Review Asus ROG Phone 2 Indonesia: HP Gaming 10 Jutaan dengan Performa Memuaskan

Display ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)
Display ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)

Bisa dibilang, ASUS nggak bermain-main dalam merancang HP gaming ROG Phone 2. Baik dalam hal tenaga maupun performa, serta dukungan beragam perangkat tambahan, benar-benar mampu meningkatkan pengalaman para gamer berat. Dan untuk kamu yang tertarik membelinya, tim Droila sudah merangkumkan review Asus ROG Phone 2 dari berbagai sumber serta harga terbarunya.

Asus dan divisi Republic of Gamers (ROG) terbilang cukup tegas dan memiliki visi dalam mewujudkan perangkat terbaiknya. Kalo dalam bahasa resmi perusahaan, kehadiran ROG Phone bertujuan mengantarkan “pengalaman tertinggi dari smartphone gaming”.

Sebagaimana pendahulunya, seri ROG Phone 2 dirancang sebagai smartphone gaming profesional. Jenis ini tentu saja untuk menyasar segmen atlet e-Sports, yang industrinya terus berkembang sampai saat ini.

Unboxing ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)
Unboxing ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)

Dan benar saja, perangkat ini langsung merebut perhatian masyarakat. Sekalipun kompetitor menawarkan produk-produk yang nggak kalah gahar dan menarik, Asus ROG Phone 2 tetap jadi pilihan paling menggoda.

So, untuk kamu yang tertarik ganti HP dan membeli handphone gaming ini, tim Droila sudah menyiapkan review Asus ROG Phone 2 serta kelebihan dan kekurangannya. Penasaran? Cek uraian di bawah, ya.

Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 2

Saat memperkenalkan seri terbaru ini, Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, menyatakan jika nggak ada handphone gaming yang mampu menandingin performa Asus ROG Phone2. Dan begitu membongkar spesifikasinya, terlihat jelas kalo klaim tersebut bukanlah pernyataan kosong belaka.

Desain dan Display

Review ASUS ROG Phone 2 (FossyBytes)
Review ASUS ROG Phone 2 (FossyBytes)

Pujian harus kita sampaikan pada desainer dan teknisi yang merancang smartphone gaming ini. Betapa tidak, tampilan canggih yang memang dikhususkan bagi para gamer berat tentunya bukan hasil kerja semalam atau dua malam saja, bukan?

Memang, ukurannya yang terlampau besar dengan berat 240 gram cenderung bakal jadi tantangan bagi beberapa pengguna. Soalnya, bisa bikin tangan mudah pegal. Hanya saja, kelebihannya, tentu bikin gengaman terasa lebih mantab.

Pun kamu nggak perlu mengkhawatirkan perangkat bakal tergelincir dari genggaman. Soalnya, smartphone gaming ini sudah dibungkus frame berbahan metal. Menjadikannya lebih aman untuk menemani berbagai kegiatan pengguna.

Layar berukuran 6,59 inci menggunakan tipe HDR AMOLED. Hasilnya, layar ini mampu menyajikan tampilan dengan refresh rate 120Hz. Memang, refresh rate bisa diturunkan menjadi 60Hz atau 90Hz. Tapi, kamu nggak mau melewatkan gambar game yang lebih detail dengan tampilan 120Hz, kan?

Kamera Asus ROG Phone 2

Kamera belakang ASUS Rog Phone 2 (Smartprix)
Kamera belakang ASUS Rog Phone 2 (Smartprix)

Meskipun ROG Phone 2 dirancang sebagai ponsel gaming, bukan berarti sektor kamera dilupakan begitu saja. Bagaimanapun, kebutuhan akan kamera dirasa tetap penting bagi pengguna handphone pintar. Tak terkecuali mereka yang mengaku sebagai gamer.

Di bagian belakang, ada dua kamera yang terletak di bagian kanan atas. Dibungkus panel dengan potongan tajam, menjadikan tampilannya sungguh menawan. Masing-masing kamera memiliki kemampuan 48MP lensa jenis wide serta dibekali fitur PDAF dan laser Auto Focus.

Sedangkan untuk kamera kedua, menggunakan lensa 13MP berjenis ultrawide. Lensa kedua ini mampu menangkap lengkungan sudut sampai 125 derajat! Kemampuan yang membuatnya mampu menangkap beberapa objek dalam satu bingkai.

Sedangkan untuk kamera depan, kamu bisa menemukannya di bagian poni dan memiliki kemampuan 24MP. Kamera depan ini juga didukung fitur Panorama dan HDR. Hasilnya, kamu bisa menggunakan kamera selfie untuk menghasilkan gambar yang lebih detail dan mengagumkan.

