Review Asus Zenfone 6 2020: Spesifikasi, Harga Terupdate, Kelebihan dan Kelemahan

Dapur Pacu Asus Zenfone 6 (PhoneArena)
Dapur Pacu Asus Zenfone 6 (PhoneArena)

Saat pertama kali diluncurkan, Asus Zenfone 6 sukses mencari perhatian. Desain mengagumkan dengan kamera flip membuat HP flagship Asus ini begitu menawan. Kini, satu tahun kemudian, akankah kesan yang sama bakal penulis dapatkan? Yuk simak review Asus Zenfone 6 di bawah.

OEM tak pernah berhenti untuk membuat pengguna dan pembeli kagum akan kecanggihan HP produksi mereka. Dan sebelum kamera periskop jadi tren –seperti saat ini, kita pernah dibikin terpesona dengan tampilan dari kamera motoris; baik pop-up kamera seperti Oppo Reno dan Xiaomi K30 atau kamera flip seperti milik Asus Zenfone 6.

Dan kali ini, tim Droila bakal mengupas tuntas mengenai Asus Zenfone 6. Apakah HP flagship Asus ini tetap menawan meskipun sudah berusia tahun? Kalo kamu pengin tahu jawabannya, simak uraian di bawah, ya.

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6 (Root-Nation)
Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6 (Root-Nation)

Spesifikasi Asus Zenfone 6

Memang, sudah lama Asus dikenal sebagai produsen HP kelas gaming. Peluncuran tiga seri dari HP Asus ROG makin memperkuat anggapan tersebut. Meskipun begitu, kehadiran Asus Zenfone 6 sukses mengubah sudut pandang masyarakat terhadap perusahaan.

Dan berbeda dari HP Asus sebelumnya, perusahaan tampak bersungguh-sungguh dalam menawarkan pengalaman baru pada pengguna. Penerapan teknologi kamera flip tentu membuat calon pembeli untuk melirik perangkat lain, bukan?

Selain itu, perusahaan juga sudah menambahkan berbagai fitur unggulan. Sehingga meningkatkan pengalaman pengguna selama menggunakan perangkat ini. Lebih lengkap, berikut adalah spesifikasi Asus Zenfone 6 yang perlu kamu ketahui.

Review Layar dan Desain Asus Zenfone 6

Review Asus Zenfone 6 (ZDNet)
Review Asus Zenfone 6 (ZDNet)

Asus berhasil menawarkan tampilan yang lebih lapang. Perusahaan melebarkan layar, membuat bezel terlihat makin tipis. Tentu penambahan layar beberapa milimeter ini meghabiskan dana produksi perusahaan. Maka, wajar kiranya kalo sampai saat ini Zenfone 6 masih dijual dengan harga tinggi.

Di bagian belakang, perusahaan melapisi body dengan material kaca –tapi begitu dipegang terasa seperti metal. Membuat tampilan Asus Zenfone 6 makin terlihat premium dan elegan.

Pun layar perangkat juga terlihat sempurna; mampu menghasilkan gambar beresolusi 1080 x 2340 piksel HDR10. Sayangnya, perusahaan malah lebih memilih panel IPS LCD, alih-alih AMOLED yang umumnya dipakai oleh HP harga 6 jutaan.

Keindahan perangkat ini diperkuat dengan keberadaan modul kamera yang bisa dibalik. Artinya, kamu bisa menjadikan kamera Asus Zenfone 6 sebagai kamera depan maupun belakang.

Review Dapur Pacu dan Chipset

HP Asus Zenfone 6 (TheVerge)
HP Asus Zenfone 6 (TheVerge)

Saat diluncurkan, Asus Zenfone 6 dibekali sistem operasi Android 9.0 Pie. Sedangkan untuk tampilan antarmuka, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dari Asus ZenUI. Tenang aja, kamu masih bisa meningkatkan versi OS Android hingga Android 10, kok. Soalnya, komponen chipset pun masih kuat menjalankan sistme operasi Android terbaru tersebut.

Ketangguhan performa Asus Zenfone bisa terwujud berkat dukungan chipset Snapdragon 855. Memang, untuk kelas chipset high-end, ini bukanlah sering paling canggih dan anyar dari Qualcomm.

Hanya saja, kalo mempertimbangkan performa dan ketangguhan, Snapdragon 855 sudah lebih dari cukup untuk beragam kebutuhan sehari-hari pengguna; mulai dari chatting, browsing, streaming, hingga aktivitas yang lebih berat seperti editing, vlogging, atau gaming.

Apalagi, HP Zenfone 6 juga dibekali RAM 6GB dengan ROM 128GB. Menjadikannya lebih leluasa untuk menjalankan beragam aplikasi, tanpa khawatir perangkat jadi lemot atau baterai cepat panas!

Review Kamera Asus Zenfone 6

Kamera HP Asus Zenfone 6 (TheVerge)
Kamera HP Asus Zenfone 6 (TheVerge)

Melansir penjelasan DxOMark, kamera utama Asus Zenfone 6 memiliki kemampuan 48MP sensor Quad-Bayer. Masih ada lensa kedua berkemampuan 13 MP lensa ultrawide.

Kedua kamera tersebut dibungkus modul motorized flip-up. Artinya, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kamera depan maupun belakang. Ya, hasil fotografi pun bakal lebih maksimal, bukan?

Pun kalo kamu aktif bikin konten vlog –entah untuk Instastory atau TikTok. Kamu cukup aktifkan kamera selfie, lalu kamu bisa menghasilkan video yang kualitasnya lebih baik ketimbang kamera depan dari HP lain.

Kedua kamera didukung teknologi PDAF dan laser autofokus. Selain itu, masih ada dukungan LED flash pada modul motorized flip. Ya, cahaya dari LED Flash bisa diaktifkan untuk pengambilan gambar dari depan maupun belakang.

Untuk kamu yang doyan merekam video, Asus Zenfone mampu menghasilkan video berkualitas High-Resolution 4K/30fps untuk mode default. Tersedia juga pilihan untuk frame rate yang lebih kencang, kok.

Harga Asus Zenfone 6

Unboxing Asus Zenfone 6 (AndroidAuthority)
Unboxing Asus Zenfone 6 (AndroidAuthority)

Wajar kiranya kalo teknologi canggih dijual dengan harga tinggi. Namun, sayangnya harga Asus Zenfone 6 belum mendapat penurunan sejak pertama kali diluncurkan.

Berdasarkan keterangan dari website resmi Asus, harga Asus Zenfone terbaru masih dibanderol sebesar Rp 6,999 juta. Ya, nggak jauh berbeda dari harga saat diperkenalkan, bukan?

Beruntungnya, sudah ada beberapa toko online yang menjual Asus Zenfone 6 dengan harga lebih murah. Dan kalo kamu pengin langsung beli, langsung cek harga dari beberapa toko online di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 6

Desain Asus Zenfone 6 (GSMArena)
Desain Asus Zenfone 6 (GSMArena)

Barangkali, ada sebagian pengguna yang penasaran dengan alasan di balik keputusan Asus untuk nggak menurunkan harga. Apalagi, HP Rp 6 jutaan terbilang sebagai kelas perangkat yang mendapatkan paling banyak inovasi.

Nah, agar lebih terang, kamu harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6. Sehingga kamu bisa memahami dan menerima harga yang terbilang tinggi dari HP flagship Asus ini.

Kekurangan

  • Masih menggunakan panel IPS LCD
  • Tanpa dukungan kamera telephoto
  • Ukurannya cenderung besar dan berat
  • Performa kamera di kondisi cahaya rendah kurang memuaskan

Kelebihan

  • Daya tahan baterai panjang
  • Performa kencang
  • Minim dukungan bloatware
  • Kamera motorik flip terbilang unik dan menggoda
  • Kualitas video sangat memuaskan
  • Salah satu HP flagship yang harganya terjangkau

Spek Detail Asus Zenfone 6

Harga Asus Zenfone 6 (OnTrendingPlus)
Harga Asus Zenfone 6 (OnTrendingPlus)

Desain
– Frame dari material metal dan body dari material kaca
– Dimensi 159.1 x 75.4 x 9.2 mm
– Corning Gorilla Glass 6 di bagian depan dan Corning Gorilla Glass di bagian belakang
– Dua pilihan warna: Midnight Black dan Twilight Silver
Layar
– Tipe IPS LCD
– Lebar 6,4 inci dengan rasio body ke layar 83,8%
– Resolusi 1080 x 2400 piksel
– HDR10
Dapur Pacu
– Chipset Qualcomm Snapdragon 855
– GPU Adreno 640
– RAM 6GB
– ROM 128GB
– CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
– OS Android 9 (bisa diupgrade ke Android 10)
– ZenUI 6
Kamera
– Modul motorized flip
– 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, Laser AF
– 13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
– Dual-LED flash, HDR, auto panorama (motorized rotation)
Baterai
– Li-Po 5000mAh, non-removable
– Fast charging 18W
– Quick Charge 4.0
– Reverse charging 10W
Harga
– Rp. 6.999.000

Review Asus Zenfone 6 dan Perbandingan dengan HP Lain

Kelebihan Asus Zenfone 6 (TheVerge)
Kelebihan Asus Zenfone 6 (TheVerge)

Tak diragukan lagi, Asus Zenfone 6 merupakan HP terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 6 jutaan. Tapi itu dulu. Kemunculan Mi 10 T dan Mi 10T Pro sukses menggeser Asus Zenfone 6.

Meskipun begitu, tampilan yang elegan serta balutan desain bernuansa premium tentu menjadi tawaran yang sulit ditolak. Apalagi, hasil jepretan dari kamera belakang maupun belakang nggak berbeda.

Tentu hal tersebut sangat pas kalo kamu cari kemudahan dan kualitas. Menjadikan Asus Zenfone 6 lebih fleksibel dan bisa dipakai untuk berbagai aktivitas, bukan?

Nah, usai sudah uraian review Asus Zenfone 6 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk menentukan keputusan sebelum beli HP flaghsip ini, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like