Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite: Berikut Ini Harga, Spesifikasi, dan Perbedaannya

Perbedaan Mi 10T vs Mi 10T Pro dan Mi 10T Lite (GSMArena)
Perbedaan Mi 10T vs Mi 10T Pro dan Mi 10T Lite (GSMArena)

Akhir bulan lalu, raksasa teknologi asal China, Xiaomi meluncurkan penerus dari seri Mi 9T yang sudah diluncurkan tahun lalu. Ya, tak lain adalah seri Mi 10T yang terdiri dari tiga perangkat: yakni Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Mi 10T Lite. Nah, kali ini penulis sudah siapkan uraian Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite. Pengin tahu?

Iterasi awalan nama yang sama dengan imbuhan berbeda di akhir serial menjadi strategi yang jamak digunakan OEM dari berbagai dunia saat ini. Di satu sisi, hal ini tentu saja bertujuan agar memberikan pilihan yang lebih banyak serta menyesuaikan budget calon pembeli.

Hanya saja, seperti kasus-kasus yang sudah lama terulang dan mungkin kamu alami, pengulangan ini pada akhirnya hanya menimbulkan kebingungan. Tak jarang, akibat kebingungan itu pula ponsel pun gagal dalam mencuri perhatian.

Tak terkecuali line up Xiomi terbaru; yakni seri Mi 10T. Menjadi penerus dari Mi 9T yang diluncurkan tahun 2019 lalu, ponsel terbaru ini diperkenalkan langsung dalam tiga seri berbeda. Antara lain Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Mi 10T Lite.

Nah, agar kamu nggak kebingungan membedakan ketiga seri HP Xiaomi terbaru ini, tim Droila sudah menyiapkan berbagai jenis informasi yang perlu kamu tahu mengenai serial Mi 10T. Mulai dari harga, spesifikasi, serta perbedaan di antara ketiganya.

Penasaran dengan hasil perbandingan Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite? Langsung cek aja uraian di bawah, ya.

Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite (Gadgets360)
Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite (Gadgets360)

Review Singkat Xiaomi Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Mi 10T Lite

Seri smartphone flagship terbaru dari Xiaomi ini terdiri dari tiga perangkat. Yakni Mi 10 Lite, versi standar Mi 10T, dan yang paling canggih adalah Mi 10T Pro.

Seperti yang bisa kita perkirakan, varian Lite dijual lebih murah dibandingkan Pro –yang mana memiliki konfigurasi spek paling tinggi di antara ketiga varian tersebut. Namun, secara keseluruhan, ketiga perangkat ini dirancang memiliki spesifikasi premium dengan harga yang nggak bikin kantong bolong.

Spesifikasi

Di bagian dapur pacu, terdapat perbedaan jelas antara seri Mi 10T dan Mi 10T Pro dengan 10T Lite. Dua varian awal ditenagai chipset high-end dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865.

Sementara itu, untuk versi Mi 10T Lite didukung chipset kelas menengah Qualcomm yang khusus untuk gaming; yakni Snapdragon 750G. Tenang aja, dalam hal tampilan gambar, ketiganya nggak terlalu berbeda.

Bahkan, ketiga perangkat ini menawarkan gambar dengan refresh rate hingga 144Hz! Spesifikasi lain dari ketiga HP Xiaomi terbaru ini yang perlu kamu ketahui yakni didukung MIUI 12, baterai berkapasitas besar.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa melihat spek detail pada tabel gambar di bawah. Atau, jika kamu kesulitan membaca tabel data, bisa kok lanjut membaca uraian perbedaan Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Mi 10T Lite di bawah.

Desain dan layar

Desain dan layar Mi 10T (Android Authority)
Desain dan layar Mi 10T (Android Authority)

Dalam hal desian, Mi 10T dan Mi 10T Pro tak ubahnya pinang dibelah dua. Selain itu, dua varian seri Mi 10T ini juga dibekali spesifikasi yang hampir serupa. Sekali lagi, hanya varian 10T Lite saja yang berbeda.

Sekilas, ketiga HP flagship Xiaomi ini memiliki desain mirip dengan Poco X3. Kamera yang dibungkus panel bundar dan punch-hole yang terletak di tengah. Bahkan, material pembungkus body pun sama! Ya, ketiganya juga dibungkus frame plastik dengan kerangka berbahan alumunium.

Baik Mi 10T dan Mi 10T Pro sama-sama dibekali layar dengan lebar 6,67 inci FHD+ dengan punch-hole yang terletak di sisi kiri atas dari layar.  Kedua seri ini juga mampu menampilkan gambar dengan refresh rate 144Hz!

Perbedaan paling besar bakal kamu temukan dari Mi 10 Lite. Meskipun varian paling murah ini memiliki spesifikasi layar yang sama, tapi untuk gambar hanya menawarkan gambar dengan refresh rate 120Hz.

