Review Oppo A12 Harga dan Spesifikasi: HP Oppo RAM 4GB Dibawah 3 Juta Terbaik Untukmu

Unboxing Oppo A12 (InfoFull)
Unboxing Oppo A12 (InfoFull)

Persaingan HP entry-level semakin ketat. Bulan lalu, perusahaan kawakan asal China, Oppo, merilis HP terbaru untuk mengisi kompetisi di segmen ini. Diberi nama Oppo A12, produk terbaru ini hanya dibanderol Rp 2 jutaan saja. Dan tak salah jika seri ini menjadi salah satu HP Oppo RAM 4GB dibawah 3 juta yang terbaik untuk pembaca. Mau tahu alasannya? Simak uraian review Oppo A12 harga dan spesifikasi di bawah ini, ya.

Tampaknya, Oppo nggak main-main dalam merancang strategi untuk menguasi lini HP kelas bawah. Betapa tidak, belum ada tiga bulan sejak peluncuran Oppo A31, perusahaan yang produknya populer dengan keunggulan di bidang kamera selfie ini memperkenalkan HP terbarunya (lagi).

Bukan tanpa sebab tentunya. Kita juga bisa melihat beberapa faktor yang menjadikan perusahaan terlihat getol mengeluarkan produk HP murah. Salah satunya tentu saja pertimbangan pasar. Sudah jadi rahasia umum, HP China murah begitu merajai pasar Indonesia.

Source: StatCounter Global Stats – Device Vendor Market Share

Sudah ada banyak lembaga riset pasar yang mengeluarkan hasil penelitiannya. Salah satunya adalah Statcounter Global Stats. Berdasarkan data penjualan smartphone di Indonesia sejak bulan April 2019 hingga April 2020, Samsung memang masih menjadi yang pertama. Sedangkan Xiaomi menempati peringkat kedua.

Sementara itu, penjualan Oppo terlihat mulai meningkat sejak bulan November 2019. Jika kita mengulik ke belakang, peluncuran HP murah Oppo sejak awal tahun 2019 mulai menampakkan akibatnya. Selain itu, faktor peningkatan kemampuan untuk smartphone flagship Oppo pun jadi faktor lain yang patut dipertimbangkan.

Berbekal uraian di atas, tentu kita, pengguna dan penggemar setia, layak berharap banyak untuk seri Oppo A12. Baru saja diluncurkan bulan lalu, HP Oppo RAM 4GB dibawah 3 juta ini layak disebut yang terbaik di kelasnya. Mau tahu apa saja alasannya? Berikut uraian review Oppo A12 harga dan spesifikasi terbaru.

Review Oppo A12 (Gizmologi)
Review Oppo A12 (Gizmologi)

Oppo A12 Harga dan Spesifikasi

Ingin memberikan produk dengan kemampuan kamera menawan namun harganya terjangkau. Itulah visi yang ditanamkan perusahaan dari HP Oppo harga 2 jutaan ini. Dan hal itu pula yang dismapaikan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kala sesi jumpa pers online di Jakarta (21/04/2020).

“Kehadiran Oppo A12 ditujukan untuk merangsang konversi pengguna feature phone agar mereka dapat merasakan kecanggihan teknologi ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Aryo seperti dilansir dari Gizmologi, Jumat (8/05/2020).

Lalu, bagaimanakah spek Oppo A12 sehingga diklaim mampu mewujudkan visi tersebut? Simak uraian di bawah, ya.

Desain, Display, dan Kamera

oppo a12 harga (HarapanRakyat)
oppo a12 harga (HarapanRakyat)

Dari sisi desain, tak ada perbedaan yang kentara antara Oppo A12 dengan produk seri A yang lain. Display menerapkan layar IPS LCD dengan lebar 6,22 inci. Ada hiasan notch berkonsep dewdrop yang juga menjadi wadah dari kamera selfie berkemampuan 5MP.

Layar tersebut mampu menampilkan gambar beresolusi 720 x 1520 piksel. Sementara itu, rasio layar ke body pun terbilang tipis, yakni 82,0%. Hasilnya, bezell nggak terlalu kentara dan tampilan layar bisa lebih lapang. Tak ketinggalan masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3, bray!

Bagian body belakang menggunakan material polikarbonat. Oleh perusahaan, body belakang dihiasai dengan rancangan diamond-cut atau disebut 3D Diamond design. Tekstur khusus yang diterapkan membuat HP lebih mantab di genggaman. Ya, nggak terasa licin, kok.

Fitur unggulan Oppo A12 (Oppo)
Fitur unggulan Oppo A12 (Oppo)

Di atas logo Oppo, terdapat sensor sidik jari. Sedangkan dua kamera utama dibungkus modul yang terletak di ujung perangkat. Kamera utama tersebut masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa wide dan 2MP sensor kedalaman.

Tentu saja perusahaan nggak lupa menyertakan beragam fitur-fitur fotografi unggulannya. Contohnya, seperti mode panorama, potret, AR stickers, hingga mode profesional. Dengan begitu, pengguna pun bebas berkreasi menggunakan kamera dari HP Oppo RAM 4GB harga dibawah 3 juta ini.

Dapur pacu dan Fitur Unggulan Lainnya

HP Oppo A12 (Tagar)
HP Oppo A12 (Tagar)

Bagian hardware pun nggak boleh disepelekan. HP Oppo murah ini mengandalkan chipset kelas menengah MediaTek MT6765 Helio P35. Di samping itu, masih ada dukungan GPU PowerVR GE8320. Dikombinasikan dengan RAM 4GB dan ROM 64GB tentu menjadi jaminan kalo perangkat ini bakal bisa kamu gunakan untuk berbagai kegiatan, bukan?

Ya, baik itu untuk gaming, streaming, atau vlogging –Oppo A12 siap menemani penggunannya. Terlebih, daya tahan panjang berkat penggunaan baterai berkapasitas 4230 mAh tentu jadi satu daya tarik yang nggak boleh dilewatkan.

Menjalankan sistem operasi Android 9.0 begitu kamu mengaktifkannya, Oppo A12 menjanjikan kenyamanan penuh nuansa canggih yang tentu saja menggoda. Terakhir, terdapat dukungan fitur pengaman berupa face unlock, lho. Makin terasa canggih kan akhirnya?

Oppo A12 Harga Terbaru

Desain body Oppo A12 (Era)
Desain body Oppo A12 (Era)

Diluncurkan awal bulan April lalu, perusahaan membanderol HP Oppo terbaru ini dengan harga Rp2,499 juta saja. Tentu harga yang masih terbilang wajar jika mempertimbangkan spesifikasi serta fitur-fitur yang ditawarkan.

Namun, kini kamu bisa sedikit bernafas sedikit lega. Soalnya, sudah ada banyak pilihan yang tersedia di berbagai platform e-commerce. Maka, untuk kamu yang penasaran dengan harga Oppo A12 terbaru, langsung cek aja ya di salah satu toko online di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12

Tabel spesifikasi Oppo A12 dan harga terbaru (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi Oppo A12 dan harga terbaru (Dok.Istimewa)

Ada banyak hal yang bisa kita catat untuk mendeskripsikasn HP Oppo terbaru ini. Tapi, tentu saja terkesan berlebihan jika hanya fokus pada sisi kelebihan. Ya, mengetahui kelemahan adalah salah satu hal penting dan perlu kamu lakukan. Dan supaya kamu nggak perlu pindah ke lain tempat, tim Droila sudah merangkumkan kelebihan dan kekurangan Oppo A12 ini.

Kekurangan Oppo A12

Spesifikasi Oppo A12 (Kompas)
Spesifikasi Oppo A12 (Kompas)

Agar lebih jelas, kekurangan ini penulis dapat dengan cara membandingkan Oppo A12 dengan HP yang harganya setara dari perusahaan lain. Dan ada beberapa hal yang wajib kamu jadikan catatan.

Pertama adalah soal layar. Untuk HP harga 2 jutaan, terasa agak kurang tentunya jika hanya mampu menampilkan gambar beresolusi HD+ atau 720 x 1560 piksel saja. Meskipun dari sisi kerapan memang lebih tinggi dari Oppo A31 (yakni 276 ppi), tapi tentu terasa sekali kekurangannya kalo kamu sebelumya pakai HP yang menggunakan layar Full HD.

Kedua yakni persoalan fitur fast charging. Tentu saja bakal jadi gangguan tersendiri kalo kamu mengisi HP dari kondisi lowbat. Soalnya, butuh waktu 2-2,5 jam untuk mengisi baterai berkapasitas 4.230 mAh ini sampai 100%!

Kelebihan Oppo A12

Oppo A12 warna hitam (Tokopedia)
Oppo A12 warna hitam (Tokopedia)

Masalah kelebihan, selebihnya hanyalah rangkuman dari uraian di atas. Tapi, agar pembaca lebih memahami daya tarik utama HP Oppo RAM 4GB harga dibawah 3 juta ini, berikut uraian poin per poinnya.

Pertama yakni desain yang dijamin nyaman. Seperti sudah disinggung di atas, perusahaan menerapkan desain 3D Diamond-cut. Hasilnya, genggaman jadi makin mantab. Kamu pun nggak perlu khawatir HP terjatuh ketika beraktifitas di luar, bukan?

Kedua yakni performa chipset MediaTek Helio P35 yang terkenal bersaing. Konfigurasi delapan inti (octa-core) berkecapatan 2,3GHz membuatnya nggak kalah kok ketika bersaing dengan Snapdragon 660. Memang, dalam hal popularitas, masih kalah dengan Snapdragon 665, tapi MediaTek Helio P35 bisa jadi pilihan terbaik untuk kelas di bawahnya.

Nah, itulah review Oppo A12 versi tim Droila. Jadi, untuk pembaca yang sedang mencari HP Oppo RAM 4GB harga dibawah 3 juta, bisa lho menjadikan produk ini sebagai salah satu pilihannya.

Jangan sampai ketinggalan beragam referensi handphone terbaik dari Droila setiap harinya. Cukup tekan tombol subscribe yang terletak di sisi kanan atas dari layar kalian, maka kamu bakal mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, aplikasi, games, startup, serta tutorial yang menarik diikuti.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like