Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Pro: Kolaborasi ZEISS Performa Lebih Baik

Kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro
Kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro

Siapa yang tak kenal dengan Vivo? Brand terkenal yang bersaing ketat dengan Oppo dan Xiaomi di pasaran smartphone Indonesia. Pada 2 April 2021 lalu, Vivo merilis HP flagship terbaik mereka, yaitu Vivo X60 Pro. Bahkan, sampai saat ini, ponsel ini masih diminati. Apa alasannya? Karena itulah, kali ini saya akan mengulas kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro.

Sebelum menyimpulkan kelebihan dan kekurangannya, saya akan uraikan spesifikasi Vivo X60 Pro. Ponsel flagship yang memiliki berbagai macam fitur menarik.

Apalagi, dibanding seri sebelumnya, Vivo X50 Pro, ponsel ini mengalami berbagai macam peningkatan dengan harga yang sama. Penasaran? Langsung cek review Vivo X60 Pro dari Droila berikut ya!

Spesifikasi dan harga Vivo X60 Pro
Spesifikasi dan harga Vivo X60 Pro

Spesifikasi Vivo X60 Pro

Ponsel flagship selalu identik dengan tampilan dan fitur yang premium. Tak heran jika ponsel jenis ini selalu dibanderol dengan harga belasan bahkan puluhan juta. Lalu bagaimana dengan Vivo X60 Pro?

Desain dan Layar

Layaknya HP flagship, Vivo X60 Pro hadir dengan desain yang elegan dan prestise. Ada dua pilihan warna: Shimmer Blue dan Midnight Black.

Kedua warna ini sama-sama menggunakan bahan kaca dengan finishing satin yang membuatnya tampak berkilau namun frosted. Uniknya, demi mendapatkan penampilan yang sempurna, kedua warna ini memiliki ukuran dan berat yang berbeda.

Warna Shimmer blue berukuran 158.8 x 73.24 x 7.69 mm dan beratnya 179 gram. Warna Midnight Black hanya beda ketebalan 0.1 mm saja, yaitu 7.59 dengan berat 177 gram.

Meskipun beratnya beda, HP kamera terbaik ini tetap nyaman digenggam karena desain belakangnya dibuat melangkung sehingga pas digenggam.

Di bagian depan, kamu akan melihat layar AMOLED 6,56 inci. Bezel di bagian atas dan bawahnya dibuat tipis sehingga tampilan layar penuh.

Bahkan di samping kanan dan kiri dibuat agak melengkung namun tidak mengganggu performa. Layar kamera digeser ke tengah, berbeda dengan seri sebelumnya.

Masih di bagian layar, pengalaman multitasking dan scroll layar terasa lebih mulus berkat adanya refresh rate 120Hz. Tampilan gambar HDR10+ juga turut memanjakan mata, terutama saat bermain gim.

Sayangnya perlindungan fisik di HP ini masih kurang karena tidak adanya sertifikat IP rating. Hanya ada Corning Gorilla Glass 6 yang mampu menahan goresan.

Desain Vivo X60 Pro
Desain Vivo X60 Pro

Performa dan Chipset

Jangan khawatir soal performa. Vivo X60 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 870 5G (7nm). Memang bukan yang tertinggi, tapi kemampuannya sudah cukup mumpuni untuk menyokong fitur-fitur di dalamnya.

CPU octa-core dengan kecepatan 3.2GHz, 2.42GHz, dan 1.80GHz dan GPU Andreno 650 mampu memberikan pengalaman terbaik. Bermain gim apapun dapat berjalan dengan lancar.

Uniknya, meski digunakan untuk bermain gim berat selama satu jam, ponsel ini tidak overheating. Memainkan gim pun bisa mendapatkan settingan grafik terbaik.

Sistem operasionalnya menggunakan Android 11. Kamu juga bisa menyimpan berbagai macam aplikasi dengan adanya RAM 12. Kapasitas memori internalnya cukup besar, 256 GB.

So, jika kapasitas ini masih kurang, kamu harus rajin memindahkan file-nya karena HP ini tidak menyediakan slot memori eksternal.

Daya baterainya juga cukup bail. Dengan kapastitas 4200 mAh, pasti kamu tak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang bepergian dalam beberapa jam.

Jika habis, ponsel ini sudah mendukung fast charging 33W. Pengisian daya pun dapat berlangsung kurang dari 2 jam.

Kamera Vivo X60 Pro
Kamera Vivo X60 Pro

Kamera

Vivo tetap mempertahankan kualitas kameranya. Oleh karena itu, di seri ini ia mulai bekerja sama dengan perusahaan ternama di Jerman, yaitu Zeiss optic.

Ada tiga kamera yang disematkan di belakang. Kamera utama dengan resolusi 48MP dan sudah mendukung OIS. Kamera kedua merupakan kamera tolefoto 13MP. Kamera ultrawide 13MP turut melangkapi fitur Vivo X60 Pro.

Kemampuan merekam video kamera belakang pun sudah sangat bagus. Video yang dihasilkan mampu mencapai resolusi hingga 4K di 60 fps.

Berbeda dengan kamera depan yang hanya mampu merekam dengan kualitas 1080p di 30 fps. Namun, jika digunakan untuk selfie, gambar yang dihasilkan sangat tajam, 32MP.

Harga Vivo X60 Pro

Harga Vivo X60 Pro
Harga Vivo X60 Pro

HP flagship ini dapat kamu beli di toko online maupun offline. Harga resminya saat pertama kali diluncurkan adalah RP9.999.000,00. Dan harga yang sama masih bisa kita temukan pada situs resmi Vivo Indonesia.

Namun, jika dilihat di beberapa marketplace, Vivo X60 Pro dibanderol dengan harga mulai dari Rp7.500.000,00.

Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan satu box yang berisi unit smartphone, case transparan, SIM card injector, buku petunjuk. Selain itu juga ada charger, earphone, kabel USB type C dan converter USB type C to jack audio 3,5 mm.

Tertarik beli? Tim Droila sudah siapkan beberapa tombol menuju ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek langsung harga Vivo X60 Pro terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Pro

SpesifikasiVivo X60 Pro
DesainFrame alumunium dengan body yang dilapisi kaca Schott Xensation Up
Berat179 gram
Dimensi158.6 x 73.2 x 7.6 mm
Layar6.56 inci
AMOLED
Schott Xensation Up
rasio body ke layar 90.1%
Resolusi1080 x 2376 piksel
HDR10+
refresh rate 120Hz
ChipsetQualcomm Snapdragon 870 5G
GPUAdreno 650
RAM12GB
ROM256GB
OSAndroid 11
Funtouch 11
Kamera Belakang48 MP, f/1.5, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, gimbal OIS
13 MP, f/2.5, 50mm (telephoto), 1/2.8″, 0.8µm, PDAF, 2x optical zoom
13 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultrawide)
FiturZeiss optics
Pixel Shift
LED flash
HDR, panorama
gimbal OIS
optical zoom
gyro-EIS
Kamera Depan32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
FiturHDR
BateraiLi-Po 4200 mAh, non-removable
Fast charging 33W
WarnaMidnight Black
Shimmer Blue
HargaRp 9.999.000
Spek lengkap Vivo X60 Pro

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, saya akan mengulas kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro.

Kekurangan

  1. Tidak tahan air
  2. Tidak adanya lensa telefoto periskop dan makro
  3. Adanya bloware dan notifikasi pengganggu

Kelebihan

  1. Desain elegan dan premium
  2. Performa tidak lamban
  3. Hasil kamera tidak mengecewakan

Review Vivo X60 Pro

Review Vivo X60 Pro
Review Vivo X60 Pro

Vivo memang pandai dalam memikat konsumen lewat desainnya yang menawan. Desain yang ramping, nyaman digenggam, seolah menjadi hal yang dipertahankan sejak generasi pendahulunya.

Performanya pun dibuat nanggung, tapi kualitasnya nggak tanggung. Banyak HP flagship berlomba-lomba menggunakan chipset Snapdragon 888+, tetapi Vivo tampaknya mencari aman dengan menggunakan Snapdragon 870.

Dia tidak ingin ponselnya terlalu menjadi terlalu panas. Bagi Vivo, yang penting adalah HP mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dan gim dengan lancar. Dan memang seperti itu kenyataannya.

Secara keseluruhan, HP ini sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan teknologi komunikasi sehari-hari. Tak hanya untuk sosmed, HP ini juga bisa mendukung pekerjaan dan juga hobi, terutama fotografi.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo X60 Pro. Meskipun bukan HP terbaru, HP flagship ini masih sangat mumpuni untuk diandalkan dalam berbagai situasi. Dan semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like