Macam-Macam Sensor Pada HP dan Fungsinya, Penasaran?

fungsi sensor di hp (Makeuseof)
fungsi sensor di hp (Makeuseof)

Mulai dari untuk pemindai wajah hingga GPS dan kecerahan layar otomatis. Fitur-fitur canggih HP tersebut begitu mengandalkan peran sensor. Biar makin paham, ada baiknya kamu mengenali macam-macam sensor pada HP dan fungsinya.

Kehadiran smartphone semakin memudahkan aktivitas manusia. Apalagi, di masa pandemic seperti saat ini. Peran smartphone semakin vital, karena dibutuhkan di berbagai jenis kegiatan. Mulai dari belajar atau bekerja di rumah, menjadi pengusaha, hingga sekadar bertegur sapa.

Namun, segala aktivitas tersebut tak akan bisa berjalan sempurna tanpa dukungan sensor. Dan jika melihat banyaknya fungsi ponsel, ada banyak pula sensor yang telah ditanamkan produsen.

Nah, kali ini, tim Droila akan mengupas tuntas mengenai sensor HP pintar. Mulai dari pengertian, cara kerja, hingga macam-macam sensor pada HP dan fungsinya. Kalo pengin tahu, scrolling lagi aja, ya.

Cara Kerja dan Fungsi Sensor pada HP

Cara Kerja dan Fungsi Sensor di HP (Makeuseof)
Cara Kerja dan Fungsi Sensor di HP (Makeuseof)

Sensor adalah perangkat atau modul kecil yang menganalisis sekelilingnya dan melaporkan ukuran kuantitatif ke prosesor. Sensor smartphone mengukur berbagai aspek di sekitarnya, termasuk cahaya sekitar, orientasi perangkat, gerakan, dll.

Setiap smartphone memiliki sistem koordinat 3 dimensi. Berdasarkan sistem ini, sensor di ponsel cerdas Anda mendeteksi dan merekam perubahan secara real-time.

  • Sumbu X mengikuti lebar perangkat.
  • Sumbu Y berjalan di sepanjang perangkat.
  • Sumbu Z melewati perangkat.

Seluruh sensor pada HP dan fungsinya dioperasikan berdasarkan ketiga sumbu tersebut. Namun, seluruh sistem koordinat tetap stabil sesuai dengan orientasi standar dari perangkat. Sehingga, sistem koordinat pun tetap stabil sekalipun perangkat dipegang miring atau mode lanskap.

Macam-Macam Jenis Sensor pada HP dan Fungsinya

Berdasarkan parameter yang diukur, sensor smartphone secara garis besar diklasifikasikan menjadi tiga jenis.

1. Sensor Gerak

gerak mendeteksi gerakan, akselerasi, dan rotasi di sepanjang tiga sumbu sistem koordinat perangkat. Ini adalah sensor yang membantu ponsel cerdas Anda mengukur jumlah langkah yang Anda ambil, arah jalan Anda, dan mendeteksi kemiringan saat Anda bermain game.

Beberapa contoh sensor gerak adalah akselerometer, sensor gravitasi, giroskop, dan sebagainya

2. Sensor Posisi

Sensor posisi merekam lokasi fisik perangkat. Mereka melakukan ini dengan mengidentifikasi koordinat ponsel Anda—mengambil dunia di sekitarnya sebagai kerangka acuan dan orientasinya dalam ruang 3 dimensi. Ponsel menggunakannya untuk navigasi, mendeteksi orientasi layar, dan banyak lagi.

Contoh sensor posisi adalah sensor jarak, GPS, dan magnetometer.

3. Sensor Lingkungan

lingkungan mendeteksi perubahan signifikan di sekitar ponsel cerdas Anda. Misalnya, ini termasuk perubahan dalam pencahayaan, tekanan, suhu, penyesuaian kecerahan saat kecerahan otomatis diaktifkan, suhu tampilan, pengukuran tekanan udara, dan banyak lagi.

Contoh sensor lingkungan adalah sensor cahaya sekitar, termometer, barometer, sensor kelembaban udara, dll

Macam-macam jenis sensor (Makeuseof)
Macam-macam jenis sensor (Makeuseof)

Jenis Sensor yang Ada di HP

Fungsi handphone dikemas dengan berbagai sensor. Masing-masing berperan dalam mengaktifkan fitur yang berbeda. Pengin tahu apa aja jenis sensor pada HP dan fungsinya? Cek terus keterangan di bawah, ya.

Akselerometer

Akselerometer merekam pergerakan perangkat Anda di sepanjang tiga sumbu sistem koordinat. Sumbu X mengukur pergerakan perangkat Anda dari sisi ke sisi, sumbu Y mengukur pergerakan di sepanjang bagian atas dan bawah (termasuk gravitasi), dan sumbu Z mengukur pergerakan maju dan mundur.

Menggunakan data yang diperoleh dengan mengukur gerakan perangkat Anda, itu menghitung akselerasi Anda. Info ini kemudian digunakan oleh aplikasi untuk mendeteksi arah, orientasi, dan kecepatan. Misalnya, aplikasi kebugaran mengukur arah dan kecepatan lari pagi Anda.

Giroskop

Giroskop mengukur rotasi di sepanjang tiga sumbu sistem koordinat perangkat. Ini mendeteksi ukuran yang tepat dari rotasi ponsel Anda dalam radian per detik.

