Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30i: Cukup Menawan Pas Diluncurkan

Kelebihan dan kekurangan Vivo Y30i (TechRadar)
Kelebihan dan kekurangan Vivo Y30i (TechRadar)

Bulan Oktober tahun lalu, Vivo Indonesia menambah koleksinya untuk seri Y. Diberi nama Vivo Y30i, ini adalah varian dari Vivo Y30 yang diluncurkan tak lama sebelumnya. Tertarik membeli? Simak terlebih dulu uraian spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Vivo Y30i di bawah ini.

Sejak pertama kali Vivo memperkenalkan seri Y, tak butuh waktu lama bagi perusahaan untuk mendapat kepercayaan penggemar. Meskipun ponsel dari seri ini menargetkan segmen Low-end, berkat seri Y pula Vivo sempat menjadi ponsel paling laris di Indonesia selama beberapa semester.

Dan saat ini, kita sudah bisa menemukan beragam model Vivo seri Y. Salah satu yang terbaik dan masih dicari banyak penggemar adalah model Vivo Y30i.

HP Vivo Y30i (Facebook)
HP Vivo Y30i (Facebook)

Varian dari Vivo Y30 ini diluncurkan tak berselang lama setelah varian utama. Banderol murah yang diberikan perusahaan pada jagoannya ini membuat Vivo Y30i masih dicari banyak penggemar hingga saat ini.

Nah, untuk pembaca yang ingin membeli HP Vivo Y30i, jangan terburu-buru. Sebelumnya, kenali dulu bagaimana spesifikasi, harga, serta kekurangan dan kelebihan Vivo Y30i. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian yang sudah dirangkumkan tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y30i

Vivo Indonesia memperkenalkan model Vivo Y30i pada bulan Oktober 2020. Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, ponsel ini langsung jadi incaran banyak penggemar. Berkat desain elegan dan kekinian, serta beragam fitur unggulan lainnya.

Lebih lengkap, begini uraian spesifikasi Vivo Y30i yang wajib kamu tahu sebelum beli.

Desain

Desain Vivo Y30i (Facebook)
Desain Vivo Y30i (Facebook)

Bezell tipis dengan potongan punch-hole di bagian pojok tentu sangat menggoda penggemar. Apalagi, desain seperti ini umumnya cuma bisa kita temukan dari HP kelas menengah ke atas. Jenis perangkat yang dijual dengan harga minimun Rp 3 jutaan.

Memiliki dimensi 162.04 x 74.46 x 9.11 mm, HP Vivo murah ini bobotnya Cuma 197 gram saja. Tidak terlalu ringan untuk ponsel yang terbilang besar. Sehingga, pemakaian perangkat dalam jangka waktu panjang pun tetap bikin pengguna merasa nyaman.

Di bagian punggung, terdapat modul berbentuk persegi panjang. Di bagian tengah, kamu akan menemukan panel sensor sidik jari. Sementara di bagian bawah, terdapat tulisan brand Vivo yang dicetak cukup besar.

Layar

Layar Vivo Y30i (Vivo Indonesia)
Layar Vivo Y30i (Vivo Indonesia)

Seperti umumnya HP murah keluaran 2020, Vivo Y30i dilapisi layar IPS LCD. Layar dengan lebar 6,47 inci mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1560 piksel.

Sayang, perusahaan enggan menambahkan lapisan keamanan layar. Ya, kamu tidak akan menemukan Corning Gorilla Glass atau rating IP58 anti-debu dan anti-air pada perangkat ini.

Artinya, harap gunakan perangkat dengan lebih hati-hati, ya. Karena layar depan rawan lecet, meskipun Cuma tergores sedikit.

Kamera

Kamera belakang Vivo Y30i (Vivo Indonesia)
Kamera belakang Vivo Y30i (Vivo Indonesia)

Total terdapat lima buah kamera yang sudah ditanamkan perusahaan pada Vivo Y30i. Empat kamera terletak di belakang, dan satu buah kamera di bagian depan.

Untuk kamera belakang, dibungkus oleh modul berbentuk persegi panjang. Masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa wide dengan dukungan PDAF, 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa makro, dan 2 MP sensor kedalaman.

Sedangkan untuk kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di pojok kiri layar. Kamera selfie Vivo Y30i memiliki kemampuan 8MP dan menggunakan lensa wide.

