Apple Bakal Ganti Layar iPhone 11 Series yang Berwarna Kuning Gratis, Gini Caranya

Cacat pada layar iPhone 11 Pro (Macrumor)
Cacat pada layar iPhone 11 Pro (Macrumor)

Layar iPhone 11 milikmu berwarna kuning? Tenang, Apple baru saja meluncurkan program penggantian layar HP iPhone 11 series yang rusak. Ya, pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max wajib bergembira!

Bulan Juni lalu, hampir setahun setelah peluncuran iPhone 11 series, muncul rumor yang nggak mengenakkan dari pengguna ponsel terbaru Apple ini. Dikumpulkan oleh Macrumor, sejumlah pengguna diketahui membicarakan cacat layar iPhone pada forum teknologi Reddit.

Untuk beberapa perangkat, ternyata problem tersebut diketahui akibat pembaruan iOS yang baru saja pengguna lakukan. Akan tetapi, ada pula beberapa pengguna yang kerusakannya bukan disebabkan software, melainkan hardware.

Cacat itu pun nggak ditampik oleh Apple. Melansir Forbes, cacat pada bagian layar iPhone 11 menunjukkan warna hijau yang membuat tampilan iPhone tampak keruh. Kamu bisa melihat gambar di bawah untuk mendapatkan ilustrasi lebih utuh.

Beberapa pengguna mengemukakan kalo cacat itu ditemukan sesaat aja. Terutama saat mereka membuka kunci layar. Akan tetapi, ada juga pengguna yang menemukan cacat tersebut bersifat permanen.

Berdasarkan pantauan Forbes, yang paling terpengaruh dari cacat ini adalah pengguna iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max (review). Terlebih, sebagian besar pengguna melaporkan munculnya cacat itu tak selang lama usai mereka memperbarui sistem operasi ke iOS 13.4.

Tak sedikit pula pengguna yang merasakan kerusakan layar iPhone ini makin menjadi kala perusahaan meluncurkan versi pembaruan iOS 13.5 dan iOS 13.5.1. Dan meskipun keluhan ini nggak muncul dari pengguna iPhone di Indonesia, bukan berarti nggak ada.

Layar iPhone 11 rusak (The Verge)
Layar iPhone 11 rusak (The Verge)

Kompensasi Apple Pada Pengguna iPhone 11 Series

Melansir pengumuman resmi yang dibagikan perusahaan, Apple menemukan kalo sebagian kecil perangkat iPhone 11 ternyata memiliki cacat pada bagian layar. Masalah terutama di bagian touchscreen yang kurang responsif serta modul display.

“Ditemukan bahwa perangkat yang rusak diproduksi antara November 2019 hingga Mei 2020,” jelas Apple dalam rilis resminya.

Beruntungnya, problem ini langsung diatasi oleh perusahaan. Bahkan, perusahaan siap memberikan kompensasi penuh pada pengguna iPhone 11 series yang layarnya kurang responsif dalam bentuk servis gratis.

Ya, setiap pengguna iPhone 11 yang mengalami masalah di bagian layar bisa mendapat layanan ganti layar secara gratis. Tapi dengan catatan kerusakan tersebut berupa layar yang kurang responsif atau modul warna yang terasa kurang cerah.

Jika kedua hal tersebut kamu alami, bisa kok mengganti layar secara gratis. Dan proses pergantian layar bisa kamu lakukan lewat iBox, Apple Repair Center, atau Rekanan Servis Apple Resmi.

Cara Mengajukan Penggantian Layar iPhone 11 yang Rusak

Layar iPhone 11 kuning (Forbes)
Layar iPhone 11 kuning (Forbes)

Kamu nggak perlu khawatir bakal menemukan birokrasi atau sistem yang rumit. Apple paham benar kalo kendala ini tentu bikin kenyamanan pengguna banyak berkurang. Maka dari itu, perusahaan sudah merancang skema penggantian layar iPhone 11 yang benar-benar mudah.

Sebelumnya, kamu perlu cek terlebih dulu nomor serial perangkat pada kotak yang tersedia di halaman Support Apple. Klik di sini agar kamu bisa langsung beralih ke halaman tersebut.

 Seperti yang sudah disinggung di atas, kamu bisa mengajukan penggantian layar di vendor resmi Apple atau iBox terdekat. Kamu bisa kok buka Google Maps dan mengetikkan iBox terdekat agar mempermudah menemukan lokasinya.

Nah, sebelum kamu memasrahkan iPhone 11 ke servis resmi, baiknya backup data yang sudah tersimpan terlebih dulu. Kamu bisa backup data Apple lewat iCloud, Google Drive, atau menyimpannya pada perangkat penyimpanan eksternal.

Kalo sudah, kamu cukup pasrahkan perangkat ke servis resmi Apple dan tunggu hingga pihak perusahaan menghubungimu.

Ada beberapa catatan yang perlu kamu ketahui sebelum mengantarkan ponsel ke servis iPhone resmi. Program penggantian layar ini hanya berlaku untuk perangkat yang dijual secara resmi di negara tertentu saja.

Jadi, jangan harap kamu yang membeli Apple refurbished, SU (Software Unlock), atau FU (Force Unlock), ya. Biasanya, ketiga jenis perangkat tersebut merupakan produk untuk negeri lain dan diimpor ke Indonesia.

Nah, kalo layar iPhone 11 milikmu rusak, langsung ikut program di atas aja. Mumpung masih berlaku, lho.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi handpone terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapat informasi terbaru seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone, serta rekomendasi handphone terbaik setiap hari.  

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like