11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21: Desain Elegan, Performa B Aja

vivo y21 spesifikasi
vivo y21 spesifikasi

Vivo Y21 adalah HP entry level terbaru dari perusahaan. Ponsel anyar ini dibekali desain premium nan elegan. Nah, kalo kamu tertarik beli, simak dulu uraian di bawah ini. Droila sudah siapkan informasi mengenai review, harga, spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangan Vivo Y21.

Dari segi usia, Vivo Y21 bukanlah ponsel yang benar-benar baru. HP ini diluncurkan pada bulan September 2021 lalu.

Pula dari segi spesifikasi, tim Droila menemukan sejumlah kekurangan. Membuat ponsel anyar ini tetap terlihat kurang menggoda. Apalagi, jika menilik produk kompetitor yang sudah semakin maju -baik dari sisi desain maupun performa.

Akan tetapi, kehadiran Vivo Y21 bisa jadi pereda dahaga. Terutama buat penggemar yang sudah lama mendambakan HP Vivo murah. Maka dari itu, untuk pembaca yang tertarik beli, penulis sudah siapkan sejumlah informasi penting mengenai ponsel ini. Langsung simak aja, ya.

Spesifikasi Vivo Y21

Melihat sekilas, HP Vivo Y21 sukses memberikan kesan elegan dan premium. Desain bagian belakang, warna yang digunakan, serta modul kamera belakang. Masing-masing bagian dirancang dengan penuh ketelitian oleh perusahaan.

Maka, wajar kiranya jika Vivo Y21 mendapatkan sambutan cukup hangat dari penggemar. Apalagi, performa pun sudah ditingkatkan dibandingkan pendahulunya. Penasaran gimana bagian jeroan HP Vivo murah ini? Berikut uraiannya.

Desain dan Layar

harga vivo y21 2021 ram 4
harga vivo y21 2021 ram 4

Vivo Y21 adalah ponsel yang ringan dan tipis. HP Android murah ini memiliki ketebalan 8.0mm serta berat 182 gram. Dan keunggulan tersebut membuat pengalamanmu saat menggenggam perangkat terasa lebih mantab.

Sayang, body belakang terbuat dari material plastik. Sehingga, kamu wajib menggunakan hard atau soft case. Supaya HP tidak licin dan mudah tergelincir.

Meskipun begitu, perusahaan menutupi kekurangan di segi material dengan desain yang elegan. Sekali pandang, kamu akan mudah jatuh cinta dengan perangkat ini. Apalagi, perusahaan sudah meningkatkan spesifikasi jeroan. Membuat ponsel lebih bertenaga untuk beragam aktivitas!

Membalik perangkat, kamu akan menemukan layar IPS LCD dengan lebar 6.51 inci. Ukuran yang cukup lebar, tapi bukanlah sebuah keunggulan.

Pasalnya, rata-rata HP Android keluaran 2022 sudah dibekali layar lebar. Tentu saja dengan tujuan meningkatan pengalaman pengguna saat nonton video atau gaming.

Performa

vivo y21 ram 5
vivo y21 ram 5

Kalo kita menilai kelas ponsel berdasarkan chipset yang dipakai, Vivo Y21 belum bisa dimasukkan ke dalam kategori HP entry-level. Tapi, kalo menilik harganya, ponsel ini setara dengan sejumlah HP Android murah dari brand lain.

Kebingungan itulah yang penulis rasakan kala mengulik Vivo Y21. Bahkan, kalo boleh jujur, sedikit kaget. Bagaimana tidak, HP 2 jutaan ini cuma ditenagai chipset entry-level lawas dari MediaTek. Yakni seri MediaTek Helio P35.

Padahal, kalo kita membongkar koleksi review HP Droila, HP dengan MediaTek Helio P35 rata-rata dijual di bawah 2 juta.

Tapi, begitu menilik teknologi lainnya, ternyata kekagetan di atas hanya bersifat sementara. Soalnya Vivo sudah menambahkan sejumlah teknologi terkini yang membuat chipset dan performa lebih bertenaga.

Di atas penyimpanan RAM 4GB/64GB, ponsel ini juga didukung teknologi Extended VRAM sebesar 1GB. Sehingga, kamu bisa mendapatkan HP dengan total RAM 5GB. Artinya, performa dan pemrosesan pun bisa berjalan lebih kencang dan lancar.

Kamera

vivo y21 spesifikasi dan harga
vivo y21 spesifikasi dan harga

Sejak pertama kali diluncurkan, Vivo menjadikan seri Y sebagai seri yang berfokus pada daya tahan baterai. Kombinasi baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh, dengan harga murah menjadikan seri Y sebagai salah satu yang dipertimbangkan di kelas menengah-bawah.

Di sisi lain keunggulan tersebut membuat sektor kamera kurang mendapatkan perhatian.  Baik spesifikasi maupun fitur fotografi, kemampuan Vivo seri Y terasa kurang jika dibandingkan dengan seri lainnya.

Hal itu pula yang akan kamu temukan dari HP Vivo terbaru ini. Meskipun memiliki modul belakang yang cukup lebar, Vivo Y21 hanya dibekali 2 kamera belakang saja. Masing-masing berkemampuan 13MP lensa wide dengan fitur PDAF. Serta kamera 2MP lensa makro.

Fitur fotografi yang ditawarkan pun minim. Cuma ada Mode Photo, Portrait (basic), Pano, Live Photo, Time-Lapse, Pro, DOC, dan bokeh. Sedngkan kamera depan cuma memiliki kemampuan 8MP.

Harga Vivo Y21 2022

kelebihan dan kekurangan vivo y21
kelebihan dan kekurangan vivo y21

Setelah mengulik lebih dalam spesifikasi Vivo Y21, kini kamu tentu jadi penasaran dengan harga Vivo Y21 2022. Dan kesimpulan penulis, harganya kemahalan!

Dengan spesifikasi di atas, perusahaan membanderol Vivo Y21 dengan harga Rp 2,399 juta. Itu adalah harga yang didapatkan penulis dari situs resmi Vivo Indonesia. Ya, Setara dengan sejumlah HP entry-level terbaru produksi Xiaomi atau Realme.

Beruntungnya, penulis menemukan harga yang lebih variatif di sejumlah toko online. Jadi, kalo kamu bersikukuh dan yakin untuk beli Vivo Y21, bisa langsung klik tombol di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21

SpesifikasiVivo Y21
DesainFrame dan body belakang dibuat dari material plastic
Berat182 gram
Dimensi164.3 x 76.1 x 8 mm
Layar6.51 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 81.8%
Resolusi720 x 1600 piksel
ChipsetMediatek Helio P35
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB + 1GB Extended
ROM64GB
Memori eksternal hingga 1TB
OSAndroid 11
Funtouch 11.1
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
FiturLED Flash
PDAF
Kamera Depan8 MP, f/2.0, (wide)
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Fast charging 18W
WarnaDiamond Glow
Midnight Blue
HargaRp 2.399.000 (Toko Resmi)
Tabel spesifikasi Vivo Y21 (Dok.Istimewa/Droila)

Memandang sekilas, Vivo Y21 hadir sebagai produk yang menggoda. Kombinasi desain premium dengan harga murah tentu bakal membuat banyak calon pembeli kalap.

Akan tetapi, HP Vivo terbaru ini juga memiliki kelemahan. Lebih lengkap, berikut ini sejumlah kelebihan dan kekurangan Vivo Y21 yang sudah dirangkum tim Droiladari berbagai sumber.

Kekurangan

  • Belum ada pengaturan refresh rate tinggi
  • Terlalu banyak bloatware di dalam Funtouch OS
  • Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
  • Belum bisa menghasilkan rekaman berkualitas 4K
  • Kamu akan sering menemui kendala mesin mudah panas
  • Tidak cocok dipakai untuk memainkan game berat

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan daya tahan panjang
  • Tersedia fitur NFC
  • Layar Super AMOLED membuat HP tetap nyaman dipakai di bawah sinar matahari
  • Sudah didukung sistem operasi Android 11
  • Hasil rekaman video berkualitas 1080p

Kesimpulan: Review Vivo Y21

vivo y21 2021 ram 4
vivo y21 2021 ram 4

Vivo Y21 adalah ponsel yang tepat jika dibeli pada tahun 2021. Kala itu, ponsel ini memiliki keunggulan yang jarang dimiliki HP 2 jutaan lainnya. Tapi, sekali lagi, keunggulan tersebut dimiliki Vivo Y2 pada tahun 2021.

Kini, kita memiliki lebih banyak HP entry-level terbaru. Pembeli dengan budget terbatas memiliki lebih banyak pilihan -termasuk produk dari brand besar.

Contohnya seperti Samsung yang mulai memperhatikan bagian jeroan. Agar membuat produknya tetap bersaing dengan produk dari brand lain dengan spesifikasi lebih mumpuni.

Dan untuk tahun ini, menurut penulis, teknologi Vivo Y21 sudah tertinggal. Kini pembeli tak mudah dibuai oleh desain saja. Agar ponsel menarik, harus memiliki lebih banyak daya tawar. Kombinasi atas beberapa faktor yang sering dipakai pembeli dalam menilai ponsel.

Memang, HP Vivo terbaru ini menawarkan teknologi Extended RAM. Membuat jumlah RAM yang bisa dipakai jadi lebih besar. Tapi, dalam pemrosesan, RAM bukanlah faktor tunggal. Jenis chipset yang dipakai serta ketersediaan penyimpanan juga berperan besar.

Dan berdasarkan data-data di atas, penulis menganggap Vivo Y21 bukanlah pilihan tepat. Apalagi kalo budget yang kamu sediakan terbatas.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y21. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like