Perbedaan Garansi TAM dan Distributor, Wajib Tahu Sebelum Beli HP Baru!

beda garansi tam dan distributor (YouTube)
beda garansi tam dan distributor (YouTube)

Perbedaan garansi TAM dan distributor mudah dikenali, kok. Maka dari itu, sebelum beli HP baru, baiknya sih kenali dulu perbedaan antara dua jenis garansi HP ini. Simak penjelasan di bawah, ya.

Seperti sudah diterangkan penulis lewat artikel lain, pengguna HP di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, yang membuat semua lini kegiatan beralih via digital.

Apalagi, masing-masing OEM kini menyediakan handphone dari berbagai kelas harga; mulai dari yang harganya di bawah satu juta, tiga jutaan, sampai puluhan juta. Dan ketersediaan varian perangkat inilah yang membuat angka pengguna HP di Indonesia meningkat.

Hanya saja, seperti umumnya pembeli, pasti ada di antara pembaca yang ingin mendapatkan produk murah tapi berkualitas. Dan sekalipun kini tersedia HP baru yang harganya murah, keinginan untuk mendapatkan harga terendah tapi performa berkualitas nggak hilang begitu saja.

Di sinilah biasanya pembeli terjebak dengan istilah HP garansi TAM dan distributor. Atau, untuk pencari HP samsung, HP garansi SEIN atau garansi distributor.  

Bagaimana tidak, biasanya HP garansi distributor menawarkan harga yang jauh lebih murah untuk perangkat yang dengan performa tinggi.  Padahal, begitu kamu mencoba cari informasi mengenai lebih lanjut, ada perbedaan garansi TAM dan distributor atau HP garansi SEIN dan garansi Global.

Nah, untuk kamu yang tengah mempertimbangkan beli HP baru, artikel ini semoga bisa membantu. Di bawah, penulis sudah menyiapkan uraian terlengkap beda garansi TAM dan distributor. Baiknya sih jangan beli sebelum selesai memahami perbedaan antara kedua jenis garansi HP tersebut.

Perbedaan HP garansi TAM dan distributor (YouTube)
Perbedaan HP garansi TAM dan distributor (YouTube)

Apa Perbedaan Garansi Resmi dan Garansi Distributor?

Jika ada dari pembaca yang yang ragu dan bertanya apakah HP garansi distributor asli atau palsu, jawabannya tentu saja ‘ASLI’. Hanya saja, ada beberapa perbedaan antara HP garansi resmi dan garansi distributor. Dan untuk mengenali perbedaannya, kenali dulu yuk apa yang dimaksud dengan garansi TAM atau resmi serta apa arti garansi distributor.

Apa yang Dimaksud dengan Garansi TAM atau Garansi SEIN?

HP garansi TAM (Blogspot)
HP garansi TAM (Blogspot)

Sebenarnya, garansi TAM atau garansi SEIN merupakan istilah lain dari HP garansi resmi. Soalnya, kedua jenis garansi tersebut merupakan singkatan dari distributor resmi HP Xiaomi dan Samsung di Indonesia; yakni Teletama Artha Mandiri (TAM) dan Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

Ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang bakal kamu dapatkan dari HP garansi resmi. Antara lain:

Kelebihan

  1. Mendapatkan update ROM secara berkala
  2. Pengaturan sudah sesuai standar Indonesia
  3. Klaim garansi lebih mudah; terutama jika ada kerusakan
  4. Pelayanan after sales yang memuaskan
  5. Saat promo, pembeli bisa mendapatkan bonus serta paket bundling

Kelemahan

  1. Harga jauh lebih mahal dibandingkan garansi distributor

Ya, itulah beberapa kelemahan dan kelebihan HP garansi TAM dibanding garansi distributor. Yang jelas, kalo kamu mencari keamanan dan kenyamanan after sales, garansi TAM merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu, harga jual dari HP garansi TAM biasanya cenderung stabil! Alhasil, kalo kamu berminat untuk menjual perangkat, nggak rugi-rugi amat, lah.

