Perbandingan iOS vs Android, Apa yang Cocok Untukmu di Tahun 2021?

Perbedaan hardware Android dan iPhone (Medium)
Perbedaan hardware Android dan iPhone (Medium)

Saat pertama kali beli HP, menentukan pilihan tentu bukan persoalan yang gampang. Brand HP terbaik adalah satu soal. Sedangkan persoalan lain yakni menentukan antara beli HP Android atau iPhone. Agar kamu nggak menyesali pilihan pertama, kenali perbandingan iOS vs Android aja, ya.

Sebelumnya, jangan salah sangka terlebih dulu. Android dan iOS bukanlah jenis HP. Bukan merk dari HP sebagaimana Samsung, Vivo, Realme, Xiaomi, atau iPhone.

iOS dan Android adalah sebuah sistem operasi (OS). FYI, iOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Biasanya sistem operasi ini dipakai untuk menjalankan iPhone atau iPad. Sedangkan Android merupakan OS bikinan Google.

Bagi kamu yang belum mengetahui, sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak(software) sebagai berjalan di latar belakang dari program komputer.

Dan hingga kini, perdebatan Android vs iPhone tak ada habisnya. Masing-masing penggemar memiliki argumen yang diambil berdasarkan pengalaman serta sudut pandangnya.

enakan pake iphone atau android (SmartHerd)
enakan pake iphone atau android (SmartHerd)

Lalu, iPhone vs Android Bagus Mana?

Penulis mengakui jika memilih di antara kedua sistem operasi (OS) memiliki tantangan yang cukup besar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi, berdasarkan perbandingan iOS vs Android yang dilakukan penulis secara langsung, memang ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Baca uraian di bawah untuk mempelajari  lebih lanjut mengenai perbedaan tersebut. Setelah itu, kamu baru bisa menentukan, enakan pake iPhone atau Android.

Hardware: Pilihan vs Polesan

iphone vs android bagus mana (DigitalTrends)
iphone vs android bagus mana (DigitalTrends)

Pembeli HP baru sekarang kian cerdas. Yang pertama kali dilihat nggak lagi desain, melainkan komponen hardware yang digunakan. Dan hardware pula yang pertama kali menegaskan perbedaan antara iPhone dan Android.

Hanya Apple yang mengembangkan iPhone. Alhasil, perusahaan memiliki kontrol penuh atas kinerja software dan hardware. Di sisi lain, Google menawarkan OS Android kepada banyak manufaktur. Termasuk di antaranya Samsung, Xiaomi, Realme, hingga Oppo.

Oleh karena itu, HP Android cukup variatif; mulai dari ukuran, berat, fitur dukungan, hingga kualitas. Dalam hal dukungan komponen, kedua perangkat cukup berimbang. Masing-masing memiliki kelebihannya untuk dipertimbangkan.

Pemenang: Seri

Pembaruan OS

Aplikasi iPhone vs Android (YouTube)
Aplikasi iPhone vs Android (YouTube)

Kalo kamu pengin selalu mendapatkan OS versi terbaru dan canggih, belilah iPhone. Soalnya, beberapa OEM Android cukup lambat dalam memperbarui sistem operasi yang ditanamkan pada perangkat. Bahkan, ada pula beberapa seri HP yang nggak mendapat pembaruan sama sekali.

Ya, yang mengatur pembaruan OS adalah pembuat HP, bukan pengguna.

Memang, HP iPhone lawas memang nggak mendapat pembaruan OS dari Apple. Tapi, harus diakui, sekalipun menggunakan OS versi lawas, iOS tetap lebih mumpuni dibandingkan Android.

Pemenang: iPhone

Aplikasi: Seleksi vs Kontrol

Pembaruan OS (YouTube)
Pembaruan OS (YouTube)

Toko aplikasi Apple, App Store, menawarkan aplikasi lebih sedikit dibandingkan Google Play. Sekira 1,8 juta vs 2,8 juta aplikasi per Desember 2020 –berdasarkan data yang dihimpun tim Lifewire.

Apple dikenal ketat dalam memberikan ijin peluncuran aplikasi. Sementara standar Android cukup cari. Meskipun kontrol Apple terbilang ketat, langkah tersebut dilakukan demi mencegah situasi yang tak diinginkan –seperti kasus yang pernah dialami Google Play dimana aplikasi WhatsApp palsu diunduh sebanyak 1 juta kali.

Padahal, itu bisa jadi ancaman siber yang cukup serius bagi pengguna. Jadi, menurut penulis, perbandingan iOS vs Android dalam hal pilihan aplikasi, masih dimenangkan oleh iPhone.

Pemenang: iPhone

iOS vs Android untuk Gaming

Perbedaan gaming dari Android vs iPhone (YouTube)
Perbedaan gaming dari Android vs iPhone (YouTube)

Dulu, game mobile didominasi oleh Nintendo 3DS dan Sony Playstation Vita. Kehadiran iPhone mengubah kondisi tersebut.

Hingga kini, iPhone dan iPod touch masih jadi pemain penting dalam pasar video game mobile –dengan lebih dari 10 ribu pilihan game yang tersedia dan jutaan pemain. Dan pertumbuhan iPhone sebagai platform gaming membuat beberapa pengamat menyatakan kalo Apple memimpin platform tersebut.

Integrasi yang cukup ketat antara hardware dan software milik Apple mendukung teknologi game canggih. Sehingga, memainkan game di HP iPhone pun jadi lebih kencang, layaknya bermain lewat laptop.

Memang, Android juga memiliki beberapa ponsel unggulan bagi para pecinta game. Tapi, itu hanya seri tertentu saja. Untuk HP Android low-end atau basic mid-end, biasanya dibekali spesifikasi pas-pasan yang kurang mendukung performa gaming.

Alhasil, kamu harus jeli memilih dan mencari rekomendasi handphone terbaik agar mendapatkan HP Android yang pas untuk gaming. Cukup memakan waktu, bukan? Padahal, kalo beli iPhone, tinggal pilih seri, lalu beli. Sesederhana itu.

Pemenang: iPhone

Keamanan: Nggak Perlu Ditanyain Lagi, Deh

Perbandingan iOS vs Android (TomsGuide)
Perbandingan iOS vs Android (TomsGuide)

Kalo kamu peduli dengan keamanan ponsel, hanya satu pilihannya: iPhone. Ada banyak alasan dan terlalu panjang untuk dijelaskan secara mendetail.

Sedangkan untuk versi pendek, ada dua fakta yang bisa kamu jadikan pertimbangan:

  1. Dalam sebuah penelitian, 97% malware, virus, dan bentuk ancaman digital lain cuma ditemukan pada Android. Dalam penelitian tersebut, 0% menyerang HP iPhone.
  2. CEO Sundar Pichai menyampaikan via NetworkWorld kalo Android nggak didesain untuk aman.

Ya, dua fakta di atas cukup menjelaskan segalanya. Dan meskipun Android selalu menekankan adanya peningkatan komponen keaman dalam setiap versi OS terbaru, banyak pihak mengakui kalo iPhone tetap selangkah di depan.

Pemenang: iPhone

Harga: Cari yang Murah atau Mahal?

Perbandingan harga iPhone vs Android (PCWorld)
Perbandingan harga iPhone vs Android (PCWorld)

Bagi sebagian besar pembeli, harga merupakan faktor penting dalam menentukan pilihan. Dan jika harga selalu kamu jadikan bahan pertimbangkan, pililhlah HP Android.

Kini, sudah tersedia banyak sekali pilihan HP Android di pasar. Yang murah banget di bawah 1 juta, sampai yang paling mahal dengan harga puluhan juta. Semua ada, tersedia, dan bisa kamu bawa pulang saat itu juga.

Sementara itu, HP iPhone termurah cuma iPhone SE (review). Menilik laman resmi Apple Indonesia, harga iPhone SE terbaru dengan memori internal 64GB dibanderol Rp 7,5 juta.

Pemenang: Android

Setelah membaca perbandingan iOS vs Android di atas, keputusan akhir tetap kembali pada calon pembeli. Harus diakui, keputusan akhir nggak sesederhana dari penentuan pemenang berdasarkan penilaian yang dilakukan penulis di atas.

Bagaimanapun, masing-masing pengguna memiliki preferensi dan selera. Selain itu, jenis aktivitas harian serta budget yang disediakan juga turut menentukan. Jadi, semoga uraian di atas bisa membantumu dalam memilih, ya.

1/5 - (1 vote)
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like