Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A: Harga 3 Jutaan dengan Dukungan Snapdragon 662

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A (YouTube)
Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A (YouTube)

Meskipun sudah diluncurkan sejak awal tahun, Vivo Y51A masih menggoda. Terutama kamu yang mencari HP RAM besar dengan desain menawan. Tapi, sebelum memutuskan untuk beli, simak dulu kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 serta berbagai informasi lainnya di bawah ini.

Pasar kelas menengah menjadi pasar dengan kompetisi paling ketat sejak tahun 2020 lalu. Membuat sejumlah vendor mengeluarkan jagoannya di lini ini. Tak terkecuali Vivo, produsen asal China yang kondang dengan teknologi kamera ponselnya.

Awal tahun ini, perusahaan meluncurkan varian Vivo Y51 (review). Diberi nama Vivo Y51A, ponsel ini dibekali desain serta tampilan yang mengagumkan di kelas menengah.

Tak hanya dari sisi luar, bagian jeroan juga turut mendapatkan peningkatan. Membuat Vivo Y51 cukup bertenaga dan mampu dipakai untuk beragam aktivitas.

Tertarik membeli? Sabar dulu. Di bawah ini tim Droila sudah menyiapkan beberapa informasi penting mengenai HP kelas menengah terbaru ini. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Vivo Y51.

Spesifikasi Vivo Y51A (Vivo Indonesia
Spesifikasi Vivo Y51A (Vivo Indonesia

Vivo Y51A Spesifikasi

Memang, keputusan perusahaan untuk meluncurkan varian usai dua tahun berselang patut dipertanyakan. Namun, keputusan itu pula yang membuat Vivo Y51A terlihat makin segar ketimbang pendahulunya. Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi Vivo Y51A.

Desain

Desain berkilau dihadirkan perusahaan pada bagian depan. Membuat tampilannya terlihat stylish dan fashionable. Sebagai tambahan, kamu bisa memilih dua warna yang disediakan; yakni Titanium Saphire dan Crystal Symphony.

Masing-masing warna membuat Vivo Y51 tampil unik serta elegan. Tak hanya itu, lapisan warna gradasi membuat ponsel tampak makin berkilau.

DI bagian punggung, Vivo mengusung modul kamera seperti yang bisa kita temui pada ponsel flagship keluaran perusahaan. Berbentuk persegi panjang dengan satu lensa berukuran besar yang terletak di bagian tengah modul.

HP Vivo Y51A (Vivo Indonesia)
HP Vivo Y51A (Vivo Indonesia)

Layar

Sedikit lebih besar. Itulah perbedaan yang akan kamu dapati dari Vivo Y51 dan Y51A. Di bagian depan, perusahaan melapisi Vivo Y51A dengan panel IPS LCD berukuran 6,58 inci.

Layar ini mampu menghasilkan grafis FHD+ dengan resolusi 1080 x 2408. Artinya, setiap grafis yang ditampilkan bakal lebih jernih dan kaya warna.

Sayangnya, terdapat beberapa kelemahan pada bagian ini. Yakni tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass. Serta, belum mendukung tampilan refresh rate tinggi. Pasalnya, rata-rata produk dari kompetitor yang dijual Rp 3 jutaan sudah menawarkan kedua hal tersebut.

Spesifikasi layar (Vivo Indonesia)
Spesifikasi layar (Vivo Indonesia)

Kamera

Menurut Droila, sisi kamera juga menjadi kelemahan lain dari Vivo Y51A. Ketika ponsel keluaran kompetitor di harga 3 jutaan sudah dibekali empat kamera berkemampuan tinggi, Y51A masih mengandalkan konfigurasi tiga kamera utama.

Ya, cuma tiga. Masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, serta 2MP lensa makro. Tapi, ketika disandingkan dengan fitur fotografi bikinan Vivo, performa ketiga kamera terbukti cukup memukau.

Fitur-fitur tersebut antara lain Mode Portrait, Photo, Perekaman Video 4K, Ultra Stable Vieo, Pane, Live Photo, Slo-mo, Time-Lapse, Mode Pro, Super Night Mode, Stylish Night Filter, serta AI 48MP. Sedangkan di bagian depan mengandalkan kamera selfie berkemampuan 16MP.

