8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12: Rival Galaxy 22 yang Lebih Murah!

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12
Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12

Xiaomi 12 adalah HP flagship terbaru yang berada di pinggiran. Dari sisi harga, cukup terjangkau oleh peminat segmen di bawahnya. Sementara dari sisi spefikasi, Xiaomi 12 bisa dibandingkan dengan kelas flagship! Itulah yang membuat ponsel ini serba menguntungkan. Dan kalo tertarik beli, simak dulu gimana spesifikasi, review, serta kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 di bawah ini, ya.

Spesifikasi Xiaomi 12

Ukurannya mungil. Tebalnya Cuma 8.2mm dengan panjang 152.7mm. Ya, ukuran yang jauh lebih kecil kalo kita bandingkan dengan HP keluaran 2022 lainnya. Mungkin, kamu pun akan mengira kalo ponsel ini merupakan keluaran tahun lalu atau bahkan lebih lawas.

Meskipun begitu, ponsel ini tetaplah mudah mencuri perhatian. Desain kekinian dengan lensa berukuran lebar tentu akan membuat banyak mata mudah tercuri fokusnya.

Apalagi Xiaomi juga sudah menambahkan beragam teknologi terkini. Mulai dari chipset paling canggih dari Snapdragon, fitur fotografi yang komplit, serta baterai berkapasitas besar. Pengguna pun bakal dimanjakan oleh ponsel anyar ini!

Eits, kalo kamu tertarik beli, jangan pindah ke tempat lain. Droila sudah siapkan berbagai informasi yang perlu kamu ketahui. Dan sebelum melangkah lebih jauh, simak dulu gimana spesifikasi Xiaomi 12 di bawah ini, ya.

Desain dan Layar

review xiaomi 12 indonesia
review xiaomi 12 indonesia

Pada ponsel terbarunya ini, Xiaomi mengusung tagline “Master Every Scene”. Dan tagline tersebut terwujud dari kemampuan kamera yang sudah ditingkatkan.

Tak hanya kamera saja, perusahaan juga menawarkan desain futuristic nan kekinian. Nggak salah kalo Xiaomi menyebut ponsel anyarnya ini sebagai “Sebuah kemewahan dalam genggaman”. Dan kemewahan ini mendapat perlindungan berupa Corning Gorilla Glass Victus.

Dengan bobot 180 gram dan lebar 69.9 mm, HP Xiaomi 12 dibekali teknologi canggih yang membuatnya terasa mulus, imbang, dan ringan dalam genggaman. Sehingga, interaksi antara pengguna dengan perangkat pun jadi lebih menyenangkan.

Layar AMOLED dengan lebar 6.28 inci mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz. Tak hanya itu, masih ada dukungan fitur Dolby Vision serta HDR10+ yang akan membuat grafis jadi lebih vibrant, hidup, dan berwarna cerah.

Performa

Kamera Xiaomi 12
Kamera Xiaomi 12

Sebagai chipset paling anyar dari Qualcomm, seri Snapdragon 8 Gen 1 diakui sebagai SoC paling bertenaga untuk saat ini. Sehingga, beragam aktivitas berat pun bisa dijalankan dengan mulus dan tanpa hambatan.

Sayang, Xiaomi 12 masih menunjukkan gejala yang kerap dimiliki HP flagship; yakni perangkat yang mudah panas. Bahkan saat kamu pakai untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile atau CoD Mobile, suhu HP pun bisa meningkat dengan cepat.

Di bagian penyimpanan, Xiaomi 12 dibekali RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih tenang soal penyimpanan. Dijamin lebih tahan lama dan bisa menyimpan lebih banyak file digital!

Kamera

xiaomi 12 harga
xiaomi 12 harga

Sektor kamera selalu menjadi daya tarik utama dari seri flagship milik Xiaomi. Dan pada seri ini, perusahaan mengulang kesuksesan pendahulunya.

Kamera utama menggunakan lensa Sony IMX766 dengan resolusi 50MP. Lensa berukuran paling besar di bagian belakang ini juga dibekali fitur PDAF dan OIS. Artinya, kamu bisa mendapat hasil rekaman video yang lebih stabil.

Sementara itu, dua kamera pendukung masing-masing berkemampuan 13MP lensa ultrawide serta 5MP lensa telephoto makro. Dan di bagian depan, terdapat lensa OmniVision dengan resolusi 32MP yang terletak di dalam punch-hole.

Harga Xiaomi 12 Terbaru

spesifikasi dan harga xiaomi 12
spesifikasi dan harga xiaomi 12

Melihat berbagai keunggulan dan fitur canggih di atas, banyak dari kamu mungkin mengira kalo ponsel ini dijual dengan harga di atas Rp 10 juta. Wajar, mengingat spesifikasi perangkat umumnya kita temui pada HP dengan harga tersebut.

