BerandaGadgets10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 7 NFC: Paket Komplet Kurang dari...

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 7 NFC: Paket Komplet Kurang dari 1,5 Juta

Kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 7 NFC menjadi salah satu topik menarik yang layak untuk di-review. Ia menjadi ponsel termurah yang memiliki fitur NFC. Harganya pun kurang dari 1,5 juta.

Tecno memang belum lama berkiprah di Indonesia. Namun, ia selalu memberikan kejutan. Sama halnya dengan saudaranya, Infinix, ponsel ini memiliki spesifikasi tinggi di kelasnya dengan harga murah.

Spesifikasi Tecno Spark 7 NFC

Ponsel yang dirilis 2 September 2021 ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan, lebih lengkap dibanding merek lain yang sudah lama berkiprah di Indonesia. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

tecno spark 7 nfc gsmarena
tecno spark 7 nfc gsmarena

Desain dan Layar

Tecno telah menyajikan ponsel entri level dengan desain yang modern. Meskipun terbuat dari polikarbonat, finishing matte membuat tampilannya nggak murahan.

Kamera belakangnya tampak seperti tiga kamera, padahal aslinya cuma 2 lho. Di bagian belakang ini pula kamu akan menemukan sensor fingerprint. Logo SPARK dibuat besar dan transparant sehingga terlihat stylish.

Ada tiga warna pilihan: Spruce Green, Morpheus Blue, dan Magnetic Black. Ketiganya memiliki dimensi yang sama, yakni 164,9 x 76 x 9 mm. Bobotnya mencapai 210 gram.

Di sisi kanan, akan ada tombol daya dan juga volume. Di sisi kiri, ada slot Dual SIM card dan micro-SD. Di bawah, kamu akan menemukan jack audio 3,5 mm. Di sebelahnya ada port USB yang masih menggunakan model mikro.

Di bagian muka, ada layar yang menggunakan desain Dot Notch. Layar TFT 6,5 inci menjadi pilihan untuk menampilkan grafik HD+. Resolusi yang ditampilkan umumnya mencapai 720 x 1600 inci.

Dengan harga 1 juta, kualitas kontras dan ketajaman warna yang ditampilkan sudah cukup bagus. Menjelajah dunia maya pun masih nyaman dengan refresh rate yang standar.

spark 7 nfc spesifikasi
spark 7 nfc spesifikasi

Performa dan Chipset

HP 1 jutaan ini mampu menyajikan performa yang oke di kelasnya. Dia sudah menggunakan chipset MediaTek Helio A25. Kecepatan CPU octa-core mencapai 2.0 GHz. Sementara GPU menggunakan PowerVR GE8320.

Dibandingkan Tecno Spark 6 Go memang tak terlalu jauh perbedaannya. Hal ini karena kapasitas RAM yang digunakan masih 2 GB. Jadi, untuk multitasking membutuhkan waktu loading lebih lama.

Kapasitas RAM yang kecil, 32GB tentu akan menjadi masalah buat kamu yang hobi nyimpen video. Jadi, lebih baik tambahkan micro-SD karena kapasitasnya bisa mencapai 128GB.

Salah satu kelebihan ponsel ini adalah kapasitas baterainya mencapai 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, kamu bisa membawanya seharian penuh. Bahkan, ponsel ini mampu siaga hingga 30 hari.

Sayangnya, baterai yang besar ini tidak diimbangi dengan pengisian daya cepat atau fast charging. Akibatnya, untuk mengisi daya yang hampir habis hingga menjadi penuh butuh waktu kurang lebih tiga jam.

Meskipun harganya cuma 1 jutaan, ponsel ini sudah memiliki fitur NFC. Fitur ini sangat bermanfaat buat kamu yang suka bertansaksi online. Penggunaannya pun mudah.

Tecno Spark 7 NFC menggunakan sistem operasional Android 11 (Go Edition). Tampilannya didampingi dengan HiOS 7.5. Banyak fitur menarik yang bisa kamu dapatkan di ponsel ini.

