BerandaGadgetsHandphonePerbandingan iPhone XR vs XS: Perbedaan, Spek, & Harga Terbaru 2022

Perbandingan iPhone XR vs XS: Perbedaan, Spek, & Harga Terbaru 2022

Serupa tapi tak sama. Apalagi, iPhone XR dan iPhone XS juga diluncurkan hampir bebarengan -dengan harga yang tak jauh berbeda. Lantas, gimana perbandingan iPhone XR vs XS? Penasaran? Simak penjelasan di bawah, ya.

Apple meluncurkan iPhone XR dan XS pada tahun 2018 lalu. Dan sejak pertama kali diperkenalkan, kedua varian iPhone X yang rilis pada 2017 ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Bahkan, Prasetyo Herfianto dari Gizmologi pun mengaku kalo masih mengandalkan salah satu dari kedua seri tersebut -yakni seri iPhone XR. Menurut pengakuannya, seri iPhone murah  ini menawarkan pengalaman yang tak kalah canggih dengan harga yang cukup terjangkau.

Kini, di saat iPhone 7 sudah tak lagi mendapatkan pembaruan, sejumlah seri HP iPhone pun diturunkan harganya. Dan iPhone XR dan XS termasuk dalam seri yang harganya sudah turun jauh.

Dan sekalipun HP iPhone sudah mencapai seri 13, bukan berarti varian pendahulunya jadi nggak laku. Bahkan, mengutip data pencarian Google Trends, mereka yang mencari varian ini masih banyak!

Akan tetapi, kedua perangkat ini dijual dengan harga yang tak terlalu jauh berbeda. Menurut penelusuran tim Droila, selisihnya Cuma 1 jutaan aja! Kondisi yang akan membuat banyak pengguna kebingungan dalam menentukan pilihan, bukan?

Tertarik beli? Harap tenang. Untuk membantumu dalam memilih, tim Droila sudah siapkan beberapa penjelasan mengenai perbedaan iPhone XR vs XS. Mulai dari perbandingan spesifikasi, review, serta harga terbaru 2022. Langsung cek aja uraian di bawah, ya.

iphone xs vs xr
iphone xs vs xr

Tabel Perbandingan Spesifikasi & Harga iPhone XS vs iPhone XR

SpesifikasiiPhone XSiPhone XR
DesainFrame stainless steel
Body belakang dilapisi kaca Gorilla Glass IP68 anti debu dan air (2 hingga 30 menit)
Frame alumunium
Body belakang dilapisi kaca Gorilla Glass IP67 anti debu dan air (1-30 menit)
Berat177 gram194 gram
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm150.9 x 75.7 x 8.3 mm
Layar5.8 inci
Super Retina OLED
Rasio body ke layar 82,9%
Scratch-resistant glass
Oleophobic coating
3D Touch
6.1 inci
Liquid Retina IPS LCD
Rasio body ke layar 79,0%
Scratch-resistant glass
Oleophobic coating  
Resolusi1124 x 2436 piksel
HDR10
Dolby Vision
Wide color gamut
True-tone
828 x 1792 piksel
True tone
Wide color gamut
ChipsetApple Bionic A12Apple Bionix A12
GPUApple GPU (4-core graphics)Apple GPU (4-core graphics)
RAM4GB3GB
ROM64GB/256GB/512GB64GB/128GB/256GB
OSiOS 12, bisa tingkatkan ke iOS 15.5
(mendukung upgrade hingga iOS 16)
iOS 12, bisa ditingkatkan ke iOS 15.5
(mendukung upgrade hingga iOS 16)
Kamera Belakang12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, PDAF, OIS
FiturQuad-LED dual-tone flash
HDR (photo/panorama)
Dual pixel PDAF
OIS
2x optical zoom
Video [email protected]/30/60fps
Quad-LED dual-tone flash
HDR
OIS
Video [email protected]/30/60fps
Kamera Depan7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
SL 3D, (depth/biometrics sensor)
7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Gyro-EIS
Video [email protected]/60fps
HDR
Video [email protected]
BateraiLi-Ion 2658 mAh, non-removable (10.13 Wh)
Fast charging 15W, 50% in 30 min (advertised)
USB Power Delivery 2.0
Qi wireless charging
Li-Ion 2942 mAh, non-removable (11.16 Wh)
Fast charging 15W, 50% in 30 min (advertised)
USB Power Delivery 2.0
Qi wireless charging
WarnaSpace
Gray
Silver
Gold
Black
Red
Yellow
Blue
Coral
White
HargaRp 6.200.000 (4GB/64GB)
Rp 6.799.000 (4GB/256GB)
Rp 5.859.000 (3GB/64GB)
Tabel perbandingan spek iPhone XR vs XS (Dok.Istimewa/Droila)
review iphone xr vs xs
review iphone xr vs xs

Harga iPhone XR Terbaru 2022

Harga iPhone XS Terbaru 2022

Perbandingan iPhone XR vs iPhone XS

Jika hanya membaca tabel spesifikasi di atas, tentu beberapa pembaca akan mudah dalam mengenali perbedaan antara kedua perangkat. Akan tetapi, jika kita membandingkan secara langsung, harus diuji bagaimana performanya juga.

