Categories: Ragam

Perbedaan HP Entry Level, HP Mid end, dan HP High End

Sifat alamiah dari Android yang terbuka membuatnya mudah diimplementasikan di berbagai perangkat. Saking banyaknya perangkat yang menggunakan sistem operasi ini, mengakibatkan kemunculan sistem klasifikasi smartphone. Kamu tentu kerap mendengarnya; yakni HP entry level atau low end, HP mid-end, dan HP high-end.

Jenis-jenis klasifikasi smartphone

Memang, kemunculan sistem klasifikasi di atas tak serta merta bisa diterima semua pihak begitu saja. Bahkan, sampai saat ini pun pengkategorian Phablet dengan Tablet kerap memicu kontroversi. Maka, ketika di berbagai media istilah-istilah klasifikasi smartphone di atas kerap muncul dan bisa kamu baca dengan mudah, tentu sangat sayang jika kita luput memahami pengertiannya.

Aspek-aspek yang Membedakan Klasifikasi Smartphone

Mengapa hal ini penting untuk kamu ketahui? Tujuan penulis agar kamu bisa lebih memahami dan membantumu untuk mengambil keputusan sendiri. Dengan mengetahui unsur-unsur yang membedakan klasifikasi smartphone, setidaknya bisa membantumu dalam memilih HP terbaik dengan budget yang tepat.

Dilansir dari XDA Developers, beberapa hal yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan klasifikasi sebuah smartphone antara lain:

Spesifikasi Dapur Pacu

Spesifikasi smartphone Sony Xperia (ytimg.com)

Ini adalah unsur paling jelas dan gampang diketahui. Pasalnya, hampir semua informasi terkait HP baru selalu menyertakan penjelasan detil mengenai spesifikasi yang dibawakan.

Untuk memudahkanmu dalam memahami penjelasan ini, bisa melihat contoh tabel yang ada di bawah ini. Meskipun tabel tersebut dibuat tahun 2016 silam, berisikan data yang memang terbilang “ketinggalan jaman”, setidaknya kamu bisa mendapatkan sedikit gambaran.

Spesifikasi dapur pacu smartphone (xda-developers.com)

Dibandingkan dengan spesifikasi yang ditanamkan berbagai produsen HP saat ini, memang uraian di atas terbilang ketinggalan jaman. Contohnya, untuk HP Low end terbaru saja rata-rata sudah menggunakan RAM 2GB. Tak jarang ada yang sudah dipasangi RAM hingga 3GB!

Peningkatan turut didapat oleh kelas smartphone lainnya. Terutama untuk HP High end, saat ini sudah ada perangkat yang dibekali RAM sebesar 8GB dengan ROM mencapai 512GB.

Harga

Jenis smartphone berdasarkan harga (cloudfront.net)

Aspek ini merupakan salah satu yang kerap memancing kesalahpahaman masyarakat. Sebab, alih-alih memperhatikan spesifikasi dan desain dari HP yang akan dibeli, lebih banyak calon konsumen memusatkan perhatian dan sibuk membanding-bandingkan smartphone satu dengan yang lainnya berdasarkan harga saja.

Maka, kita pun dengan mudah mendapatkan kesimpulan jika smartphone seharga 5 juta ke atas artinya HP High end, sementara yang seharga 3-5 juta termasuk dalam klasifikasi smartphone mid-end, dan yang 2 juta ke bawah merupakan anggota kelas low-end atau entry-level.

Padahal, akibat pendapat tersebut, sudut pandang masyarakat pun bisa dipermainkan oleh penjual. Anggapan HP murah berarti pilihan yang buruk –untuk kamu yang berpenghasilan besar- tentu banyak yang mengamini. Sekali lagi, tidak semua HP bisa dimaknai sesederhana ini.

Jika kamu mencoba membandingkan perangkat satu dengan yang lain, antara rentang harga satu dengan rentang harga lainnya; lalu mencoba untuk mengulik spesifikasi HP, kamu akan memahami mengapa harga tak selamanya menentukan kualitas maupun klasifikasi HP.

