Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 7, Turun Harga Jadi Rp 5 Jutaan!

Review Huawei Nova 7 (WalasTech)
Review Huawei Nova 7 (WalasTech)

Huawei Nova 7 merupakan seri penerus Nova 5T. Meskipun hadir tanpa dukungan Google Mobile Service (GMS), bukan berarti ponsel ini jadi kurang menarik pengguna Indonesia. Lebih lengkap, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 serta spesifikasi dan harga terupdatenya.

Huawei Global meluncurkan seri Nova 7 pada bulan April 2020. Sayangnya, Huawei Indonesia baru memboyong perangkat ini ke tanah air pada bulan Agustus 2020.

Sebagai penerus Nova 5T, tentu perusahaan sudah menambahkan banyak pembaruan. Baik dari segi komponen hardware, hingga kemampuan kamera.

Memang, perusahaan memasukkan seri ini sebagai jagoannya di kelas menengah. Tapi, kalo melihat susunan komponen yang ditanamkan, Huawei Nova 7 tak ubahnya perangkat kelas atas. Tampilan premium dengan harga yang jauh lebih terjangkau tentu menjadi daya tarik tersendiri dari perangkat ini, bukan?

Nah, untuk pembaca yang tertarik memiliki, tim Droila sudah merangkumkan berbagai informasi mengenai perangkat ini. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

HP Huawei NOva 7 (Huawei Indonesia)
HP Huawei NOva 7 (Huawei Indonesia)

Spesifikasi Huawei Nova 7

Tak ada perubahan yang terlalu kentara dari segi desain. Perusahaan masih menerapkan tampilan yang serupa dengan pendahulunya, yakni Nova 5T. Tapi, begitu kita bongkar spesifikasinya, begitu jauh berbeda.

Nova 7 memiliki layar dengan ukuran diagonal 6,53 inci. Jauh lebih lebar dibandingkan Nova 5T yang ukuran layarnya cuma 6,26 inci. Perbedaan paling kentara bakal kamu dapatkan ketika melihat grafis pada layar.

Ya, kamu akan mendapatkan grafis yang lebih detail dengan warna yang lebih rinci. Peningkatan grafis ini bisa dihasilkan berkat penerapan layar OLED pada HP 5 jutaan ini. Tak seperti Nova 5T yang hanya didukung panel LCD IPS.

Kamu tidak akan menemukan kamera selfie di bagian depan. Baik dalam bentuk punch-hole maupun poni waterdrop. Soalnya, HP Huawei kelas menengah ini menggunakan kamera pop-up motoris. Dengan begitu, kamera selfie bakal muncul setiap pengguna ingin mengambil foto dari depan.

Berkat desain itu pula kamu bisa mendapatkan layar dan tampilan yang lebih lapang. Tanpa gangguan punch-hole maupun notch yang seringkali menghambat pandangan.

Di bagian belakang, pengguna bisa menemukan modul yang membungkus empat kamera utama. Terdiri dari kamera 64MP lensa wide PDAF, 8MP lensa telephoto PDAF dan didukung fitur 3x optical zoom, 8MP lensa ultra lebar, serta 2MP sensor makro.

Desain Huawei Nova 7 (Huawei Indonesia)
Desain Huawei Nova 7 (Huawei Indonesia)

Masing-masing kamera diakui banyak pengulas teknologi mampu menghaliskan gambar yang sebanding dengan Huawei P30. Artinya, rendah noise, warna yang cukup akurat dan tajam, serta detail ruang yang mengagumkan.

Hanya saja, dari temuan beberapa pengguna, hasil foto menggunakan night mode kurang memuaskan. Ketajaman jepretan kamera jadi lebih menurun untuk kondisi low-light. Sedangkan kamera ultrawide dan telephoto juga memiliki kelemahan tersendiri, yakni hasil yang overbrightness.

Tapi tenang aja. Kelemahan HP Huawei terbaru ini nggak akan terlalu kentara. Apalagi, kekurangan tersebut ditutupi dengan performa perangkat yang memuaskan.

Huawei Nova 7 untuk gaming (Gadgetren)
Huawei Nova 7 untuk gaming (Gadgetren)

Sudah diakui reviewer gadget dari dalam maupun luar negeri bahwa performa chipset HiSilicon Kirin kini layak dibandingkan dengan Qualcomm. Baik dalam hal pengolah grafis, kecepatam pemrosesan data dan aplikasi, System on Chipset (SoC) bikinan Huawei ini diakui memuaskan.

