Google Play Store Kini Juga Didukung Mode Gelap, Begini Cara Mengaktifkannya

Mode gelap di Play Store (Andorid Headlines)
Mode gelap di Play Store (Andorid Headlines)

Sebuah sistem aplikasi yang mendukung fitur mode gelap adalah salah satu yang paling sering diminta oleh pengguna Android dari berbagai penjuru dunia. Google pun memulai upaya keras ini dengan menambahkan mode gelap pada aplikasi Android 10 yang sudah diluncurkan akhir tahun lalu.

Untuk versi Android paling canggih, yakni Android 10, perusahaan sebelumnya sudah menambahkan mode gelap pada beberapa aplikasi; contohnya seperti Google Photos, Keep, Files, Duo, dan masih banyak lagi.

Pada bulan Oktober lalu, Google pun turut menambahkan dark mode pada aplikasi Play Store. Tapi, sekali lagi, ini untuk Android 10 saja.

Kini, agar dark mode bisa dinikmati lebih banyak pengguna, Google ternyata juga menambahkan dark mode pada Play Store untuk berbagai versi OS Android. Dilansir dari XDA-Developers, begini penjelasan lebih lengkapnya.

Mengenai Mode Gelap pada Play Store

Mode gelap di Play Store (Andorid Headlines)
Mode gelap di Play Store (Andorid Headlines)

Mengutip dari cuitan yang baru-baru ini dibagikan perusahaan, mode gelap untuk Google Play Store sudah tersedia pada semua versi Android. Kamu bisa menemukan pilihan menu dark mode pada pengaturan.

Seperti yang bisa kita lihat dari video yang dibagikan Google di atas, fitur dark mode pada Play Store ini benar-benar mengubah tampilan layar jadi lebih gelap.

Dan nggak cuma untuk halaman tertentu saja, melainkan keseluruhan tampilan aplikasi; mulai dari halaman awal, pengaturan, sampai pencarian.

Sebagaimana mode gelap yang terdapat pada Android 10, menu ini juga mengubah hasil tampilan pada halaman hasil pencarian, keterangan singkat aplikasi yang ada di daftar, hingga rating dan review pengguna.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Play Store

Untuk mengaktifkannya, mudah, kok. Dalam tutorial ini, penulis menggunakan perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Dan berdasarkan uji coba penulis, begini langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Play Store

    Cara mengaktifkan mode gelap di Play Store 0 (Dok.Istimewa)

  2. Tap ikon garis tiga vertikal yang terletak di bagian atas sebelah kiri dari layar.

  3. Tap menu Setelan

    Cara mengaktifkan mode gelap di Play Store 1 (Dok.Istimewa)

  4. Tap menu Tema

    Cara mengaktifkan mode gelap di Play Store 2 (Dok.Istimewa)

  5. Akan muncul tiga pilihan menu; yakni Terang, Gelap, dan Setel berdasarkan Penghemat Baterai.

    Cara mengaktifkan mode gelap di Play Store 4 (Dok.Istimewa)

  6. Untuk mengaktifkan mode gelap, pilih menu Gelap.

  7. Secara otomatis, tampilan layar pun akan berubah jadi gelap

    Cara mengaktifkan mode gelap di Play Store 5 (Dok.Istimewa)

Seperti yang bisa kita baca dari cuitan di atas, dark mode Play Store sudah tersedia pada semua versi Android. Dan kalo sampai perangkatmu belum memiliki mode ini, coba deh tunggu beberapa hari.

Untuk pembaca yang masih membutuhkan informasi aplikasi terbaru lainnya, jangan lupa untuk subscribe Droila, ya. Setiap hari ada beragam informasi menarik seputar teknologi, startup, games, sampai referense handphone terbaik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like