BerandaGadgetsKelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 4 Pro: Jagoan Baru yang Lebih Bertenaga

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 4 Pro: Jagoan Baru yang Lebih Bertenaga

Pada Oktober 2022, Tecno Mobile meluncurkan sebuah produk yang cukup menarik perhatian publik, yakni Tecno POVA 4 Pro. Dibanderol dengan harga 2 jutaan dan memiliki RAM 8GB, ponsel ini digadang-gadang sebagai salah satu ponsel gaming murah dengan spesifikasi yang cukup lengkap di kelasnya. Eits, sebelum memutuskan beli, kenali dulu kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 4 Pro, yuk.

Keunggulan yang coba ditawarkan dalam ponsel ini dibanding pendahalunya ialah desain yang futuristik dan dimensinya yang kompak. Selain itu, penggunaan panel AMOLED juga kian menambah kesan mewah dalam HP gaming murah ini.

Mendampingi ukuran RAM besar, Tecno Pova 4 Pro mengandalkan chipset MediaTek terbaru, yakni Helio G99. Sehingga kamu bisa membuka berbagai aplikasi dengan lancar. Tak ketinggalan, masih ada baterai berkapasitas besar yang menjanjikan lebih banyak kenyamanan selama menggunakan HP kelas menengah murah terbaru ini.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 4 Pro ponsel ini? Simak ulasan Droila berikut ini!

Tecno Pova 4 Pro Spesifikasi 

Agar kamu lebih mengenali Pova 4 Pro, yuk simak dulu gimana spesifikasi dari HP kelas menengah terbaru ini.

droila-spesifikasi-dan-harga-tecno-pova-4-pro
spesifikasi dan harga tecno pova 4 pro

Desain dan Layar 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Tecno POVA 4 Pro dipasarkan untuk mengisi pasar smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau. Buktinya, pabrikan menggunakan desain unik untuk menonjolkan aura gamingnya.

Bodi belakangnya dibuat berpola dan bertekstur sehingga nyaman digenggam saat bermain game atau melakukan aktivitas lainnya. 

Menilik lebih detail lagi, desain rangka belakang POVA 4 Pro sangat futuristik yang terinspirasi dari meteor luar angkasa bernama Widmanstatten. Desain ini kian mempertegas ketangguhan ponsel untuk digunakan bermain game.

Beralih ke bagian layar, resolusi layar yang digunakan juga cukup mumpuni di kelas HP menengah yakni FHD+ yang memungkinkan tampilan layar lebih detail dan jernih. Resolusi layar yang tinggi ini menawarkan pengalaman visual yang lebih baik saat menonton video, browsing, hingga bermain game. 

Ponsel ini juga memiliki refresh rate 90 Hz. Keunggulan layar ini membuat pergerakan di layar tampak lebih halus. Selain itu, kecerahan layarnya cukup ideal. Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak.

Penggunaan layar AMOLED memungkinkan tampilan yang lebih dinamis dan menangkap kecerahan serta kompleksitas warna-warna cerah. Pada saat yang sama, panel ini membuat kecepatan refresh rate yang tinggi untuk memastikan kehalusan gambar.

Di Indonesia, Tecno Pova 4 Pro tersedia dalam varian warna. Antara lain: Uranolith Grey, Fluorite Blue, dan Rutile Orange.

droila-hp-tecno-pova-4-pro
hp tecno pova 4 pro

Performa dan Chipset 

Di sisi samping bodi, POVA 4 Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power sehingga mudah ditemukan dan digunakan. Menariknya, sensor ini bisa membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Jika kamu tertarik untuk mendalami topik kunci layar, baca review aplikasinya lewat artikel berikut, yuk: Daftar Aplikasi Kunci Layar Keren dan Canggih untuk HP Android

Sebagai sebuah HP gaming, Tecno POVA 4 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 6000 mAh yang sudah didukung fitur pengisian cepat 45W. Kamu tidak perlu menunggu lama agar baterai HP terisi penuh.

Sebab hanya butuh 24 menit untuk mengisi baterai 0-50%. Penggunaan baterai yang besar ini diklaim membuat pengguna bisa lebih lama menggunakan HP untuk aktivitas harian maupun gaming. 

Hadir sebagai HP gaming dengan harga terjangkau, produsen memilih menggunakan chipset MediaTek Helio seri terbaru, G99. Chipset MediaTek Helio G99 merupakan prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 GHz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi daya.