Tapi, sekali lagi, Xiaomi sukses memberikan kejutan pada pengguna setia. Beragam peningkatan ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup murah. Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Xiaomi 12 terbaru dibanderol Rp 9,999 juta saja!

Terdapat tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih. Yakni Blue, Gray, dan Purple. Jadi, tinggal sesuaikan dengan selera aja, ya.

Nah, untuk kamu yang tertarik beli, bisa langsung klik tombol di bawah ini. Kamu akan diarahkan menuju sejumlah toko online. Ingat, beli HP dari toko resmi, ya!

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12

SpesifikasiXiaomi 12
DesainFrame alumunium
Body belakang dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 5
Berat180 gram
Dimensi152.7 x 69.9 x 8.2 mm
Layar6.28 inci
AMOLED
Rasio body ke layar 89.2%
Corning Gorilla Glass Victus
Resolusi1080 x 2400 piksel
Refresh rate 120Hz
HDR10+
Dolby Vision
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
GPUAdreno 730
RAM8GB
ROM256GB
OSAndroid 12
MIUI 13
Kamera Belakang50 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, OIS
13 MP, f/2.4, 12mm, 123˚ (ultrawide), 1/3.06″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, 50mm (telephoto macro), AF
FiturDual-LED dual-tone flash
HDR
Panorama
PDAF
OIS
Auto Focus (AF)
Gyro-EIS
Kamera Depan32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 0.7µm
FiturHDR
Panorama
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable
Fast charging 67W, 100% in 39 min (advertised)
Fast wireless charging 50W, 100% in 53 min (advertised)
Reverse wireless charging 10W
Power Delivery 3.0
Quick Charge 4+
WarnaGray
Blue
Purple
HargaRp 9.999.000 (Toko Resmi)

Bisa dibilang kalo Xiaomi 12 merupakan produk paling komplit yang diluncurkan perusahaan sejak Mi 8. Meskipun ukurannya lebih kecil ketimbang HP Android terbaru lain, Xiaomi 12 minim kompromi. Baik dari sisi spesifikasi maupun performa.

Meskipun begitu, bukan berarti HP flagship terbaru ini hadir tanpa kelemahan. Dan supaya kamu lebih mengenalnya, simak dulu yuk gimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 di bawah ini.

Kekurangan

  1. Baterai lumayan boros
  2. Performa kurang mulus untuk pemakaian jangka panjang
  3. Suara speaker stereo terasa kurang seimbang. Performa Dolby Atmos kurang optimal

Kelebihan

  1. Layar OLED yang cerah dengan refresh rate 120Hz
  2. Ergonomik, fitur komplit dan desain elegan untuk HP di bawah Rp 10 juta
  3. Performa kamera yang bisa diandalkan di segala medan
  4. Teknologi pengisian daya cepat (kabel dan nirkabel) yang kencang. Terdapat fitur pengisian daya reverse wireless
  5. MIUI 13 yang bisa bebas dikustomisasi dengan dukungan Android 12

Review Xiaomi: Beli atau Nggak Ya?

review xiaomi 12
review xiaomi 12

Harus diakui, penulis sempat terkesima saat pertama kali mencoba Xiaomi 12. Bahkan, langsung terbersit pikiran kalo ponsel ini bakal jadi flagship paling komplit di tahun 2022. Dan melihat sekilas spesifikasi perangkat, pikiran tersebut semakin kuat.

Layar OLED yang cerah dan kencang, baterai berkapasitas besar, pengisian daya kabel dan nirkabel yang cepat, speaker stereo serta konfigurasi tiga kamera dengan lensa utama berukuran lebar. Tentu saja, nggak boleh dilupakan, yakni otak yang mendukung kinerja berbagai fitur tersebut -yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Sayang, ternyata kesan tersebut hanya berlangsung sementara saja. Kami menemukan beberapa kekurangan pada Xiaomi 12. Baterai berkapasitas besar ternyata nggak tahan lama, audio dari speaker stereo terdengar kurang seimbang, serta konfigurasi kamera yang kurang dukungan lensa Zoom.

Memang, performa Snapdragon 8 Gen 1 tak perlu diragukan. Bahkan, hingga empat tahun mendatang, masih menjanjikan performa yang bisa diandalkan. Meskipun begitu, daya tahan performa perangkat belum bisa mengimbangi kemampuan SoC. Sayang seribu sayang.

Meskipun begitu, HP flagship terbaru ini bisa jadi solusi. Terutama bagi kamu yang kepingin memiliki ponsel flagship tapi terhalang dana. Atau bagi penggemar setia Xiaomi yang nggak pengin ketinggalan teknologi. 

Jadi, untuk keputusan akhir, tentu saja terletak di tanganmu, ya.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan,  ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like