Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y53s: Model Anyar, Harga Baru, Tapi Kok…

Kelebihan dan kekurangan Vivo Y53s (Gadgetren)
Kelebihan dan kekurangan Vivo Y53s (Gadgetren)

Persaingan HP kelas menengah makin sengit. Mengakhiri bulan Juli, Vivo Indonesia meluncurkan Vivo Y53s. Lalu, bagaimana spesifikasi dan harga Vivo Y53s? Serta, apa sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan Vivo Y53s ketimbang ponsel lain di kelasnya? Simak jawabannya lewat uraian berikut ini.

Vivo Indonesia baru saja memperkenalkan ponsel terbarunya untuk model Y-series. Dan yang mengagumkan, perusahaan membekali HP kelas menengah anyar ini dengan beberapa teknologi unggulan.

Contohnya seperti fitur RAM 8GB yang masih diukung Extended RAM 3GB. Sebelumnya, fitur sejenis hanya terdapat pada HP flagship perusahaan saja. Maka, ketika perusahaan menanamkan fitur sejenis untuk kelas yang lebih murah, tentu jadi kabar gembira tersendiri, bukan?

Tak hanya itu, sejumlah pembaruan juga sudah ditanamkan perusahaan pada perangkat anyarnya ini. Hanya saja, di tengah kompetisi kelas menengah yang makin ketat, akankah Vivo Y53s sukses menarik perhatian?

Untuk mengetahui jawaban tersebut, tim Droila sudah menyiapkan review Vivo Y53s terlengkap. Mulai dari penjelasan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Vivo Y53s. Mau tahu? Langsung cek aja penjelasan di bawah, ya.

Beli Vivo Y53s (TekID)
Beli Vivo Y53s (TekID)

Vivo Y53s NFC Spesifikasi

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma menyampaikan bahwa peningkatan yang ditanamkan pada ponsel terbarunya ini merupakan wujud upaya pihaknya untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan konsumen.

“Vivo Y53s merupakan smartphone yang menawarkan pengalaman multitasking dan menjadi hiburan terbaik di kelasnya. Ini kami persembahkan untuk dapat menjadi smartphone yang bisa diandaikan dalam kegiatan sehari-hari,” ungkap Edy.

Lebih lengkap, berikut ini spesifikasi Vivo Y53S NFC yang wajib kamu tahu sebelum membeli.

Desain

Poster Vivo Y53s (Vivo Indonesia)
Poster Vivo Y53s (Vivo Indonesia)

Memiliki dimensi 164 x 75,46mm x 8,38mm, bobot HP kelas menengah terbaru ini cuma 190 gram saja. Tak terlalu berat untuk ukuran ponsel yang cukup lebar. Sehingga, dipakai untuk beragam aktivitas pun nggak bakal bikin lengan mudah pegal.

Bagian punggung dilapisi material polycarbonate dengan dua pilihan warna. Yakni warna Fantastic Rainbow yang mempunyai nuansa sentuhan Dynamic Color sehingga mampu menghasilkan spektrum warna yang indah. Sedangkan pilihan kedua yakni warna Deep Sea Blue.

Terdapat modul berbentuk persegi panjang di bagian belakang. Menjadi wadah dari tiga kamera belakang. Selain itu, masih di bagian punggung, terdapat tulisan brand Vivo yang tercetak di bagian bawah sebelah kiri.

Layar

Review Vivo Y53s (Gadgtren)
Review Vivo Y53s (Gadgtren)

Sayang, untuk ukuran HP harga 3 jutaan, Vivo Y53s masih dibekali layar panel IPS LCD. Padahal, ponsel lain milik kompetitor rata-rata sudah dilapisi layar AMOLED –sehingga mampu menghasilkan grafis yang lebih vibrant, detail, dan penuh warna.

Tak hanya itu, layar Vivo Y53s juga belum mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate tinggi. Satu lagi kelemahan yang tentu bakal bikin calon pembeli berpikir ulang. Terlebih saat ini sudah ada sejumlah perangkat yang mampu menghasilkan refresh rate tinggi dengan harga di bawah Rp 4 juta.

Namun, itu biarlah menjadi salah satu kekurangan Vivo Y53s. Apalagi, layar berukuran 6,58 inci mampu menghasilkan grafis berkemampuan 1080 x 2408 piksel FHD+. Artinya, sudah cukup memuaskan jika dipakai untuk menampilkan gaming berat.

Kamera

Harga Vivo Y53s (Gadgetren)
Harga Vivo Y53s (Gadgetren)

Total, terdapat empat kamera yang sudah ditanamkan perusahaan pada perangkat terbarunya ini. Tiga kamera terletak di belakang, sedangkan satu kamera di depan.

