Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengaktifkan HP dengan NFC

Hp dengan fitur NFC (Kompas)
Hp dengan fitur NFC (Kompas)

Entah kamu sadari atau nggak, banyak ulasan HP yang terkadang menyertakan fitur NFC. Bagi yang sudah tahu, penyebutan tersebut tentu nggak jadi soal. Sebaliknya, bakal membingungkan bagi yang nggak mengetahuinya. Nah, kali ini, tim Droila bakal mengulik lebih dalam mengenai HP dengan NFC. Mulai dari apa itu NFC, fungsi, cara kerja, serta cara mengaktifkannya di HP.

Teknologi informasi semakin berkembang. Dari yang semula manusia membutuhkan bunyi kentongan untuk mengabarkan informasi ke tempat jauh, kini kamu cukup buka Google atau media sosial saja. Ya, semua jenis informasi bisa kamu temukan lewat internet.

Meskipun teknologi terkini bisa memungkinkanmu menyebarkan informasi secara cepat dan masif, bukan berarti pengembannya terhenti. Bentuk secara metode penyebaran informasi senantiasa diperbarui. Dan teknologi anyar yang kini mulai diterapkan pada HP Android maupun iOS adalah fitur NFC.

Berbeda dari teknologi sejenis lain, fitur NFC memungkinkan dua perangkat saling berbagi informasi dari jarak dekat dalam jaringan tertutup dan aman. Dan penerapan yang paling jamak bisa kamu temukan dari pembayaran digital –misal Google Pay atau dompet digital lainnya.

Gayung bersambut, kini kamu sudah bisa menemukan banyak HP dengan NFC dari berbagai vendor. Nah, agar kamu nggak luput dalam memanfaatkan fitur HP canggih ini, tim Droila sudah siapkan pengertian, fungsi, serta cara mengaktifkan pada HP yang tersedia fitur NFC. Scrolling terus, ya!

Cara kerja fitur NFC pada HP (AndroidPIT)
Cara kerja fitur NFC pada HP (AndroidPIT)

Apa Itu Fitur NFC?

NFC merupakan singkatan dari Near-Field Communication. Seperti yang tersirat dari namanya, Lebih lengkap, fitur NFC adalah fitur komunikasi yang memungkinkan smartphone, tablet, laptop, dan perangkat lain untuk saling berbagi data dengan perangkat lainnya yang juga memiliki teknologi ini.

Sebelum dikenal sebagai NFC, fitur ini dikembangkan dari teknologi Radio-Frequency Identification (RFID). FYI, teknologi RFID sering kamu temui dari kunci pintu kartu. Hanya saja, NFC lebih terbatas jangkauannya –cuma empat inci aja!

Akan tetapi, untuk pengguna handphone keterbatasan jarak tersebut jadi keunggulan tersendiri. Soalnya, menawarkan kemudahan pembayaran atau transaksi digital serta memiliki keamanan yang lebih tinggi dibanding metode pembayaran digital lain.

Di samping itu, NFC mampu mengirim lebih banyak jenis data dibandingkan RFID. Ya, kamu bisa mengirimkan data dalam bentuk video, informasi kontak, atau foto!

Fungsi fitur NFC (AndroidPIT)
Fungsi fitur NFC (AndroidPIT)

Bagaimana Cara Kerja HP dengan NFC?

 Nggak seperti bluetooth, NFC nggak membutuhkan tindakan manual untuk memasangkan dua perangkat agar bisa mengirimkan data. Pakai NFC, koneksi antara dua perangkat otomatis tercipta ketika saat dua perangkat masuk dalam radius pengiriman. Lebih spesifikasi, saat dua perangkat berjarak 4 inci saja.

Dan begitu masuk ke dalam jarak tersebut, dua perangkat bakal langsung ‘berkomunikasi’ bisa bertukar data. Kemudahan itulah yang menjadikan NFC sebagai salah satu metode pengiriman data paling populer saat ini –dibandingkan melalui bluetooth atau transfer manual lewat Wi-Fi serta kabel data.

Fungsi Fitur NFC pada HP (AndroidPIT)
Fungsi Fitur NFC pada HP (AndroidPIT)

Fungsi Fitur NFC

Setelah kamu tahu apa itu NFC serta cara kerja HP NFC, kini saatnya mengulas beragam fungsi fitur NFC. Merangkum dari Digital Trends, begini lho macam-macam fungsi fitur NFC.

Mobile Payment

Di Indonesia, Mobile Payment sudah bukan hal yang asing lagi. Apalagi kalo kamu tinggal di kota besar, kebiasaan membawa uang tunai sudah ditinggalkan banyak orang.

Ya, sebagian besar dari kita kini lebih nyaman untuk menggunakan layanan Mobile Payment. Dan beruntungnya, ada banyak instansi penyedia layanan ini. Sebut saja Dana, Jenius, Gopay, sampai Ovo.

Kemudahan dan praktis jadi dua nilai tawar yang sulit dihindari. Bagaimana tidak, kamu nggak perlu repot bawa dompet agar bisa belanja berbagai kebutuhan. Cukup arahkan kamera ke kode QR saja, maka pembayaran pun selesai dilakukan.

Berbagi Data Lebih Mudah

Nggak seperti Apple yang memiliki Airdrop, pengguna Android cenderung kesulitan saat berbagi data antara dua perangkat. Jika nggak melalui bluetooth, yang mengharuskanmu melewati serangkaian proses rumit ketika pairing dua perangkat, maka kamu bakal mengirimkan lewat aplikasi chat –seperti WA atau Telegram.

Padahal, sebenarnya, dua metode tersebut terbilang metode yang lambat. Terutama kalo kamu mulai menggunakan fitur NFC kala berbagi data. Melalui fitur NFC pada handphone, kamu bisa merasakan bagaimana bertukar data tanpa ribet dan Cuma membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Gelang NFC

Di Indonesia, gelang NFC mungkin masih terdengar asing. Padahal, di luar negeri, gelang ini sudah jamak digunakan banyak orang. Soalnya, kamu bisa memberi perintah tertentu pada perangkat hanya melalui satu ketukan saja.

Contohnya, saat kamu bangun di pagi hari, kamu ingin menyambungkan HP dengan Wi-Fi dan perangkat smarthome lain. Cukup ketuk gelang NFC, secara otomatis HP milikmu bakal tersambung. Semudah itu!

Cara mengaktifkan fitur NFC (AndroidPIT)
Cara mengaktifkan fitur NFC (AndroidPIT)

Cara Mengaktifkan Fitur NFC

Kini, kamu pasti penasaran dan pengin tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur NFC, bukan? Nah, tenang aja. Penulis sudah siapkan cara mengaktifkan fitur ini pada HP Android dan iPhone. Langsung scrolling aja, ya.

Mengaktifkan NFC di Android

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengaktifkan NFC di HP Android. Hanya saja, tim Droila pilihkan satu yang paling mudah diikuti. Lebih jelas, begini lho langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Pilih menu Pengaturan Lain
  3. Scrolling ke bawah sampai kamu menemukan menu NFC
  4. Catatan, di beberapa seri HP Android, fitur ini berada di menu Pengaturan Jaringan atau Networks. Jadi, kalo nggak menemukannya di menu Pengaturan Lain, kamu tahu harus pindah ke mana, kan?
  5. Masuk ke menu Berbagi dan Hubungkan
  6. Kemudian, aktifkan NFC dengan cara menggeser toogle jadi ON.

Aktifkan NFC di iPhone

Aplikasi GoToTags (App Store)
Aplikasi GoToTags (App Store)

Memang, Apple sudah lebih dulu menerapkan fitur NFC pada perangkatnya. Berdasarkan penelusuran, iPhone sudah bisa menggunakan fitur ini sejak seri iPhone 6. Hanya saja, Apple membatasinya agar bisa digunakan pada Apple Pay saja.

Akan tetapi, perusahaan pun mulai mengembangkan layar. Pada iOS 11, Apple pun akhirnya memutuskan untuk membuka blokir dan membebaskan perangkat apa pun dan layanan manapun tersambung dengan perangkat via NFC.

Sayangnya, kamu perlu mengunduh aplikasi GoToTags via App Store. Dengan begitu, kamu bisa menikmati layanan transfer data lewat NFC.

Sampai di sini, berarti tuntas sudah uraian kali ini mengenai HP dengan NFC. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, bisa kok sampaikan pada penulis lewat Facebook Droila.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi teknologi terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terlengkap seputar teknologi, gadgets, games, software, dan rekomendasi handphone terbaik setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like