Lantas, bagaimanakah perbandingan antara iPhone XS vs XR? Untuk mengetahui jawabannya lebih lengkap, scrolling terus halaman ini, ya.

Perbandingan Daya Tahan Baterai

Dalam hal baterai, baik kapasitas maupun daya tahan, kedua ponsel ini dibekali kemampuan yang cukup memadai. Perusahaan mengklaim kalo iPhone XR bisa bertahan hingga 1 jam untuk pemakaian internet.

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 2942 mAh. Jumlah yang terbilang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sementara itu, seri iPhone XS dibekali baterai 2658 mAh. Jumlahnya memang lebih sedikit. Apalagi, dalam hal fitur, keduanya pun sama.

iphone xr vs xs harga
iphone xr vs xs harga

Perbandingan Performa dan Chipset

Harus diingat, kedua HP flagship ini diluncurkan hampir berbarengan. Artinya, jika melihat timeline perusahaan, kedua ponsel ini bisa dibilang satu generasi. Oleh karena itu, komponen chipset yang digunakan pun tak berbeda.

Kedua perangkat ditenagai chipset Bionic A12. Meskipun begitu, hasil grafis yang dihasilkan keduanya sangat berbeda. Pasalnya, iPhone XS dan XR dibekali dua panel yang berbeda. Di mana iPhone XS mengandalkan Super Retina OLED, sedangkan XR menggunakan Liquid Retina IPS LCD.

Hasilnya, kualitas warna dan detail gambar iPhone XS pun lebih mulus. Apalagi, varian ini juga didukung RAM yang lebih besar yakni 4GB. Sehingga, menjanjikan pengalaman yang lebih lancar untuk gaming maupun aktivitas berat lainnya.

Ya, dalam hal performa dan audio-visual, iPhone XS mengungguli iPhone XR.

Perbandingan Kamera

Untuk kamera, sekali lagi, iPhone XS unggul dibandingkan saudaranya yang lebih tua –iPhone XR. Varian ini dibekali dua kamera belakang serta dua buah lensa di depan.

Kedua kamera belakang iPhone XS masing-masing memiliki kemampuan 12MP lensa wide. Bagian ini juga didukung fitur dual-pixel PDAF dan OIS. Sedangkan kamera di bawahnya memiliki kemampuan 12MP dan didukung teknologi 12x zoom optis.

Sementara itu, kamera belakang iPhone XR terdiri dari sebuah lensa berkemampuan 12MP saja. Meskipun jumlahnya lebih sedikit, kamera ini juga didukung fitur OIS dan dual-pixel PDAF. Selain itu, juga bisa menghasilkan video berkualitas 4K pada refresh rate 24, 30, dan 60!

Untuk kamera depan, kedua perangkat didukung lensa dengan spesifikasi 7MP dan SL 3D sensor biometrik.

spesifikasi iphone xs vs iphone xr
spesifikasi iphone xs vs iphone xr

Review iPhone XR vs XS

Bisa dibilang kalo masing-masing perangkat memliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, menurut penulis, kamu cukup menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia saja.

Jika kamu seorang internet-savy atau geeks yang butuh teknologi terkini tapi duit terbatas –iPhone XR bisa menjadi jawaban. Spesifikasi maupun daya tahan tak jauh berbeda. Apalagi, ponsel ini dijual dengan harga yang lebih murah.

Sementara itu, kalo kamu mencari perangkat yang bisa memenuhi kebutuhan audio-visual -wajib memilih varian iPhone XS. Nggak bisa ditawar lagi. Soalnya, seri ini menawarkan kemampuan kamera yang lebih mumpuni, RAM berkapasitas lebih besar, serta layar lebih canggih.

Jadi, gimana pendapatmu terkait perbandingan iPhone XR vs iPhone XS di atas? Apakah menjawab kegalauan kala menentukan pilihan?

Usai sudah penjelasan kali ini mengenai perbandingan iPhone XR vs XS. Semoga uraian spesifikasi HP iPhone di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik