Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra: HP Kamera Terbaik 2021!

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)

Sejak pertama kali diluncurkan, Xiaomi Mi 11 Ultra berpotensi menjadi ponsel ultra-flagship yang sukses di pasaran. Dan benar saja. Berkat uji coba beberapa pengulas, Mi 11 Ultra diakui sebagai salah satu HP kamera terbaik saat ini. Tertarik memiliki? Simak dulu uraian spesifikasi, harga, review, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra berikut ini.

Xiaomi pertama kali memperkenalkan model Mi 11 Ultra pada bulan Maret 2021 lalu. Kemudian, distributor Xiaomi Indonesia memboyongnya ke tanah air pada bulan Juni.

Lambatnya proses distribusi bukanlah tanpa sebab. Mengingat segmen HP ultra-flagship masih terbilang minim di tanah air. Padahal, ponsel ini dibanderol dengan harga di atas Rp 15 juta. Tentu membuat banyak warga berpikir ulang untuk memilikinya.

xiaomi mi 11 ultra harga dan spesifikasi (TechRadar)
xiaomi mi 11 ultra harga dan spesifikasi (TechRadar)

Namun, Xiaomi sukses menghadirkan produk yang mematahkan prasangka banyak pihak. Mi 11 Ultra menjadi salah satu HP kamera terbaik menurut penilaian DxOMark. Bahkan, skor performa kameranya jauh melampaui iPhone 12 Pro Max!

Kini, kamu sudah bisa membeli HP Xiaomi kamera terbaik ini dengan harga yang sedikit lebih murah. Tapi, sebelum memutuskan beli, ketahui dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Spek Xiaomi 11 Ultra (TechRadar)
Spek Xiaomi 11 Ultra (TechRadar)

Spek Mi 11 Ultra

Sebagai HP ultra-flagship, Mi 11 Ultra dibekali berbagai komponen canggih dan terkini. Mulai dari bagian paling luar, hingga terdalam. Perusahaan, benar-benar menyajikan produk yang kompetitif di kelas tersebut. Lebih lengkap, simak uraian berikut.

Desain

Desain Mi 11 Ultra (TechRadar)
Desain Mi 11 Ultra (TechRadar)

Raksasa. Dan di antara produk lainnya, ukuran Mi 11 Ultra terbilang besar. Sekalipun kita hilangkan modul besar di bagian belakang, HP Xiaomi terbaru ini tetap memberikan kesan besar.

Varian model Mi 11 (review) ini memiliki dimensi 164.3 x 74.6 x 8.4mm. Sebagai catatan, ketebalan tersebut tidak menyertakan ukuran modul kamera belakang. Bisa Anda bayangkan betapa tebalnya ponsel ini, bukan? Apalagi, bobot perangkat mencapai 234 gram!

Membalik perangkat, kita akan menemukan modul berukuran besar. Dan menurut penulis, inilah bagian yang paling mencuri perhatian. Selain membungkus kamera, modul tersebut juga dibekali layar kedua. Membuat perangkat terlihat elegan, premium, dan mahal!

Layar

Layar Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)
Layar Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)

Pada bagian layar, perusahaan tak memberi perlakukan khusus pada varian ini. Layar yang digunakan Mi 11 Ultra sama seperti milik Mi 11. Yakni layar AMOLED dengan lebar 6,81 inci.

Namun, dalam hal fitur, tentu saja ponsel ini memiliki lebih banyak keunggulan. Misal, lapisan keamanan yang mengandalkan Corning Gorilla Glass Victus, kualitas grafis HDR10+, Dolby Vision, 1B warna, serta refresh rate 120Hz.

Menilik kemampuan komponen, bisa disimpulkan bahwa Mi 11 Ultra merupakan perangkat yang memanjakan visual pengguna. Baik ntuk gaming, editing video, atau vloging -bisa dilakukan tanpa banyak kendala!

Dapur Pacu

Performa Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)
Performa Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)

Sebagaimana HP ultra-flagship keluaran 2021 lainnya, Mi 11 Ultra mengandalkan chipset paling bertenaga produksi Qualcomm. Yakni seri Snapdragon 888. Didukung dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, pengguna tak perlu lagi mengkhawatirkan performa.

Dijamin aman dan bisa dipakai untuk beragam kebutuhan!

Hasil uji coba performa Mi 11 Ultra menggunakan alat Geekbench 5 menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki nilai multi-core 3519. Skor tersebut membuat Mi 11 Ultra sekelas dengan iPhone 11 Pro Max dalam hal performa.

Didukung dengan layar canggih, memainkan game berat pakai Mi 11 Ultra pun bukanlah persoalan sulit. Mulai dari COD Mobile hingga PUBG Mobile, semuanya bisa dimainkan tanpa banyak kendala!

Kamera

Kamera Mi 11 Ultra (TechRadar)
Kamera Mi 11 Ultra (TechRadar)

Inilah bagian yang paling mencuri perhatian dari Mi 11 Ultra.  Dan di bagian ini pula performa Mi 11 Ultra mengalahkan iPhone 12 Pro Max (review) telak!

Total, terdapat empat buah kamera yang sudah ditanamkan perusahaan. Tiga kamera terletak di belakang. Satu buah di depan dan tersimpan pada punh-hole yang terletak di pojok kiri layar.

Untuk kamera belakang, dibungkus modul yang ukurannya hampir sepertiga dari luas permukaan bagian punggung. Lensa berukuran besar bukanlah gimmick desain semata. Karena memang begitulah adanya.

Ketiga kamera belakang Mi 11 Ultra memiliki kemampuan 50MP lensa wide dengan fitur Dual Pixel PDAF, Laser AF, OIS; 48MP lensa telephoto periskop dengan teknologi PDAF, OIS, dan 5X optical zoom; serta 48MP lensa ultra lebar dengan dukungan fitur PDAF.

Sementara itu, kamera depan memiliki kemampuan 20MP dan menggunakan lensa wide. Fitur-fitur yang bisa kamu gunakan seperti HDR, panorama, gyro-EIS, serta hasil rekaman video berkualitas 720p pada 120FPS.

Harga Xiaomi Mi 11 Ultra

Harga Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)
Harga Xiaomi Mi 11 Ultra (TechRadar)

Sebagai ponsel ultra-flagship, wajar kiranya jika perusahaan membanderol Mi 11 Ultra dengan harga yang terbilang tinggi. Apalagi jika kita mempertimbangkan spesifikasi komponen, kamu nggak bisa berkomentar julid lagi!

Saat Mi 11 Ultra diperkenalkan di tanah air, Xiaomi Indonesia membanderolnya dengan harga Rp 17 juta. Kini, dua bulan berselang, harga tersebut belum turun terlalu jauh. Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Xiaomi Mi 11 Ultra terbaru dibanderol Rp 16,999 juta.

Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni warna Ceramic Black dan Ceramic White.

Tertarik untuk memiliki ponsel canggih ini? Tak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah menyiapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke toko online yang ada di Indonesia. Langsung cek harga Mi 11 Ultra lewat tombol di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan

Spek lengkap Xiaomi Mi 11 Ultra (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Xiaomi Mi 11 Ultra (Dok.Istimewa Droila)

Dari sisi desain dan kamera, Mi 11 Ultra tampil tanpa cacat dan kekurangan. Begitu pula di bagian performa, HP flagship Xiaomi ini menawarkan pengalaman anti lemot berkat dukungan chipset high-end milik Qualcomm.

Tapi, bukan berarti Mi 11 Ultra hadir tanpa kekurangan. Sebagai tambahan informasi, berikut ini kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Mudah panas jika digunakan terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang
  • Modul kamera terlalu besar, membuat ponsel terlalu tebal
  • Salah satu ponsel terberat di pasar
Keunggulan Mi 11 Ultra (TechRadar)
Keunggulan Mi 11 Ultra (TechRadar)

Kelebihan

  • Desain menarik, elegan, dan premium
  • Layar OLED dengan lebar 6,81 mampu menghasilkan grafis menawan
  • Daya tahan baterai panjang dengan teknologi pengisian daya cepat yang tak perlu diragukan
  • Speaker stero yang mampu menghasilkan audio berkualitas mumpuni
  • Salah satu HP kamera terbaik saat ini

Review Mi 11 Ultra: Terdepan di Kelas HP Kamera

Review Mi 11 Ultra (TechRadar)
Review Mi 11 Ultra (TechRadar)

Dalam hal performa, Xiaomi Mi 11 Ultra tak perlu lagi diragukan kualitasnya. Perusahaan sukses menghasilkan produk unggulan dan kompetitif di segmen ultra-flagship.

Namun, kendala terbesar justru ada pada harga. Pasalnya, kini ada lebih banyak pilihan HP kamera dengan harga yang lebih terjangkau. Misal Oppo Find X3 Pro (review) yang Cuma selisih Rp 1 jutaan aja. Atau masih ada Vivo X60 Pro Plus yang dibanderol Rp 12 jutaan.

Tapi, untuk bagian performa mesin dan kamera, kedua perangkat tersebut masih belum bisa mengalahkan Mi 11 Ultra. Sehingga, membuat harga Rp 17 juta terlihat masuk akal. Apalagi kalo kita mengingat keunggulan serta komponen yang dipakai.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali dan mengambil keputusan sebelum meutuskan beli perangkat ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like