Sederhananya, akselerometer mengukur gerakan linier, dan giroskop mengukur gerakan sudut. Kombinasi keduanya mengaktifkan fungsi seperti rotasi otomatis, dan digunakan untuk game yang peka terhadap gerakan seperti Temple Run atau Asphalt 9.

Magnetometer

Magnetometer mendeteksi orientasi ponsel Anda menurut medan magnet bumi. Sensor ini penting untuk aplikasi navigasi dan kompas karena membantu ponsel Anda mengidentifikasi arah dan menyesuaikan peta.

GPS

Seperti magnetometer, Global Positioning System (GPS) adalah sensor dengan antena untuk membantu navigasi. Ini menerima sinyal terus menerus dari satelit yang membantu menghitung jarak yang ditempuh dan lokasi ponsel Anda.

Ketika sinyal diterima, sensor GPS merekam lokasi. Tergantung pada perbedaan waktu antara dua sinyal, jarak dihitung. Aplikasi navigasi menggunakan GPS dan magnetometer untuk mengidentifikasi lokasi dan arah.

sensor pada hp dan fungsinya (Makeuseof)
sensor pada hp dan fungsinya (Makeuseof)

Sensor Cahaya

Sekitarcahaya sekitar mengukur intensitas cahaya di sekitar perangkat. Sensor ini mendeteksi perubahan kecerahan lingkungan dan merekam intensitasnya.

Jika fitur kecerahan otomatis diaktifkan, data dari sensor cahaya sekitar membantu menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan cahaya di dalam ruangan. Kecerahan otomatis adalah fitur yang berguna, tetapi jika Anda ingin mengubah kecerahan secara manual, Anda dapat menonaktifkannya.

Sensor Jarak

jarak mendeteksi seberapa dekat objek tertentu dengan ponsel Anda. Contoh singkatnya adalah layar ponsel Anda mati saat Anda mengangkat dan menjawab panggilan. Ini membantu menghemat baterai dan menghindari ketukan yang tidak disengaja selama panggilan telepon.

Dalam contoh ini, sensor jarak bekerja dengan mengukur jarak antara layar dan telinga Anda, dan ketika jaraknya sama dengan nilai yang ditetapkan, layar akan mati sebelum telinga Anda menyentuh layar.

Sensor Ruangan

Sensor ini sifatnya mirip dengan sensor jarak, kecuali mendeteksi perubahan medan magnet di sekitar perangkat. Saat merasakan perubahan medan magnet, ia mengirimkan data ini ke prosesor, mematikan layar ponsel. Sensor ini khusus digunakan untuk mendeteksi magnet pada flip cover.

Saat Anda menutup flip cover, magnet dekat dengan perangkat dan mengganggu medan magnet di sekitar perangkat. Ini memberi isyarat kepada prosesor untuk mematikan layar. Ketika penutup terbuka, medan magnet kembali normal, dan layar bangun.

Sensor Biometrik

biometrik menggunakan atribut fisik untuk identifikasi dan biasanya digunakan untuk tujuan keamanan. Karena fitur fisik seperti sidik jari, iris, dan wajah unik bagi seseorang, menggunakannya untuk otentikasi identitas memberikan perlindungan yang ditingkatkan.

Beberapa sensor biometrik yang ditemukan di ponselmu adalah:

  • Pemindai Sidik Jari: Sensor ini menggunakan permukaan kapasitif untuk menghasilkan sinyal listrik berdasarkan tonjolan jari Anda saat Anda meletakkan jari di pemindai.
  • Sensor Mata: Sensor ini menggunakan cahaya inframerah tak terlihat untuk menangkap dan mendeteksi pola iris Anda.

Sensor Udara

Sensor ini mendeteksi beberapa aspek di sekitar perangkat Anda seperti tekanan atmosfer, suhu sekitar, kelembaban udara, dll. Sensor atmosfer meliputi:

  • Termometer: Ini mengukur suhu perangkat dan sekitarnya.
  • Barometer: Ini mengukur tekanan udara di sekitarnya. Saat tekanan meningkat seiring ketinggian, barometer mengidentifikasi ketinggian Anda dengan membandingkan tekanan yang direkam di ponsel Anda dengan rekaman stasiun cuaca terdekat.
  • Sensor kelembaban udara: Sensor ini mengukur kelembaban udara di sekitar Anda.
  • Sensor pada HP Sangat Penting untuk Smartphone Anda

Sensor Sangat Penting untuk Smartphone Anda

Sensor adalah perangkat yang membuat smartphone Anda lebih pintar. Ini adalah bintang di luar panggung yang membantu prosesor mengaktifkan berbagai fitur.

Sementara beberapa sensor seperti akselerometer dan giroskop memiliki banyak aplikasi, yang lain seperti sensor ambient-light dan hall memiliki fungsi tertentu.

Terlepas dari itu, sebagian besar yang disampaikan sudah bisa kamu temukan pada sebagian besar ponsel. Dan yang pasti, seiring waktu berjalan, akan bertambah pula jenis sensor.

Usai sudah penjelasan kali ini mengenai macam-macam sensor pada HP dan fungsinya. Semoga penjelasan mengenai smartphone di atas bisa membantumu untuk lebih memahami teknologi ini.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like