Meskipun memang, kasus di atas hanya berlaku untuk beberapa perangkat saja, tapi bisa jadi penanda agar kamu tak memukul rata klasifikasi smartphone semudah itu. Dan yang pasti, harga yang berbeda dari satu kelas HP dengan kelas HP di atasnya lebih banyak disebabkan akibat perbedaan kualitas dan spesifikasi komponen yang digunakan.

Waktu

Ragam klasifikasi smartphone (droidlime.com)

Di hadapan waktu, semua hal tampak jadi relatif. Jika saat ini dikenal baik, keren, dan canggih, bisa jadi di masa depan itu hanyalah barang rongsokan saja. Demikian pula dengan perangkat teknologi. Apalagi di zaman di mana perkembangan, inovasi, dan temuan selalu diciptakan setiap saat. Tanpa henti.

Karena waktu pula, klasifikasi smartphone jadi cair sifatnya. Satu beberapa tahun lalu dijual dan diberi predikat sebagai HP High end terbaik, bisa jadi kini hanyalah mainan anak-anak kita saja. Hasilnya, klasifikasi smartphone pun jadi sesuatu yang terus berubah. Dan yang membuatnya baku hanyalah penempelan waktu; misal HP High end terbaik tahun 2019. Artinya, tahun depan atau dua tahun lagi HP tersebut tak layak untuk dianggap sebagai yang terbaik lagi.

Lokasi

Penjualan HP di Indonesia (kompas.com)

Lokasi penjualan HP kurang lebih juga memberi pengaruh besar terhadap klasifikasi smartphone. Apa yang masyarakat Indonesia anggap sebagai HP Low-end, barangkali menjadi salah satu HP canggih di negara yang tingkat pertumbuhan ekonominya rendah dan angka kemiskinan begitu tinggi.

Begitu pula yang kita anggap sebagai High-end, barangkali hanya menjadi barang biasa aja di negara dengan ekonomi yang lebih tinggi.

Membaca uraian di atas, kita setidaknya bisa sedikit mengambil kesimpulan jika perbedaan paling kentara dari klasifikasi smartphone terletak pada spesifikasi. Apakah HP yang ingin kamu beli dibekali teknologi terkini atau tidak.

Meskipun begitu, klasifikasi smartphone, menurut penulis, tetaplah menjadi satu wawasan yang wajib diketahui. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menentukan pilihan berdasarkan jumlah dana yang kamu siapkan lalu disesuaikan dengan kegiatan serta kebutuhan.

Perbedaan HP Low end, HP Mid end, dan HP High-end

Kini kamu tentu sudah lebih mengetahui beberapa aspek yang memengaruhi klasifikasi smartphone. Saatnya kita masuk ke pembahasan perbedaan antara HP Low end, HP Mid end, dan HP High end.

HP Entry Level adalah

HP Entry level (wordpress.com)

Seperti yang bisa kita tangkap dari makna istilahnya, HP Entry Levelatau Low-end adalah segmen HP yang biasanya hanya dibekali dengan spesifikasi minimum dan sekedar menjadi pengantar yang membantu pemula untuk lebih mudah mengoperasikan smartphone.

Karena diperuntukkan bagi pemula, spesifikasi yang ditanamkan pun tak terlalu canggih. Memang, kamu bisa menikmati berbagai fitur-fitur terkini; seperti 4G, RAM berkapasitas besar, serta kamera yang jumlahnya lebih dari satu.

Akan tetapi, semua spesifikasi yang ditanamkan ini nggak menjanjikan performa yang lebih maksimal. Terlebih jika kamu memiliki hobi tertentu yang berhubungan dengan dunia digital –seperti gaming atau fotografi: sangat tidak disarankan untuk menggunakan HP jenis ini sebagai perangkat utama.

