Adu Performa MediaTek vs Snapdragon: Kira-Kira Bagusan Apa, Ya?

MediaTek vs Snapdragon (YugaTech)
MediaTek vs Snapdragon (YugaTech)

Setiap kali kamu mau beli HP baru, pasti kerap membaca mengenai chipset MediaTek atau Snapdragon, bukan? Nah, dalam artikel Ragam kali ini, penulis bakal mengulas lebih dalam mengenai perbandingan MediaTek vs Snapdragon. Mau tahu bagaimana hasilnya?

Nggak diragukan lagi, tema pembahasan paling rumit mengenai smartphone adalah prosesor. Dan sebagai pengawal, salah kalo kita menyebutnya sebagai prosesor saja. Soalnya, ada banyak fungsi yang bisa kita temukan dalam satu rangkaian.

Itulah mengapa, sebagian besar pengguna maupun reviewer handphone kerap menyebutnya sebagai SoC (System on Chip). Soalnya lebih menjelaskan dibanding menyebutnya hanya dengan prosesor.

Dan berbicara soal SoC atau chipset, dua nama yang paling populer di Indonesia adalah MediaTek dan Snapdragon. Ya, kamu bisa menemukan berbagai jenis perangkat dari beragam kelas yang ditenagai kedua chipset tersebut; mulai dari kelas low-end hingga kelas HP sultan sekalipun.

Teknologi System on Chip (Android Authority)
Teknologi System on Chip (Android Authority)

Memang, ada vendor yang lebih memilih menggunakan chipset yang dikembangkan sendiri. Contohnya seperti Huawei dengan HiSilicon Kirin atau Samsung dengan Exynos. Tapi, masih ada banyak seri dari kedua vendor yang didukung chipset MediaTek atau Snapdragon, lho.

Maka, wajar kiranya untuk kamu yang masih awam dengan dunia smartphone kalo merasa bingung. Dan untuk mengatasi kebingunganmu itu, simak terus uraian di bawah, ya.

Snapdragon Itu Apa Sih?

Singkatnya, Snapdragon adalah SoC atau paket semikonduktor yang digunakan untuk dirancang untuk perangkat pintar; mulai dari gadget, smartphone, dan perangkat pintar lainnya. SoC ini dikembangkan, dirancang, dan dipasarkan oleh Qualcomm Technologies Inc., sebuah perusahaan teknologi yang lahir dan besar di San Diego, Amerika Serikat.

Banyak prestasi yang sudah dibuat oleh perusahaan ini. Salah satunya adalah membuat chipset pertama yang mendukung pengoperasian smartphone dan jaringan HSDPA 3,5G.           

Kini, perusahaan merancang chipset yang sudah disesuaikan dengan harga produk. Artinya, sudah tersedia chipset untuk berbagai kelas perangkat; mulai dari low-end (dengan seri Snapdragon 400), sampai smartphone high-end (yang biasanya menggunakan seri Snapdragon 800).

Sementara itu, untuk kelas menengah, Qualcomm juga punya andalannya, kok. Tak lain adalah seri Snapdragon 600 dan 700. Kamu juga bisa kok menemukan beragam rekomendasi handphone Snapdragon lewat kumpulan artikel gadgets dari Braintologi.

Grafis GPU Adreno dari Qualcomm (Android Authority)
Grafis GPU Adreno dari Qualcomm (Android Authority)

Apa Kelebihan Proseor Snapdragon?

Melansir dari Android Authority, salah satu senjata Qualcomm yang membuatnya dipercaya banyak produsen untuk memberi tenaga pada jenis high-end tak lain adalah kartu grafis atau GPU. Bahkan, GPU merupakan keunggulan terbesar yang dimiliki Qualcomm!

Tentu saja hal ini tak bisa dilepaskan dari peran teknologi milik Adreno. Teknologi ini dikembangkan sebagai hasil akuisisi Qualcomm terhadap beberapa teknologi multimedia dan grafis Qualcomm terhadap AMD, Inc.