Dapur Pacu dan Perangkat Lunak

Performa dapur pacu ASUS ROG Phone 2 (Smartprix)
Performa dapur pacu ASUS ROG Phone 2 (Smartprix)

Memang, Qualcomm sudah meluncurkan seri Snapdragon 865. Bahkan, baru-baru ini muncul bocoran terkait performa dan spesifikasi Snapdragon 875. Meskipun begitu, performa Snadpragon 855 Plus masih diakui memuaskan dan kencang.

Dan chipset itulah yang menjadi dapur pacu dari seri ROG Phone 2. Didukung dengan kartu grafis  GPU Adreno 640, menjadikan pemrosesan gambar jadi lebih maksimal. Bahkan, saat penulis menguji coba Asus ROG Phone 2 untuk memainkan game berat PUBG Mobile, hasilnya benar-benar memanjakan mata!

Aksesoris gaming Asus ROG Phone 2 (HardwareZone)
Aksesoris gaming Asus ROG Phone 2 (HardwareZone)

Performa dapur pacu tentu bakal makin bertenaga jika didukung RAM berkapasitas besar. Dan benar saja, sebagai handphone gaming, perusahaan meluncurkan ROG Phone 2 dengan dua pilihan penyimpanan yang terbilang besar; yakni RAM 8GB ROM 128GB serta RAM 12GB dengan ROM 512GB.

Berlanjut ke bagian perangkat lunak, kamu bakal dibikin kagum lagi oleh tampilannya. ROG Phone 2 dibekali sistem operasi pengolah tampilan ROG UI. Hasilnya, kamu seakan-akan membuka perangkat canggih dari masa depan.

Sementara itu, untuk sistem operasi perangkat, ROG Phone 2 masih mengandalkan OS Android 9.0 Pie. Tenang aja, kamu bisa meningkatkannya ke versi Android 10, kok.

Harga Asus ROG Phone 2 Indonesia Terbaru

Unboxing koper ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)
Unboxing koper ASUS ROG Phone 2 (GSMArena)

Jika ingin memiliki perangkat ini, tentu kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam. Perusahaan sudah meluncurkannya dengan beberapa paket pilihan; mulai dari paket minimu seharga Rp8,499 juta. Dengan harga itu, kamu bisa mendapatkan ROG Phone 2 dengan dukungan RAM 8GB/128GB.

Sedangkan untuk paket RAM 12GB/512GB, ROG Phone 2 dibanderol harga Rp12,499 juta. Nah, kamu juga bisa mendapatkan paket komplit yang berisi aksesoris gaming lengkap serta dibungkus koper hard case. Harganya pun terbilang fantastis, yakni Rp21,999 juta!

Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 2

Tabel spesifikasi Asus ROG Phone 2 (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi Asus ROG Phone 2 (Dok.Istimewa/Droila)

Di balik kemegahan dan pesonanya, ada beberapa kekurangan yang baiknya kamu ketahui. Mau tahu apa aja?

Kekurangan

  • Cukup berat, yakni 240 gram. Butuh waktu untuk beradaptasi.
  • Nggak didukung fitur isi ulang daya secara nirkabel
  • Nggak didukung slot kartu SD
  • Fitur sensor sidik jari under display kurang memuaskan.
Kunai gamepad Asus ROG Phone 2 (JilaxZone)
Kunai gamepad Asus ROG Phone 2 (JilaxZone)

Kelebihan

  • Desain unik dengan material yang keren.
  • Tampilan layar AMOLED berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 12Hz lebih dari cukup. Memuaskan!
  • Daya tahan baterai panjang.
  • Diakui sebagai smartphone dengan speaker stereo terbaik saat ini.
  • Performa Snapdragon 855+ nggak perlu diragukan lagi; baik kecepatan, pengolahan grafis, maupun efisiensi daya.
  • Hasil tangkapan kamera, baik selfie maupun kamera belakang, terbilang memuaskan.

Kesimpulan dan Review Asus ROG Phone 2

Smartphone Asus ROG Phone 2 (Smartprix)
Smartphone Asus ROG Phone 2 (Smartprix)

Nggak bisa dipungkiri, ROG Phone 2 adalah perangkat yang luar biasa. Berbeda dalam banyak hal dibandingkan HP sejenis lain dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gaming saja. Dan seperti pendahulunya, ROG Phone 2 memang mengagumkan.

Tapi, jika kita mencoba membandingkan harga, kamu bisa tergoda dengan beberapa pilihan lain yang dijual lebih murah. Sebagai contoh, kita bisa membandingkannya dengan seri Black Shark 2 atau Nubia Red Magic 3 yang memiliki spesifikasi serta harga bersaing.

Maka, untuk pilihan akhir, tentu jatuh ke persoalan selera. Kira-kira, bagaimana pendapatmu mengenai smartphone gaming ini? Coba deh bagikan opini kalian lewat kolom komentar di media sosial Droila, ya.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik dari Droila yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, tips HP Android atau iOS, dan rekomendasi handphone terbaik setiap harinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like