BerandaGadgets7 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova: Layar Besar, Baterai 6.000 mAh!

7 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova: Layar Besar, Baterai 6.000 mAh!

Tecno Pova merupakan salah satu ponsel Android dari Tecno yang rilis pada 16 Oktober 2020. Saat rilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. Sebelum mengulas kelebihan dan kekurangan Tecno Pova, kita kenalan dulu yuk dengan brand ini.

Transsions Holdings merupakan perusahaan yang menaungi Infinix. Mereka pun membuat dua saudara Infinix dengan subbrand Itel dan Tecno. Ponsel ini mulai merambah di pasaran Indonesia sejak 2020.

Spesifikasi Tecno Pova

Spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini cukup menarik. Tecno Pova lebih mengedepankan performa ketimbang aspek lainnya. Sebagai ponsel gaming entry level, fiturnya cukup lengkap.

Tecno Pova 1
Tecno Pova 1

Desain dan Layar

Tecno Pova mengusung tema kekinian. Dilihat dari tampilan kamera depan yang menggunakan desain puch hole atau dot-in. Model kamera ini biasanya digunakan ponsel kelas menengah ke atas.

Tampilan belakangnya menggunakan material polikarbonat. Finishingnya cukup apik dengan motif bergaris yang membuatnya tampak mengkilap. Ada tiga pilihan warna: Biru Ajaib, Hitam Memesona, dan Ungu Gesit.

HP entry-level ini memiliki dimensi 171,2 x 77,6 x 9,4 mm. Di sisi belakang, selain ada kamera juga ada fingerprint. Model SIM yang digunakan pun bukan hybrid. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan dual nano-SIM dan micro-SD.

Di sisi depan, terbentang layar IPS LCD 6,8 inci. Layar ini mampu menampilkan kualitas gambar HD+ dengan resolusi 720 x 1640 piksel. Selain itu, kecerahan yang ditampilkan ponsel ini mencapai 480 nits.

harga tecno pova
harga tecno pova

Performa dan Chipset

Beralih ke performa, ponsel gaming entry level ini sudah menggunakan chipset MediaTek G80 (12 nm). Diyakini, oerformanya setara dengan Snapdragon 662.

CPU Octa-core yang digunakan memiliki 8 inti. Kecepatannya hingga 2.0 GHz. Untuk grafiknya didukung GPU Mali G-52.

Performa HP 2 jutaan ini cukup lancar saat digunakan untuk main game. Misalnya saat main PUBG Mobile, pergerakannya lancar pada settingan HD.

Untuk mendukung performa saat main gim, Tecno menyematkan teknologi HyperEngine. Teknologi ini mampu mendeteksi koneksi mana yang lebih stabil saat main gim.

Mode game yang digunakan dapat mengoptimalkan CPU, GPU, memori serta antigangguan. Dengan begitu, kamu dapat main gim lebih nyaman.

Kapasitas memori yang disediakan cukup besar. RAM 6 GB dan memori internal 128 GB tentu cukup untuk kebutuhan penyimpanan. Kamu bisa memasang banyak aplikasi dan menyimpan file lebih leluasa.

Tecno Pova dibekali kapasitas baterai yang besar, yaitu 6.000 mAh. Daya tahan baterainya cukup baik. Jika hanya digunakan untuk bersosial media, kapasitasnya bisa bertahan hingga dua hari.

Pengisian baterainya pun sudah mendukung pengisian daya cepat 18W. Jika diisi mulai dari 0%, dibutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam. Jika mengisi daya dari 50%, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Tecno Pova Indonesia
Tecno Pova Indonesia

Kamera

Tampak dari belakang, ada 4 kamera yang dilengkapi quad-LED Flash  Kamera utama 13 MP yang sudah dilengkapi autofokus. Berikutnya  ada kamera makro 2MP dan kamera depth 2MP.

