Xiaomi Mi 10T: Fitur Kamera Segambreng, Punya Value yang Tinggi untuk Konsumen

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 10T
Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 10T

Xiaomi Mi 10T diperkenalkan pada 2020 lalu. Dan meskipun hampir dua tahun berlalu, Mi 10T masih layak diandalkan. Tapi, sebelum beli, kenali dulu gimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T, yuk.

Waktu pertama kali Xiaomi meluncurkan Mi 10T series ke Indonesia, sejujurnya penulis agak skeptis, sih. Terlebih, saat banyak yang mengira kalau smartphone ini adalah penerus dari Xiaomi Mi 10, meski sebenarnya enggak juga. Harga Xiaomi Mi 10T mulai dari Rp5,9 juta-an aja.

Dari sisi harga, ekspektasi pun langsung terbentuk. Dilengkapi dengan spesifikasi kamera unggul, apalagi performa dengan chipset kelas flagship. Kapasitas baterai besar, fast charging, material bodi kaca, serta layar 144Hz.

Mengingat pepatah, “ada harga, ada rupa”, penulis langsung penasaran, kira-kira kurangnya di bagian mana ya, kok bisa murah?

Untuk membuktikannya sendiri, simak ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T di bawah ini. Langsung cek aja, ya.

xiaomi mi 10t spesifikasi
xiaomi mi 10t spesifikasi

Xiaomi Mi 10T Spesifikasi

Gahar parah. Itulah kesan yang penulis dapat ketika memandang perangkat ini. Dan seluruh kelebihan tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau!

Nah, agar lebih kenal, yuk kenali terlebih dulu gimana spesifikasi Xiaomi 10T. Langsung cek penjelasan yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber ini, ya.

Desain dan Layar

Mi 10T menggunakan material kaca berlapis Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, serta bingkai berbahan metal. Meski nyaman di genggam, dengan kapasitas baterai dan layar besar, bobotnya mencapai 218 gram, yang mungkin bakal terasa terlalu berat bagi sebagian orang.

Xiaomi Mi 10T memiliki dimensi layar 165.1 x 76.4 x 9.3 mm (6.5 x 3.01 x 0.37 in) dengan resolusi full HD+, punya sertifikasi cahaya biru dari TUV Rheinland, dan mendukung akurasi warna DCI-P3 serta sRGB.

Performa dan Chipset

HP Flagship Killer ini menjalankan tampilan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10. Seperti biasa, MIUI berikan beragam fitur-fitur tambahan menarik yang cukup membantu saat menggunakan Mi 10T sehari-hari.

Salah satu yang bisa pengguna rasakan manfaatnya adalah integrasi Mi Home di control center, bisa atur Yeelight atau perangkat IoT Xiaomi lainnya secara mudah.

Xiaomi juga memberikan opsi untuk tampilkan Google News di halaman paling kiri home screen. Meskipun belum mendukung always-on display, terdapat lampu LED notifikasi di sebelah kiri earpiece.

Hanya ada satu warna lampu, tapi cukup membantu sebagai pertanda saat ada notifikasi masuk.

Kencang dan tak mudah panas saat bermain game atau multitasking, Xiaomi Mi 10T hadir sebagai salah satu opsi smartphone resmi termurah di Indonesia.

Menggunakan chipset flagship 2020, yaitu Qualcomm Snapdragon 865. Cip tersebut dipadukan dengan kapasitas RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB, masing-masing berjenis LPDDR5 dan UFS 3.1.

Ditambah sistem pendingin khusus di dalamnya. Secara performa, tentunya benar-benar nggak bakalan lemot.

Meski kapasitas RAM-nya belum belasan GB seperti beberapa flagship lainnya, kemampuan multitasking-nya masih sangat mumpuni. Kalau pun perlu reload, terjadi dengan cepat berkat CPU yang kencang.