Apa Arti HP Garansi Distributor

HP garansi distributor (Blogspot)
HP garansi distributor (Blogspot)

Inilah jenis HP yang paling kerap bikin ngiler para pembeli. Apalagi kalo kamu beli HP baru lewat toko online –Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lain-lain. Begitu melihat selisih HP baru yang begitu jauh, mata pasti sulit untuk berpindah.

Memang, penulis pun mengakui, harga jadi salah satu kelebihan utama HP garansi distributor. Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli HP garansi distributor, ketahui dulu apa itu pengertian, kelebihan dan kelemahannya.

Singkatnya, HP garansi distributor –atau juga dikenal sebagai garansi toko- merupakan HP yang dijual oleh importir pihak ketiga Indonesia. Ada beberapa HP yang diimpor secara resmi. Ada juga jenis HP ilegal, yang bertujuan untuk menghindari cukai atau pajak.

Jadi, jangan sampai kamu beranggapan kalo semua HP garansi distributor adalah HP ilegal, ya. Ada kok beberapa contoh garansi distributor yang resmi dan IMEI HP sudah terdaftar di pemerintah. Contohnya seperti garansi distributor Bcell, Xiaomi garansi The One, Garansi WiiShop, dan masih banyak lainnya.

Secara kelebihan, penulis sudah menguraikannya sedikit ke atas. Nah, sekarang kita masuk ke bahasan kelemahan HP garansi distributor. Ada beberapa kelemahan yang perlu kamu ketahui. Antara lain:

  1. Beberapa kasus produk merupakan HP bekas tapi diwadahi ulang dengan package baru oleh pihak distributor
  2. Kualitas HP baru. Sering terjadi kasus di mana pembeli langsung menemukan goresan di HP yang baru dibeli
  3. Aksesoris bawaan biasanya KW alias bukan original. Alhasil, aksesoris pun cepat rusak

Selain itu, kamu tentu sering mendengar istilah HP garansi distributor ROM Global dan ROM China. Nah, biar lebih jelas, begini uraian dan perbedaan di antara keduanya.

HP Garansi Distributor ROM Global

HP garansi distributor ROM Global (Riaume)
HP garansi distributor ROM Global (Riaume)

HP ini biasanya merupakan HP versi internasional dari seri tertentu. Seperti kita tahu, setiap produk dari OEM memiliki versi yang berbeda dari satu negara dengan negara lainnya. Perbedaan tersebut utamanya terletak pada versi ROM.

Nah, untuk ROM Versi Global, biasanya dibekali firmware resmi yang mendukung banyak bahasa. Selain itu, juga mendukung konektivitas 4G LTE dari berbagai negara. Ciri khas dari HP garansi distributor ROM Global terletak pada tulisan pada box. Biasanya, berisi tulisan berbahasa Inggris semuanya.

HP Garansi Distributor ROM China

HP garansi distributor ROM China (Riaume)
HP garansi distributor ROM China (Riaume)

Seperti yang sudah bisa sedikit kita simpulkan, HP ini biasanya dibekali dengan ROM yang sebenarnya khusus untuk pasar China saja. Maka, nggak heran kalo HP yang digunakan biasanya menggunakan bahasa China serta nggak didukung Google Play Store.

Alhasil, pengguna Android pemula biasanya bakal kesulitan ketika menggunakan jenis HP ini. Soalnya, setiap kali ada pembaruan OS Android, maka bahasa pengoperasian bakal berubah ke bahasa China secara otomatis.

Usai sudah uraian mengenai perbedaan garansi TAM dan distributor kali ini. Nah, setelah membaca uraian di atas, apakah kamu sudah menentukan kira-kira mau beli HP garansi resmi atau distributor? Coba deh bagikan pendapat kalian lewat media sosial Droila, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi gadget terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi seputar teknologi, gadget, games, software, tips HP Android dan iOS serta rekomendasi handphone terlengkap setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like