Apalagi, jenis chipset yang digunakan Nova 7 adalah HiSilicon Kirin 995 5G. FYI, chipset ini biasanya ditanamkan Huawei pada ponsel kelas atas. Bahkan, performanya juga diakui sebanding kok dengan chipset Qualcomm high-end seperti Snapdragon 800 series.

Artinya, kamu bisa mendapatkan perangkat kelas atas dengan harga kelas menengah. Apalagi, perangkat ini sudah bisa tersambung dengan koneksi 5G. Sungguh tawaran yang sulit ditolak, bukan?

Harga Huawei Nova 7 Terupdate di Indonesia

Kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 (DailySocial)
Kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 (DailySocial)

Saat pertama kali diluncurkan, Huawei Indonesia memberi harga Nova 7 dengan banderol Rp 7 jutaan. Harga yang terbilang murah jika mempertimbangkan spesifikasi komponen serta desain yang ditawarkan.

Kini, belum ada satu tahun, Huawei 7 dijual dengan harga promo besar. Mengutip keterangan pada website resmi Huawei Indonesia, model ini kini dibanderol harga Rp 5,999 juta saja. Turun hampir Rp 1 juta, Gan!

Sementara itu, berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa situs e-commerce, harga Huawei Nova 7 malah lebih variatif. Kamu bisa menemukan lebih banyak pilihan melalui berbagai e-commerce yang ada di Indonesia.

Jika tertarik membeli, coba deh cek harga Huawei Nova 7 melalui tautan yang sudah penulis siapkan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 7

Spesifikasi detail Huawei Nova 7 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi detail Huawei Nova 7 (Dok.Istimewa Droila)

Di atas, penulis sudah sedikit menyinggung beberapa kelemahan Huawei Nova 7. Salah satunya yakni hadir tanpa dukungan Google Mobile Service. Buat pengguna Indonesia yang sudah terlanjur nyaman dengan Android, kondisi ini tentu jadi tantangan sendiri.

Pasalnya, HarmonyOS, sebagai sistem operasi smartphone anyar yang dikembangkan Huawei, belum terlalu populer di Indonesia. Sehingga, pengguna mungkin akan menghadapi beberapa kendala selama adaptasi menggunakan OS ini.

Lebih lengkap, berikut ini kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Tanpa GMS, sehingga ada banyak aplikasi Android yang tidak bisa dijalankan pada Nova 7
  • Koneksi 5G masih terkunci, menjadikan ponsel ini tidak bisa dibawa ke luar negeri
  • Jumlah aplikasi di Huawei AppGallery masih terbatas
  • Banyak aplikasi populer yang belum mendukung Huawei Mobile Services (HMS)

Kelebihan

  • Performa bertenaga dengan harga murah
  • Daya tahan baterai cukup panjang
  • Hasil kamera belakang memuaskan
  • Hasil video dari kamera depan bisa memanjakan vlogger maupun streamer
  • Pengisian daya cepat 40 watt
  • NFC

Kesimpulan

Unboxing Huawei Nova 7 (Blogspot)
Unboxing Huawei Nova 7 (Blogspot)

Harus diakui, Huawei sukses menawarkan perangkat yang cukup bertenaga melalui Nova 7. Ditambah dengan harga yang terjangkau, banyak pengguna tentu bakal nggak sabar memilikinya.

Apalagi, Nova 7 bisa dipakai untuk gaming dan menghasilkan grafis tingkat tinggi. Kelebihan lain yang membuat Nova 7 layak didambakan banyak pengguna Android yang ingin ganti HP.

Akan tetapi, bagaimanapun, Android dipakai oleh hampir 80 persen pengguna smartphone di Indonesia. Maka, ketika ponsel ini hadir tanpa dukungan GMS, tentu jadi kelemahan terbesar yang harus segera diatasi, bukan?

Lain soal jika kamu adalah pengguna yang ingin mengeksplorasi berbagai jenis teknologi. Ponsel ini sangat disarankan untuk dimiliki. Meskipun masih baru, Huawei Mobile Service sanggup menawarkan layanan yang memuaskan. Maka dari itu, kamu harus mencoba!

Usai sudah uraian kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 kali ini. Semoga uraian di atas bisa membantu pembaca yang sedang mempertimbangkan untuk beli HP canggih ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like