Seperti kita tahu, AMD, Inc adalah perusahaan yang terkenal berkat teknologi CPU dan kartu grafisnya.  FYI, Adreno merupakan sebuah anagram dari produk paling populer milik AMD, yakni Radeon.

Keunggulan inilah yang menjadikan Snapdragon mampu menampilkan gambar dan grafis yang jernih nan detail. Dan keunggulan ini pula yang menjadikan sebagian besar pengguna lebih memilih menggunakan Snapdragon daripada MediaTek. Apalagi jika kamu adalah seorang pemain gamer berat.

Berkenalan dengan MediaTek

Chipset MediaTek (Detik)
Chipset MediaTek (Detik)

Di samping Snapdragon, MediaTek adalah chipset yang juga paling sering dibicarakan pengguna. Hanya saja, berdasarkan penelusuran Google, tampaknya chipset yang dikembangkan perusahaan berbasis Taiwan ini lebih populer kekurangannya; yakni cepat panas.

Memang, masalah suhu sampai saat ini tetap jadi problem yang sulit diatasi perusahaan. Bahkan, berdasarkan uji coba Lalu Ahmad Hamdani, jurnalis Tek.ID, hasil uji coba antara perangkat yang didukung MediaTek G90T dengan Snapdragon 730G menunjukkan kalo perangkat MediaTek G90T lebih mudah panas akibat sinyal yang kurang stabil di beberapa lokasi uji coba.

Meskipun begitu, kita nggak bisa melepaskan fakta jika tawaran harga lebih murah dengan performa yang hampir menyamai Snapdragon menjadi satu hal yang sulit ditolak begitu saja. Apalagi jika kita memahami dari kacamata industri berskala besar; tentu MediaTek lebih menguntungkan, bukan?

Keunggulan MediaTek Dibandingkan Snapdragon

Keunggulan MediaTek dibandingkan Snapdragon (Android Authority)
Keunggulan MediaTek dibandingkan Snapdragon (Android Authority)

Harga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pertimbangan ketika membandingkan MediaTek vs Snapdragon. Sedangkan, masih ada faktor lain yang membuat MediaTek lebih unggul dibandingkan pendahulunya. Tak lain adalah sektor Machine Learning.

Seri Helio P60 merupakan produk yang berarti besar bagi perusahaan. Melalui chipset tersebut, MediaTek mengenalkan sistem AI Processing Unit (APU) untuk handphone kelas menengah. Kehadiran teknologi tersebut pada akhirnya memperkenalkan fitur-fitur canggih untuk HP murah.

Contoh fitur canggih yang bisa kamu gunakan antara lain smart scene recognition yang berfungsi untuk dalam fotografi, facial recognition untuk keamanan perangkat, dan masih banyak lagi.

Bahkan, melansir dari Android Authority, perusahaan juga berencana untuk membawa lebih banyak fitur-fitur HP high-end agar bisa digunakan di kelas bawahnya.

Lalu, Bagusan MediaTek atau Snapdragon?

perbandingan processor snapdragon dan mediatek (Dok.Istimewa/Droila)
perbandingan processor snapdragon dan mediatek (Dok.Istimewa/Droila)

Masing-masing memiliki kelebihan, pun kekurangan. Maka, cara paling tepat tentu bukanlah membandingkan. Ya, sesuaikan pilihan kalian dengan kebutuhan dan jenis kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan.

Kalo kamu pengin bisa bebas mengulik perangkat serta mengharapkan performa yang lebih gahar, tentu jawaban paling tepat adalah menggunakan Snapdragon. Hanya saja, untuk kamu yang cari perangkat dengan harga terjangkau tapi punya fitur-fitur canggih, tentu langsung beli MediaTek.

So, kira-kira apa nih kegiatan dan kebutuhanmu?

Usai sudah bahasan kali ini mengenai MediaTek vs Snapdragon. Semoga uraian di atas bisa membantumu menentukan pilihan terbaik untuk perangkat yang akan dibeli, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi terlengkap seputar teknologi dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi seputar gadgets, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik setiap hari.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like