Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10 Ultra, HP China yang Kameranya Ngalahin iPhone 12 Pro Max!

Kamera Mi 10 Ultra (DxOMark)
Kamera Mi 10 Ultra (DxOMark)

Mungkin di antara pembaca tak ada yang menyangka. Tapi, berdasarkan hasil uji coba tim DxOMark, data yang didapat tidak bisa disangkal. Ada HP China yang performa kameranya bisa mengalahkan iPhone 12 Pro Max! Tak lain adalah Mi 10 Ultra. Nah, kali ini, tim Droila bakal mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10 Ultra.

Xiaomi Mi 10 Ultra merupakan smartphone flagship yang dirilis pada tahun 2020. Hingga kini, teknologi maupun performa ponsel ini masih jadi yang terdepan. Dengan komponen serta kemampuan yang belum bisa dikalahkan.

Mengutip data kamera smartphone terbaik milik DxOMark, Mi 10 Ultra menempati urutan ketiga. Di bawah Huawei Mate 40 Pro+ dan Mate 40 Pro (review). Oleh tim DxOMark, kemampuan fotografi smartphone flagship Xiaomi ini diakui mengungguli Vivo X50 Pro+ (review), serta tiga iPhone 12 series!

Penilaian Mi 10 Ultra versi DxOMark (DxOMark)
Penilaian Mi 10 Ultra versi DxOMark (DxOMark)

Ya, fakta yang mengejutkan. Apalagi jika mengingat betapa HP China mudah dipandang sebelah mata. Dianggap memiliki performa buruk, bahkan dibandingkan dengan ponsel buatan Korea sekalipun!

Agar pembaca bisa lebih memahami mengapai Mi 10 Ultra diakui sebagai salah satu HP kamera terbaik, simak uraian di bawah, ya. Droila sudah menyiapkan ulasan lengkap seputar spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10 Ultra. Langsung cek aja, cuy.

Spesifikasi Mi 10 Ultra

Layar Mi 10 Ultra (Android Authority)
Layar (Android Authority)

Seperti umumnya ponsel premium, HP Xiaomi terbaru ini menawarkan desain dengan bagian pinggir melengkung. Sehingga ukuran layar terlihat lebih lebar. Grafis yang dihasilkan pun jadi lebih lapang.

Ponsel ini memiliki dimensi berukuran 162.4 x 76.1 x 9.5 mm. Sedangkan bobot perangkat cukup berat, yakni 221.8 gram. Sehingga, bisa cukup merepotkan kalo dipakai oleh pengguna yang memiliki ukuran tangan kecil.

Baik bagian depan maupun belakang dilapisi kaca Gorilla Glass. Namun jenisnya berbeda. Bagian depan menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan bagian belakang dilapisi Corning Gorilla Glass 6. Kamu pun bisa merasa lebih tenang karena jaminan perangkat yang aman dari goresan maupun benturan.

Di bagian belakang, kamu akan menemukan modul berbentuk persegi panjang. Tak tanggung-tanggung, modul tersebut berukuran hampir seperempat dari luas keseluruhan! Di dalam modul, terdapat empat buah lensa serta dua buah lampu.

Kelebihan Xiaomi Mi 10 Ultra (Android Authority)
Kamera belakang (Android Authority)

Melihat spesifikasi lensa, wajar kiranya jika Mi 10 Ultra mendapat predikat HP kamera terbaik saat ini. Bagaimana tidak, susunannya nggak ngadi-ngadi! Konfigurasi empat kamera terdiri dari kamera utama 48MP lensa wide. Kamera utama ini didukung fitur PDAF, Laser AF (Auto-Focus), serta OIS.

Kamera kedua berkemampuan sama, yakni 48MP. Jenis lensa maupun fitur pendukung berbeda. Kamera kedua menggunakan lensa periskop telephoto yang didukung fitur PDAF, OIS, 5x optical zoom, serta 120x hybrid zoom.

Sedangkan kamera ketiga menggunakan lensa telephoto berkemampuan 12MP. Lensa ini juga didukung fitur tambahan. Seperti Dual Pixel PDAF dan 2x Optical Zoom. Sedangkan kamera keempat berkemampuan 20MP lensa ultra lebar yang didukung fitur PDAF.

Desain Mi 10 Ultra (Android Authority)
Desain (Android Authority)

Melihat susunan kamera Mi 10 Ultra di atas, kamu tentu sudah bisa sedikit memahami mengapa smartphone flagship ini diakui sebagai HP dengan kamera terbaik, bukan? Apalagi, komponen-komponen kamera tersebut dijalankan dengan dapur pacu yang tidak kalah gahar.

Sementara itu, kamera depan tersimpan pada punch-hole yang terletak di sudut kiri atas perangkat. Letaknya tidak terlalu mengganggu pandangan. Sedangkan kamera selfie ini memiliki kemampuan 20MP dan mampu mengaktifkan mode HDR.

Xiaomi Mi 10 Ultra ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 865. Dukungan GPU Adreno 650 menjanjikan pemrosesan grafis jadi lebih menawan. Di samping itu, terdapat tiga pilihan RAM dan penyimpanan internal yang akan membuat kinerja perangkat lebih cepat.

Kamera depan Mi 10 Ultra (Android Authority)
Kamera depan (Android Authority)

Dari segi RAM, ada tiga pilihan yang ditawarkan. Antara lain RAM 8GB, 12GB, dan 16GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal juga ada tiga pilihan. Terdiri dari 128GB, 256GB, dan 512GB.

Untuk daya tahan, Xiaomi menjanjikan kinerja Mi 10 Ultra lebih panjang. Soalnya perusahaan sudah menanamkan baterai Li-Ion berkapasitas 120W. Baterai ini didukung fitur pengisian daya cepat 120W. menurut klaim perusahaan sih bisa mengisi ulang daya dari 0-100 persen dalam waktu 23 menit saja!

Harga Mi 10 Ultra Terbaru

HP Xiaomi Mi 10 Ultra (Android Authority)
HP Xiaomi Mi 10 Ultra (Android Authority)

Melihat susunan hardware yang menyusun Xiaomi Mi 10 Ultra di atas, tak salah kan jika perangkat ini dibanderol harga mahal? Sayangnya, Xiaomi Indonesia tampaknya masih enggan untuk memboyong perangkat ini di tanah air.

Memang, pada bulan November lalu, Mi 10 Ultra sempat diperkenalkan kepada awak media di Jakarta. Hanya saja, saat itu perangkat ini hanya singgah saja. Bukan sebagai preview lalu dijual secara umum keesokan harinya.

Beruntungnya, kini sudah ada beberapa agen Xiaomi di Indonesia yang menjual perangkat ini. Namun, baru terbatas pada beberapa e-commerce saja. Nah, untuk memudahkan pembaca yang tertarik beli, langsung deh cek harga Mi 10 Ultra lewat tautan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10 Ultra

Spesifikasi lengkap Xiaomi Mi 10 Ultra (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Xiaomi Mi 10 Ultra (Dok.Istimewa Droila)

Melihat ulasan pengguna, sebagian besar mengakui keunggulan serta kelebihan perangkat ini. Lalu, apakah Mi 10 Ultra layak disebut sebagai yang terbaik? Mungkin belum. Bahkan sempurna pun tidak. Hanya saja, kualitas Mi 10 Ultra mendekati predikat terbaik dan sempurna.

Maka, agar lebih memahami, kenali dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Mi 10 Ultra sebelum beli. Berikut ini daftarnya:

Kekurangan

  • Hanya tersedia di China saja
  • Tanpa perlindungan anti air, slot kartu SD, serta colokan headphone 3,5 mm
  • Daya tahan baterai pendek
  • Hasil kamera selfie kurang memuaskan

Kelebihan

  • Layar AMOLED 120Hz yang mengagumkan, sangat cerah, HDR10+
  • Desain belang yang transparan membuatnya terlihat keren dan unik
  • Pengisian daya cepat 120W bisa mengisi ulang hingga 40% cuma 5 menit saja
  • Bisa terhubung ke dalam koneksi 5G
  • Kamera utama yang hasilnya menawan, baik pada kondisi bercahaya cerah maupun sedikit
  • Kamera ultrawide paling besar saat ini
Spesifikasi Mi 10 Ultra (TekID)
Spesifikasi (TekID)

Kesimpulan: Fotografer Wajib Beli!

Kehadiran ponsel ini cukup memberi tekanan pada kompetitor. Meskipun awalnya Mi 10 Ultra menargetkan pasar yang sama dengan Samsung Galaxy S20 Plus, hasilnya malah jauh melampaui perkiraan. Ponsel ini bahkan masih mengalahkan performa iPhone 12 Pro Max (review) serta Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (review)!

Tentu pencapaian yang tidak kecil dan membuat Mi 10 Ultra tidak bisa diremehkan lagi.

Itulah kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10 Ultra yang wajib kamu ketahui sebelum beli. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan HP yang ingin dibeli, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like