Dalam hal kemampuan, hasil kamera Vivo Y30i sudah tidak perlu diragukan. Kamu nggak perlu mengkhawatirkan kualitas lensa yang terbilang rendah. Berkat bantuan fitur fotografi pada Funtouch 10.0, hasil jepretan bakal terlihat lebih istimewa!

Dapur Pacu

Vivo Y30i untuk gaming (Vivo Indonesia)
Vivo Y30i untuk gaming (Vivo Indonesia)

Harus diingat, ini adalah ponsel yang diluncurkan Vivo pada tahun 2020. Dalam hal teknologi, tentu tentu saja perbedaannya cukup terasa

Tapi, tak perlu khawatir. Tak terlalu jauh juga sebenarnya. Pasalnya, kemampuan System on Chip MediaTek Helio P35 diakui mampu bersaing dengan cip kelas menengah bikinan Snapdragon.

SoC ini juga mengandalkan empat inti pemrosesan dengan GPU PowerVR GE8320. Sebagai tambahan, jenis GPU ini juga bakal kamu temukan pada beberapa ponsel keluaran 2021.

Sehingga, untuk skor performa, Vivo Y30i tentu saja tak terlalu terpaut jauh jika dibandingkan dengan ponsel terkini.

Apalagi, ponsel ini juga didukung RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB. Cukup bisa diandalkan, bukan?

Harga Vivo Y30i Terbaru

Unboxing Vivo Y30i (Facebook)
Unboxing Vivo Y30i (Facebook)

Meskipun sudah hamper berusia satu tahun, Vivo Indonesia sepertinya belum berencana untuk menurunkan harga Vivo Y30i. Buktinya, harga ponsel ini tak terpaut jauh dengan harga saat pertama kali diluncurkan.

Mengutip situs resmi Vivo Indonesia, harga Vivo Y30i saat ini dibanderol Rp 2,399 saja. Dan terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni warna Moonstone White dan Dazzle Blue.

Beruntungnya, harga yang lebih variatif penulis temukan pada e-commerce. Dan untuk pembaca yang tertarik membeli Vivo Y30i, penulis sudah sertakan tombol yang akan mengarahkanmu ke beberapa took online di Indonesia. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30i

Spek lengkap Vivo Y30i (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Vivo Y30i (Dok.Istimewa Droila)

Sekali lagi penulis mengingatkan, Vivo Y30i adalah ponsel yang diluncurkan tahun lalu. Jadi, ketika membahas kekurangan, jangan bandingkan langsung dengan ponsel terkini.

Berdasarkan uji coba Droila, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y30i yang wajib kamu ketahui. Salah satunya, harga yang masih terlalu mahal!

Kekurangan

  • Performa SoC kurang cocok jika dipakai untuk menjalankan game berat
  • Belum dibekali fitur pengisian daya cepat
  • Tidak didukung sensor Giroskop
Performa Vivo Y30i (Vivo Indonesia)
Performa Vivo Y30i (Vivo Indonesia)

Kelebihan

  • RAM berkapasitas 4GB
  • Penyimpanan internal lapang, memiliki kapasitas 64GB dan masih ada slot untuk kartu SD
  • Desain elegan dan kekinian
  • Baterai berkapasitas besar

Review Vivo Y30i: Indah Pada Masanya, Tapi Mudah Tergerus Perkembangan Teknologi

Harga Vivo Y30i (Facebook)
Harga Vivo Y30i (Facebook)

Zaman terus berjalan. Teknologi juga terus-menerus dikembangkan. Dan di masa teknologi 5G seperti saat ini, keberadaan ponsel yang masih menjalankan 4G -tapi dijual cukup tinggi, tentu terasa mengecewekan.

Memang, pilihan HP 5G murah masih terbatas. Yang terbaru dengan harga sedikit terjangkau barulah Oppo X3 GT (review) saja. Tapi, meskipun terpaut harga yang cukup jauh, terasa tetap menguntungkan jika kita mendapatkan teknologi koneksi terkini.

Apalagi jika kamu doyan gonta-ganti HP. Hal ini tentu kamu jadikan pertimbangan, bukan? Maka, menurut Droila, Vivo Y30i memang ponsel yang terlihat indah. Tapi pada masanya saja. Kini, untuk harga Rp 2 jutaan, sudah ada banyak produk yang lebih menguntungkan!

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y30i. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like