Kamera belakang Vivo Y51A (Vivo Indonesia)
Kamera belakang Vivo Y51A (Vivo Indonesia)

Dapur Pacu

Bertenaga. Itulah kesan yang penulis tangkap dari HP kelas menengah Vivo ini. Bagaimana tidak, didukung chipset Snapdragon 662 yang menjanjikan efisiensi daya serta efektivitas pemrosesan, kamu bisa menggunakan ponsel Y51A untuk beragam kebutuhan.

Di samping itu, masih ada dukungan RAM berkapasitas 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Cukup lapang, bukan? Dan berkat jumlahnya yang besar itu, kamu pun tak perlu mengkhawatirkan ponsel Android lemot gegara kehabisan ruang penyimpanan.

Pula, seandainya penyimpanan dirasa kurang, kamu masih bisa menambahkan kartu SD. Dan yang mengagumkan, Vivo Y51A mampu menjalankan memori eksternal hingga 1TB!

Harga Vivo Y51A Terbaru

Desain Vivo Y51A (Vivo Indonesia)
Desain Vivo Y51A (Vivo Indonesia)

Meskipun sudah diperkenalkan secara global sejak awal tahun ini, Vivo Indonesia baru merilis seri Y51A sejak awal bulan Juli ini. Diluncurkan tanpa perayaan maupun pemberitaaan, tahu-tahu saja kita menemukan Y51A terpampang pada situs resmi Vivo Indonesia.

Mengutip harga yang tertera pada situs resmi, Vivo Y51A dibanderol dengan harga Rp 3,399 juta. Memang, menurut penulis, cukup tinggi jika membandingkan komponen chipset serta jumlah kamera yang sudah ditanamkan.

Tapi, jika kita mempertimbangkan fitur fotografi serta kapasitas penyimpanan, harga tersebut cukup masuk akal dan bersaing dengan produk lainnya. Tertarik membeli?

Nah, untuk pembaca yang berminat ganti HP dan membeli produk terbaru ini, bisa langsung klik salah satu tautan di bawah. Kamu bisa mengecek langsung harga Vivo Y51A terbaru dari sejumlah e-commerce besar di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A

Spesifikasi lengkap Vivo Y51 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Vivo Y51 (Dok.Istimewa Droila)

Berdasarkan komponen spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas, tim Droila menangkap ada beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y51A. Hasil tersebut juga diperoleh dari perbandingan Vivo Y51A dengan produk lain yang dijual di harga Rp 3 jutaan. Mau tahu? Scrolling lagi aja, ya.

Kekurangan

  • Tanpa dukungan pengisian daya nirkabel
  • Tanpa dibekali fitur face unlock
  • Harga yang terlalu mahal untuk spesifikasi komponen yang digunakan

Kelebihan

  • Baterai 5000 mAh
  • Teknologi pengisian daya cepat 18W
  • Dukungan tiga kamera HDR dengan LED Flash
  • Android 11 yang dilapisi Funtouch 11
  • RAM 8GB yang menjanjikan performa jadi lebih lancar

Review Vivo Y51A: Terlalu Mahal

Harga Vivo Y51A (YouTube)
Harga Vivo Y51A (YouTube)

Di tengah persaingan yang semakin sengit, masing-masing produsen ingin menawarkan ponsel yang penuh keunggulan. Baik itu keunggulan di bagian kamera, performa, atau daya tahan. Tiga variabel yang kerap diperhatikan banyak konsumen ponsel di Indonesia.

Sayangnya, dari ketiga poin penilaian tersebut, yang membuat Vivo Y51A terlihat unggul hanya sisi baterai saja. Padahal, sudah banyak pula ponsel yang dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh.

Sementara itu, di bagian dapur pacu, Snapdragon 662 terbilang cukup ketinggalan. Produk lain yang juga mengandalkan SoC kelas menengah bikinan Qualcomm ini.

Contohnya seperti Nokia 5.4, Poco M3(review), Redmi 9T (review), dan Realme 7i (review). Ya, masing-masing perangkat terbilang lawas dan kini bisa dibeli dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Sedangkan satu-satunya kelebihan Vivo Y51A ketimbang tiga produk tersebut yakni penyimpanan internal yang cukup lapang. RAM 8GB!

Maka, tak berlebih jika penulis menilai Vivo Y51A terlalu mahal, bukan? Apalagi, kini kita bisa mendapatkan ponsel dengan teknologi yang lebih canggih di harga tersebut.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y51A. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like