Untuk performanya terbaik, chipset ini ditenagai GPU Mali G57 dan dukungan RAM 8GB LPDDR4X serta penyimpanan 256GB. Tidak berbeda dengan seri POVA sebelumnya, terdapat juga Memory Fusion yang bisa digunakan untuk menambah memori RAM hingga 5GB.

droila-review-tecno-pova-4-pro
review tecno pova 4 pro

Kamera 

Diklaim sebagai ponsel gaming murah, Tecno Mobile memang tidak fokus untuk menghadirkan sektor kamera yang premium di seri ini. 

Tecno POVA 4 Pro hanya memiliki dua kamera belakang. Kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Untuk kamera keduanya, Tecno menghadirkan kamera AI 2 MP.

Teknologi AI yang dihadirkan diklaim mampu membuat hasil foto lebih jernih meski dalam kondisi minim cahaya. Untuk penerangan, ponsel ini hanya mengandalkan Dual LED Flash.

Sementara untuk area depan, Tecno POVA 4 Pro ini masih menggunakan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan sudah dibekali LED Flash.

Tecno Pova 4 Pro Harga 

droila-spesifikasi-tecno-pova-4-pro
spesifikasi tecno pova 4 pro

Ponsel gaming murah ini pertama kali dijual di Indonesia pada bulan Oktober 2022 lalu. Saat pertama kali diluncurkan, HP Pova 4 Pro dijual dalam 2 jenis harga. Yakni Rp 2,799 juta untuk Pova 4 Pro 8/128 GB dan Rp 2,999 juta untuk varian Tecno Pova 4 Pro 8/256 GB.

Kini, baru beberapa bulan berselang, penulis menemukan harga terbaru Pova 4 Pro sudah lebih variatif. Tertarik beli? Kamu bisa langsung klik salah satu tombol di bawah ini. Sehingga kamu bisa memilih dan mendapatkan harga Tecno Pova 4 Pro yang paling menguntungkan.



Baca Juga Review HP Terbaru Lainnya:
1. 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1: Lebih Kencang Berkat Android GO
2. Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T 5G
3. Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25 Pro: Ponsel Premium

Keunggulan dan Kelemahan Tecno Pova 4 Pro 

droila-kelebihan-dan-kekurangan-tecno-pova-4-pro
kelebihan dan kekurangan tecno pova 4 pro

Setelah mengetahui spesifikasi Tecno Pova 4 Pro, mari kita simak keunggulan dan kelemahannya berikut ini!

Kelemahan 

Ada empat hal yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli HP POVA 4 Pro ini. Berikut adalah 4 poin kelemahan tersebut:

  1. Bodi Mudah Kotor
  2. Kamera 50 MP AI Biasa Saja
  3. Tanpa Koneksi 5G
  4. Minim Fitur Perlindungan

Keunggulan 

Di samping kelemahannya, ada enam poin keunggulan pada seri ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari POVA 4 Pro. Apa saja itu? Berikut poin-poinnya:

  1. Desain Futuristik, Bodi Plastik
  2. Layar AMOLED 90Hz
  3. Sensor Keamanan Cepat
  4. Chipset Mediatek Helio G99
  5. Pengisian Cepat 45W
  6. Konektivitas Dan Sensor Lengkap

Review Tecno Pova 4 Pro 

droila-tecno-pova-4-pro
tecno pova 4 pro

Di tengah gempuran HP harga 2 jutaan, Tecno Mobile turut hadir mengisi pasar ponsel tersebut.

Hadir dengan desain yang cantik dan unik, memiliki layar AMOLED dengan ukuran ideal yang nyaman digunakan, serta berbekal dapur pacu MediaTek Helio G99, Tecno POVA 4 Pro sudah sesuai dengan kebutuhan pasar.

Adanya sensor gyro juga semakin memperkuat kesan gaming HP ini. Apalagi, produsen juga membekalinya dengna baterai jumbo serta dukungan fast charging. Kamu pun bisa memainkan berbagai game tanpa lag dan lebih lama.

Sayangnya, sebagai ponsel gaming murah, Pova 4 Pro tidak dibekali kamera yang canggih. Selain itu, HP ini juga minim fitur perlindungan. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena HP gaming rentan jatuh atau rusak.

Oleh karena itu, Tecno POVA 4 Pro ini bisa menjadi pilihan bagi para gamers yang sedang membutuhkan ponsel dengan harga terjangkau. Gimana menurutmu?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 4 Pro. Semoga penjelasan review, spesifikasi, dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik