Berbagai Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang One UI 3.0 Samsung: Fitur Anyar, Jadwal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Dapat Jatah Pembaruan

One UI 3.0 Samsung (SamMobile)
One UI 3.0 Samsung (SamMobile)

Pada bulan Desember lalu, Samsung akhirnya merilis pembaruan UI Customization yang dikembangkannya. Versi One UI 3.0 sudah tersedia untuk beberapa jenis HP Samsung Galaxy. Bagi penggemar, wajib ketahui apa itu One UI 3.0 Samsung. Mulai dari fitur, jadwal pembaruan, serta daftar perangkat yang dapat jatah pembaruan. Mau tahu?

UI Customization punya Samsung ini dikembangkan berdasarkan Android 11. Bisa dibilang, ini adalah versi UI customization teranyar yang ditawarkan perusahaan. Dan di dalamnya, kamu bisa menemukan beragam pembaruan; mulai dari fitur hingga beberapa desain menarik yang bikin tampilan layar makin menawan.

Nah, untuk pengguna yang sedang harap-harap cemas menantikan pembaruan UI Customization ini, tim Droila sudah rangkumkan berbagai informasi seputar UI 3.0 Samsung. Langsung cek aja uraian di bawah, ya

One UI 3.0 (GadgetHacks)
One UI 3.0 (GadgetHacks)

Desain yang Sudah Ditingkatkan

Bisa dibilang kalo One UI 2.5 merupakan versi latihan dari Samsung. Soalnya, tidak ada perubahan yang begitu signifikan antara versi lapisan ini dengan versi milik Android.

Namun, nuansa yang segar dan berbeda bisa kamu temukan pada One UI 3.0. Akhirnya, perusahaan bisa menanamkan perubahan besar pada UI customization. Menjadikan beragam fitur terasa lebih modern dan ramping.

Beberapa perubahan penting termasuk perombakan bayangan pemberitahuan, pemosisian ulang kontrol volume, serta penyesuaian layar kunci. Sementara itu, kamu masih bisa mendapatkan tampilan serta nuansa versi Samsung. Baik pada Galeri, Telepon, Kontak, hingga Pesan.

Banyak pengguna mengakui jika Samsung menawarkan tampilan yang lebih halus pada One UI 3.0. Perusahan sadar kebutuhan pengguna akan kecepatan. Sehingga beragam fitur dirancang lebih ramping. Selain itu, sedikit perubahan dilakukan demi meningkatkan pengalaman pengguna untuk layar yang lebih tinggi.

Tampilan OneUi 3.0 (SamMobile)
Tampilan OneUi 3.0 (SamMobile)

Fitur One UI 3.0 Samsung

Sebagai perbandingan, One UI 2.5 tidak memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, cenderung tidak ada penambahan fitur apa pun yang membuatnya berbeda dengan lapisan antarmuka milik Android.

Pada One UI 3.0, Samsung memperkenalkan beragam fitur anyar. Sehingga menjadikan lapisan antarmuka ini memiliki performa lebih unggul ketimbang versi Android.

Contohnya seperti fitur mematikan layar dengan mengetuk dua kali pada layar Home. Sementara itu, fitur layar kunci Dynamic Lock sudah mendukung lebih banyak kategori yang bisa ditampilkan. Pula pengguna juga bisa menyesuaikan layar panggilan.

Sisi kamera juga tidak luput dari peningkatan. One UI 3.0 dibekali fitur Auto Focus (AF) serta penyesuaian eksposur secara otomatis. Kedua fitur tersebut sudah ditingkatkan ketimbang versi sebelumnya.

Di samping itu, perusahaan juga menambahkan fitur stabilisasi. Sehingga memungkinkan ponsel Galaxy yang dibekali zoom tingkat tinggi bisa mendapatkan gambar yang lebih jernih ketika mengambil objek dari jarak jauh.

Tak hanya itu, masih ada fitur edit foto bawaan. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengembalikan gambar yang sudah diedit ke versi asli. Tambahan fitur yang sangat bermanfaat, bukan?

Fitur One UI 3.0 (SamMobile)
Fitur One UI 3.0 (SamMobile)

Kapan One UI 3.0 Mulai Dirilis?

Samsung sudah mengkonfirmasi bahwa deretan Galaxy S20 series bakal jadi produk pertama yang mendapat pembaruan Android 11 tahun lalu. Diperkirakan, seri smartphone flagship Samsung tersebut juga bakal jadi yang pertama mencicipi fitur canggih milik One UI 3.0.

Memang, perusahaan sudah meluncurkan One UI 3.0 ke pengguna seluruh dunia pada bulan Desember 2020 lalu. Saat itu, perangkat yang berhak mendapat pembaruan UI antarmuka ini masih sangat terbatas.

Menurut perusahaan, setiap perangkat Samsung Galaxy yang sudah mendukung pengoperasian Android 11 berhak mendapat dukunga One UI 3.0. Sayangnya, seperti kita tahu, perangkat Samsung Galaxy yang sudah menjalankan Android 11 masih terbatas.

Jadwal Pembaruan One UI 3.0

Seperti sudah disinggung di atas, perusahaan menegaskan bahwa hanya ponsel terpilih saja yang mendapatkan jatah pembaruan One UI 3.0. Beruntungnya, Samsung sudah merilis jadwal pembaruan One UI 3.0.

Dari jadwal tersebut, kita juga bisa mengetahui berapa banyak jenis HP Samsung Galaxy yang berhak mendapatkan pembaruan. Lebih lengkap, berikut ini jadwalnya:

Desember 2020
– Galaxy S20
– Galaxy S20 Plus
– Galaxy S20 Ultra

Januari 2021

– Galaxy S10- Galaxy S10 Plus
– Galaxy Note10
– Galaxy Note10 Plus
– Galaxy S10 Lite
– Galaxy Z Flip
– Galaxy Z Fold 2
– Galaxy Note20
– Galaxy Note20 Ultra

one ui 3.0 android 11 (SamMobile)
one ui 3.0 android 11 (SamMobile)

Februari 2021

– Galaxy Fold

Maret 2021

– Galaxy M30s
– Galaxy A51
– Galaxy Note10 Lite
– Galaxy M31
– Galaxy M21
– Galaxy Tab S7

April 2021

– Galaxy A50
– Galaxy M51

Mei 2021

– Galaxy A70
– Galaxy A80
– Galaxy Tab S6
– Galaxy A71
– Galaxy A31
– Galaxy A21s
– Galaxy Tab S6 Lite

Fitur fotografi One UI 3.0 (SamMobile)
Fitur fotografi One UI 3.0 (SamMobile)

Juni 2021

– Galaxy Tab A
– Galaxy A01
– Galaxy A01 Core
– Galaxy A11
– Galaxy M11

Juli 2021

– Galaxy A30
– Galaxy Tab S5e

Agustus 2021

– Galaxy A10
– Galaxy A10s
– Galaxy A20
– Galaxy A20s
– Galaxy A30s
– Galaxy Tab A 10.1
– Galaxy Tab Active Pro

September 2021

– Galaxy Tab A 8 (2019)

Ya, total terdapat 43 perangkat Samsung Galaxy yang akan mendapat pembaruan One UI 3.0 Samsung selama tahun 2021. Jadi, buat kamu yang belum dapat, harap sabar menunggu dulu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like