Facebook Tambahkan Fitur Hapus Pesan Otomatis untuk Messenger dan Instagram

Cara menggunakan Mode Vanish Instagram atau Messenger (Wordpress)
Cara menggunakan Mode Vanish Instagram atau Messenger (Wordpress)

Baru saja Facebook meluncurkan fitur hapus pesan otomatis untuk Messenger dan Instagram. Begini lho uraian serta cara menggunakan Mode Vanish pada Messenger atau Instagram

Semua dimulai dari keinginan sederhana: agar pengguna makin nyaman dan merasa aman selama menggunakan aplikasi. Dan berawal dari keinginan tersebut, berkembanglah beragam fitur teknologi Facebook.

Mulai dari fitur menghapus postingan lama sekaligus, menyembunyikan postingan dari orang tertentu, membatasi postingan, sampai –yang baru saja diluncurkan- menghapus pesan yang dikirimkan secara otomatis.

Memang, sekali lagi, Facebook mendapatkan tuduhan sebagai tukang tiru. Sebelumnya, fitur serupa bisa kamu temui pada aplikasi chat yang kurang populer di Indonesia; yakni Snapchat. Tapi, menurut penulis, tak perlulah kita perhatikan tuduhan tersebut.

Yang paling penting, menurut penulis, fitur terbaru Facebook yang bakal diterapkan pada Messenger dan Instagram ini sangat berguna. Bahkan, sangat penting. Bukankah kita kerap menemukan peristiwa tidak mengenakkan yang diawali dari pesan yang menyebar?

Dan berkat fitur hapus pesan otomatis Messenger dan Instagram ini pula, kamu, pengguna aplikasi bikinan Facebook, nggak perlu khawatir merasakan hal serupa. Pengin tahu lebih lengkap mengenai fitur Facebook terbaru ini?

Mode Vanish Facebook (XDA-developers)
Mode Vanish Facebook (XDA-developers)

Mode Vanish: Hapus Chat Otomatis di Messenger dan Instagram

Kamu sudah bisa menggunakan fitur terbaru Facebook ini. Dua hari yang lalu, Facebook memperkenalkan Mode Vanish. Fitur ini merupakan bagian dari upaya Facebook untuk mendesain ulang Messenger, sesuai pengumuman perusahaan pada awal Oktober lalu.

Hadir untuk pengguna aplikasi Messenger dan Instagram, Mode Vanish adalah fitur penghapus pesan atau chat secara otomatis. Alhasil, pengguna bebas mengirimkan teks, foto, video, pesan suara, emoji, atau stiker yang bakal terhapus secara otomatis.

Menurut penjelasan perusahaan, pesan tersebut bakal terhapus secara otomatis jika kamu menghapus pesan. Jadi, kamu nggak perlu lagi menarik pesan yang sudah terkirim lalu menghapus percakapan – seperti langkah sebelumnya jika ingin menghapus pesan, bukan?  

Sebenarnya, ini bukanlah fitur baru yang diperkenalkan Facebook. Sebelumnya, Instagram sudah lebih dulu menerapkannya. Bukankah setiap kamu mengirimkan foto atau video, file tersebut bakal langsung terhapus jika sudah dilihat pengguna? Kamu pernah menemukan hal tersebut, bukan?

Akan tetapi, untuk aplikasi Messenger, kemunculan Mode Vanish merupakan hal yang benar-benar baru. Yang, menurut Marketing Facebook, bisa jadi cara baru yang menyenangkan dalam berbagi file atau informasi tanpa membutuhkan perhatian khusus.

Perlu diketahui, Mode Vanish hanya bisa berjalan jika pengguna mengaktifkannya. Artinya, kamu perlu memberi ijin aplikasi untuk menjalankan fitur secara otomatis. Dan kalo pengguna mengambil tangkapan layar dari percakapanmu, aplikasi bakal memberikan pemberitahuan.

Nantinya, percakapan tersebut bisa dilaporkan ke pihak keamanan Facebook.

Mode Vanish pada Instagram (XDA-Developers)
Mode Vanish pada Instagram (XDA-Developers)

Cara Mengaktifkan Mode Vanish pada Messenger dan Instagram

Untuk menggunakan mode ini mudah, kok. Kamu bisa langsung masuk ke halaman DM (Direct Message) dari masing-masing aplikasi. Lalu usap layar dan pilih pesan mana yang ingin dihapuskan.

Sementara itu, untuk mengaktifkannya, cukup masuk ke Pengaturan Aplikasi lewat chat pribadi atau grup yang kamu miliki. Setelah itu, kamu akan melihat Mode Vanish pada menu pop-up.

Dan seperti sudah disinggung di atas, fitur ini sudah tersedia untuk pengguna dari berbagai negara. Cukup perbaru aplikasi, maka kamu bisa langsung memanfaatkan fitur ini.

Jangan sampai lewatkan beragam informasi terupdate seputar software Android atau iOS dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terbaru seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android atau iOS serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like