Salah satunya adalah Bluetooth Audio Share. Melalui fitur ini, kamu bisa berbagi musik bersama teman-temanmu. Selain itu, ada juga Instant Chat Bubble. Jadi, saat menerima pesan, kamu nggak harus membuka aplikasinya.

tecno spark 7 nfc chipset
tecno spark 7 nfc chipset

Kamera

Tecno Spark 7 NFC memiliki dua kamera belakang. Kamera utama 16 MP dan kamera kedua adalah kamera AI. Di sisinya juga tersedia lampu LED Flash.

Kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 8MP. Baik kamera depan dan belakang mampu menangkap video dengan kualitas full HD.

Memang tidak ada fitur yang spesial di bagian kamera ini. Bahkan, bisa dibilang seadanya. Maklum harga 1 jutaan. Kompetitornya pun tidak menyediakan kamera yang istimewa.

Harga Tecno Spark 7 NFC

tecno spark 7 nfc ram
tecno spark 7 nfc ram

Saat pertama kali dirilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.349.000,00. Namun, setelah mengumpulkan beberapa informasi terbaru, harga Tecno Spark 7 NFC saat ini adalah Rp1.249.000,00.

Kamu bisa mendapatkan harga spesial tersebut di salah satu e-commeerce. Dalam boks pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan 1 unit  Tecno Spark 7 NFC. Selain itu, ada adaptor, kabel micro-USB.

Aksesori lainnya, kamu juga akan menemukan case belakang dan pelindung layar. Ada SIM ejektor juga dan buku panduan, serta kartu garansi.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Droila sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. So, langsung cek harga Tecno Spark 7 NFC lewat tombol di bawah ini, ya.



Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 7 NFC

SpesifikasiTecno Spark 7 NFC
DesainFrame plastik
Body plastik
Berat
Dimensi164x76x9.52 mm
Layar6.5 inci
TFT LCD
Layar Dot Notch
Resolusi720 x 1600 piksel
HD+
ChipsetMediatek Helio A25
GPUPowerVR GE8320
RAM2GB
ROM32GB
OSAndroid 11 Go Edition
HiOS 7.5
Kamera Belakang16MP
16MP
FiturQuad-LED Flash
HDR
Video [email protected]
Kamera Depan8 MP, f/2.0
FiturDual-LED flash
Video [email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
WarnaMorpheus Blue
Spruce Green
Magnet Black
HargaRp 1.249.000 (Toko Online)
Tabel spesifikasi Tecno Spark 7 NFC (Dok.Istimewa/Droila)

Ponsel ini memang memiliki fitur-fitur yang komplet. Namun, kamu juga harus pertimbangkan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 7 NFC berikut ini.

Kekurangan

  1. Layar masih TFT
  2. Masih menggunakan port micro-USB
  3. Fitur kamera seadanya
  4. Memori internal kecil
  5. Belum support fast charging

Kelebihan

  1. Ada fitur NFC
  2. Sudah ada fingerprint
  3. Menggunakan chipset MediaTek
  4. Harga murah
  5. Desain stylish

Review Tecno Spark 7 NFC

spesifikasi dan harga tecno spark 7 nfc
spesifikasi dan harga tecno spark 7 nfc

Tecno Spark 7 NFC memang tampak istimewa di kelasnya. Dengan harga kurang dari 1,5 juta, fitur-fitur yang disajikan sangat lengkap.

Di kelas entri level, HP sejutaan yang sudah mendukung NFC cuma ada beberapa, misalnya Infinix Smart 6 HD dan Alcatel 1S. Alcatel dari Nokia saja membanderolnya dengan harga 1,8 juta.

Tecno Spark 7 NFC memang bukan HP gaming. Jadi, jangan paksakan untuk main game berat. Game Asphalt misalnya, masih bisa dimainkan di settingan low.

HP ini memang cocok buat kamu yang hanya membutuhkan HP untuk komunikasi. Terutama buat yang masih belajar menggunakan Android. Kapasitas RAM yang minim juga hanya mampu memasang aplikasi primer.

Setelah mengetahui spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 7 NFC, seharusnya kamu lebih bisa memutuskan. Ingin membelinya atau cari yang lain? Semoga review spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik