Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20S: HP RAM 8GB, Harga Cuma Rp 3 Jutaan!

Spesifikasi dan harga Vivo Y20s (TechRadar)
Spesifikasi dan harga Vivo Y20s (TechRadar)

Bulan Oktober lalu, Vivo Indonesia resmi memperkenalkan seri Y20s. Mengisi segmen kelas menengah, HP terbaru ini hadir dengan dukungan RAM 8GB. Ya, jumlah yang membuatnya begitu bertenaga dan menggoda. Tapi, terlepas dari spesifikasi maupun harga, bagaimana kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s? Kalo pengin tahu lebih lengkap, simak uraian di bawah, ya.

Tanpa gegap gempita maupun perayaan besar, Vivo Indonesia memperkenalkan seri Y20s melalui akun Twitter resmi perusahaan. Setelah itu, perusahaan pun turut membagikan keterangan pers dalam bentuk dokumen yang dibagikan ke berbagai media.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Droila, HP kelas menengah Vivo ini dirilis guna memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone dengan desain stylish berspesifikasi gahar. Tanpa melupakan harga terjangkau, Vivo Y20s hadir dan membuatnya tetap bersaing hingga saat ini.

Memori besar menjadi salah satu keunggulan ponsel anyar ini. Dukungan RAM 8GB dengan ROM 128GB tentu cukup lapang. Sehingga, pengguna pun bisa lebih leluasa memanfaatkan perangkat untuk beragam kebutuhan; baik streaming, vlogging, hingga gaming.

Untuk pembaca yang tertarik memiliki, penulis sudah mengumpulkan berbagai informasi yang perlu kamu ketahui mengenai HP 3 jutaan ini. Mulai dari keterangan lengkap spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah aja, ya.

HP VIvo Y20s (Vivo Indonesia)
HP VIvo Y20s (Vivo Indonesia)

Vivo Y20s Spesifikasi

Vivo Y20s memiliki body yang terbuat dari material plastik. Tapi tenang aja, sensasinya nggak terasa seperti HP murah lain yang pernah penulis coba. Digenggam, Y20s terasa lebih premium dan terlihat classy.

HP Y series terbaru ini memiliki berat 192,3 gram dengan dimensi 164.4 x 76.3 x 8.4mm. Ukurannya memang besar. Tapi nggak terlalu besar buat genggaman masyarakat Indonesia. Bahkan, terasa pas dan mantab ketika kita menggunakannya.

Layar ponsel ini berukuran 6,51 inci. Cukup besar untuk ponsel dengan harga Rp 3 jutaan. Sementara itu, panel LCD menggunakan tipe IPS serta mampu menghasilkan grafis beresolusi HD (720×1600 piksel). Terdapat notch berbentuk teardrop yang menjadi wadah dari kamera selfie berkemampuan 8MP.

Desain VIvo Y20s (Vivo Indonesia)
Desain VIvo Y20s (Vivo Indonesia)

Membalik perangkat, kamu akan menemukan modul berisi tiga kamera utama serta satu LED Flash. Ketiga kamera ini masing-masing berkemampuan 13MP f/2.2 sensor utama, 2MP f/2.4 sensor makro, serta 2MP f/2.4 sensor kedalaman.

Perusahaan turut membekali ponsel anyarnya ini dengan fitur fotografi standar. Artinya kamu bisa memanfaatkan mode Portrait, panoraman, serta video dengan efek slow-motion. Sedangkan untuk video, ponsel ini bisa menghasilkan gambar gerak berkualitas 1080p pada 30FPS.

Dalam hal dapur pacu, Vivo Y20s mengandalkan performa dari chipset Snapdragon 460. Memang, rasanya mengecewakan melihat perusahaan menerapkan chipset untuk ponsel low-end pada perangkat kelas menengah seperti ini.

Tapi, jika mempertimbangkan dukungan RAM 8GB dengan ROM 128GB, kelemahan tersebut terbayar sudah. Setidaknya, pengguna bisa lebih leluasa mengoptimalkan kinerja perangkat. Selain itu, nggak perlu mengkhawatirkan urusan penyimpanan juga, bukan?

Harga Vivo Y20s terupdate (TechRadar)
Harga Vivo Y20s terupdate (TechRadar)

Di sisi lain, penulis tidak menyarankan kamu memainkan game berat melalui Vivo Y20s. Game berat seperti Call of Duty: Mobile serta PUBG Mobile nggak bisa diproses secara sempurna oleh chipset Snapdragon 460. Hasilnya, baterai mudah habis dan cepat panas.

Memang, kalo dipaksakan juga masih bisa. Hanya saja, kamu cuma bisa memainkan game-game berat tersebut dengan pengaturan grafis rata kiri. Artinya, pengaturan grafis dengan tingkatan paling rendah. Jika kamu paksa tingkatkan grafisnya, ponsel bakal mudah panas serta performa game patah-patah.

Memang perusahaan sudah membekali Vivo Y20s dengan berbagai mode gaming. Mode seperti Multi Turbo 3.0 dan Ultra Game Mode bisa kamu gunakan melalui perangkat ini. Hanya saja, mode tersebut tetap kurang mendukung perangkat untuk memainkan game berat.

Ya, chipset jadi kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s yang cukup dilematis. Di satu sisi, tawaran HP dengan RAM 8GB di harga Rp 3 jutaan cukup menggoda. Tapi di sisi lain, performa perangkat ini cukup terbatas. Cocok dipakai untuk kamu yang membutuhkan perangkat layar lebar untuk vlogging atau streaming saja.

Harga Vivo Y20s Terbaru

Kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s (TechRadar)
Kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s (TechRadar)

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, harga Vivo Y20s belum diturunkan oleh perusahaan. Baik melalui website resmi maupun toko resmi Vivo di berbagai e-commerce, model Y20s dijual dengan banderol Rp 3,099 juta.

 Jika kamu ingin membandingkan harga Vivo Y20s, penulis sudah menyiapkan daftar harga dari berbagai toko aplikasi. Dengan begitu, kamu bisa memilih dan mendapatkan harga terbaik, bukan? Kalo tertarik beli Y20s, langsung cek tautan yang sudah disiapkan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20s

Spesifikasi lengkap Vivo Y20s (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Vivo Y20s (Dok.Istimewa Droila)

Setelah melewati pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Vivo Y20s, kini tiba kita di bahasan utama. Jika kamu sudah membaca dari atas, tentu kamu sudah bisa menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini, bukan?

Agar lebih jelas, berikut ini daftar kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s yang dirangkum penulis dari berbagai sumber. Langsung cekidot, yuk.

Kekurangan

  • Performa chipset kurang memuaskan untuk HP harga RP 3 jutaan
  • Masih menggunakan port USB mikro, ketika perangkat lain sudah mulai menerapkan USB-C
  • Kamera belakang kurang memasukan

Kelebihan

  • Desain sensor sidik jari mengagumkan
  • Harga cukup terjangkau
  • Daya tahan baterai panjang
  • RAM besar
  • Penyimpanan internal besar dan lapang
Performa Vivo Y20s untuk gaming (TechRadar)
Performa Vivo Y20s untuk gaming (TechRadar)

Kesimpulan

Menurut penilaian Droila, Vivo Y20s merupakan ponsel yang bisa diandalkan untuk pemakaian sehari-hari. Harga terjangkau dengan konfigurasi RAM dan ROM yang besar membuat HP kelas menengah ini cukup menggoda.

Akan tetapi, yang patut disayangkan, dukungan chipset Snapdragon 460 untuk HP yang dibanderol Rp 3 jutaan tampaknya terlalu mahal. Dengan harga yang sama, Poco X3 NFC sudah didukung chipset gaming kelas menengah terbaik milik Qualcomm, yakni Snapdragon 732G.

Ditambah dengan kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s seperti yang sudah dituliskan di atas, ponsel ini lebih tepat dipakai untuk pengguna non-gaming. Soalnya, Vivo Y20s benar-benar bisa memenuhi beragam kebutuhan tanpa banyak hambatan.

Setelah membaca uraian di atas, bagaimana tanggapanmu mengenai perangkat ini? Coba deh bagikan melalui kolom komentar akun Facebook milik Droila.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like