Spesifikasi dan harga Xiaomi 10T
Spesifikasi dan harga Xiaomi 10T

Kamera

Salah satu perbedaan utama antara ponsel Xiaomi gahar ini dengan varian Pro, adalah sensor utama yang digunakan. Varian Pro pakai sensor 108MP f/1.69 dari Samsung, sementara Mi 10T dengan Sony IMX682 64MP f/1.89. Menurut penulis, sensor Mi 10T di sini lebih “aman” sehingga menghasilkan foto berkualitas di berbagai kondisi pencahayaan.

Selain sensor utamanya, sensor 13MP ultra wide-angle f/2.4 di Xiaomi Mi 10T juga nggak kalah berkualitas. Reproduksi warna hampir mendekati sensor utama, meski detil sudah sewajarnya kalah. Belum ada autofocus, tapi kualitasnya masih terjaga walau di kondisi indoor. Night mode-nya juga cukup membantu tingkatkan detil foto.

Sensor ketiga adalah makro 5MP f/2.4, dan tidak dilengkapi depth sensor khusus. Namun efek potretnya masih tergolong baik, memiliki efek real-time yang bisa diatur jenis bokeh serta aperture-nya secara virtual.

Fitur kameranya juga segambreng, mulai dari mode vlog, clone sampai dual video. Untuk perekaman video, selain ada opsi 4K 60fps, juga hadir opsi 8K 24/30fps, yang bisa digunakan untuk mengambil “foto” dari tiap frame beresolusi 33MP.

Stabilisasi video di resolusi full HD tergolong baik. Sayangnya, tidak bisa berpindah antar sensor utama dan ultra-wide saat perekaman.

Harga Xiaomi Mi 10T Terbaru 2022

harga hp xiaomi mi 10t
harga hp xiaomi mi 10t

Dengan kualitas kamera paling unggul, tampilan kece dan kecepatan paling baik di kelasnya,  Xiaomi Mi 10T hanya dibanderol dengan harga resmi Rp 5.499.000 aja! Ya, itulah harga Xiaomi Mi 10T yang penulis dapatkan dari website resmi Xiaomi Indonesia.

Tertarik membeli? Untuk itu, penulis sudah siapkan beberapa tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Bahkan, ada beberapa toko yang menjual Xiaomi Mi 10T dengan harga yang jauh lebih murah!

Penasaran? Langsung cek harga terbaru Mi 10T di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10T

Spek lengkap Xiaomi 10T
Spek lengkap Xiaomi 10T

Setelah usai mengulik gimana spesifikasi komponen HP Android murah terbaik ini, kurang lengkap tentunya kalo belum mengetahui gimana kelemahan maupun keunggulannya.

Dan berdasarkan penelusuran penulis, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T yang wajib kamu ketahui.

Kelebihan

  • Memakai Snapdragon 865
  • Baterai Lebih Besar
  • Stereo Speaker yang Nendang
  • Kapasitas RAM dan Memori Internal yang Besar
  • Triple Camera dengan Perekaman 8K

Kekurangan

  • Tanpa Slot MicroSD
  • Layar Bukan Super AMOLED
  • Tanpa Wireless Charging
  • Bobot Lebih Besar

Review Xiaomi 10T

Review Xiaomi 10T
Review Xiaomi 10T

Secara keseluruhan, Xiaomi Mi 10T hampir memiliki nilai sempurna di masing-masing poin. Desainnya terlihat mewah dengan material premium, performanya kencang, baterai irit, fitur audio yang oke dengan speaker stereo. Kameranya juga berkualitas di berbagai kondisi pencahayaan.

Dengan harga yang cukup terjangkau, bagian yang kurang hanyalah pada layarnya. Memang sudah 144Hz, tapi secara saturasi dan kontras, masih kalah dengan smartphone lain di kelasnya, atau yang lebih murah sekalipun.

Meski sudah oke, jika dibandingkan dengan yang sudah pakai OLED, bakal terasa bedanya, sih. Kalau memang dirasa enggak begitu masalah, Xiaomi Mi 10T tentunya bisa jadi pilihan smartphone terbaik di rentang harga Rp5 jutaan serta membawa value yang sangat tinggi untuk konsumen.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali Handphone Xiaomi ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like