Perbedaan Layar PLS TFT, AMOLED, dan IPS LCD: Bagus Mana?

PLS TFT vs AMOLED vs IPS LCD (RuangLaptop)_
PLS TFT vs AMOLED vs IPS LCD (RuangLaptop)_

Jarang diperhatikan, tapi berdampak besar pada kenyamanan pengguna. Ya, barangkali itulah tanggapan paling tepat jika membicarakan layar HP. Apalagi, kini sudah tersedia tiga teknologi layar yang kerap digunakan. Nah, kali ini, tim Droila bakal menguraikan lebih dalam mengenai perbedaan layar PLS TFT, Amoled, dan IPS LCD. Kira-kira bagus mana, ya?

Kamu tentu kerap membaca tipe teknologi layar yang diterapkan satu produsen pada handphone terbarunya. Ini adalah bahasan wajib, karena bisa membantu pengguna untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan perangkat tersebut.

Hanya saja, jarang yang membahas bagaimana perbedaan masing-masing layar. Serta bagaimana keunggulan maupun kekurangan antara satu teknologi layar HP dengan teknologi lainnya.

Maka dari itu, daripada kamu terjebak dalam debat kusir, langsung baca artikel di bawah aja. Tim Droila sudah menyiapkan uraian lengkap mengenai perbedaan layar PLS TFT, AMOLED, dan IPS. Pun juga bakal dijelaskan adu performa antara IPS LCD vs Super AMOLED vs PLS TFT. Penasaran?

Perbedaan AMOLED, PLS-TFT, dan AMOLED

Untuk mengetahui bagaimana keunggulan serta kekurangan dari masing-masing teknologi layar HP ini, tentu baiknya kamu pahami dulu bagaimana karakteristik, performa, maupun fitur-fitur yang ditawarkan. Lebih lengkap, simak uraian di bawah ini, ya.

Mengenal Teknologi AMOLED: Harga Mahal Tapi Hasil Memuaskan

Layar AMOLED (Wikimedia)
Layar AMOLED (Wikimedia)

Teknologi layar AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Sebenarnya, ini adalah versi peningkatan dari teknologi sebelumnya, yakni OLED (Organic Light Emitting Diode).

Teknologi ini menggunakan senyawa organik yang mampu menghasilkan, atau memancarkan) cahaya saat dialiri arus listrik. Pada sebagian besar produk, teknologi ini bahkan mampu menghilangkan kebutuhan akan lampu latar belakang. Sehingga mampu mengurangi konsumsi daya dalam jumlah besar.

Kini, teknologi layar ini terus dikembangkan. Bahkan, layar AMOLED terkini mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik dibandingkan IPS. Pun, kalo kamu ingin mendapatkan tampilan gelap pekat, tak ada yang bisa menyajikannya kecuali AMOLED!

Akan tetapi, AMOLED memiliki kelemahan tersendiri. Tak lain ongkos produksi yang lebih tinggi! Hal itu pula yang menyebabkan HP dengan layar AMOLED biasanya dijual dengan harga cukup tinggi. Meskipun begitu, kamu tetap bakal dimanjakan penglihatannya berkat gambar yang cukup tajam.

Layar IPS: Warna cerah, harga murah!

Layar IPS LCD (Amazonaws)
Layar IPS LCD (Amazonaws)

Teknologi IPS (in-plane switching) dikembangkan dengan tujuan untuk membantu LCD mengatasi batasan dari teknologi sebelumnya, yakni TFT LCD. Perlu kamu tahu, TFT LCD yang dikembangkan pada tahun 1980-an memiliki waktu respon yang cukup lambat.

Meskipun dalam hal konsumsi daya jauh lebih hemat AMOLED, IPS pun diakui membutuhkan sedikit daya listrik saja. Di samping itu, teknologi layar HP ini mampu menghasilkan sudu penglihatan mencapai 178 derajat. Dengan begitu, produksi warna pun lebih akurat dibandingkan TFT-LCD.

Akan tetapi, ketersediaan material dalam jumlah besar di pasaran membuat ongkos produksi layar IPS jauh lebih murah. Hasilnya, bisa kamu cek sendiri di pasar. Ya, sebagian besar HP murah 2 jutaan kini sudah menggunakan layar IPS LCD!

PLS-TFT: Produk Asli Samsung yang Performanya Lebih Unggul

Layar AMOLED vs IPS LCD (Dignited)
Layar AMOLED vs IPS LCD (Dignited)

Pada akhir tahun 2010, Samsung Electronic memperkenalkan teknologi layar yang disebut Super PLS (Plane-to-Line Switching). Tujuannya tentu saja untuk menghadirkan pilihan alternatif di tengah kegandrungan produsen dalam menerapkan teknologi IPS; yang diproduksi oleh LG Display.

Melansir dari Wikipedia, sebenarnya, ini adalah varian dari teknologi IPS. Baik dari performa maupun fitur pun tak jauh berbeda. Pun spesifikasi serta karakteristiknya hampir sama dengan layar IPS yang ditawarkan LG. Meskipun begitu, sebagai produk asli bikinan Samsung, perusahaan sudah banyak memberi peningkatan pada versi ini.

Kelebihan PLS-TFT dibandingkan IPS antara lain peningkatan sudut penglihatan, kecerahan meningkat 10%, ongkos produksi jauh lebih murha, kualitas gambar lebih apik, serta panel yang lebih fleksibel. Dan karena ini merupakan produk asli Samsung, wajar kiranya jika kita lebih banyak menemukan layar PLS-TFT digunakan pada HP Samsung murah.

PLS-TFT vs AMOLED vs IPS LCD

Perbedaan layar IPS vs AMOLED vs TFT (Dalfak)
Perbedaan layar IPS vs AMOLED vs TFT (Dalfak)

Setelah sampai sini, ada beberapa hal yang wajib kita garis bawahi. Dan apa yang bisa kita garisbawahi tersebut merupakan kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing teknologi.

Apalagi, peningkatan teknologi tak pernah berhenti. Kini, kita sudah menemukan teknologi layar Super AMOLED sampai Super IPS. Dan keduanya berhasil mengatasi kelemahan yang muncul pada versi sebelumnya.

Maka dari itu, cara paling tepat untuk menentukan pilihan antara PLS-TFT vs AMOLED vs IPS LCD tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo kamu pengin layar hitam pekat, tampilan warna yang hidup dan cerah, serta konsumsi daya yang lebih irit; pilihlah HP dengan layar AMOLED.

Akan tetapi, kalo kamu pengen tampilan yang lebih cerah, nggak bikin mata menyipit ketika membaca di bawah sinar matahari, tampilan teks yang tajam, pilihan paling tepat tentu saja IPS LCD.

Sedangkan untuk PLS-TFT. Hmm, saat ini kamu hanya bisa mendapatkannya pada HP Samsung murah aja, sih. Jadi, nggak banyak yang bisa penulis sampaikan. Yang jelas, dalam hal performa serta tampilan, nggak jauh berbeda dibandingkan IPS LCD!

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai perbedaan layar PLS TFT, AMOLED, dan IPS LCD. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam menentukan HP yang sesuai dengan kegiatan dan kebutuhan, ya.

Jangan sampai ketinggalan berbagai informasi teknologi HP terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android atau iOS, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like