Sayangnya, ketiga HP flagship dari seri T ini nggak dibekali layar OLED. Alih-alih didukung layar yang umumnya diterapkan pada banyak HP flagship, Xiaomi malah memilih panel IPS LCD.

Chipset dan Performa

Chipset dan performa Mi 10T Lite (Android Authority)
Chipset dan performa Mi 10T Lite (Android Authority)

Masuk ke bagian dalam, chipset Qualcomm Snapdragon 865 mendukung semua pengoperasian fitur pada Mi 10T dan Mi 10T Pro. FYI, chipset ini sudah mendukung koneksi 5G, lho. Alhasil, kamu nggak perlu khawatir upgrade HP ketika koneksi internet terbaru ini mulai diterapkan di Indonesia, bukan?

Nggak Cuma itu aja, dua perangkat ini juga mampu menghasilkan rekaman vide dengan kualitas 8K!

Beralih ke bagian penyimpanan, Mi 10T Pro dibekali dengan RAM 8GB serta dua pilihan ROM; yakni 128GB dan 256GB. Sedangkan varian Mi 10T Pro memiliki lebih banyak pilihan kombinasi RAM, yakni 6GB dan 8GB dengan ROM 128GB.

Kini, waktunya kita mengulas versi paling murah dari seri HP flagship Xiaomi, yakni Mi 10T Lite. Di bagian dapur pacu, perusahaan membekali 10T Lite dengan chipset kelas menengah terbaru, Snapdragon 750G. FYI, dalam hal kemampuan dan performa, hanya setingkat di bawah seri Snapdragon 765!

Kamera

Kamera Mi 10T, Mi 10T Lite, dan Mi 10T Pro (TechRadar)
Kamera Mi 10T, Mi 10T Lite, dan Mi 10T Pro (TechRadar)

Satu keunggulan utama dari Mi 10T Pro adalah konfigurasi tiga kamera berkemampuan 108MP. Sensor raksasa ini menggunakan metode pixel-binning. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan gambar yang kualitasnya setara dengan kamera piksel 27MP 1.6 micron.

Bahkan, menurut penjelasan Xiaomi, kamu juga bisa mengambil foto dengan sensor 33MP sembari merekam gambar berkualitas 8K dari perangkat. Selain itu, kamera Mi 10T Pro juga didukung sensor ultra-wide 13MP serta 5MP kamera makro. Untuk kamera selfie, kamu bisa menggunakan sensor 20MP, kok.

Kualitas tak jauh berbeda ditanamkan perusahaan pada varian Mi 10T. Perangkat ini memiliki sensor utama 64 MP dengan gambar pixel-binning 16MP. Tenang aja, perbedaan Cuma di sensor utama, kok. Soalnya, dua kamera pendukung lain sama dengan varian Mi 10T Pro.

Terakhir, sektor kamera Mi 10T Lite dibekali konfigurasi empat kamera belakang. Terdiri dari 64MP sensor utama, 8MP sensor ultra-wide, 2MP sensor makro, dan 2MP sensor kedalaman. Untuk kamera selfie menggunakan sensor 16MP.

Harga Mi 10T vs Mi 10T Pro vs Mi 10T Lite

Harga Mi 10T Lite (Phandroid)
Harga Mi 10T Lite (Phandroid)

Sayangnya, Xiaomi Indonesia belum memboyong perangkat ini ke tanah air. Ya, Xiaomi baru merilis versi internasional saja. Jadi, ada kemungkinan kalo spesifikasinya berubah karena menyesuaikan pasar tanah air.

Hanya saja, hasil penelusuran penulis dari satu website ke website lain, ada beberapa media yang sudah mencantumkan harga. Tentu saja harga versi internasional yang dikonversi ke dalam rupiah Indonesia.

Sebagai gambaran, Mi 10T dijual mulai dari 499 euro. Jika dikonversikan ke dalam rupiah menjadi Rp Rp 8,7 juta. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Cosmic Black dan Lunar Silver.

Sementara itu, Mi 10T Pro tentu saja dijual lebih mahal. Diketahui, harga Mi 10T Pro dibanderol mulai dari 599 euro (sekitar Rp 10,4 juta). Sama seperti varian Mi 10T Pro, ada dua pilihan warna yang serupa.

Dibekali spesifikasi lebih rendah tentu menjadikan harga jual Mi 10T Lite jauh lebih murah. Diketahui, harga Mi 10 Lite dibanderol mulai dari Rp 4,8 juta. Terdapat tiga pilihan warna yang disediakan perusahaan. Antara lain Rose Gold, Atlantic Blue, dan Pearl Gray.

Nah, itulah perbedaan Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Mi 10 Lite. Menurut kamu, mana nih perangkat yang paling pas dengan budget dan kebutuhan? Coba deh bagikan pendapat kalian pada media sosial Droila.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi trending hari ini dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android dan iOS, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like