HP Mid end Artinya

Daftar HP Mid end (techadvisor.co.uk)

Naik satu kelas, kita akan bertemu HP Mid end. Di pasar Indonesia, HP yang diperuntukkan mengisi kelas ini tengah meningkat. Setiap hari kita selalu bisa mendapatkan kabar peluncuran HP mid-end terbaru.

Mulai dari harga, desain, serta spesifikasi yang ditawarkan; semuanya merupakan versi lebih canggih dari kelas di bawahnya. Di samping itu, HP dari kelas mid-end biasanya memiliki kriteria tertentu.

Kriteria-kriteria tersebut yakni sudah memiliki kualitas yang lebih spesifik (entah peningkatan di bagian baterai, RAM, ROM, atau desain), menggunakan prosesor yang fokus pada fitur hemat daya, ketiadaan fitur-fitur unggulan yang kerap ditanamkan pada smartphone flagship, desain dirancang dengan penuh perhitungan, serta harga yang cukup terjangkau.

Karena kompetisi yang semakin ketat, kini lebih banyak pengguna yang mengidamkan HP mid-end. Tentu saja agar mendapat performa maksimal dan bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Apalagi dengan harga yang masih terjangkau.

Pengertian Hp Flagship

HP Flagship terbaru 2019 (teknoterupdate.com)

Menukil judul dari artikel yang diterbitkan Droidlime, kategori HP Flagship bisa bikin kamu ketagihan. Di satu sisi, pernyataan tersebut mungkin bisa dengan mudah kita amini. Pasalnya, HP Flagship biasanya dibekali dengan berbagai fitur-fitur yang sudah ditingkatan serta teknologi paling canggih –mulai dari kamera, prosesor, CPU, hingga kartu grafis.

Di sisi lain, jika kamu melihat harganya, barangkali hanya bakal membuatmu ngiler saja. Pasalnya, HP Flagship biasanya dibanderol dengan harga yang begitu tinggi. Jenis harga yang, menurut penulis, bakal memaksamu buat memikirkan ulang keputusan yang dibuat.

Sampai di sini, semoga kamu bisa lebih memahami bagaimana melakukan klasifikasi smartphone serta mengerti perbedaan HP Low end, HP Mid end, dan HP High end. Harapannya, agar kamu bisa mendapat produk yang memuaskan, dengan harga yang masih berada di jangkauan.

4.5 / 5 ( 2 votes )
A.A. Pribadi

Suka teknologi, tapi lebih suka jalan bareng calon istri~

Recent Posts

Cara Main Game PS4 di Android, Bisa Dipakai Offline dan Gratis!

Cara main game PS4 di Android berikut ini bisa jadi solusi kalo kamu pengin mencicipi…

22 jam ago

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G: Lebih Dari yang Kamu Butuhkan!

Meskipun Samsung memperkenalkannya sebagai yang paling canggih, tetap saja ada kok kelebihan dan kekurangan Samsung…

24 jam ago

Cara Memperbaiki Tombol Power HP Rusak, Langkah-Langkah Paling Mudah

Meskipun tidak semuanya, tapi ada banyak pengguna HP Android yang mengalami kendala di mana tombol…

2 hari ago

Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2: Smartphone Gaming Cuma Rp 5 Jutaan Aja!

Kini, sudah tersedia beragam pilihan ponsel yang didesain khusus untuk memuaskan hasrat dan kebutuhan para…

3 hari ago

Berkenalan dengan Fungsi RAM Pada HP, Panduan Sebelum Kamu Beli HP Baru

Banyak yang membicarakan RAM pada HP. Baik untuk ponsel Android maupun iOS. Dan perbincangan ini…

3 hari ago

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9T: Ponsel Jawara di Kelas HP 2 Jutaan!

Xiaomi Indonesia memperkenalkan Redmi 9T sebagai jagoan di kelas ponsel low-end. Membawa visi perusahaan dalam…

4 hari ago

This website uses cookies.