Kamera depan memiliki resolusi 8 MP. Uniknya, ada dual LED Flash sehingga selfie saat malam hari pun cukup jelas.

Kamera depan dan belakang bisa merekam video hingga 1080 piksel di 30 fps. Kualitas kamera ponsel ini, bisa dibilang biasa saja. Terutama untuk foto  lebih baik aktifkan fitur HDR agar gambar yang ditampilkan lebih detail.

Harga Tecno Pova Terbaru

spesifikasi tecno pova
spesifikasi tecno pova

Saat, pertama kali rilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2.200.000,00. Kini, harga Tecno Pova terbaru adalah Rp2.150.000,00. Kamu masih bisa membelinya secara online di Tokopedia.

Dalam kotak pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan ponsel Tecno Pova, kabel USB, dan charger. Charger yang disertakan sudah mendukung fast charging 18W.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Droila sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke beberapa toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Tecno Pova terbaru setiap saat.



Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova

SpesifikasiTecno Pova
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat
Dimensi171.2 x 77.6 x 9.4 mm
Layar6.8 inci IPS LCD
Rasio body ke layar 82.7%
Resolusi720 x 1640 piksel HD
ChipsetMediatek Heliio G80
GPUMali-G52 MC2
RAM6GB
ROM128GB
OSAndroid 10 HIOS 7.0
Kamera Belakang13 MP or 16 MP, f/1.9, (wide), PDAF
2 MP, (macro)
2 MP, (depth)
4th unknown camera
FiturQuad-LED flash
Video [email protected]
Kamera Depan8 MP, f/2.0
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removable
Fast charging 18W
WarnaMagic Blue
Speed Purple
Dazzle Black
HargaRp 2.150.000 (Tokopedia)
Tabel spesifikasi Tecno Pova (Dok.Istimewa/Droila)

Selain mengetahui spesifikasi dan harganya, kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangan Tecno Pova.

Kekurangan

  1. Masih menggunakan model micro-USB.
  2. Banyak blotware.
  3. Kualitas kamera biasa saja.

Kelebihan

  1. Tampilan masih kekinian.
  2. Kapasitas baterai yang besar.
  3. Prosesor cepat.
  4. Kapasitas memori besar.

Review Tecno Pova

harga dan spesifikasi tecno pova
harga dan spesifikasi tecno pova

Di kelas entry-level, ponsel ini memiliki fitur yang menarik. Terutama kapasitas baterai yang besar. Padahal, di harga tersebut  kebanyakan ponsel menggunakan kapasitas 5.000 mAh.

Kapasitas baterai ini semakin awet karena penggunaan material konduktif terhadap panas. Multilapisan 3D juga membuat ponsel ini tidak cepat panas. Dengan kapasitas tersebut, seharusnya Tecno Pova tidak cepat panas saat digunakan dalam pemakaian normal.

Selain desainnya yang kekinian, ponsel ini juga memiliki fitur yang jadul. Port USB yang digunakan masih model mikro. Tak hanya itu, fingerprint umumnya di samping, disatukan dengan tombol power. Namun, ponsel ini masih meletakkannya di belakang.

Jika dilihat dari sisi chipset dan kapasitas RAM, ponsel ini tentu cocok sekali untuk multitasking. Dengan kecepatan hingga 2.0 Ghz, buka tutup beberapa aplikasi sekaligus tentu lebih lancar.

Main game menggunakan ponsel ini, cukup nyaman. Namun, hanya untuk game ringan dan menengah. Jika dipaksakan main game berat, mungkin tak akan lancar meski di settingan rendah sekalipun.

Jadi, buat kamu yang lagi cari HP murah, baterai awet, prosesor kencang untuk mutimedia, Tecno Pova bisa jadi alternatif. HP ini kuga cocok dijadikan HP pendamping.

Nah, itu dulu ya ulasan kelebihan dan kekurangan Tecno Pova. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

3.7/5 - (4 votes)
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik