BerandaGadgetsHandphone9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro: Mewah, Tapi Mudah Panas

9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro: Mewah, Tapi Mudah Panas

Xiaomi menambah deretan HP flagship di tahun ini. Setelah sebelumnya meluncurkan seri Xiaomi 12, perusahaan pun memperkenalkan varian dengan spek lebih gahar bernama Xiaomi 12 Pro. Kalo tertarik beli, simak dulu gimana spesifikasi, review, kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro di bawah ini, ya.

Lewat Mi 11 Ultra, perusahaan menegaskan niatnya untuk memasuki segmen HP premium. Membuat produk flagship ini berani bersaing dengan Samsung Galaxy S21 Ultra.

Namun, tahun ini Samsung hadir dengan banyak sekali peningkatan. Begitu pula kompetitor. Dan di tengah iklim persaingan yang serba canggih ini, Xiaomi 12 Pro hadir sebagai alternative HP flagship premium dengan harga terjangkau.

Lantas, akankah ponsel ini akan mengulang kesuksesan pendahulunya? Untuk mengetahui jawaban tersebut, tim Droila sudah kumpulkan berbagai informasi yang perlu kamu ketahui. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro.

xiaomi 12 pro spesifikasi
xiaomi 12 pro spesifikasi

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Hanya satu tahun berselang sejak perusahaan merilis Mi 11 Ultra yang sukses di pasaran. Terbilang  pendek untuk sebuah inovasi dan peningkatan. Namun, tidak bagi Xiaomi. Buktinya, Xiaomi 12 Pro dibekali beragam fitur canggih.

Lantas, apa saja fitur-fitur anyar tersebut? Simak penjelasan tenang spek Xiaomi 12 Pro di bawah ini.

Desain

Tampaknya, kali ini perusahaan lebih fokus pada performa ketimbang tampilan dan desain. Alhasil, dari sisi luar, HP flagship terbaru ini tidaklah mengagumkan. Minim pembaruan dan keunikan -seperti yang bisa kita temukan dari pendahulunya.

Meskipun begitu, ini bukanlah perkara buruk. Xiaomi tetap menawarkan fitur-fitur terkini yang menjanjikan keamanan. Pinggir melengkung membuat ponsel terasa ramah lingkungan. Di samping itu, masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass di bagian depan dan belakang.

Sayang, karena lapisan kaca, perangkat pun terasa licin. Apalagi kalo kulit telapak tanganmu kasar. Harap hati-hati, atau lapisi perangkat dengan hardcase biar nggak mudah selip.

Di bagian depan, Xiaomi menawarkan panel layar yang sudah ditingkatkan. Tak lagi mengandalkan layar AMOLED. Melainkan panel LTPO AMOLED bikinan Samsung dengan lebar 6,73 inci.

Di samping itu, perusahaan juga menambahkan sejumlah fitur yang membuat grafis makin menawan. Seperti Dolby Vision, HDR10+, serta refresh rate 120Hz.

xiaomi 12 pro indonesia
xiaomi 12 pro indonesia

Performa dan Chipset

HP Xiaomi 12 Pro bukanlah ponsel pertama dari perusahaan yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1. Akan tetapi, dalam hal fitur canggih dan performa, HP Xiaomi terbaru ini mengungguli seri lainnya!

Pilihan tersebut membuat Xiaomi 12 Pro setingkat dengan sejumlah HP flagship yang sudah lebih dlu diluncurkan. Seperti Galaxy S22 Ultra dan Realme GT 2 Pro. Kemiripan ini juga terwujud dalam skor benchmark Antutu dan GeekBench yang tak jauh berbeda.

Artinya, baik untuk membuka banyak aplikasi sekaligus, menjalankan 2 aplikasi dalam fitur multi-window, atau gaming berat, performa perangkat tetap mulus dan tanpa lag. Bahkan, untuk gaming, kamu bisa mengaktifkan pengaturan rata kanan. Artinya, Extreme FPS dengan grafis Ultra HD!

Sayangnya, kendala panas masih jadi salah satu kelemahan yang sulit diatasi perusahaan. Berdasarkan uji coba 91mobiles, suhu perangkat mudah meningkat sekalipun perusahaan sudah menambahkan ruang pendingin.

Peningkatan suhu bakal lebih mudah terasa jika kamu menggunakan perangkat untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan resource banyak atau game dengan grafis tinggi. Jadi, harap catat dan jangan sampai kamu bikin ponsel panas terus-menerus, ya. Bakal  gampang rusak!

Kamera Xiaomi 12 Pro
Kamera Xiaomi 12 Pro

Kamera

Dalam hal kamera, HP Xiaomi 12 Pro belum mampu menyaingi produk kompetitornya. HP 5G terbaru ini dibekali tiga sensor berukuran 50MP. Masing-masing berkemampuan 50MP lensa wide, 50MP lensa telephoto, dan 50MP lensa ultrawide.

Perusahaan juga tak lupa menambahkan sejumlah fitur fotografi canggih. Seperti Dual Pixel PDAF, OIS, 2x optical zoom, gyro-EIS serta Dual-LED dual-tone flash. Membuat pengguna bisa lebih leluasa dalam mengabadikan momen.

Sementara itu, kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di pojok kanan. Kamera selfie Xiaomi 12 Pro memiliki kemampuan 32MP dan mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 1080p pada 30/60fps.

Harga Xiaomi 12 Pro Terbaru

xiaomi 12 pro harga
xiaomi 12 pro harga

Harap diingat, Xiaomi 12 Pro adalah ponsel yang menargetkan segmen flagship. Artinya, berbagai fitur canggih di atas bisa kamu miliki dengan harga yang cukup mahal.

Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Xiaomi 12 Pro terbaru dibanderol Rp 12,999 juta saja. Di tanah air, seri HP Xiaomi terbaru ini Cuma dirilis dengan satu pilihan penyimpanan. Yakni RAM 12GB dengan kapasitas penyimpanan internal 256GB.

Terdapat tiga warna yang bisa kamu bawa pulang. Antara lain warna Blue, Gray, dan Purple. Jadi, kamu bisa menyesuaikan pilihan dengan warna kesukaan.

Tertarik beli? Kamu bisa langsung klik salah satu tombol di bawah ini. Kamu akan diarahkan menuju sejumlah halaman toko online. Di mana kamu bisa cek harga Xiaomi 12 Pro terbaru setiap bulannya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro

SpesifikasiXiaomi 12 Pro
DesainFrame alumunium
Body dilapisi Corning Gorilla Glass
Berat204 gram
Dimensi163.6 x 74.6 x 8.2 mm
Layar6.73 inci
LTPO AMOLED
Corning Gorilla Glass Victus
Rasio body ke layar 89.6%
Resolusi1440 x 3200 piksel
Dolby Vision
HDR10+
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
GPUAdreno 730
RAM12GB
ROM256GB
OSAndroid 12
MIUI 13
Kamera Belakang50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.28″, 1.22µm, Dual Pixel PDAF, OIS
50 MP, f/1.9, 48mm (telephoto), PDAF, 2x optical zoom
50 MP, f/2.2, 115˚ (ultrawide)
FiturDual-LD dual-tone flash
HDR
Panorama
Dual Pixel PDAF OIS
2x optical zoom
Video [email protected], [email protected]/60fps
Kamera Depan32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 0.7µm
FiturHDR
Panorama Video [email protected]/60fps
BateraiLi-Po 4600 mAh, non-removable
Fast charging 120W, 100% in 18 min (advertised)
Fast wireless charging 50W, 100% in 42 min (advertised)
Reverse wireless charging 10W
Power Delivery 3.0 Quick Charge 4+
WarnaGray
Blue
Purple
Green
HargaRp 12.999.000
Tabel spek lengkap Xiaomi 12 Pro (Dok.Istimewa/Droila)

Dengan harga 12 jutaan, Xiaomi 12 Pro menawarkan banyak keuntungan. Fitur canggih yang hanya bisa kamu temukan pada HP super flagship, kamera mumpuni, serta performa mulus.

Meskipun begitu, bukan berarti HP Xiaomi terbaru ini hadir tanpa kelemahan. Dan biar kamu makin kenal, yuk pahami gimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro berikut ini.

Kekurangan

  1. Terlalu banyak bloatware pada MIUI 13
  2. Belum dilapisi perlindungan IP rating
  3. System on Chipset mudah panas, kinerja ruang pendingin belum optimal
  4. Hasil sensor telephoto biasa saja
  5. Daya tahan baterai kurang tangguh

Kelebihan

  1. Layar canggih dengan hasil grafis yang memanjakan mata
  2. Pengisian ulang daya baterai berkecepatan tinggi
  3. Konfigurasi kamera bisa diandalkan
  4. Desain elegan

Review Xiaomi 12 Pro: Haruskah Kamu Membelinya?

harga xiaomi 12 pro
harga xiaomi 12 pro

Xiaomi 12 Pro dijual dengan harga 12 jutaan. Dan untuk harga tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak fitur canggih. Itu adalah salah satu keuntungan yang ditawarkan HP flagship ini.

Tak hanya itu, baik performa maupun pengisian daya dari perangkat memiliki kecepatan tinggi. Sehingga, beragam aktivitas pengguna pun bisa makin lancar dan minim gangguan.

Memang, Xiaomi 12 Pro memiliki sejumlah kelemahan. Dan salah satu yang bakal jadi perhatian pengguna adalah kemampuan kamera -yang cenderung biasa aja kalo dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya.

Akan tetapi, Xiaomi 12 Pro adalah ponsel yang sangat menguntungkan dari sisi harga. Jadi, berharap saja, semoga pembaruan firmware ke depan bisa membuat performa ponsel makin meningkat.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

2/5 - (1 vote)
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik