Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T: Fitur Flagship, Harga Super Irit!

Review Xiaomi 11T (GSMArena)
Review Xiaomi 11T (GSMArena)

Pasar ponsel kelas menengah kembali diguncang Xiaomi. Kali ini, raksasa teknologi asal China ini kembali dengan model terbarunya bernama Xiaomi 11T. Lantas, bagaimana performa perangkat ketimbang ponsel lain di kelasnya? Untuk mendapat gambaran yang lebih mendalam, simak uraian seputar spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T di bawah ini.

Tahun ini merupakan tahun yang penuh kejutan dari Xiaomi. Bagaimana tidak, perusahaan sudah meluncurkan beberapa seri flagship yang benar-benar menggoda.

Mulai dari model ultra-flagship sampai entry-level. Semuanya ada. Dan yang lebih mengagumkan, masing-masing model menawarkan fitur super canggih dengan harga yang lebih irit.

Ya, tahun ini, kita bisa melihat keseriusan Xiaomi dalam mewujudkan visi ponsel murah spesifikasi mewah. Dan salah satu model terbaru yang nggak boleh dilewatkan adalah Xiaomi 11T.

Seri HP flagship killer dari Xiaomi ini hadir tanpa membawa sematan ‘Mi’ di bagian depan. Tapi, jika melihat spesifikasi serta desain, seri ini merupakan penerus Mi 10T yang diluncurkan tahun lalu.

Dan seperti biasa, kehadiran ponsel anyar ini sukses mencuri perhatian para penggemar. Tak hanya  pengguna setia Xiaomi saja, melainkan masyarakat luas. Soalnya, perusahaan mengklaim ponsel terbarunya ini mampu memenuhi beragam kebutuhan tanpa mengalami lemot.

Tentu saja, klaim di atas bisa kita pandang sebagai bahasa penjualan. Oleh karena itu, untuk membuktikan klaim tersebut, mari kita kenali gimana spesifikasi dan review Xiaomi 11T. Selain itu, pahami pula kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T.

So, langsung cek uraian yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber ini, ya.

Spesifikasi dan harga Xiaomi 11T (Unbox Ph)
Spesifikasi dan harga Xiaomi 11T (Unbox Ph)

Spesifikasi Xiaomi Mi 11T

Beruntungnya, Xiaomi 11T series versi Indonesia didukung spesifikasi yang sama dengan versi global -yang diluncurkan lebih dulu pada bulan September lalu.

Terutama di bagian jeroan, Xiaomi 11T adalah ponsel flagship killer yang benar-benar menggoda. Sekali pandang, kita bisa melihat kalo perangkat ini menjanjikan banyak sekali kenyamanan. Lebih lengkap, simak uraian spek Xiaomi 11T berikut ini.

Desain

Desain Xiaomi 11T (Unbox PH)
Desain Xiaomi 11T (Unbox PH)

Semua Xiaomi dengan 11 nama memiliki bahasa desain yang sama, sehingga mudah dikenali. Ada variasi dalam warna, hasil akhir, dan jumlah kamera, tetapi cincin kamera yang terlalu besar selalu ada.

Panel belakang kaca melengkung membedakan 11T dan 11T Pro dari Lites yang sepenuhnya datar. Kelengkungan mengakomodasi baterai ekstra dan memungkinkan ponsel terasa lebih tipis daripada yang disarankan 8.8mm.

Kamera dikelompokkan dalam modul hitam besar di sudut kiri atas. Itu cukup menonjol untuk membuat ponsel bergetar di atas meja – satu masalah potensial yang mudah dipecahkan dengan menggunakan casing.

Layar

Layar Xiaomi 11T (Unbox PH)
Layar Xiaomi 11T (Unbox PH)

Xiaomi 11T menampilkan layar AMOLED FullHD 6,67 inci yang memiliki semua jenis lonceng dan peluit. Ini memiliki kecepatan refresh 120Hz dan AdaptiveSync untuk penyesuaian refresh rate secara otomatis, serta kecepatan pengambilan sampel sentuh 480Hz.

Branding tampilan AdaptiveSync dalam materi promo Xiaomi mungkin agak berlebihan karena ‘adaptifitasnya’ cukup kasar.

Sebagai tambahan catatan, HP flagship killer ini bisa kamu pakai untuk memainkan game berat. Seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact. Bahkan, kamu bisa memainkannya dengan grafis refresh rate tinggi!

Kamera

Kamera Xiaomi 11T (Unbox PH)
Kamera Xiaomi 11T (Unbox PH)

Xiaomi 11T dilengkapi dengan pengaturan tiga kamera 108 MP (f/1.75) yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu “Super Pixel” melalui pixel-binning, sehingga menghasilkan foto 12 MP (3000×4000 piksel) dalam mode standar. Namun, 108 MP penuh juga dapat digunakan dalam mode “108M”.

Kamera selfie memiliki resolusi 16 MP, dan memberikan kualitas gambar yang solid dalam panggilan video, mencapai maksimum 1080p pada 30 frame per detik.

Kamera 108 MP mengambil foto yang sangat bagus dalam cahaya yang bagus yang menunjukkan banyak detail dan poin skor dengan rentang dinamis yang tinggi.

Dalam kondisi pencahayaan yang lebih rendah, spektrum warna sedikit bergeser ke arah sisi hangat seperti yang terlihat pada contoh foto kami di sebelah kanan, namun kualitas gambar tetap sama bagusnya.

Bahkan pemotretan malam hari tidak menimbulkan terlalu banyak masalah untuk Xiaomi 11T, tidak seperti di banyak smartphone saingan. Jika masih ada sisa cahaya yang cukup, kamera utama masih mendapatkan detail yang relatif besar dari subjek dalam mode “Malam”.

Performa

Performa Xiaomi 11T (Unbox PH)
Performa Xiaomi 11T (Unbox PH)

Xiaomi 11T mendapatkan kinerjanya dari MediaTek Dimensity 1200 SoC kelas atas dan chip grafis ARM Mali-G77 MP9. Dalam hal kinerja, duo CPU/GPU berada di peringkat kira-kira antara Snapdragon 780G 5G yang ditemukan di Xiaomi Mi 11 Lite 5G dan Snapdragon 865 yang ditemukan di Samsung Galaxy S20 FE 5G.

Snapdragon 888 di Xiaomi 11T Pro mengemas lebih banyak kekuatan daripada MediaTek Dimensity 1200. Perbedaan kinerja ini tidak terlihat dalam penggunaan sehari-hari, karena selalu ada lebih dari cukup daya yang tersedia.

Xiaomi 11T dapat menjalankan game modern dengan lancar. Namun, smartphone tidak dapat memanfaatkan layar 120 Hz-nya, setidaknya tidak dalam game pengujian kami. PUBG Mobile dibatasi hingga 30 frame per detik dalam pengaturan HD.

Hal yang sama terjadi dengan Armajet, yang seharusnya tidak membatasi kita dalam hal frame rate. Setidaknya game uji ketiga, Asphalt 9, berjalan pada 60 frame per detik yang hampir konstan.

Harga Xiaomi 11T

Harga Xiaomi 11T (Unbox PH)
Harga Xiaomi 11T (Unbox PH)

Menurut penulis, ada dua hal yang membuat Xiaomi 11T terlihat menggoda. Pertama, yakni performa perangkat. Kombinasi chipset MediaTek Dimensity 1200 5G dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB tentu menjanjikan pengalaman yang lebih aman.

Sementara itu, kecanggihan spesifikasi Xiaomi 11T juga didukung harga yang menarik. Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Xiaomi 11T dibanderol Rp 5,999 juta saja!

Ya, dengan harga 6 jutaan, kamu bisa mendapatkan HP yang performanya mendekati ponsel high-end terbaru 2021. Bisa dipakai untuk aktivitas apa pun dan dimanapun!

Nah, untuk pembaca yang tertarik beli, tim Droila sudah siapkan tautan yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. So, langsung cek aja lewat tombol di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T

Spek lengkap Xiaomi 11T (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap Xiaomi 11T (Dok.Istimewa/Droila)

Dibandingkan dengan flagship Mi 11 Ultra, 11T kurang memiliki layar melengkung, misalnya, dan resolusi yang tidak terlalu tinggi.

Namun, ada banyak kesamaan lainnya: Kamera 108 MP yang bagus, layar AMOLED yang sangat cerah dengan kecepatan refresh 120 Hz, dan pengisian cepat dalam waktu 40 menit. Xiaomi 11T Pro bahkan berhasil melakukan ini dalam 20 menit berkat adaptor daya 120 wattnya, tetapi hampir tidak menawarkan keunggulan lain dibandingkan 11T.

Lebih lengkap, yuk simak dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T. Bergulir lagi, ya.

Kekurangan

  • Performa standby yang berpotensi merusak daya tahan baterai secara keseluruhan.
  • Layar tidak memiliki sertifikasi Dolby Vision, MEMC, peningkatan SD, dan bit adaptif dalam kecepatan refresh tinggi dibandingkan dengan 11T Pro.
  • Tidak ada OIS, kamera telefoto, atau zoom
  • Kamera selfie Meh sudah lama tertunda untuk ditingkatkan.

Kelebihan

  • Build hebat dengan desain menarik, tahan cipratan air.
  • Layar OLED luar biasa – cerah, akurat sRGB, 120Hz, HDR.
  • Pengisian cepat.
  • Performa GPU berkelanjutan yang stabil, oke juga pada beban CPU yang berkepanjangan.
  • MIUI hebat, 3 pembaruan Android utama dijanjikan.
  • Kualitas foto yang sangat baik siang dan malam.
  • Video bagus dari kamera utama.

Review Xiaomi 11T: Murah dan Bertenaga!

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T (Unbox PH)
Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T (Unbox PH)

Sesekali, non-Pro adalah paket yang lebih baik daripada model kelas atas. Kami percaya ini terjadi pada duo Xiaomi 11T. Perubahan chipset dari SD888 ke Dimensity 1200 berarti kinerja puncak yang lebih rendah tetapi hasil berkelanjutan yang lebih baik, dan selain dari pengurasan baterai yang tinggi dalam keadaan siaga, kami akan mengatakan bahwa pertukaran SoC berhasil.

Kapasitas baterai lainnya mendukung klaim itu, dan 11T jauh lebih baik daripada 11T Pro di sisa pengujian. Ah, tapi itu hanya mengisi setengah lebih cepat, membutuhkan waktu 40 menit untuk pengisian penuh – hanya saja itu tidak buruk sama sekali.

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T kali ini. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like