP Aquos V6 spesifikasi
SHARP Aquos V6 spesifikasi

Merek SHARP memang bukan merek ponsel yang terkenal di Indonesia. Beda halnya dengan di Jepang, merek ini termasuk merek ternama. Jadi, tak heran jika kualitasnya pun layak dipertimbangkan.

Keputusan SHARP merambah pasaran HP Android murahmemang bukan tanpa pertimbangan. Lebih dari 50% masyarakat Indonesia membeli HP di bawah harga 3 juta setelah pandemi ini.

Bangkitnya perekonomian secara bertahap inilah yang dijadikan SHARP sebagai peluang. Kehadiran SHARP Aquos V6 akan bersaing dengan Redmi 10C, Realme C25Y, dan ponsel di bawah 2 jutaan lainnya.

SHARP Aquos V6 memiliki kelebihan adanya fitur NFC. Sementara Redmi 10C dan Realme C25Y tidak memilikinya. Namun, mereka memiliki kapasitas RAM dan ROM yang lebih besar. Termasuk resolusi kameranya juga.

Jadi, sebaiknya pertimbangkan sebaik mungkin. Jika fitur NFC sangat penting, SHARP Aquos V6 bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi jika kamu hanya menjadikannya HP pendamping.

Itulah ulasan spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan SHARP Aquos V6. Secara keseluruhan, fitur-fiturnya komplet. Jadi, dengan harga hampir 2 juta ini, worth it-lah.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik