BerandaGadgets8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 3: HP Gaming Rp2 Jutaan, Wow!

8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 3: HP Gaming Rp2 Jutaan, Wow!

Tecno Pova 3 merupakan salah satu HP gaming di kelas menengah ke bawah. Ponsel Rp2 jutaan ini hadir di Indonesia pada 25 Mei 2022. Lalu apa kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 3 sehingga disebut HP gaming?

Merek ini memang kurang terkenal di Indonesia. Baru tahun 2020 lalu Tecno ikut meramaikan pasaran ponsel di Indonesia. Padahal, Tecno adalah saudara dari Infinix.

Tentu kalian penasaran dengan spesifikasi dan harga Tecno Pova 3. Tanpa berlama-lama, yuk simak ulasan dari Droila berikut ini!

tecno pova 3 gsmarena
tecno pova 3 gsmarena

Spesifikasi Tecno Pova 3

Tecno makin gencar memproduksi ponsel berspesifikasi tinggi dengan harga yang murah. Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apa aja sih spesifikasi Tecno Pova 3?

Desain dan Layar

HP Tecno terbaru ini mengusung Stunning Design. Ada tiga pilihan warna: Electric Blue, Tech Silver, dan Eco Black. Di antara ketiga warna tersebut, Electric Blue memiliki keistimewaan sendiri.

Di bagian belakang ponsel, warna Electric Blue dilengkapi dengan beberapa lampu. Lampu-lampu ini akan menyala ketika terdapat notifikasi, pengisian daya, maupun saat main game.

Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte. Sama halnya pada bagian frame. Tak heran jika ponsel ini memiliki berat 230 gram.

Rata-rata ponsel yang terbuat dari plastik memiliki bobot kurang dari 200 gram. Mungkin ukuran dimensinya yang membuat ponsel ini berat. Ukuran dimensinya 173,1 x 78,46 x 9,44 mm.

spesifikasi dan harga tecno pova 3
spesifikasi dan harga tecno pova 3

Di bagian depannya sendiri, HP 2 jutaan ini menggunakan layar IPS LCD 6,9 inci. Ponsel selebar ini menggunakan refresh rate 90Hz sehingga main game terasa nyaman.

Layar ini mampu menampilkan kualitas grafik hingga Full HD+. Resolusi layar 1080 x 2460 piksel tentu saja mampu menampilkan video yang luas dan warna yang tajam.

Di bagian sisi kanan terdapat tombol power yang berfungsi juga sebagai fingerprint. Di atasnya terdapat tombol volume. Di sebelah kiri, terdapat slot dual Nano SIM dan micro-SD.

Port-USB yang digunakan sudah menggunakan tipe C. Sama halnya dengan smartphone masa kini. Selain itu, kamu juga bisa menemukan jack audio 3,5 mm.

Speakernya sendiri sudah stereo. Menariknya, ada fitur Motor Linier Z-Axis sehingga kamu bisa merasakan getaran 4D saat bermain game. Misalnya saat menembak sehingga pengalaman main game lebih imersif.

Performa dan Chipset

hp tecno pova 3
hp tecno pova 3

HP gaming murah anyar ini menggunakan sistem operasional Android 12. Tampilannya menggunakan sistem UI HIOS. Ada banyak menu menarik di dalamnya, terutama fitur gaming.

Game Space 2.0 memberikan tampilan antarmuka yang lebih keren. Mode kesehatan yang baru, seperti Eye Care Mode, Anti-addiction reminder, dan masih banyak lagi.

Panther Engine 2.0 menggunakan mesin game HyperEngine 2.0. Oleh karenanya, Tecno Pova 3 mampu memberikan performa terbaik dengan konsumsi daya yang rendah.

HP Tecno Pova 3 menggunakan chipset MediaTek Helio G88 (12nm). Performanya didukung dengan CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 2.0 GHz. Grafiknya didukung GPU Mali G-52.

Kapasitas memori ponsel ini ada dua macam. RAM 4GB dapat ditingkatkan menjadi 7GB. RAM ini akan mengurangi kapasitas internal awal yaitu 64GB. Setelah ditingkatkan, kecepatannya akan bertambah rata-rata 43%.

Sementara itu, RAM 6GB dapat ditingkatkan menjadi 11GB. Saat ditingkatkan, kecepatannya akan bertambah hingga 37%. RAM ini memiliki kapasitas memori internal 128GB.

Salah satu keunggulan Tecno Pova 3 adalah kapasitas baterainya yang besar, yaitu 7.000 mAh. Mungkin ini juga yang menyebabkan ponsel ini berukuran besar.

Daya tahan baterai ini cukup bagus. Kamu bisa main game hingga 8 jam. Memutar video di YouTube bisa sampai 20 jam. Apalagi jika kamu hanya menggunakannua untuk bermedia sosial, mungkin bisa sampai 2 hari.

Kapasitas yang besar ini didukung dengan pengisian daya cepat 25W. Dalam boks pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan pengisi daya 33W. Oh ya, HP Tecno terbaru ini juga support dengan reverse charging 10W lho.

tecno pova 3 harga
tecno pova 3 harga

Kamera

Kamera belakang Tecno Pova 3 ada tiga macam. Kamera utama 50MP yang sudah dilengkapi autofokus. Kamera kedua 2MP dan kamera ketiga 5MP. Sayangnya, tidak dijelaskan jenis kamera yang disematkan.

Kamera belakang ini dibiarkan tanpa bingkai. Ada Quad LED flash yang digunakan. Selain itu, kamera belakang ini juga mendukung fitur HDR.

Kualitas perekaman video kamera belakang cukup bagus. Resolusi yang dihasilkan mencapai 1440p di 30 fps.

Kamera depannya memiliki resolusi 8MP. Dia dapat menghasilkan foto yang cukup bagus. Kamera ini dapat merekam video beresolusi 1080p di 30 fps. Saat malam, kamu bisa menggunakan dual LED flash.

Harga Tecno Pova 3

spesifikasi tecno pova 3
spesifikasi tecno pova 3

Di Indonesia, harga Tecno Pova 3 yang tersedia adalah untuk varian 6GB+128GB. Harga varian Electric Blue Rp2,69 juta. Sementara untuk barian Eco Black dan Tech Silver, harganya Rp2,59 juta.

Dalam boks pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan 1 unit Tecno Pova 3. Selain itu, kelengkapan lainnya ada charger  kabel USB tipe C, buku panduan, dan case pelindung.

Bagi pembaca yang tertarik beli, penulis sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa mengecek harga Tecno Pova 3 terbaru dan memilih yang paling menguntungkan.



Kelebihan dan dan Kekurangan Tecno Pova 3

SpesifikasiTecno Pova 3
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat230 gram
Dimensi173.1 x 78.5 x 9.4 mm
Layar6.9 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 83.2%
Garis bercahaya RGB untuk pemberitahuan di bagian belakang
Resolusi1080 x 2460 piksel
Refresh rate 90Hz
ChipsetMediatek Helio G88
GPUMali-G52 MC2
RAM4GB+3GB VRAM
6GB+5GB VRAM
ROM64GB
128GB
OSAndroid 11
HIOS
Kamera Belakang50 MP, (wide), PDAF
2 kamera yang tidak diketahui
FiturQuad-LED Flash
HDR
Video [email protected]
Kamera Depan8 MP, f/2.0
FiturDual-LED flash
Video [email protected]
BateraiLi-Po 7000 mAh, non-removable
Fast charging 25W
Reverse charging 10W
WarnaElectric Blue
Tech Silver
Eco Black
HargaRp 2.699.000 (Electric Blue, 6GB/128GB)
Rp 2.599.000 (Tech Silver & Eco Black, 6GB/128GB)
Tabel spesifikasi lengkap Tecno Pova 3 (Dok.Istimewa/Droila

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, yuk simpulkan kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 3.

Kekurangan

  1. Belum support 5G
  2. Layar IPS LCD
  3. Fitur kamera kurang lengkap
  4. Tidak adanya pelindung Gorilla Glass apalagi IP rating

Kelebihan

  1. Harga murah
  2. Kapasitas baterai 7.000 mAh
  3. Fitur game komplet
  4. Layar lebar dan desain kamera punch hole

Review Tecno Pova 3

harga tecno pova 3
harga tecno pova 3

Sebagai HP gaming murah, ponsel ini menghadirkan berbagai fitur kelas atas. Salah satunya adalah kapasitas baterai 7.000 mAH. Saat ini, HP kelas atas pun kapasitas baterainya rata-rata 5.000 mAh.

Performa  Tecno Pova 3 memang sangat dikedepankan. Fitur getaran dan lampu LED di belakang menjadi ciri khas HP gaming. Dengan Helio G88 tentu saja kami bisa memainkan beberapa game dengan lancar.

HP ini memang cocok buat kamu yang hobi main game tapi budget pas-pasan. Jarang loh, ada HP gaming Rp2 jutaan.

Usai sudah uraian seputar kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 3. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik