Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19: 4 Jutaan Cuma Ditenagai Chipset Kelas Menengah?

Kelebihan dan kekurangan Vivo V119 (Unbox PH)
Kelebihan dan kekurangan Vivo V119 (Unbox PH)

Vivo V19 adalah ponsel kelas menengah yang menjadi penerus seri sebelumnya, yakni Vivo V17. Diluncurkan tahun 2020, ponsel ini dibekali berbagai spesifikasi yang terbilang mumpuni. Tapi, di tengah kompetisi yang makin sengit, apakah handphone ini masih layak dijadikan pilihan? Lebih lengkap, simak uraian kelebihan dan kekurangan Vivo V19 di bawah.

Tahun 2021 memang menjadi tahun lesunya ekonomi. Tapi, kondisi tersebut tak terlalu mempengaruhi perkembangan teknologi -terutama smartphone sebagai bagian dari teknologi informasi.

Mendekati akhir tahun, kita sudah mendapat banyak pilihan HP terbaru. Dan sebagian besar didominasi HP entry-level dengan harga di bawah 3 juta.

Yang mengagumkan, vendor pun semakin berani dalam mengembangkan produknya. Sudah ada sejumlah pilihan HP murah yang dibekali komponen mumpuni.

Maka, di tengah kondisi itu, kehadiran Vivo V19 pun semakin dipertanyakan. Apalagi, saat ini perusahaan masih menjualnya dengan harga di atas 3 juta.

Eits, tapi jangan terburu berburuk sangka. Untuk mengetahui penilaian yang lebih lengkap, kenali juga bagaimana spesifikasi dan harga Vivo V19. Selain itu, pahami pula review serta kelebihan dan kekurangan Vivo V19 yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini. Penasaran?

HP Vivo V9 (Vivo Indonesia)
HP Vivo V9 (Vivo Indonesia)

Spesifikasi Vivo V19

Vivo V19 hadir di Indonesia tahun lalu. Beberapa bulan setelah pandemi berjalan. Dan saat diluncurkan, HP kelas menengah ini mengesankan bakal meledak di pasaran.

Kepercayaan diri yang disampaikan perusahaan bukan tanpa sebab. Jagoan anyarnya ini sudah dibekali berbagai spesifikasi yang terbilang mumpuni. Mulai dari layar AMOLED, kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang cukup besar, serta performa kamera selfie yang tak perlu diragukan lagi.

Tapi, apakah Vivo V19 layak kamu beli tahun ini? Untuk menjawabny, simak uraian di bawah ini.

Desain

Desain Vivo V19 (Vivo Indonesia)
Desain Vivo V19 (Vivo Indonesia)

Ukuran Vivo V19 cukup standar untuk HP kelas menengah keluaran 2020. Tidak terlalu kecil atau besar. Bobot perangkat pun cuma 186 gram saja. Cukup ringan dan bikin tangan nggak mudah pegal.

Desain bagian belakang cukup menggoda. Bezell yang tipis mengelilingi layar berukuran 6,44 inci. Sementara itu, penggunaan kaca untuk melapisi bagian frame menjanjikan genggaman yang lebih nyaman.

Layar

Layar Vivo V19 (Unbox PH)
Layar Vivo V19 (Unbox PH)

Perusahaan menggunakan panel AMOLED berukuran 6,44 inci untuk layar ponsel ini. Layar tersebut mampu menghasilkan resolusi HDR10 -cukup tinggi dibandingkan dengan sejumlah ponsel terkini.

Sayang, Vivo V19 hanya bisa menghasilkan grafis dengan refresh rate 60Hz saja. Padahal, seperti kita tahu, kini sudah tersedia banyak pilihan HP dengan refresh rate tinggi. Bahkan, Redmi 10, yang dibanderol Rp 2 jutaan, juga mampu menghasilkan refresh rate 90Hz!

Tentu bagian ini jadi salah satu kelemahan Vivo 19. Namun, karena model handphone Vivo ini menggunakan layar AMOLED, grafis yang dihasilkan pun lebih vibrant, penuh warna, dan detail.

Performa

Performa Vivo V19 (Unbox PH)
Performa Vivo V19 (Unbox PH)

Berbeda dengan versi Global yang ditenagai chipset seri Snapdragon 712, Vivo V19 versi Indonesia memiliki SoC yang kurang bertenaga. Perusahaan lebih memilih chipset kelas menengah Snapdragon 675 AIE.

Ya, ini adalah chipset yang sama seperti milik Vivo V17 Pro. Tapi, bedanya, Vivo V19 dibekali kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang lebih lapang. Terdiri atas RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB.

Sayang, hasil benchmark antara Vivo V19 dan Vivo V17 Pro tidak jauh berbeda. Bisa dimaklumi, mengingat kedua perangkat ditenagai System on Chipset yang sama. Maka, jika Anda sebelumnya menggunakan Vivo V17 Pro, disarankan untuk tidak ganti HP ke Vivo V19.

Kamera

Spesifikasi dan harga VIvo V19 (PressAble)
Spesifikasi dan harga VIvo V19 (PressAble)

Sejak pertama kali diluncurkan , Vivo V series selalu menjadi HP dengan kemampuan kamera yang cukup tinggi. Pas buat pengguna yang doyan fotografi maupun selfie.

Dan pada Vivo V19, perusahaan mengulangi lagi formul tersebut. Total, terdapat lima kamera yang sudah ditanamkan perusahaan. Tak hanya itu, Vivo juga turut menambahkan fitur fotografi canggih. Sehingga hasil jepretan kamera pun bisa lebih optimal.

Di bagian punggung, kamu akan menemukan konfigurasi empat kamera yang dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide, 8MP lensa ultrawide, 2MP sensor kedalaman, dan 2MP lensa makro.

Sementara itu, kamera depan HP kelas menengah ini mengandalkan lensa berkemampuan 32MP. Lensa tersebut dibungkus punch-hole yang terletak di pojok kanan atas.

Berapa Harga Vivo V19 Saat Ini?

Harga Vivo V19 (Blogspot)
Harga Vivo V19 (Blogspot)

Saat pertama kali diluncurkan, perusahaan membanderol Vivo V19 dengan harga yang cukup tinggi. Mengutip Gizmologi, harga Vivo V19 terbaru saat itu mencapai Rp 5 juta!

Kini, Vivo sudah menurunkan harga ponsel jagoannya ini. Mengutip situs resmi Vivo Indonesia, harga Vivo V18 saat ini dibanderol Rp 3,999 juta saja. Ya, selisih Rp 1 juta jika kita bandingkan dengan harga awalnya!

Tertarik membeli? Tunggu dulu. Kamu bisa mendapatkan pilihan harga yang lebih variatif lewat toko online. Dan untuk memudahkanmu, penulis sudah mengumpulkan sejumlah tombol untuk mengecek harga Vivo V19 terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19

Spek lengkap Vivo V19 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Vivo V19 (Dok.Istimewa Droila)

Saat peluncuran, perusahaan menyampaikan banyak klaim untuk ponsel ini. Tapi, akankah klaim tersebut hanyalah klaim belaka? Atau  bakal  menjadi pernyataan yang didukung kebenaran?

Untuk mengulik lebih lengkap, yuk kenali dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Vivo V19 ini. Langsung cek uraian di bawah, ya.

Kekurangan

  • Harga terlalu mahal  untuk chipset kelas menengah
  • Belum mampu menghasilkan refresh rate tinggi
  • Banyak aplikasi bloatware yang tidak terlalu berguna
  • Performanya kurang tangguh untuk segmen HP 4 jutaan

Kelebihan

  • Layar berkualitas tinggi
  • Tampilan dan desain premium
  • Daya tahan  baterai yang bisa diandalkan
  • Performa kamera daylight yang mumpuni
  • RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, menjanjikan masa pakai yang lebih panjang

Review Vivo V19: Terlalu Mahal!

Review Vivo V19 (Unbox PH)
Review Vivo V19 (Unbox PH)

Bukan tanpa sebab jika perusahaan menyampaikan banyak hal fantastis kala peluncuran ponsel ini. Untuk ukuran HP keluaran 2020, Vivo V19 terbilang cukup bertenaga dan bisa diandalkan.

Tapi, lain soal jika  kita membicarakan tahun 2021.  Soalnya, ada lebih banyak pilihan yang dibekali spesifikasi sejenis dengan harga yang jauh lebih murah.

Memang, Snapdragon 674 AIE diakui memiliki performa lebih tinggi ketimbang SoC kelas menengah lainnya. Tapi, lebih banyak pengguna yang mengakui ketangguhan chipset Snapdragon 700 series atau yang lebih tinggi.

Maka, menurut penulis,  keputusan membeli Vivo 19 untuk tahun 2021 ini bisa dibilang sebagi  pilihan yang rugi. Selain teknologi sudah cukup tertinggal, harganya pun terlalu mahal!

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V19. Semoga penjelasan mengenai handphone di atas bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan sebelum membeli ponsel ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like