7 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y01: Layar Besar untuk Entry Level

Kelebihan dan kekurangan Vivo Y01
Kelebihan dan kekurangan Vivo Y01

Vivo Y01 menjadi salah satu HP entry level yang dirilis pada 24 Maret 2022. HP ini dibanderol dengan harga 1 jutaan. Terdapat kelebihan dan kekurangan Vivo Y01 yang kali ini akan kita ulas sampai tuntas.

Meskipun memiliki spek pemula, ponsel ini memiliki daya tarik tersendiri. Layar lebar, kamera yang mumpuni  dan kapasitas baterai menjadi tiga daya tarik yang sering dicari oleh pecinta ponsel entry level.

Spesifikasi Vivo Y01

Vivo Y01 memiliki daya tarik karena spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan dasar pemula Android. Dan sebelum kamu beli, simak dulu gimana spesifikasi Vivo Y01 yang sudah Droila rangkum dari GSMArena berikut ini.

Spesifikasi dan harga Vivo Y01
Spesifikasi dan harga Vivo Y01

Desain dan Layar

Hadir dalam dua varian warna, Sapphire Blue dan Elegant Black, Vivo Y01 memberikan kesan nggak murahan. Meskipun terbuat dari plastik, ponsel ini tetap terlihat elegan berkat finishing yang berkualitas.

Ponsel ini mengusung tema 3D Slim Desaign. Dimensinya 163,96 x 75,2 x 8,28 mm dan beratnya hanya 178g. Sangat ringan dan nyaman di genggaman.

Di sisi kanan, kamu akan menemukan tombol daya dan volumi. Di sisi kiri terdapat 3 slot kartu yang bisa kamu isi dengan 2 SIM card dan 1 SD card. Jika kamu ingin menggunakan earphone, ada audio jack di sisi bawah bersama port micro-USB.

Di bagian depan, kamu akan melihat layar IPS LCD berukuran 6,51 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar HD+ berukuran 1600 x 720 piksel. Dengan ukuran layar tersebut, tentu saja kamu bisa nanton video lebih puas.

Spesifikasi Vivo Y01
Spesifikasi Vivo Y01

Performa dan Chipset

Soal performa, ponsel ini menggunakan Android 11 (Go Edition) dan Funtouch 11.1. Sistem operasional tersebut tentu masih kekinian sehingga performanya pun termasuk kencang di kelasnya.

HP Vivo terbaru ini menggunakan chipset Mediatek Helio P35. CPU Octa-core yang digunakan memiliki kecepatan 2,3 GHz. Sementara kualitas grafik didukung dengan GPU PoweVR GE8320.

Di Indonesia, ponsel ini memiliki RAM 2GB. Kapasitas memori internal tergolong kecil karena hanya 32GB. Namun, jangan khawatir, kamu bisa menambah memori eksternal hingga 1TB.

Kapasitas baterai VIvo tergolong besar, yaitu 5.000 mAh. Baterainya pun awet sehingga bisa digunakan bepergian. Pengisi dayanya memiliki kecepatan hingga 10W.

Dengan chipset tersebut  ponsel ini masih bisa melakukan multitasking. Main gim pun gim yang ringan-ringan saja. Meskipun belum 4G, tetapi ponsel ini mampu bekerja dengan optimal.

Vivo Y01 kelebihan dan kekurangan
Vivo Y01 kelebihan dan kekurangan

Kamera

Sebagai HP entry level, Vivo Y01 memiliki kamera belakang 8MP. Kamera ini sudah dilengkapi dengan autofokus. Di dalamnya terdapat fitur Face Beauty, Time-Laps, Foto, dan Video. Selain foto, kamera belakang ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080 piksel di 30 fps.

Kamera depan hanya 5MP. Meskipun hanya 5MP, kamera ini dapat menghasilkan gambar yang tajam dan detail. Tentu saja ini harus disesuaikan dengan kondisi pencahayaan.

Harga Vivo Y01 Terbaru

Vivo Y01 spesifikasi
Vivo Y01 spesifikasi

Jika kamu berminat menjadikan HP ini sebagai ponsel pendamping, kamu bisa membeli ponsel ini baik online maupun offline. Mengutip situs resmi Vivo Indonesia, harga Vivo Y01 saat ini adalah Rp1.499.000,00.

Dengan harga tersebut kamu akan menadapatkan satu boks yang berisi: Vivo Y01, kabel USB, pengisi daya, SIM ejektor, case pelindung, dan lapisan pelindung. Oh ya, untuk lapisan pelindung sudah ditempel di HP ya.

Tertarik beli? Tim Droila sudah siapkan beberapa tombol yang akan membawamu menuju sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Vivo Y01 terbaru setiap bulannya. So, langsung klik aja tombol di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y01

SpesifikasiVivo Y01
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat178 gram
Dimensi164 x 75.2 x 8.3 mm
Layar6,51 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 83,0%
Resolusi720 x 1600 piksel
ChipsetMediatek Helio P35
GPUPowerVR GE8320
RAM2GB
ROM32GB (Kartu SD hingga 1TB)
OSAndroid 11 Go Edition
Funtouch 11
Kamera Belakang8 MP, f/2.0, AF
FiturLED flash
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.2
Fitur
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
WarnaElegant Black
Saphire Blue
HargaRp 1.499.000
Tabel spesifikasi lengkap Vivo Y01 (Dok.Istimewa/Droila)

Sebagai HP entry level, tak banyak penilaian yang saya lakulan. Namun, jika dibanding dengan HP lain, kita akan melihat kelebihan dan kekurangan Vivo Y01.

Kekurangan

  1. Tidak memiliki fingerprint
  2. Lensa kamera minim
  3. Masih menggunakan micro-USB
  4. Performa kalah saing

Kelebihan

  1. Desain ramping, minimalis, dan ringan.
  2. Layar lega dan bezelnya pun tipis.
  3. Kapasitas baterai besar

Review Vivo Y01

Review Vivo Y01
Review Vivo Y01

Turut menyemarakkan pasaran gawai di Indonesia, HP Vivo terbaru ini hadir dengan fitur yang menggiurkan. Desain tipis dan elegan membuat ponsel ini tak terlihat kusam meskipun lama digunakan.

Layar tanpa bezel yang lebar ini dapat memanjakan mata saat nonton video. Mungkin akan lebih menyenangkan jika ponsel ini dapat menampilkan dengan kualitas grafik yang lebih tinggi atau Full HD+. Meskipun demikian, ponsel ini cukup menarik karena layar yang lebar mengusung mode kekinian.

Kamera menjadi salah satu komponen penting bagi pemula Android. Meskipun hanya mengandalkan kamera utama, ponsel ini mampu menghasilkan gambar bokeh yang jelas dan detail.

Kapasitas menjadi saya jual ponsel ini. Banyak orang mencari baterai yang awet agar tidak cepat habis saat dibawa bepergian. Tentu saja ini adalah peluang yang Vivo manfaatkan untuk menarik minat konsumen.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan ya, Vivo Y01 sangat cocok digunakan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Sosial media, nonton film, menjadi hal yang menyenangkan saat menggunakan ponsel ini.

Jadi, dengan harga Rp1.499.000,00, tentu ponsel ini layak dibeli. Baik sebagai HP pendamping maupun pemula Android. Ponsel ini mampu memenuhi kebutuhan komunikasi online dan offline.

Baiklah, itu dulu ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y01, ya! Jika kamu masih bingung  kamu bisa membaca ulasan HP entry level lain yang sudah kami tulis di website ini, loh!

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like