Untuk kamera belakang, dibungkus oleh modul berbentuk persegi panjang. Bentuk yang juga diterapkan perusahaan pada sejumlah perangkat keluaran terbarunya. Masing-masing kamera memiliki kemampuan 64MP lensa wide PDAF, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamera depan terbungkus notch berbentuk tetesan air dan terletak tepat di bagian tengah. Harus diakui, dari sisi desain, notch cukup ketinggalan jaman. Meskipun begitu, kemampuan 16MP dengan dukungan fitur fotografi canggih khas Vivo tentu bakal membuatmu puas selama menggunakan perangkat ini.

Dapur Pacu

Spesifikasi Vivo Y53s (Vivo Indonesia)
Spesifikasi Vivo Y53s (Vivo Indonesia)

Performa menjadi salah satu tolak ukur yang dipertimbangkan banyak calon pembeli. Dan untuk bagian ini, Vivo Y53s menawarkan pengalaman yang cukup memuaskan.

Dukungan chipset gaming MediaTek Helio G80 tentu tak perlu diragukan lagi. Baik dari segi pemrosesan, kemampuan multitasking, hingga efisiensi daya, chipset kelas menengah ini sudah diakui tangguh dan mumpuni.

Tak hanya itu, tersedia pula teknologi Extended RAM. Total, Vivo Y53s dibekali RAM berkapasitas 11GB. Terdiri atas 8GB+3GB Extended RAM. Sementara itu, untuk penyimpanan internal, perusahaan membekalinya dengan memori sebesar 128GB.

Sebagai tambahan, teknologi Extended RAM pada Vivo Y53s merupakan teknologi yang mirip seperti RAM Virtual milik Oppo. Artinya, tambahan RAM 3GB yang bakal dijadikan RAM diambil dari kapasitas memori internal.

Harga Vivo Y53s

Kelebihan Vivo Y53s (Vivo Indonesia)
Kelebihan Vivo Y53s (Vivo Indonesia)

Harus dicatat, Vivo Y53s merupakan ponsel baru yang diluncurkan perusahaan beberapa hari lalu. Artinya, belum ada banyak pilihan harga yang tersedia di toko online maupun e-commerce.

Sebagai gambaran, penulis mengambil harga yang tertera pada situs resmi Vivo Indonesia. Pada website tersebut, harga Vivo Y53s dibanderol Rp 3,699 juta saja. Menurut penulis, harga yang masih masuk akal jika mempertimbangkan kapasitas RAM, penyimpanan internal, serta chipset yang ditanamkan.

Tertarik memiliki? Tak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan pintasan yang akan membawamu menuju halaman pembelian Vivo Y53s dari sejumlah e-commerce. Kalo pengin beli, langsung klik salah satu tombol di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y53s

droila-tabel-spesifikasi-vivo-y53s
Tabel spesifikasi Vivo Y53s (Dok.Istimewa Droila)

Baru bukan berarti dibekali dengan teknologi terkini. Itulah keyakinan yang dimiliki penulis selama mengulas ponsel. Dan dari keyakinan tersebut, penulis menemukan sejumlah perangkat yang hanya diberi nama baru saja- tapi bagian jeroan masih mengandalkan komponen dari ponsel lawas.

Lalu, bagaimana dengan Vivo Y53s? Lebih lengkap, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Vivo Y53s yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Masih dilapisi layar IPS LCD
  • Harga terlalu mahal untuk HP dengan chipset MediaTek Helio G80
  • Hanya didukung tiga kamera belakang
  • Belum mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate tinggi
Baterai Vivo Y53s (Vivo Indonesia)
Baterai Vivo Y53s (Vivo Indonesia)

Kelebihan

  • Baterai 5.000 mAh
  • Grafis berkualitas FHD+
  • RAM 8GB dengan Extended RAM 3GB
  • Kapasitas penyimpanan super lapang, 128GB
  • Fitur fotografi canggih ala Vivo

Review Vivo Y53s: Ponsel Baru, Harga Baru, Tapi Kok Pakai SoC Lawas?

Fitur ultra gaming mode (Vivo Indonesia)
Fitur ultra gaming mode (Vivo Indonesia)

Memang, performa jadi salah satu penilaian masyarakat sebelum beli ponsel baru. Tapi, tak hanya itu, harga juga tak kalah penting. Tak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

Dan persoalan harga ini pula yang disesalkan oleh banyak penggemar. Kita bisa melihat dari kolom komentar yang terdapat pada halaman spesifikasi Vivo milik situs GSMArena. Banyak penggemar yang berasal dari berbagai negara menyampaikan agar perusahaan sedikit menurunkan harga Vivo Y53s.

Nggak cuma itu aja. Salah satu kelemahan Vivo Y53s yang paling dijadikan bahan pertimbangan adalah System on Chipset yang dipakai. Seperti kita tahu, HP Vivo terbaru ini mengandalkan chipset gaming kelas menengah MediaTek Helio G80.

Padahal, chipset yang sama bisa kita temukan pada perangkat yang dijual dengan harga jauh lebih murah. Bahkan, Vivo sendiri juga punya perangkatnya, kok. Yakni Vivo Y20s G (review) yang dikeluarkan akhir tahun 2020 lalu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like